Wasiat 12, Tips Aman Ngenet Di Warnet

Teknologi Support - Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Begitu juga dengan warnet, laen-laen kondisinya. ada yang nyaman pake sofa, pake AC, LCD, Spesifikasi Komputer yang lumayan tinggi namun tidak sedikit juga warnet yang “kurang nyaman”, bau pesing, panas, komputer yang lemot abis (dari jaman firaun belon lahir gak pernah diupdate) dan lain-lain. 

Tapi terlepas dari faktor external tersebut yang perlu kita beri perhatikan dengan seksama adalah faktor internal alias “sistem” yang ada pada warnet tersebut. Beruntung kalau kita pas dapet warnet yang punya managemen sistem yang bagus , memiliki proteksi sistem seperti antivirus, firewall, memasang deep freeze dan lain sebagainya. Lah kalo pas apes dapet warnet yang komputernya bersarang berbagai macam virus-virus nakal, spyware, trojan, lebih parahnya lagi di komputernya ada KEYLOGGER-nya. 

Anda tidak akan merasakan apa-apa sewaktu menggunakan komputer yang sudah terpasang keylogger, hingga tau-tau account facebook, twitter atau email anda udah diacak-acak. 


Nah untuk meminimalisir resiko tersebut tips warnet berikut ini mungkin perlu anda coba: 

1. Jangan lupa untuk SIGN OUT, LOG OUT 
Saat memasuki sebuah account pribadi di warnet, jangan lupa untuk Sign Out atau Log Out dari account tersebut. 

2. Jangan melakukan transaksi internet banking atau transaksi keuangan lainnya lewat warnet. 
Tidak ada jaminan komputer warnet yang anda gunakan bebas dari keylogger yang akan merekam semua input karakter anda, termasuk password!. Selain itu, warnet juga rawan sniffing, dimana para user lain bisa aja melacak dan “mengendus” trafic data yang terjadi pada komputer anda. 

3. Jangan pernah menyimpan password anda. 
Sering browser-browser menawarkan untuk menyimpan password, JANGAN TEKAN YES, Jika ya, password anda akan terekam pada browser dan bisa digunakan orang lain. 

4. Bersihkan cookies dan browsing history sebelum anda cabut dari warnet. 

5. Gunakan on-screen keyboard saat memasukan password, 
Untuk mengakali keylogger, sebagian keylogger tidak bisa membaca input karakter yang dilakukan lewat on-screen keyboard. Tapi ternyata oh ternyata ADA KEYLOGGER yang bisa membaca input dari on-screen keyboard. Disinilah peran antivirus sangat vital, karena biasanya keylogger-keylogger tersebut akan terdeteksi sebagai malware, kecuali keylogger yang dipasang langsung pada hardware dalam hal ini keyboard. 

6. Jangan akses konten-konten dewasa, 

7. Selalu kantongi AV portable , 
Selalu sediakan antivirus versi portabel pada USB stick, buat jaga-jaga siapa tau diwarnet yang bersangkutan ada antivirusnya. Dan jangan lupa antivirusnya selalu diupdate, kalo gak ya sama aja bohong. 

8. Jangan tinggalkan dokumen penting anda di komputer warnet, 

9. Sediakn browser portabel di USB stick anda, sapa tau diwarnetnya cuman ada IE itupun IE versi 5.5. 

10. Sebaiknya punya warnet langganan yang terpercaya, 
Kalo perlu kenalan sama operatornya, jadi kalo ada apa-apa atau ada barang-barang anda yang ketinggalan gampang urusannya. 

11. Sampai rumah jangan lupa scan dulu USB stick anda dengan antivirus, 

12. Bagi anda yang sudah menganggap internet sebagai kebutuhan pokok setelah NASI, lebih baik menabung, dan memasang akses internet sendiri dirumah , itu jauh lebih hemat, aman dan nyaman ketimbang anda ngenet diwarnet terus menerus. banyak provider internet yang bisa anda pilih (saya gak mau nyebutin karena memang gak mau promosiin) , tapi susahnya bagi temen2 yang tinggal di daerah-daerah, karena infrastruktur internet diindonesia masih sangat…sangat….sangat…. kurang… 

Wasiat 12, Tips Aman Ngenet Di Warnet Teknologi Support - Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Begitu juga dengan warnet, laen-laen kondisinya. ada yang nyama...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats