Mengenal Sedikit Tentang Sistem Input/Output (I/O)

Sistem I/O

Apa itu I/O?

Input/Output atau biasa disingkat dengan I/O, adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar atau lebih dan bertanggung jawab pula dalam pertukaran data antara perangkat luar tersebut dengan memori utama ataupun dengan register-register CPU. Diperlukan antarmuka internal dengan komputer (CPU dan Memori utama) dan antarmuka dengan perangkat eksternalnya untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan.

Pengertian Input dan Output

  • Pengertian InputInput adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.
  • Pengertian Output
    Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

Contoh I/O

  • Perangkat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. 
Contohnya:

Keyboard


Mouse


Touch Screen


Light pen & digitizer graphics tablet


Scanner.

  • Perangkat input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : 

1. Punched card


2. Disket
3. Harddisk











  • Perangkat output adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara.
Contohnya:
Headset

Printer

Speaker

Monitor

Plotter

Perangkat Eksternal (External Devices)

  • Untuk melakukan komunikasi (perpindahan dan penyimpanan) data baik antara lingkungan luar komputer dengan komputer itu sendiri, atau di dalam komputer, digunakan external device.
  • Secara kasar, peralatan storage, input dan output yang berada diluar motherboard, CPU dan memory disebut external device.
  • External device yang terhubung ke sebuah modul I/O disebut periferal.

Kategori External Device

  • Human readable: untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer.Contoh: Monitor, printer, keyboard.
  • Machine readable: untuk berkomunikasi dengan sesama peralatan.Contoh: Hard disk, sensor (misal barcode reader), scanner.
  • Communication: untuk berkomunikasi dengan device di tempat lain.Contoh: LAN card, modem.

Modul I/O

Merupakan Interface bagi CPU dan Memory atau Interface 1 atau lebih perangkat peripheral.
Modul I/O memiliki dua buah fungsi utama, yaitu:
  1. Sebagai perangkat antarmuka ke CPU dan memori melalui bus sistem.
  2. Sebagai perangkat antarmuka dengan peralatan peripheral lainnya dengn menggunakan link data tertentu.

Teknik I/O

Terdapat tiga buah Teknik dalam operasi I/O, yaitu: I/O interrupt - driven I/O, dan DMA (Direct Memory Access). Namun saat ini saya hanya akan memberikan sedikit penjelasan tentang I/O Terprogram.

I/O Terprogram

CPU langsung mengendalikan operasi I/O secara keseluruhan dengan menjalankan serangkaian instruksi I/O dengan program tertentu.
Karakteristik:
1. Terdapat program untuk memulai-mengarahkan-menghentikan operasi I/O.
2. Membutuhkan perangkat keras register. Yakni: Register status, Register Buffer, Register Point Buffer, dan Register Counter Data.
3. Perlu waktu proses yang menyita waktu pemanfaatan CPU.

Kesimpulan

Dari apa yang saya jelaskan diatas, bisa disimpulkan I/O punya fungsi atau peran yang bisa dibilang sebagai perantara/penghubung antara user dengan mikroprocessor, jadi dunia luar & mikroprosesor bisa berhubungan. Modul I/O tuh jadi alat antarmukanya sistem bus dan yang megang kendali perangkat peripheralnya. Modul I/O juga bisa dibilang berperan penting soalnya dia yang megang tanggung jawab perangkat eksternal, sekaligus tanggung jawab atas pertukaran data dari luar dan memori utama ataupun register-register CPU.


DAFTAR PUSTAKA
Mengenal Sedikit Tentang Sistem Input/Output (I/O) Sistem I/O Apa itu I/O? Input/Output atau biasa disingkat dengan I/O, adalah suatu komponen dalam sistem komputer yang bertanggung jawa...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats