"10 JANUARI 1993"


Tepat 22 tahun yang lalu, pada waktu Subuh. Ketika itu aku belum tahu apa-apa, yang aku tahu, aku berada di sebuah gubuk kecil, berlantaikan tanah. Atap dari gubuk itu hanya berupa genteng yang sudah menghitam karena seringnya diterpa derasnya air hujan. Dinding rumah itupun hanya terbuat dari anyaman bambu yang sudah bolong-bolong termakan usia, membuat pencuri pun iba melihatnya.


Aku masih ingat, waktu itu ibuku menjerit kesakitan, ingin aku menolongnya namun aku tak kuasa. Segala daya upayaku, segala gerakanku, dan segala tangisku untuk membantunya malah membuat ibuku semakin kesakitan. Aku menangis karena telah membuat ibuku menderita. Beban yang diberikan padaku terlalu besar, akan tetapi suratan takdir mengharuskanku menjalani semuanya.


Ku lihat ayahku gelisah di samping ibuku. Mata Beliau berkaca-kaca. Air matanya seakan ingin jatuh membasahi pipi dan bibirnya yang terus melafadzkan Do’a. Aku belum cukup mengerti tentang apa yang diucapkan oleh ayahku.


Ku lihat seorang perempuan yang sudah paruh baya berusaha membantu ibuku. Tidak jelas apa profesinya, akan tetapi dialah yang terus berusaha memberi semangat kepada ibuku. Perempuan tua tadi terus memberikan supportnya. Semakin ibuku berteriak, ia semakin bersemangat. Belakangan ketika aku besar, aku tahu bahwa perempuan itu adalah seorang dukun beranak.


Hari itu, Minggu Wage menurut pasaran orang jawa menyebutnya, tanggal 10 Januari 1993. Tangisan pertamaku menambah kegembiraan dalam keluarga kami. Seorang anak laki-laki hadir di tengah ayah dan ibuku. Melengkapi seorang anak perempuan yang telah lahir sebelumnya. Aku lahir di sebuah gubuk kecil. Rumahku.


ISHAQUL HUDA, Begitulah Ayahku memberikan nama kepadaku. :)


Di hari yang Special ini, tak ada harapan khusus, aku hanya ingin menjadi orang yg lebih baik lagi dari tahun kemarin, setidaknya aku bisa bermanfaat bagi orang-orang disekitarku, khususnya orang tuaku.

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :  المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس 

Diriwayatkan dari Jabir berkata: ”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda: "Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)


10 Januari 1993 – 10 Januari 2015

"10 JANUARI 1993" Tepat 22 tahun yang lalu, pada waktu Subuh. Ketika itu aku belum tahu apa-apa, yang aku tahu, aku berada di sebuah gubuk kecil, berlant...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats