Aplikasi dan fitur berguna yang jarang dipakai di android

Kali ini saya akan membahas  aplikasi dan  fitur yang jarang dipakai namun sangat berguna .. apa saja itu ..
simak bahasan kali ini hingga akhir artikel dan semoga bermanfaat
Jika kalian memiliki smartphone pastinya memiliki berbagai macam fitur dan aplikasi yang tersemat pada ponsel kalian , namun ada beberapa  yang sangat jarang di gunakan entah kalian tidak mengerti bagaimana cara menggunakannya atau tidak tahu apa fungsinya ..



Disini saya akan membahas beberapa fitur dan aplikasi tersebut  tentu saja ini versi saya hehe ..

  • Google maps / Navigasi


Yang pertama adalah google maps aplikasi ini saya yakin terpasang hampir di setiap Smartphone android karena aplikasi ini memang bawaan dari Os yang dikembangkan oleh Google , aplikasi navigasi ini jarang digunakan bahkan tidak pernah .. 

ada beberapa syarat di bawah ini yang perlu kalian penuhi diantaranya :

- Memimiliki Koneksi Internet
- Tersedia fitur GPS
Caranya : Hidupkan Layanan data dan juga GPS buka Aplikasi Google Maps atau Maps sama aja ..
Selanjutnya tulisakan alamat lengkap  tempat tujuan lalu cari dan minta pentunjuk arah jalan

  • GPS



Fitur Gps Berkaitan dengan lokasi dan pencarian lokasi , hal yang penting dari peng aktifan fitur GPS adalah selain kita dapat mengetahui dimana lokasi kita , juga dapat mencari lokasi yang kita inginkan ..
Banyak dari kita mematikan fitur yang satu ini , berdalih irit baterai iyakan ? ataupun menganggap fitur ini tidak penting ..
namun tidak demikian , ada saatnya fitur ini akan menjadi sangat penting , coba bayangkan jika suatu saat ponsel kalian tertinggal entah dimana , jika kalian sebelumnya menghidupkan fitur ini kalian dapat melacak menggunakan website www.google .com/android/devicemanager, dan akan terlihat dimana lokasi ponsel tersebut terakhir ber ada atau terkoneksi dengan internet, bisa di kantor , di sekolah di rumah teman ataupun dirumha pacar dan di tempat lainnya ..
asal jangan di colong orang aja pasti ponsel tuh udah dimatiin  ..

  • Note Pad / Memo



Selanjutnya adalah Note pad atau Memo Fungsi dari aplikasi ini adalah membuat catatan kecil biasanya catan berbentuk memo  pengingat juga catatan penting lainnya , mungkin anda perlu menggunakan ini jika ingin mencatat hal penting dan tidak membawa alat tulis untuk mencatatnya , seperti Nomer atau alamat rumah bisa juga judul artikel , seperti saya ..
jika ada judul artikel yang terlintas dipikiran dan  menurut saya penting untuk di bahas pasti saya langsung mencatatnya di memo biar ga lupa ..
kalian juga dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan baik tentunya bukan hanya untuk pajangan aja

  • Private Number



Saya juga kurang paham apa pentingnya fitur yang satu ini , daripada di bilang penting mungkin lebih cocok buat iseng- iseng aja kali ya ..
Semua Android memiliki Fitur yang satu ini , namun apakah kalian tau apa dan bagaimana cara mengaktifkannya ? jika belum mengerti kalian dapat berkunjung ke artikel saya sebelumnya kemari gan ..
Fitur Private number bisa dibilang tidak banyak orang mengetahuinya , jika dulu mungkin hanya ponsel nokia saja yang support dan terdapat fitur ini namun dengan semakin majunya teknologi kini hampir semua ponsel android dapat dikatakan mampu menggunakan Private number waw hebat bukan ..

  • Hidup/matikan Berjadwal



Fitur selanjutnya adalah otomatis menghidupkan dan mematikan ponsel , kegunaan fitur yang satu  ini adalah mampu menghidupkan dan mematikan Ponsel sesuai waktu yang telah ditentukan sebelumnya , jika sahabat merasa tidak ada pemakaian pada ponsel ada baiknya menggunakan fitur yang satu ini , 

misalnya  ketika kalian sedang sekolah ataupun bekerja mulai pukul 07:00 pagi dan Selesai pada pukul 15:00 sore waktu kalian tidak menggunakan ponsel adalah 8 jam , jika iya ..
Kalian dapat menyetel matikan otomatis pada pukul 07:00 dan Menghidupkan nya pada 15:00 dengan begitu kalian mampu menghemat pemakaian baterai pada ponsel , namun sangat jarang fitur ini digunakan siapa yang betahkan  kaga main ponsel selama 8 jam , hari gini .. haha 

mungkin Cuma untuk bahasan aja , siapa tau suatu saat butuh
perlu di perhatikan tidak semua ponsel memiliki fitur ini hanya beberapa saja contohnya ponsel china yang banyak menerapkan fitur ini

  • Aksebilitas Talkback



Fitur ini memang jarang digunakan kecuali untuk orang yang berkebutuhan khusus , maksudnya apa?
Ya fitur ini memanglah di peruntukan untuk orang yang tidak dapat melihat ,
fitur ini mampu memberikan arahan untuk orang yang tidak dapat melihat dengan bantuan  suara yang di keluarkan meskipun agak ribet cara pengoprasiannya saya pun bingung ketika meng-aktifkan fitur ini layar android tidak dapat di sentuh ..

sebenernya bukan tidak bisa disentuh hanya saja perlu bebeapa kali untuk benar benar bisa di sentuh dan merespon perintah kita
dan juga tidak dapat digunakan dengan satu sentuhan saja perlu kedua jari untuk menyentuhnya
namun dengan begitu banyak saudara saudara kita yang tidak mampu melihat tapi bisa mengoprasikan ponsel android , mungkin hanya sekedar untuk dengar lagu atau menelepon tentu saja sekecil apapun itu fitur ini berguna untuk mereka .

mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk semua pembaca Flash & Reset
sampai jumpa lagi ..
Aplikasi dan fitur berguna yang jarang dipakai di android Kali ini saya akan membahas  aplikasi dan  fitur yang jarang dipakai namun sangat berguna .. apa saja itu .. simak bahasan kali ini hin...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats