Teknologi Kamera Drone

Drone (Pesawat Tanpa Awak)

Drone yang digunakan dibidang militer
Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (English = Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV), adalah sebuah mesin terbang yang berfungsi dengan kendali jarak jauh oleh pilot atau mampu mengendalikan dirinya sendiri, menggunakan hukum aerodinamika untuk mengangkat dirinya, bisa digunakan kembali dan mampu membawa muatan baik senjata maupun muatan lainnya . Penggunaan terbesar dari pesawat tanpa awak ini adalah dibidang militer. Namun kali ini saya bukan membahas drone dibidang militer, tetapi drone yang sekarang sedang booming dibidang broadcasting multimedia, yakni kamera drone.

Drone Camera

Drone Camera yang digunakan untuk fotografi dan videografi
Munculnya kamera drone tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang ada. Teknologi pesawat tanpa awak yang terbang tanpa pilot dan dikendalikan dari bawah ini memang telah menemukan wujudnya. Kalau dulu kita tahu drone hanya digunakan oleh bidang militer untuk kepentingan pertahanan negara, kini drone sudah bisa dimiliki oleh masyarakat umum.

Kamera Adalah Unsur Terpenting


Meski drone selfie ini adalah selfie gaya terbaru dari selfie-selfie sebelumnya, namun yang namanya selfie sebagai kegiatan memotret diri tentu memiliki hal pokok terpenting yang tidak bisa dilupakan. Hal terpenting itu adalah #kamera. Drone pun bisa dipasangkan action camera seperti GoPro dan lain sebagainya.
Drone dengan action camera GoPro
Dalam drone selfie juga terdapat kamera untuk mengambil gambar, dan kamera drone ini tentu harus menjadi prioritas yang perlu dicermati. Karena percuma jika teknik pengambilan gambar dengan drone ini berjalan namun hasil gambarnya tak bagus, maka hal ini akan sia-sia.

Seni + Kreatifitas + Teknologi 

Bunderan Hotel Indonesia diambil dari Drone Camera

Selain faktor perkembangan teknologi, tingkat kreativitas dan juga sisi seni dari teknik mengambil gambar diduga sebagai hal yang mempengaruhi munculnya drone selfie. Pecinta selfie yang kebanyakan dari kalangan remaja ini jelas memiliki banyak hal seperti kreativitas yang muncul dari rasa seni.


Para remaja kini akan sering mencoba-coba teknik pengambilan gambar yang lain yang mungkin bisa lebih baik dari sebelumnya. Maka muncullah drone selfie, teknik mengambil gambar dari jarak jauh dengan sebuah pesawat tanpa awak.

Harga Yang Mahal

Yup, drone adalah barang dan teknologi yang cukup mahal. Sebuah drone untuk selfie terbaru yaitu Nixie jika lolos dan diproduksi massal, anda harus siap merogoh kocek anda tak kurang dari $ 1.000 USD atau sekitar 10.000.000 (dengan asumsi 1 $ = Rp 10.000) untuk memilikinya. Tentu ini harga yang tidak murah untuk ukuran masyarakat Indonesia. Namun itulah kenyataannya, teknologi terbaru yang harus dibayar untuk selfie terbaru.

Berikut adalah beberapa hasil video yang diambil lewat Drone Camera:


Jakarta Drone Perspective DJI Phantom Indonesia





Source:
Teknologi Kamera Drone Drone (Pesawat Tanpa Awak) Drone yang digunakan dibidang militer Pesawat tanpa awak atau Pesawat nirawak (English = Unmanned Aerial V...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats