Mengatasi “failed to read command” Asus Zenfone 5 Tanpa Fastboot

Tepatnya kasus “54% failed to read command” terjadi pada asus zenfone 5 yang hendak diflash dalam kondisi bootloop dan tidak bisa masuk fastboot mode atau droidboot mode.
Dari beberapa reverensi, munculnya pesan kegagalan saat flash di atas terjadi karena versi recovery yang terpasang sama dengan versi firmware yang akan anda diflashkan. Sebagai contoh kasus yang saya alami asus zenfone 5 bootloop menggunakan recovery 3.24.40.87_201 di sini berarti saat kondisi normal sebelumnya sudah menggunakan android versi lollipop.
Mencari tutorial kesana kemari kebanyakan menganjurkan untuk merubah versi recovery ke yang lebih rendah dari versi firmware yang akan diflashkan. Kalau harus merubah recovery berarti harus masuk fastboot dulu kemudian baru diinstall recovery sesuai versi yang diperlukan.

Nah, masalahnya asus zenfone 5 yang bootloop yang sedang saya tangani ini ternyata tidak bisa masuk fastboot tetapi bisa masuk recovery mode, mirip seperti yang pernah saya tulis di artikel berjudul Asus Zenfone 5 T00F A500CG Tidak Bisa Masuk Fastboot Mode.

Selanjutnya saya coba flash langsung masuk recovery mode kemudian flash via adb dengan versi firmware sama dengan versi recovery dan akhirnya muncul failed to read command. Saya coba lagi dengan firmware lain hasilnya sama berhenti ditengah-tengah sekitar 80% atau 90% failed to read command kalau tadikan 54% failed to read command.

Alhamdulillah setelah beberapa firmware gagal akhirnya berhasil sampai 100% menggunakan firmware UL-ASUS_T00F-WW-5.3.3.3-user.zip seperti screenshot dibawah ini, setelah selesai kembali ke recovery pilih menu wipe data / factory reset kemudian reboot system now.
Asus zenfone 5 yang tadinya bootloop dan tidak bisa masuk fastboot mode, kembali normal dan setelah dicek masuk fastboot berhasil dengan android versi lollipop.

Sekian cara mengatasi 54% failed to read command tanpa merubah recovery, terutama asus zenfone 5 yang tidak bisa masuk fastboot mode tetapi masih bisa masuk recovery mode. Semoga bisa dipahami dan bermanfaat.
Mengatasi “failed to read command” Asus Zenfone 5 Tanpa Fastboot Tepatnya kasus “54% failed to read command” terjadi pada asus zenfone 5 yang hendak diflash dalam kondisi bootloop dan tidak bisa masuk fa...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats