Cara Ganti Touchscreen dan LCD Lenovo A6000

Selamat malam, selamat berjumpa kembali dengan saya selaku admin blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan yang berkaitan dengan layar sentuh atau touchscreen lenovo A6000. Kebetulan kasus ini dialami tetangga saya sendiri yang masih sekolah SMK. Kronologi ceritanya begini, pada suatu hari ketika hari sudah menjelang sore tetangga saya ini datang ke rumah dan mengatakan "mas hpku gak iso di gerakne" dalam pikiran saya sudah menduga bahwa kerusakan ini berasal dari layar sentuh. Dan setelah itu langsung saya carikan layar sentuh dari situs online dengan harga 60rb.


Setelah menunggu selama 2 hari layar sentuh yang saya pesan online tadi sudah datang. Kemudian langsung saya bongkar bagian belakang hp dan saya lepasa kabel layar sentuhnya. Kemudian saya pasang dengan layar sentuh yang baru dan saya coba nyalakan hp sudah bisa digerakan dan disentuh. Masalah sudah ketemu yaitu rusak pada layar sentuhnya. kemudian saya congkel layar sentuh yang lama menggunakan cutter. Untuk melepas layar sentuh ini sangat susah kerana lemnya sangat kuat. Sepertinya harus punya keahlian serta alat khus untuk melepas layar sentuh ini karena ketika saya congkel ada beberapa bagian yang ikut pecah.

Masalah tidak hanya sampai disitu saja, karena setelah dilepas lcd masih jadi satu dengan layar sentuh. Jadi kita harus memisahkannya dulu supaya bisa mengganti layar sentuh. Saya melihat cara di youtub yaitu dengan menggunakan benang untuk membuang lem yang menempel diantara layar sentuh dan lcd. Kemudian saya praktekan cara tersebut dan ternyata sangat susah sekali lem masih sangat kuat dan lcd hp yang mau saya lepas ini malah ikut pecah karena tarikan benang saya tadi.

Kemudian saya coba lagi lcdnya dengan menancapkan kabel ke mainboard. Ternyata benar, layar menjadi hitam dan sama sekali tidak terlihat gambar apapun. Wah semakin parah saja ini, mau tidak mau harus ganti satu paket dengan lcd ini. Karena saya tidak mau menunggu berhari-hari datangnya paketan online supaya cepet saya lengsung ke toko sparepart hp yang menjual lcd lenovo A6000. Saya tanya harganya 235rb, selisih 50rb dengan harga rata-rata yang dijual di toko online. Dengan pertimbangan diatas langsung saya beli lcd dan layar sentuh tersebut kemudian setelah sampai dirumah langsung saya coba. Hasilnya tidak mengecewakan, lcd yang saya beli ini masih bagus dan layar sentuhnya bekerja dengan lancar. Setelah mengetahui hasilnya masih bagus langsung saya rakit kembali ke dalam hp dengan memberikan lem dobel tipe supaya merekat lebih kuat.

Setelah memasang lcd kemudian jangan lupa untuk merapikan stiker yang menutupi kabel flexi lcd karena bisa membuat baterai sedikit menonjol dan menjadi susah untuk menutup cover belakang. setelah selesai jangan lupa  untuk memasang kembali baut yang sudah dilepas supaya tidak cover dan tulang hp bisa merekat dengan kuat.

Sekian dulu postingan saya yang membahas tentang cara mengganti lcd lenovo A6000. Mudah-mudahan bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.


Cara Ganti Touchscreen dan LCD Lenovo A6000 Selamat malam, selamat berjumpa kembali dengan saya selaku admin blog tukang utak-atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat postinga...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats