Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi PC

Selamat malam teman-teman pembaca blog saya ini, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hardisk eksternal tidak bisa terdeteksi di komputer. Pada zaman sekarang penggunaan hardisk sudah bukan barang langka lagi seperti dulu. Karena data pada zaman sekarang hitunganya sudah Giga, bukan hanya mega seperti dulu. Misalnya saja ketika koleter film seperti teman saya yang menyimpan film kesayanganya pada hardisk eksternal. Hardisk dengan ukuran 1 tera sudah hampir penuh dengan film. Setelah saya lihat memang kualitas video pada film tersebut sangat baik dan yang pasti memiliki ukuran yang sangat besar. 


Sekarang akan saya bahas masalah yang sering terjadi pada hardisk eksternal, yaitu tidak terdeteksi pada pc. Tentu maslah ini sangat berbahaya bila kita mau memindah data dari hardisk eksternal ke pc tiba-tiba tidak terdeteksi. Terus bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan ini:

Pertama langkah yang perlu anda lakukan adalah dengan mengganti kabel data, biasanya bila kabel sudah tidak bagus bisa membuat hardisk tidak terdeteksi. Usahakan diganti dengan kabel yang benar-benar bagus supaya diketahui kerusakannya, bila perlu diganti dengan kable data yang baru.
Selain dari kabel, masalah ini juga bisa terjadi akibat kerusakan port usb pada komputer atau laptop. Solusinya adalah dengan mencoba dibuka pada komputer lain. Bila bisa terbaca dengan baik berati port usb perlu diperbaiki atau mungkin juga bisa karena driver usb belum terinstal. Jika belum terinstal lakukan instalasi driver seperti biasa.

Kemudian masalah lain yang menyebabkan hardisk tidak terdeteksi adalah karena kasing hardisk eksternal rusak. Konektor yang menghubungkan kabel data dengan hardisk ini bermasalah. Solusinya adalah dengan mengganti kesing hardisk yang lain. Atau bisa juga mencoba langsung tanpa pc dengan menancapkan kabel power suply dan kabel hardisk pada pc. Bila masih terdeteksi berarti kesing hardisk dipastikan rusak.

Kemudian yang paling parah penyebab kerusakan hardisk ekternal tidak terdeteksi adalah rusak pada hardisk itu sendiri. Kalau sudah begini tidak ada solusi lain, karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Data-data yang ada di dalam hardisk juga tidak bisa terselamatkan. Kalau sudah begini lebih baik pasrah, jika mau mengeluarkan dana yang lebih bisa mencoba membawa ke tempat khusus recovery data. Tapi biayanya cukup mahal, dan tidak 100% data bisa kembali.

Saya kira cukup sekian postingan saya yang membahas hardisk eksternal tidak bisa terdeteksi di pc. Mudah-mudahan bermanfaat dan bila ada pertanyaan seputar masalah pada gadget silahkan anda tanyakan pada kolom komentar. Terimakasih atas kunjunganya ke blog saya ini sampai jumpa dengan postingan saya yang lainya.

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tidak Terdeteksi PC Selamat malam teman-teman pembaca blog saya ini, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hardisk eksternal tidak bisa terdeteks...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats