Cara Mengatasi Tombol Home Pada iPhone Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol Home Pada iPhone Tidak Berfungsi

Smartphone keluaran apple yakni iPhone dikenal dengan satu tombolnya yang beragam fungsinya. Hal itu yang membuat iPhone menjadi terlihat lebih unik ketimbang smartphone lainnya, namun sayangnya ketika tombol itu rusak atau tidak berfungsi lagi, tentu penggunannya akan dibuat pusing.

Oleh karena itu banyak pengguna yang menyesalkan akan desain iPhone yang rata-rata seperti itu. Akan tetapi, hal itu sekarang bukan lagi merupakan persoalan yang berarti. Kenapa? karena disini saya akan memberikan beberapa tips cara mengatasi tombol pada iPhone tidak berfungsi.

1. Kalibrasi Tombol Home

Tombol Home yang terdapat pada iphone merupakan bagian paling penting. Tombol home pada iphone akan menjadi keras pada saat penggunaan yang cukup lama atau tidak berfungsi dengan baik karena posisinya yang miring. kalau tombol tersebut rusak, maka kemungkinan besar kamu akan kesulitan untuk mengoperasikannya bahkan sampai tidak bisa digunakan lagi. Namun ada cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan kalibrasi tombol home.

Baca Juga 3 Cara Mudah Upgrade atau Update iPhone Lawas ke iOS Terbaru

2. Menyetel Konektor iPhone

Terlalu lama menggunakan iPhone dapat menyebabkan fungsi tombol home menjadi tidak baik. Masalah ini bisa terjadi karena konektor charger yang selalu dipasang dan dicabut dengan waktu yang cukup lama. Nah kemungkinan besar itulah yang mengakibatkan pergeseraan konektor sehingga membuat tombol home menjadi sedikit miring.

Untuk memperbaiki tombol home, cukup pasang konektor ke iPhone, kemudian tekan dengan lembut konektor ke atas. Cara ini dapat memaksa tombol home untuk naik ke atas hingga dapat berfungsi normal kembali.

3. Me-Restore iPhone

Cara ketiga ini yaitu dengan Me-restore iPhone, cara ini mungkin sudah menjadi salah satu cara yang paling banyak digunakan karena caranya yang mudah dan tidak terlalu sulit.Tombol home pada iphone yang sulit digunakan atau tidak berfungsi, mungkin hal itu karena terlalu banyak cache atau file sampah pada iphone anda. Namun sebelum anda mengatasi masalah tombol Home dengan cara ini, pastikan data-data penting telah di-backup terlebih dahulu.

Baca Juga Tutorial Cara Restore iPhone 5 (Offline)

4. Membersihkan Tombol Home

Masalah lain yang dapat membuat tombol home pada iPhone menjadi tidak berfungsi karena adanya tumpukan debu. Untuk itu cara mengatasinya coba bersihkan permukaan tombol Home dan juga sekelilingnya dengan menggunakan kapas yang telah di basahi dengan cairan alkohol atau minyak angin.

5. Twist dan Spin

Cara ini saya dapat dari salah satu anggota pada fotum Mac. Anda cukup menempatkan jari anda pada permukaan tombol home, lalu tekan dengan keras dan putar searah jarum jam. Cara ini mungkin sedikit ekstrem, namun tak ada salahnya untuk dicoba.

Baca Juga Cara Menghasilkan Foto Yang Bagus Dengan iPhone

6. On-Screen Home Button

Apabila dengan cara diantas masih tidak berhasil juga, cobalah untuk mengaktifkan fungsi tombol Home pada layar iPhone dengan cara masuk ke Setting - General - Accessibility - pilih Assistive Touch.

Pengaktifan Assistive Touch ini akan memunculkan sebuah lingkaran kecil yang terdapat pada layar iPhone. Dengan fitur ini anda bisa mengontrol fungsi screen lock, volume, dan aplikasi yang lainnya dengan mudah.

7. Mengganti Tombol Home

Cara yang paling jitu dan pasti berfungsi kembali yaitu dengan cara mengganti tombol Home dengan yang baru. Anda dapat membeli tombol home iPhone di sparepart iPhone dan mengganti dengan belajar melalui youtube atau pergi ke ahlinya.

Nah itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tombol home pada iphone tidak berfungsi. Semoga postingan kali ini bisa menambah wawasan dalam memperbaiki smartphone. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya, apabila ada tambahan dari pembaca sekalian, silahkan komentar dibawah.

Baca Juga Cara Mudah Membuat ID Apple Untuk Digunakan Pada iTunes Store
Cara Mengatasi Tombol Home Pada iPhone Tidak Berfungsi Smartphone keluaran apple yakni iPhone dikenal dengan satu tombolnya yang beragam fungsinya. Hal itu yang membuat iPhone menjadi terlihat...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats