Cara Memperbaiki Speaker Tablet Advan T5C

Halo selamat berjumpa kembali dengan blog Tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang speaker tablet advan T5C yang rusak. Tentu semua sudah tau apa fungsi dari speaker. Karena dari alat inilah segala suara yang ada di tablet bisa keluar. Jadi dengan sangat pentingnya fungsi dari speaker, kalau terjadi kerusakan pasti akan sangat mengganggu kinerja dari tablet.


Sebelum jauh membahas keruskan speaker pada tablet advan t5c, akan saya bahas terlebih dahulu beberapa masalah yang sering terjadi pada speaker dan cara mengatasinya. Supaya lebih jelas akan saya uraikan pada bahasan berikut ini:
  1. Pertama adalah kerusakan karena suaranya pecah, cara mengatasinya ini adalah dengan mengganti dengan speaker baru. Karena kalau sudah pecah seperti ini biasayan membran speaker sudah ada yang sobek jadi harus diganti dengan speaker baru.
  2. Kerusakan kedua yang sering terjadi adalah kabel speaker putus. Kasus ini bisa mengakibatkan suara tidak keluar sama sekali. Kalau kabel putus seperti ini bisa diatasi dengang menyambung kembali dengan solder. Penyebab dari kabel putus ini biasanya dari ketidak hati-hatian para teknisi saat membongkar tablet. Sehingga kabel speaker itu lepas tapi di tidak sadar kalau kabelnya ini putus.
  3. Keruskan ketiga yang sering terjadi adalah speaker mati. Kasus speaker mati ini biasanya disebabkan karena tegangan yang masuk pada speaker tidak stabli sehingga berakibat speaker mati. Dari tanda-tanda fisik memang masih bagus tapi ketika dipasang tidak mengeluarkan suara. Cara mengatasinya ini juga mengganti dengan yang baru.
  4. Kasus yang keempat atau yang terakhir adalah kerusakan pada chip sura atau ic suara. Jika sudah rusak seperti ini kalau mau berfungsi lagi speakernya harus ganti mainbord. Kalau masih garansi lebih baik klaim ke servis center. Karena kalau sudah berurusan dengan mainboard seperti ini panjang kelarnya.

Untuk kasus yang saya alami pada advan t5c ini adalah kerusakan pada speaker yang pecah membranya. Jadi ketika dibuat untuk memutar lagu suaranya pecah-pecah. Nah karena berhubung kemarin saya lihat teman saya punya kanibalan mesin t5c akhirnya saya ambil dan saya gunakan untuk mengganti speaker advan t5c ini. Harga speaker ini cukup murah yaitu 25rb, daripada jadi rongsokan lumayan lah dibeli dengan harga segitu.


Setelah saya mendapatkan speaker yang tadi kemudian saya bongkar teblet advan t5c lalu saya ganti speaker yang suaranya pecah tadi dengan speaker yang baru.
Cara Memperbaiki Speaker Tablet Advan T5C Halo selamat berjumpa kembali dengan blog Tukang Utak-Atik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang speaker tablet advan T5C ya...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats