5 Cara Terbaik Memotret Pada Malam Hari dengan Smartphone Android

5 Cara Terbaik Memotret Pada Malam Hari dengan Smartphone Android

Flash & Reset10.com - Mengambil atau memotret foto pada malam hari dengan menggunakan smartphone Android bukanlah hal yang mudah. Tak jarang, hasil gambar yang didapatkan tidak maksimal, karena kurangnya pencahayaan atau bisa jadi karena spesifikasi kamera yang kurang baik.

Baca Juga Cara Membuat Gambar Bergerak (GIF) Pada Android

Biasanya untuk mengatasi masalah sepeti itu, pengguna Android suka mengggunakan flash sebagai solusinya. Namun hal itu bisanya belum menjadi solusi terbaik. Malah hasil foto akan menjadi seperti yang tidak diinginkan karena penggunaan flash yang tidak tepat.

Maka dari itu kami akan membahas 5 cara memotret pada malam hari dengan smartphone Android.

1. Self-Timer

Memakai fitur self-timer pada malam atau siang hari merupakan ide yang paling tepat. Bukan hanya dapat membantu menentukan angle terbaik, tapi juga bisa menghindari hasil foto yang ngeblur.

Ada baiknya jika self-timer diset 5 atau 10 detik, karena itu penghitungan waktu yang paling cocok guna mencari posisi tanpa membuat Anda menunggu terlalu lama.

2. Modus HDR

Selain menggunagakn fitur self-timer, Anda juga dapat menggunakan fitur modus High Dynamic Range (HDR). Modus ini dapat menggabungkan tiga exposure sekaligus, sehingga tempat yang paling terang dan gelap dapat terlihat dengan jelas.

Anda dapat menentukan jarak dan posisi terbaik supaya hasilnya tidak terlalu gelap. Untuk pengaktifannya cukup mudah, Anda tinggal pilih opsi "Mode", terus pilih "HDR".

Pada sebagian smartphone Android, biasanya modus HDR langsung tampil pada saat membuka kamera. Namun perlu diketahui, bahwa ukuran file foto HDR relatif lebih besar dibanding dengan ukuran file foto biasa.

Baca Juga Cara Memaksimalkan Penggunaan Kamera Pada Smartphone Android

3. Tingkatkan ISO

ISO merupakan tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. So semakin tinggi nilai ISO, maka akan semakin cerah hasil fotonya, begitupun sebaliknya.

Apabila smartphone Android Anda memungkinkan untuk mengatur ISO, Anda dapat mengaturnya menjadi 400 guna mendapat gambar yang lebih cerah tanpa menggunakan fitur flash.

Namun apabila tempat untuk mengambil foto pencahayaannya kurang, maka foto yang dihasilkan akan terlihat berbintik dan pecah. Dan jika terlalu banyak cahaya, maka foto yang dihasilakan akan terlihat over-exposure.

Apabila Anda telah menaikkan ISO namun hasil foto masih terlihat buram, bisa jadi Anda masih mengaktifkan fitur modus "Anti-Shake" dan juga HDR. Untuk itu matikanlah kedua fitur tersebut sebelum menaikan ISO.

4. Modus Pro

Pada saat Anda menekan opsi "Mode" pada kamera, maka Anda akan menemukan opsi "Pro". Pada modus ini Anda dapat mengatur pencahayaan secara manual. So apabila Anda mengerti konsep dasar tentang fotografi, maka pakailah modus ini guna mendapatkan foto yang lebih baik saat malam hari.

5. Memanfaatkan Cahaya yang ada Disekitar

Apabila Anda kesulitan mengambil foto pada malam hari karena spesifikasi kamera smartphone Android anda kurang baik, maka gunakanlah sumber cahaya yang ada di sekitar, seperti lampu mobil, jalan, motor atau apapun yang memungkinkan gambarmu terkena cahaya.

Nah itulah 5 cara terbaik untuk mengambil atau memotret foto pada malam hari dengan menggunakan smartphone Android. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan mendapatkan hasil foto yang diinginkan.

Baca Juga Cara Mengubah Background Foto Dengan Aplikasi PicsArt di Android
5 Cara Terbaik Memotret Pada Malam Hari dengan Smartphone Android Flash & Reset10.com - Mengambil atau memotret foto pada malam hari dengan menggunakan smartphone Android bukanlah hal yang mudah. Tak...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats