5 Aplikasi Chatting Paling Ringan Pada Smartphone Android

Sekarang sudah banyak aplikasi pesan instan yang populer baik itu di Smartphone IOS ataupun Android. Sebut pesan instan seperti BlackBerry Messenger (BBM), LINE, Snapchat, WhatsApp, dan lain sebagainya. Dan tentunya setuiap pesan instan mempunyai kelebihannya masing-masing.

Misalkan anda suka chat dengan menggunakan emot, dan untuk itu Aplikasi LINE lah jagonya. Terus untuk yang suka kirim video selfie dengan berbagai efek keren, jelas Snapchat pemenangnya.

Enggak akan ada habisnya kalau kita bahas satu persatu, karena setiap aplikasi pasti mempunyai kelebihan, kekurangan, dan tentu saja pengguna setianya. Dikutip dari smartphones, pada kesempatan kali ini apabila mau kasih rekomendasi tentang aplikasi berkirim pesan yang paling aman digunakan. Saya buatkan Khusus untuk para pembaca setia blog saya yang aware sama privasi, pasalnya ke lima aplikasi messenger dibawah ini mempunyai fitur enkripsi end-to-end.

Yang artinya tidak akan ada yang membaca pesanmu kecuali teman chatting-mu.

1. WhatsApp

Beberapa waktu yang lalu, WhatsApp telah merilis fitur enkripsi end-to-end. Fitur keamanan yang dapat berfungsi apabila pengguna smartphone sudah memperbarui ke versi WhatsApp terbaru.Setiap pesan yang dterima atau dikirim akan disimpan secara otomatis di fitur enskrip. Hebanya lagi fitur enskrip whatapp ini merupakan fitur terkuat dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya.

2. Facebook Messenger

Sesudah WhatsApp, Facebook juga sudah melakukan uji coba fitur keamanan terbaru ini untuk Messenger yaitu Secret Conversation yang dimana ini masih terbatas. Dengan begitu, pesan yang telah kamu kirim pada aplikasi Massangger akan disimpan pada enskrip end to end. Dan kamu juga dapat mengatur waktu untuk dapat melihat baik itu oleh pengirim maupun penerima.

3. Telegram

Telegram adalah aplikasi chatting yang senada dengan WhatsApp, tampilannya memang engga jauh beda dengan WhatsApp. Salah satu keunggulan Telegram adalah keamanan dari pesan yang kamu kirimkan yakni fitur Secret Chat, dimana pesan-pesan tersebut akan dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh sang penerima.

Terdapat juga fitur self-destruct alias penghapusan pesan secara otomatis sesaat setelah dibaca. Pesan tersebut akan hilang dan musnah selama-lamanya, dan tidak dapat dilacak lagi dengan cara apa pun.

4. Signal

Signal juga mempunyai sistem keamanan yang tinggi. Signal dikembangkan oleh Open Whisper Systems, sebuah kelompok pembajak yang juga membantu WhatsApp dalam pengembangan enkripsinya. Sama seperti WhatsApp, Signal juga menanamkan fitur enkripsi end-to-end pada pesan teks, suara, file, dan media lainnya.

5. Wickr Me

Yang terakhir yakni aplikasi Wickr Me yang dimana aplikasi chatting ini dikembangkan oleh salah seorang peretas, Nico Sell. Pada awalnya,Wickr Me dipakai sebagai media berkirim pesan untuk para whistleblower supaya pemerintah tidak bisa melihat pembicaraan tersebut.

Wickr Me disebut-sebut sebagai pesan enskrip kelas militer. Jadi, pesan yang dikirim atau diterima akan diacak dan tidak dapat  ada pihak lain yang dapat mengidentifikasi.

Itulah 5 Aplikasi Chatting Paling Ringan Pada Smartphone Android. Di satu sisi fitur enkripsi mempunyai kelebihan pada kemanan yang baik, akan tetapi juga akan menyulitkan pemerintah dan pihak keamanan dalam megungkap kasus tertentu. KArena data rekaman percakapan untuk barang bukti tidak bisa dibuka, bahkan oleh pengembang aplikasinya pun sekalipun. Maka dengan itu fitur ini menuai pro dan kontra, so menurut anda bagimana dengan fitur ini?

Baca Juga Aplikasi Browser Yang Paling Ringan Untuk Android
5 Aplikasi Chatting Paling Ringan Pada Smartphone Android Sekarang sudah banyak aplikasi pesan instan yang populer baik itu di Smartphone IOS ataupun Android. Sebut pesan instan seperti BlackBerr...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats