Beberapa Cara Memindahkan File Dari PC/Laptop ke Android atau Sebaliknya Terbaru

Android-hijau™ – File merupakan salah satu bagian penting dalam semua device sistem operasi. Salah satu cara yang banyak di cari pengguna komputer dan android ialah cara memindahkan file dari komputer ke android atau sebaliknya. Karena  memindahkan file dari komputer ke android atau sebaliknya merupakan salah satu kegiatan yang sangat di butuhkan pengguna komputer dan android.

Sering kali kita berniat untuk memindahkan file dari komputer ke android atau sebaliknya memindahkan file dari android ke komputer. Baik itu file foto, lagu, video, atau file berjenis lainnya. Seperti di postingan kali ini kami akan menampilkan beberapa cara memindahkan file dari komputer ke android atau sebaliknya. Oke dari pada berlama - lama langsung saja kita lihat beberapa cara memindahkan file dari komputer ke android atau sebaliknya memindahkan file dari android ke komputer yang ada di bawah. Sobat dapat memilih salah satu cara di bawah ini jika sobat ingin memindahkan file baik dari komputer ke android ataupun dari android ke komputer.

Beberapa Cara Memindahkan File Dari PC/Laptop ke Android atau Sebaliknya

Cara Tanpa Harus Terhubung ke Internet


Cara Pertama : Menggunakan Kabel Data

Kabel data merupakan salah satu alat yang dapat memindahkan file dari perangkat android ke komputer atau sebaliknya. Dengan cara menghubungkan langsung hp android ke komputer menggunakan kabel data, maka sobat dapat langsung memindahkan file dari komputer ke android dan sebaliknya. Dengan cara ini maka hp android yang sobat hubungkan tersebut akan mengisi daya baterai juga. Sebelum dapat memindahkan file, Pastikan terlebih dahulu drivernya sudah terinstall terlebih dahulu di komputer yang sobat coba untuk hubungkan menggunakan kabel data. Biasanya setelah hp android di hubungkan ke komputer dengan kabel data maka driver akan terinstall secara otomatis. Berikut ini merupakan tampilan hp android yang terbaca di komputer. Sobat dapat memindahkan file dari android ke komputer atau sebaliknya dari komputer ke android




Jika driver tidak terinstall maka di pastikan sobat tidak dapat memindahkan file dari android ke komputer atau sebaliknya. Satu lagi permasalahannya jika android tidak terbaca di komputer maka di pastikan kabel data yang sobat gunakan memang sudah rusak. Meskipun dalam fitur pengecasan kabel data tersebut dapat di gunakan.


Cara Kedua : Menggunakan Card Reader


Card reader merupakan alat yang dapat kita gunakan untuk memindahkan file dari komputer ke hp android. Berbeda dengan cara yang pertama tadi, Untuk dapat memindahkan file dari komputer ke android kita harus membuka kartu memori hp android kita terlebih dahulu kemudian memasangkannya ke card reader. Selanjutnya kita dapat mencolokan card reader ke perangkat komputer. Setelah kartu memori terbaca di komputer selanjutnya kita dapat memindahkan file baik dari komputer ke kartu memori ataupun dari kartu memori ke komputer.

Cara Ketiga : Menggunakan Hotspot Wifi

1. Install terlebih dahulu aplikasi XENDER di android. Kita dapat mendownloadnya langsung di google play store hp android kita.


2. Setelah itu buka aplikasinya dan tap dan pilih Transfer from/to PC/Mac.

3. Setelah itu pilih create hotspot sampai muncul ip addressnya. Misalnya http://192.168.10.1:3845

4. Kemudian buat Wifi Tethering di hp android tersebut tanpa menggunakan password.


5. Setelah sudah di buat hotspot wifinya di android selanjutnya hubungkan perangkat komputer atau latop ke tethering wifi yang di buat tadi.

6. Jika sudah terhubung, Langkah selanjutnya buka browser di hp android tersebut dan ketik seperti ip address yang muncul tadi. Misalnya tadi http://192.168.10.1:3845

Tunggu sebentar maka hp android akan mengeluarkan notifikasi Connect PC? Pilih saja ACCEPT

7. Jika sudah selesai maka bukalah browser di komputer kita dan akan muncul file/ data yang ada di hp android kita. Kita dapat mengambil dan memasukan file ke direktori tersebut.

Cara Harus Terhubung ke Internet


Menggunakan Tempat Penyimpanan Online/Google Drive



Syarat utama untuk menggunakan google drive ialah sobat harus sudah memiliki akun google. Setelah itu sobat langsung dapat menyimpan semua jenis di google drive secara online. Jika sobat ingin memindahkan file dari hp android ke komputer melalui google drive. Maka pertama bukalah aplikasi google drive dan upload atau masukan file yang ingin sobat pindahkan ke google drive sobat.
 

Setelah file sudah di upload dan sudah tersimpan. Selanjutnya sobat buka browser di komputer atau laptop sobat. Kunjungi website google drive jangan lupa login dengan akun google yang sama. Setelah itu download lah atau ambil file yang barusan sobat upload tadi. Selesai sekarang file dari hp android sudah di pindahkan ke komputer atau laptop sobat.

Untuk memindahkan file dari komputer ke android caranya sama saja. Syarat utama ialah kedua perangkat tersebut harus terhubung ke internet.

Demikian lah postingan Android-hijau™ yang sederhana ini mengenai "Beberapa Cara Memindahkan File Dari PC/Laptop ke Android atau Sebaliknya". Jika sobat ingin membagi artikel ini berarti sobat telah membalas jerih payah saya membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel lainya yang berjudul Begini Caranya Mengganti Foto Profil Facebook Menjadi Bergerak/Animasi GIF






Beberapa Cara Memindahkan File Dari PC/Laptop ke Android atau Sebaliknya Terbaru Android-hijau™ – File merupakan salah satu bagian penting dalam semua device sistem operasi. Salah satu cara yang banyak di cari pengguna ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats