Cara Mengetik Bahasa Arab Pada Smartphone Android Terbaru

Android-hijau™ – Ini nih salah satu cara yang sering di cari oleh pengguna android. Yakni mengetik tulisan arab pada smartphone android. Karena kita ketahui secara umum kebanyakan smartphone android pasti menggunakan virtual keyboard huruf latin saja. Oleh sebab itu jika kita ingin mengetik kata atau kalimat dalam bahasa arab pada smartphone android, Kita harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur keyboard arab.

Biasanya cara ini hanya di gunakan oleh sebagian orang saja. Karena sudah kita ketahui bahwa tidak semua orang mengerti bahasa arab. Apalagi orang Indonesia 😂,, Tapi ada banyak juga loh orang Indonesia yang sudah ngerti bahasa arab. Dan biasanya orang - orang tersebut ialah para ulama dan guru agama islam. Jadi sebenarnya cara yang akan kami bagi kali ini masih dikit peminatnya. Tapi tidak masalah , semoga saja bermanfaat bagi kita semua khusus untuk para ulama atau guru agama Islam yang ingin ngetik kata atau kalimat dalam arab pada smartphone android. Jadi sekarang sobat sudah bisa menulis ayat al-quran, menulis hadist, menulis khabar dan atsar, atau keperluan lainnya pada smartphone android.

Oke baik la , bagi sobat yang tertarik ingin mengetik/menulis dalam bahasa arab pada smartphone android. Langsung saja simak cara yang kami bagikan di bawah.


Cara Mengetik Bahasa Arab Pada Smartphone Android 


Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetik/menulis bahasa arab di smartphone android. Dari mulai menggunakan aplikasi keyboard khusus bahasa Arab, menggunakan aplikasi keyboard bawaan, menggunakan aplikasi swiftKey keyboard, sampai menggunakan aplikasi keyboard asli layanan google yakni aplikasi Gboard. Hampir semua aplikasi keyboard di android pasti memiliki input bahasa arab. Oleh sebab itu sudah kami sebutkan tadi bahwa ada banyak cara untuk dapat mengetik/menulis bahasa arab pada smartphone android. Jadi sobat tinggal memilih salah satu cara yang paling gampang atau mudah. Pada Artikel Cara Mengetik Bahasa Arab Pada Smartphone Android kali ini. Kami akan menggunakan aplikasi Gboard atau dahulu bernama Google Keyboard untuk menulis bahasa arab pada smartphone android.


Cara Mengaktifkan dan Mengetik Dengan Bahasa Arab di Gboard Android


Note : Cara di bawah ini sudah terbukti berhasil kami praktekin di samsung galaxy a5 2016. Untuk smartphone android jenis lainnya , mungkin cara dan gambar nya sedikit berbeda. 

1. Pertama silahkan sobat download dan install aplikasi Gboard pada smartphone android. Jika sudah terinstall maka lewati tahap ini


2. Setelah aplikasi Gboard sudah terinstall di android. Selanjutnya aktifkan Gboard sebagai keyboard default di android. Caranya buka Pengaturan > Bahasa dan input > Keyboard default > pilih Gboard 


3. Selanjutnya masih pada menu Bahasa dan input. Kali ini atur pada "Preferensi keyboard dan input". Pilih Gboard multi bahasa > Bahasa > Tambah Keyboard > Arab > Tambahkan (Ketikan multi bahasa kalau bisa di aktifkan saja)




4. Selesai, Sobat telah berhasil mengaktifkan keyboard tulisan Arab di smartphone android. Sekarang sobat sudah bisa mengetik/menulis bahasa arab pada smartphone android.



Demikian lah postingan Android-hijau™ yang sederhana ini mengenai "Cara Mengetik Bahasa Arab Pada Smartphone Android". Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagi artikel ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Cara Ambil Screenshot Layar Android Dengan Menggunakan Aplikasi















Cara Mengetik Bahasa Arab Pada Smartphone Android TerbaruAndroid-hijau™ – Ini nih salah satu cara yang sering di cari oleh pengguna android. Yakni mengetik tulisan arab pada smartphone android. Kar...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats