Pengertian Jaringan GPRS EDGE UMTS HSDPA 3G dan 4G Terbaru 2019

Seiring perkembangan teknologi sekarang kita dapat menikmati kecanggihan di bidang telekomunikasi serta kabar, yaitu perkembangan yg seringkali kita pakai pada sehari hari teknologi pada bidang internet, Kebutuhan akan akses data internet yg menurut hari kehari makin semakin tinggi, Beberapa perusahaan telekomunikasi terus berlomba menyediakan jaringan terbaik pada menunjang kebutuhan akses data bagi pelangganya. Sering kita mendengar kata jaringan GPRS (2.5G), EDGE (dua.75G), UMTS/EVDO/W-CDMA (3G), HSPA/HSDPA (tiga.5G), serta 4G. Namun ada sebagian berdasarkan kita yg belum mengerti apa perbedaan diantarany.
Pengertian Jaringan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, 3G dan 4G
Pengertian Jaringan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA, 3G  dan 4G

Berikut sedikit penerangan atau Pengertiannya:

1. GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) : suatu teknologi yang dipakai buat pengiriman serta penerimaan paket data. GPRS tak jarang diklaim dengan teknologi dua.5G. Secara teorikKecepatan akses antara 56kbps hingga 115kbps, sehingga memungkinkan akses internet, mengirim e-mail, mms

2. EDGE

Enhanced Data rates for GSM Evolution (dua.75G) adalah teknologi evolusi dari GSM dan IS-136. Secara teori kecepatan EDGE bisa mencapai 473,6 kbps sehingga homogen-rata kecepatan EDGE tiga kali lebih cepat dari GPRS. Fasilitas yang disediakan EDGE sama misalnya GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

3. UMTS

UMTS (bahasa Inggris: Universal Mobile Telecommunications System) adalah salah satu teknologi telepon genggam 3G (generasi ke-3). Sekarang ini bentuk yg paling poly dipakai adalah W-CDMA yg distandarisasi sang 3GPP.

4. HSDPA

High-Speed Downlink Packet Access merupakan perkembangan 3G. HSDPA tak jarang dianggap menggunakan generasi tiga.5 G. Karena HSDPA masih berjalan pada platfrom 3G. Secara teori memberikan layanan suara, video, maupun akses menggunakan kecepatan sampai 3.6 Mbps atau 9 kali lebih cepat dari layanan 3G umumnya. Kontennya sendiri tidak jauh tidak selaras dengan konten berdasarkan teknologi 3G yang telah ditawarkan oleh beberapa operator seluler pada Indonesia yaitu video call, mobile video, mobile TV, dan video content. Perbedaannya merupakan 3.5G menyuguhkan gambar yg lebih tajam dari gambar yg ditawarkan sang 3G.

5. 3G 

Third Generation Technology atau W-CDMA/UMTS merupakan generai ketiga berdasarkan perkembangan teknologi nirkabel. Apabila di CDMA 3G sebanding menggunakan EVDO (Evolution-Data Optimized). 3G mempunyai fasilitas setingkat lebih tinggi dari EDGE. Dimana jika jaringan EDGE kita hanya bisa browsing, e-mail, mms, serta browsing. Layanan 3G jua mempunyai fasilitas video streaming, (termasuk didalamnya: video conference, serta video calling). Secara teori kecepatan akses 3G lebih kurang 480kbps.

6. 4G

Teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi menurut teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) dari dari 3GPP2, sebagai akibatnya sulit untuk membedakan dengan kentara teknologi 3G serta 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax. Mobile standard sudah diterima oleh ITU buat dibubuhi pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke pada keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang menyelidiki kemampuan mobile broadband yg disebut IMT-advanced yg diklaim teknologi generasi keempat (4G).

Pengertian Jaringan GPRS EDGE UMTS HSDPA 3G dan 4G Terbaru 2019Seiring perkembangan teknologi sekarang kita dapat menikmati kecanggihan di bidang telekomunikasi serta kabar, yaitu perkembangan yg sering...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats