[Tested] Cara Merakit Komputer Sendiri Beserta Gambarnya Terbaru 2019

Cara Merakit Komputer Sendiri Beserta Gambarnya - Komputer merupakan indera yg dipakai buat mengolah suatu data mengikuti prosedur yang telah dirumuskan. Kata menurut computer pada dulunya dipergunakan sebagau alat menggambarkan oleh orang yang perkerjaannya selalu melakukan perhitungan aritmatika, memakai atau tanpa alat bantu, akan tetapi arti kata ini selanjutnya dipindahkan pada mesin itu tersendiri.
Kadang orang kurang puas ketika membeli komputer yang sudah jadi. Ada yg kurang RAM nya, monitor buruk, VGA kurang rupawan serta lain-lain. Maka itu menggunakan artikle ini kamu mampu merakit personal komputer sesuai harapan dan keuangan engkau . Untuk memudahkan pembaca kami akan menyertakan gambar buat setiap langkahnya.

Berikut ini Cara Merakit Komputer Sendiri Beserta Gambarnya :


1. Pasang Processor ke Motherboard
Sebaiknya sebelum kamu memasang motherboard ke casing, terlebih dahulu engkau memasang processor supaya memasang prosessor lebih gampang. Untuk cara memasang processor ke motherboard ikuti cara ini :
  • Kamu tentukan terlebih dahulu posisi pin 1 pada prosessor kemudian socket prosessor di motherboard. Pada umumnya terletak pada pojok, ditandai dengan tanda titik / lekukan.
  • Angkat pengunci socket ke arah atas izin terbuka
  • Selanjutnya sesuaikan posisi kaki-kaki processor menggunakan lubang socket, apabila telah selanjutnya tekan pelan-pelan processor ke socket sampai kedap.
  • Silahkan kunci kembali dengan pengunci.

Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya.jpg

2. Pemasangan Motherboard
Untuk memasang Mobo (Motherboard) dalam casing dengan cara letakkan motherboard dalam tray casing kemudian sesuaikan lubang antara casing dengan lubang motherboard, selanjutnya kunci menggunakan sekrup hingga tidak goyang.
Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya%2B2.jpg

3. Pemasangan Heatsink (Kipas pendingin)
Setelah processor terpasang, selanjutnya engkau pasang heatsink (kipas prosessor) agar processor nir panas. Kipas prosessor ini dipasang di atas processor serta diberi pengunci supaya tidak tanggal. Sebaiknya lapisi Kepala kipas pendingin menggunakan Gel/pasta penghantar panas. Jangan lupa colokan power kipas ke motherboard.
Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya%2B3.jpg

4. Pemasangan RAM
Cara memasang RAM(Random Acces Memory) yaitu : Pertama buka tuas pengunci, selanjutnya sesuaikan posisi lekukan pada RAM dengan lekukan dalam slot RAM pada motherboard. Apabila telah pas silahkan tekan dan pasang kembali pengunci RAM.
Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya%2B4.png

5. Pemasangan Power Supply
Pada biasanya apabila kita membeli casing baru niscaya power supply telah terpasang. Apabila power supply belum terpasang maka caranya memasangnya misalnya :
  • Taruh power supply pada loka yang ada di casing (umumnya di belakang casing), selanjutnya kunci dengan sekrup supaya nir lepas.
  • Silahkan pasang konektor power supply ke motherboard dan kabel-kabelnya.

Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya%2B5.jpg

6. Pemasangan Kabel Motherboard dan Casing
  • Silahkan pasang kabel konektor IDE primary dan secondary di motherboard.
  • Untuk motherboard non ATX, silahkan pasang kabel port serial serta port pararel konektor di motherboard.
  • Di belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yg ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
  • Hubungkan kabel konektor mouse serta keyboard dalam motherboard.
  • Hubungan kabel konektor yang lainnya misalnya LED, speaker internal dan port yang tersedia pada casing personal komputer .

Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya%2B6.jpg

7. Memasang Drive
Untuk memasang drive misalnya harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :
  • Masukkan drive menurut depan casing. Atur dulu settingan jumper (menjadi master atau slave) dalam drive, kemudian pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
  • Hubungkan konektor kabel IDE ke drive serta konektor di motherboard (konektor utama yang digunakan lebih dulu)
  • Apabila kabel IDE terhubung dalam 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master serta satunya lagi sebagai slave.
  • Dan konektor IDE sekunder dalam motherboard bisa dipakai buat menghubungkan dua drive tambahan.
  • Sambungkan kabel power dari catu daya dalam masing-masing drive.

Cara%2BMerakit%2BKomputer%2BSendiri%2BBeserta%2BGambarnya%2B7.jpg

8. Memasang Card Adapter
Untuk Card Adapter yg bisanya dipasang merupakan sound, video card, modem serta SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : tambahkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, kemudian tekan hingga konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup menjadi hambatan card.
9. Tahap terakhir perakitan komputer
Kalau semua langkah-langkah perakitan personal komputer telah selesai, kini tutup menggunakan casing dan beri sekrup. Hubungkan kabel menurut catu daya ke soket dinding dan jua hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.
10. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer
Setelah komputer terselesaikan dirakit, kita lakukan pemeriksaan dan pengetesan hasilnya dengan acara BIOS, caranya yaitu :
  • Nyalakan komputer serta monitor, lihat layar monitor dan pula dengarkan bunyi berdasarkan speaker.
  • Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yg sudah dipasang dalam personal komputer .
  • Lakukan setting buat nilai menurut kapasitas hardisk dan boot sequence.
  • Kalau sudah lalu simpan output settingan dan exit berdasarkan setup BIOS, maka personal komputer meload system operasi menggunakan urutan pencarian yang diubahsuaikan dengan settingan boot sequence pada Bios.
  • Masukkan CD Bootable yg berisi sistem operasi dalam drive pencarian.
11. Solusi apabila terjadi masalah pada output perakitan komputer
  • Hidupkan komputer, bila komputer dan monitor nir hayati, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
  • Apabila ketika dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank / berwarna hitam, niscaya terdapat kesalahan serta bila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM / memori pada soket.
  • Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter telah pas apa belum ke slotnya.
  • Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya telah terhubung apa belum.

Demikian Cara Merakit Komputer Sendiri Beserta Gambarnya. Semoga kamu yang baru pertama kali merakit sendiri bisa memahami langkah-langkah di atas. Jika ada masalah bisa konsultasi dengan kami. Silahkan hubungi fanpage facebook kami di sini.
[Tested] Cara Merakit Komputer Sendiri Beserta Gambarnya Terbaru 2019Cara Merakit Komputer Sendiri Beserta Gambarnya - Komputer merupakan indera yg dipakai buat mengolah suatu data mengikuti prosedur yang te...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats