6 Manfaat Jenggot Bagi Kesehatan + Tips Sederhana Merawat Jenggot

Jenggot adalah satu dari jenis rambut yang tumbuh serta berkembang biak di area dagu, pipi, dan dibawah rahang bawah. Sebagai seorang lelaki sejati tentu jenggot menjadi sebuah simbol kejantanan serta ketampanan seseorang.

Di daerah timur tengah seperti arab, palestina serta sekitarnya jenggot telah sangat merakyat dikalangan kaum laki-laki , lantaran memang jenggot juga menjadi satu dari sunah nabi muhammad dalam ajaran kepercayaan islam.

Tapi dari sekian banyak pria yg menginginkan jenggot tumbuh beserta subur, ternyata tidak sedikit pula laki-laki yg memotong jenggotnya beserta alasan agar nanti terlihat rapih serta bersih. Memang tak ada salahnya buat memotong jenggot, karena pastinya pandangan setiap orang tentunya akan tidak selaras-beda.

Oke mari kita lanjutkan pembahasan tentang jenggot, jadi begini sebenarnya mempunyai jenggot mempunyai banyak manfaat loh. Selain menambah kegantengan, serta kejantanan laki-laki , jenggot pula ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan.

Apa saja sih manfaat dari jenggot?

Pastinya banyak, terutama manfaat bagi kesehatan. Bagi kamu yang sudah mulai penasaran, lebih baik silahkan disimak saja informasi berikut:

Berikut ini beberapa manfaat jenggot untuk kesehatan:

1. Melindungi Dari Sinar UltraViolet(UV)


Sinar ultraviolet atau yg seringkali dianggap sinar uv adalah satu dari jenis paparan sinar yg didapatkan oleh mentari . Sinar ini dihasilkan oleh panas matahari dan kemudian masuk ke bumi bersama menembus atmosfer.

Apa anda tahu apa saja bahaya yg mampu disebabkan oleh sinar uv ini?

Walaupun cahaya uv tak sanggup dipandang secara kasap mata, namun keberadaannya bisa kita rasakan, pula termasuk dampak samping yg akan disebabkan. Jika kita berkomunikasi bahaya dari paparan sinar uv, maka anda wajib tahu bahwa sinar ini ternyata bisa memicu terjadinya aneka macam kasus kesehatan seperti katarak, menghancurkan sel kulit, kerutan pada area kulit dan bahkan bisa mengakibatkan kanker kulit loh.

Cukup berbahaya bukan? Tapi tenang, bagi anda kaum laki-laki berjenggot, perkara yg disebabkan dari cahaya uv seperti ini akan mampu di tepis dan bahkan bisa dihindari.

Menurut sebuah penelitian yg dilakukan di Universitas Southern Quensland, ternyata menemukan sebuah hasil yang cukup memuaskan. Pasalnya sinar uv yg terdapat tidak bisa menembus sel kulit, lantaran terhalang oleh rambut(jenggot).

Jadi kamu yang berjenggot tentunya akan terhindar dari gangguan kesehatan seperti kanker kulit.

2. Memperlambat Penuaan Dini


Seperti yg telah saya singgung dalam poin pertama di atas, bahwa sinar uv juga sanggup menciptakan kulit kamu menjadi keriput dan mengkerut.

Kerutan pada kulit terutama kulit wajah pastinya akan membuat anda terlihat lebih tua, serta tentunya hal semacam ini akan sangat menggangu apalagi bagi anda pria muda yg masih mencari calon pasangan.

Namun lagi-lagi kasus begini bisa diatasi oleh adanya jenggot. Jenggot yang tumbuh dengan baik dan dirawat dengan betul akan sanggup memperlambat keriput pada kulit, terutama kulit wajah anda.

3. Mencegah Penyakit Asma


Asma merupakan salah satu gangguan sistem pernapasan yg bisa diakibatkan oleh banyak hal, seperti faktor udara, faktor alergi, maupun faktor kuliner & minuman. Dengan adanya jenggot tentunya akan sanggup memperkecil kemungkinan terserang penyakit asma.

Hal ini lantaran setiap udara yg masuk ke hidung akan disaring oleh jenggot, sehingga udara-udara kotor serta banyak mengandung polusi serta debu akan terperangkap pada jenggot. Akibatnya udara yang tadinya kotor akan menjadi udara bersih, serta mampu dihirup beserta nyaman.

Sebenarnya terdapat dua penyaring/filter yang sanggup menyaring udara kotor, yaitu kumis dan jenggot. Jadi kumis pula mampu berperan sebagai filter buat menyaring udara kotor, namun tentunya kualitas saringan udara akan lebih optimal jika dilengkapi bersama jenggot.

4. Mengurangi Peradangan Pada Kulit Wajah


Masalah seperti peradangan kulit wajah yang ditimbulkan oleh jerawat, minyak serta komedo tentunya akan sangat menggangu penampilan, terutama bagi anda yg tak jarang bertemu beserta gebetan. Pastinya akan menciptakan anda kurang percaya diri. Masalah seperti ini sanggup di minimalisir bersama jenggot.

5. Mencegah Kanker Kulit


Masih berkaitan erat bersama poin pertama, kanker merupakan penyakit mematikan yang sanggup timbul lantaran banyak faktor, satu dari faktor yang mempengaruhi merupakan cahaya ultraviolet. Sinar ultraviolet yang ter-papar secara terus menerus dan dalam jangka waktu lama tentunya akan berakibat jelek bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit.

Jadi kamu yang punya jenggot bagus serta terawat, janganlah di pangkas, karena kalau dipotong nantinya dikhawatirkan akan menyebabkan pengaruh samping seperti kanker kulit, akibat paparan cahaya uv.

6. Melindungi Tubuh Dari Panas Demam


Berbagai jenis gangguan kesehatan seperti demam tentunya sangat umum dijumpai di kelompok masyarakat kita. Panas demam sanggup diakibatkan oleh banyak faktor, salah satunya karena faktor cuaca ekstrem.

Kondisi cuaca yang terlalu panas serta terlalu dingin mampu berakibat pada panas demam. Hal ini akan semakin memburuk, mana kala cuaca berubah-ubah dari musim panas menjadi musim hujan, dan pulang lagi ke musim panas.

Kondisi cuaca seperti inilah yang sangat berpengaruh dalam kondisi kesehatan seorang. Orang yang mengalami cuaca ekstrem seperti ini dalam waktu yang lama, akan membuahkan dalam panas demam yang semakin parah.

Tapi satu hal yg bisa menciptakan seorang lebih kuat serta tahan terhadap cuaca ekstrem merupakan jenggot. Dengan adanya jenggot ini sistem metabolisme tubuh akan tetap terjaga serta tentunya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh menjadi lebih tahan terhadap segala macam penyakit terutama panas demam.

Itu dia 6 manfaat jenggot bagi kesehatan. Selain manfaat yg ada pada jenggot, ternyata tidak lepas dari perawatan yg dilakukan.


Jenggot yang dibiarkan tumbuh tanpa adanya harapan buat mencuci serta membersihkan jenggot juga mampu mendatangkan bahaya bagi kesehatan. Jadi 6 manfaat jenggot bagi kesehatan akan lebih optimal lagi bila dibarengi bersama perawatan jenggot yg benar . Berikut adalah caranya:

Tips Merawat Jenggot


  1. Cukur jenggot 2-3 hari sekali, jangan abaikan jenggot anda tumbuh terlalu panjang.
  2. Tidak perlu mencukur jenggot beserta mengikuti mode fashion. Cukup cukur jenggot sewajarnya saja.
  3. Bersihkan jenggot kamu secara teratur setiap hari.
  4. Gunakan alat cukur yg bersih dan steril.
  5. Imbangi pula dengan olahraga secara teratur.
  6. Berikan gizi dalam jenggot kamu dengan makan buah dan sayur.
  7. Penuhi waktu istirahat kamu, jangan begadang. Begadang mampu memperlambat pertumbuhan jenggot.


Itu saja yang sanggup saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga berita ini dapat berguna. Dan jangan lupa buat share dan komen artikel ini ya. Terimakasih.
6 Manfaat Jenggot Bagi Kesehatan + Tips Sederhana Merawat Jenggot Jenggot adalah satu dari jenis rambut yang tumbuh serta berkembang biak di area dagu, pipi, dan dibawah rahang bawah. Sebagai seorang le...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats