Cara Atasi Memori Internal HP Android Yang Penuh

Cara Atasi Memori Internal HP Android Yang Penuh

Penyimpanan internal ponsel atau hp android merupakan ruangan penyimpanan utama yg sanggup dikatakan mempunyai peranan yang penting bagi kinerja smartphone tersebut.

Karena memang pada dasarnya memori internal ini adalah media penyimpanan sistem android serta data dari setiap aplikasi yg terinstall.

Jadi bila ruang penyimpanan internal ini penuh maka bisa mempengaruhi kinerja smartphone android anda, seperti mampu menyebabkan lag, hang, error, ataupun force close.

Namun dijaman mirip dengan sekarang ini rasanya tidak mungkin kita sanggup selalu memastikan ruang penyimpanan internal pada keadaan stabil, pada artian tidak penuh.

Sebab ada kalanya kita ingin mendownload serta menginstall file-file mirip dengan App, Game, Musik, Video, Foto atau sebagainya.

Mungkin dari seluruh jenis file di atas, yang seringkali sekali memenuhi ruang penyimpanan merupakan Game serta Aplikasi.

Ya, ke 2 jenis file ini bisa dikatakan selalu menjadi pilihan bagi mereka pengguna smartphone android, terutama para Gamers yang suka mengkoleksi banyak game secara bersamaan.

Namun tahukah anda pada saat semakin banyak aplikasi dan game yg anda install di HP android maka itu akan mengakibatkan ruang penyimpanan kamu cepat penuh, terutama ruang penyimpanan internal yang memang merupakan lokasi buat menyimpan data dari aplikasi/game yang terinstall di HP android.

Oleh karena itu, banyak dari para pengguna smartphone android yg mengeluh tentang ukuran memori internal yang cepat sekali penuh.

Melihat kondisi itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan 3 tips sederhana buat mengatasi masalah memori internal HP android yang penuh. Berikut ini merupakan ulasan lengkapnya:

1. Pindahkan Data Memori Internal Ke Memori Eksternal

Cara pertama yg paling mudah dilakukan jika memori internal smartphone android anda penuh adalah beserta memindahkan semua file atau data yang ada di memori internal ke memori eksternal.

Cara ini memang terdengar cukup mudah buat dilakukan, namun nyatanya tidak semudah yang kita bayangkan. Didalam memori internal tadi pastinya terdapat banyak file dan data bersama jumlah yg sangat banyak.

Oleh sebab itu anda tidak sanggup memindahkannya dengan cara manual, mirip dengan melakukan copy paste antar memori.

Hal seperti itu pastinya akan memakan waktu yg sangat lama. Oleh karena itu kita memerlukan donasi dari aplikasi pihak ketiga yg dengan nama Link2SD.

Link2SD ini merupakan satu dari aplikasi android terbaik yang bisa membantu kamu dalam memindahkan data atau file di memori internal ke memori eksternal beserta otomatis.

Nah untuk cara penggunaan aplikasi Link2SD ini mampu anda lihat dibawah ini:

  1. Download serta install aplikasi Link2SD melalui link berikut
  2. Buka aplikasi tadi serta pilih "ext4" lalu "reboot"
  3. Anda akan diarahkan ke hidangan setting Link2SD. Pilih saja "checklis dan automatically link newly"
  4. Lalu pilih juga "autolink setting" dan silahkan centang seluruh list yg ada
  5. Maka secara otomatis semua file termasuk aplikasi yang ada di memori internal akan dipindahkan ke memori eksternal


2. Bersihkan File Sampah & Data Log Yang Tidak Berguna

Membersihkan data-data sampah yang sudah tidak bermanfaat lagi merupakan langkah yg tepat buat mengatasi memori internal yg penuh.

Sebab file sampah ini tanpa kamu sadari juga ikut memakan ruang penyimpanan yg terdapat.

Lalu bagaimana cara untuk membersihkan file sampah ini? Buat membersihkan file sampah ini sebetulnya ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu secara manual dan secara otomatis.

Bagi kamu yg tidak mau repot silahkan gunakan saja langkah otomatis agar meningkatkan kecepatan proses pembersihan file sampah ini.

Sama seperti cara sebelumnya, buat bisa menghapus file sampah ini secara otomatis kita memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Disini saya akan menggunakan salah satu aplikasi terbaik yg sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya pada membersihkan file sampah.

Aplikasi ini dengan nama Clean Master, untuk cara penggunaan aplikasinya silahkan kamu ikuti caranya dibawah ini:

  1. Download dan install aplikasi Clean Master, melalui link berikut
  2. Buka aplikasinya serta silahkan kamu bersihkan seluruh file sampah yg membuat memori internal kamu penuh
  3. Anda juga bisa menghapus cache yang sudah tak berguna


3. Upload File & Data Anda Ke Google Drive

Cara terakhir yg sanggup kamu lakukan buat mengatasi kasus memori internal yg penuh adalah bersama mengupload file yang terdapat ke layanan penyimpanan online seperti Google Drive.

Cara ini sanggup dibilang cukup efektif pada mengosongkan ruang penyimpanan memori internal di HP android anda tanpa takut data-data penting kamu hilang.

Sebab kamu hanya perlu mengupload semua file yang ada ke Google Drive ini. Setelah anda berhasil mengupload semua file yang ada di memori internal, maka saatnya anda menghapus file-file yang terdapat di memori kamu tadi.

Nah buat cara upload file ke Google Drive mampu anda lihat melalui langkah berikut ini:

  1. Download dan install aplikasi Google Drive, kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store atau melalui link berikut
  2. Kemudian buka aplikasi Google Drive tersebut
  3. Saat pertama kali masuk, mungkin anda akan ditampilkan beberapa halaman prolog, silahkan pilih saja "Skip"
  4. Jika kamu telah berada di tampilan utama Google Drive silahkan sentuh tombol ikon plus/tambah bulat yg biasanya berada di pojok kanan bawah
  5. Kemudian akan tampil beberapa opsi diantaranya: Folder, Upload, Scan, Google Doc, Google Sheet, Google Slide
  6. Silahkan pilih "Upload"
  7. Kemudian silahkan saja pilih file-file atau data yg ingin kamu Upload (Gambar, Foto, Video, App, Musik, serta sebagainya)
  8. Selesai


Penutup

Itu dia beberapa cara yang mampu anda lakukan buat mengurangi kapasitas memori internal HP android yg penuh.

Silahkan kamu tentukan sendiri cara mana yg menurut anda paling efektif buat mengatasi memori internal yg penuh.

Dengan cara diatas maka ruang penyimpanan memori internal hp android kamu akan berkurang serta tentunya bersama semakin longgarnya ukuran penyimpanan internal ini maka semakin cepat serta stabil juga kinerja smartphone yg anda gunakan.


Mungkin hanya itu yang bisa aku sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Dan ingat buat terus mengikuti update terbaru dari blog ini ya. Terimakasih.
Cara Atasi Memori Internal HP Android Yang Penuh Penyimpanan internal ponsel atau hp android merupakan ruangan penyimpanan utama yg sanggup dikatakan mempunyai peranan yang penting bagi...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats