Cara Gampang Setting VPN Di Windows 10 Laptop & PC (Pasti Berhasil)

Cara Mudah Setting VPN Di Windows 10 Laptop & PC (Pasti Berhasil)

Kebebasan pada melakukan segala hal merupakan impian setiap orang, termasuk didalamnya adalah kebebasan di dalam dunia maya (internet).

Walau dunia maya seolah menaruh kita kebebasan dalam mengakses segala konten, namun pada kenyataannya dunia internet memiliki batasan-batasan tersendiri.

Itu artinya kita tak bisa mengakses internet secara bebas!

Namun tahukah anda, berkat adanya teknologi yg dengan nama VPN ini, seluruh kendala serta keterbatasan akses di dunia maya seolah sirna.

Kita mampu mengakses segala macam hal yang tersedia di internet tanpa ada batasannya (bebas) dengan memakai VPN ini.

VPN itu apa sih?

VPN adalah singkatan dari celoteh Virtual Private Network yang berarti jaringan internet yg bersifat pribadi.

Jika kita ingin mengetahui makna dari VPN itu sendiri, tentu kita wajib memahami terlebih dahulu makna dari setiap tutur.

Virtual

Virtual atau maya adalah sebutan buat sesuatu yang tak nyata, yang tidak dapat dirasakan secara langsung oleh manusia. Yang dimaksud virtual disini ialah internet!

Kenapa internet disebut virtual?

Tentu saja, internet merupakan sesuatu hal yg bersifat tak nyata! Kita sebagai manusia tak mampu melihat bentuk dari internet, tak mampu dirasakan (disentuh) secara langsung oleh manusia. Oleh sebab itulah internet dianggap sebagai virtual.

Private

Private berasal dari bahasa inggris yang bermakna pribadi (khusus) dan tidak bisa dijalankan oleh sembarang orang. Private merupakan istilah buat menyebut sesuatu yang bersifat pribadi (personal) dan mempunyai akses terbatas.

Mengapa VPN bersifat private?

VPN dikatakan sebagai suatu jaringan private karena memang karakteristik dari VPN sendiri, yaitu menyembunyikan identitas dari sang penggunanya, serta hanya bisa diakses oleh perseorangan saja.

Jaringan VPN menyembunyikan IP publik sang pengguna, serta lokasi dari penggunanya, dan menghapus seluruh riwayat akses sang pengguna, pada akhirnya jaringan ini betul-benar anonim (tidak diketahui secara pasti siapa yang menggunakanannya).

Seseorang yang menggunakan VPN pun tak akan khawatir riwayat penelusuran mereka diketahui oleh orang lain, karena seluruh akses yg ada hanya diketahui oleh sang pengguna itu sendiri,

Network

Network apabila diterjemahkan pada bahasa Indonesia berarti Jaringan. Jaringan adalah interaksi antara beberapa pihak yg saling kait-mengait.

VPN terbagi menjadi 3 pihak, yaitu: pengguna, pihak VPN sendiri, serta Internet. Ketiga pihak tadi saling berhubungan satu sama lain, dimana bila salah satu dari ketiganya hilang, maka sistem kerja mereka juga akan berantakan.

Setelah membaca serta mengamati makna dari masing-masing celoteh VPN diatas, maka bisa disimpulkan bahwa VPN adalah suatu jenis jaringan internet yang bersifat pribadi, dimana penggunanya dapat menggunakan VPN untuk mengakses segala hal di dunia maya tanpa takut terdeteksi identitasnya.

Cara Kerja VPN:

Cara Mudah Setting VPN Di Windows 10 Laptop & PC (Pasti Berhasil)


Cara kerja VPN sangatlah sederhana, dimana VPN sendiri terbagi menjadi 3 pihak, yaitu: pengguna (user), VPN, dan internet.

  1. Pengguna (user) melakukan koneksi (interaksi) beserta VPN.
  2. VPN menyetujui interaksi tadi, dan menyediakan opsi layanan server yg tersedia.
  3. Pengguna menentukan opsi server yg disediakan.
  4. VPN merespon serta kemudian mengganti semua informasi user menjadi informasi user lain sesuai dengan server yang dipilih (Misalnya merupakan mengubah alamat IP user).
  5. Pengguna melakukan request informasi atau data ke internet.
  6. VPN mengubah beberapa berita user dari requst yang dilakukan, kemudian melanjutkannya ke internet.
  7. Internet merespon request yang dilakukan oleh pengguna, serta menaruh berita yang diminta.
  8. Pengguna menerima berita atau data yang diminta.

Begitulah ilustrasi sederhana mengenai bagaimana cara kerja dari VPN. Yang perlu ditekankan disini ialah tentang cara VPN mengubah berita user.

Dimana pada saat user melakukan koneksi (interaksi) dengan VPN, maka secara otomatis pihak VPN akan mengganti semua informasi pribadi user (IP, Lokasi, Host, Server, DNS) ke dalam server tertentu yang telah ditentukan.

Sehingga nantinya, internet akan melihat bahwa user berasal dari negara atau wilayah lain. Seperti itulah kurang lebihnya gambaran dari cara kerja VPN.

Nah baiklah, sesuai beserta materi pembahasan kita kali ini yaitu mengenai cara setting VPN di Windows 10, maka saya akan menaruh langkah-langkah mudahnya dibawah ini:

  1. Buka laptop/komputer anda.
  2. Nyalakan koneksi internet anda.
  3. Buka browser anda (Chrome, Mozilla, Opera) dan ketik di kolom pencarian "Free VPN PPTP".
  4. Klik satu dari situs yg muncul pada urutan paling atas, dengan alamat URL (vpnbook).
  5. Scroll kebawah serta klik dalam menu "PPTP".
  6. Tersedia beberapa server VPN yang sanggup anda gunakan, pilih salah satunya. Kemudian catat juga username dan password yg tersedia.
  7. Lalu masuklah ke menu Control Panel di komputer kamu.
  8. Pilih pada menu opsi "Network & Internet".
  9. Klik dalam hidangan "VPN". Lalu pilih "Add a VPN connection".
  10. VPN Provider isi bersama "Windows (built-in)".
  11. Connection Name isi dengan nama nama jaringan VPN (bebas).
  12. Server name or address isi dengan nama server yang sudah kamu catat sebelumnya misalnya: "us1.vpnbook.com".
  13. Pada VPN type isi bersama "Point to Point Tunneling Protocol (PPTP)".
  14. Type of sign-in info isi bersama "User name and password".
  15. User name (optional) isi bersama username yang telah anda catat sebelumnya, contohnya: "vpnbook".
  16. Password (optional) isi dengan password yg telah anda catat sebelumnya.
  17. Klik "Save".
  18. Kemudian klik "Connect".
  19. Selesai.

Sampai pada tahap ini anda telah berhasil melakukan setting jaringan VPN, namun jika kamu masih merasa bingung bersama langkah-langkah diatas, maka anda sanggup mengikuti video berikut:




Penutup

Bagaimana sobat, mudah bukan cara mensetting VPN di Windows 10. Inti dari tutorial diatas adalah menghubungkan jaringan komputer lokal kita ke server VPN luar yg tersedia.

Untuk memastikan apakah koneksi VPN di Windows 10 telah berhasil, silahkan lakukan pencarian beserta keyword "My Location". Apabila tempat anda berada sesuai beserta server VPN, misal United States. Itu berarti kamu telah berhasil.


Nah mungkin hanya itu saja yg dapat sampaikan dalam cara mudah setting VPN di Windows 10. Semoga informasi ini bisa berguna buat anda ya. Terimakasih serta sampai jumpa.
Cara Gampang Setting VPN Di Windows 10 Laptop & PC (Pasti Berhasil) Kebebasan pada melakukan segala hal merupakan impian setiap orang, termasuk didalamnya adalah kebebasan di dalam dunia maya (internet). ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats