Cara Menampilkan Mode Hibernate Di Windows 7, 8 Dan 10

Dalam sistem operasi, baik windows maupun linux tentunya telah secara default tersedia aneka macam layanan pendukung seperti Shutdown yang digunakan buat mematikan komputer , dan Lock buat mengunci komputer . Tapi tentunya tak hanya dua utilitas itu saja yang tersedia, opsi lain seperti Sleep dan Hibernate juga terdapat.

Opsi Sleep dan Hibernate ini sesungguhnya punya kemiripan, tetapi pula punya perbedaan. Apa perbedaannya?

A. Mode Sleep

Pada opsi Sleep, komputer/laptop akan berada pada kondisi tetap berjalan namun dengan daya yg minim. Maksudnya adalah pada waktu kamu mengaktifkan mode Sleep maka layar monitor akan mati, dan program-program yang berjalan akan di pause/dilarang sementara.

Sementara sistem komputer akan tetap berjalan namun pada kondisi yang lemah. Ini karena saat mode Sleep diaktifkan maka aliran daya listrik yg dipakai sangat kecil.

Sebagai ilustrasi saja, mode Sleep ini bisa dikatakan mirip mirip dengan orang yang sedang tidur. Anda masih sanggup bernapas, namun pada kondisi mata tertutup serta badan lemas. Ini lantaran daya/energi yg dipakai ketika tidur sangat minim.


B. Mode Hibernate

Sedangkan opsi Hibernate juga sama seperti mode Sleep hanya saja pada waktu mode Hibernate diaktifkan maka tak terdapat daya listrik yang berjalan. Artinya seluruh aktivitas atau pekerjaan yg masih berjalan akan di pause dan disimpan sementara di RAM. Lalu komputer akan meninggal seperti dikala melakukan Shutdown.

Namun tidak sama bersama Shutdown, pada mode ini komputer mampu beserta cepat melakukan Booting serta secara cepat pula bisa menjalankan tugas/pekerjaan terakhir yg belum selesai.

Jadi intinya mode ini sanggup menjalankan pulang program aplikasi terakhir yg belum ditutup atau selesai, serta sanggup bersama mudah melanjutkan balik tugas tersebut tanpa khawatir data akan hilang.

Nah bagi anda yang ingin menjalankan mode Sleep, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke Start Menu serta pilih pada Power, lalu arahkan cursor dalam opsi Sleep. Secara cepat komputer akan merespon dan mode Sleep telah berhasil dipakai.

Lalu bagaimana cara menjalankan mode Hibernate? Apakah caranya sama bersama menjalankan mode Sleep?

Cara buat menjalankan mode Hibernate pada umumnya sama dengan menjalankan mode Sleep, Shutdown, Restart, serta Switch User. Tapi apa jadinya bila dalam sajian "Power" tidak ditemukan opsi Hibernate?

Wah pastinya bikin bingung ya. Sekedar informasi saja, bahwa mode Hibernate sedikit berbeda bersama mode lain. Karena tak seluruh sistem operasi menampilkan mode atau opsi ini. Untuk dapat memakai mode Hibernate kita sendirilah yang wajib memunculkannya.

Yang menjadi permasalahan, bagaimana cara menampilkan mode Hibernate ini?

Tenang saja, sesuai judul diatas, kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana buat memunculkan mode Hibernate di windows 7, 8 serta 10. Oke langsung saja, silahkan disimak baik-baik tutorial berikut:

Mengaktifkan Mode Hibernate Di Windows 7


1. Langkah pertama yg harus anda lakukan adalah beserta membuka layanan Command Prompt atau CMD, beserta menggunakan Run as administrator.

Alasan menggunakan CMD Run as administrator adalah agar kita bisa leluasa buat mengakses layanan yg ada. Dengan menjalankan CMD secara administrator pula membuat kita menerima layanan khusus yg tak diberikan oleh CMD pada umumnya.

2. Ketika Command Prompt telah terbuka, silahkan anda ketik perintah "powercfg /hibernate on" (tanpa tanda petik). Kemudian tekan Enter.

3. Lalu masuk ke "Contol Panel". Anda mampu masuk melalui tombol start, pada bilah kanan pilih "Control Panel". Lalu bagaimana bersama Command Prompt-Nya? Silahkan di Minimize dahulu.

4. Silahkan cari sajian "Power Options". Agar meningkatkan kecepatan pencarian anda mampu memanfaatkan menu search dalam kolom di pojok kanan atas layar yang bertuliskan "Search Control Panel". Klik satu kali serta ketik "Power Options". Lalu buka menu tersebut.

5. Tunggu sebentar dan akan ditampilkan jendela layar baru. Pada tampilan tadi akan ada beberapa opsi/pilihan yg timbul. Tugas kamu hanyalah mengarahkan cursor dalam tombol "Change advanced power settings".

6. Klik pada sajian "Sleep" dan klik lagi pada hidangan "Allow hybrid sleep". Akan ada dua opsi yaitu On Battery serta Plugged in. Caranya ganti ke 2 opsi tadi menjadi "Off".

7. Setelah itu klik "Apply" kemudian "Ok".

8. Selesai. Anda sanggup melihat tombol Hibernate dalam Start Menu bersamaan bersama opsi Shutdown, Sleep, Restart, Lock, Log Off, dan Switch User.

Mengaktifkan Mode Hibernate Di Windows 8 dan 10



1. Lakukan kombinasi tombol "Win+R" dalam keyboard untuk menjalankan program Run. Lalu ketikan perintah "powercfg.cpl" (tanpa indikasi petik). Kemudian tekan Enter atau Ok.

2. Setelah perintah tersebut berhasil digunakan, maka akan terbuka tampilan jendela baru. Lebih tepatnya anda akan dibawa pada menu "Power Options". Kemudian langsung saja anda klik dalam opsi "Choose what the power button does".

3. Kemudian klik pada "Change settings that are currently unavailable".

4. Lalu arahkan cursor kamu pada "Shutdown Setting" yang sering kali terletak di akhir halaman, atau berada di halaman bawah. Lihat disana ada beberapa opsi yang ditampilkan diantaranya Turn On Fast Startup (Recommended), Sleep, Hibernate, serta Lock.

Nah buat mengaktifkan mode Hibernate, kamu hanya perlu mencentang opsi Hibernate tersebut. Kemudian klik "Save changes" buat menyimpan perubahan.


5. Sampai pada tahap ini anda telah berhasil mengaktifkan mode Hibernate. Untuk mengecek apakah benar mode Hibernate sudah aktif anda bisa masuk Start Menu lalu pilih Power.

Itu dia cara buat memunculkan mode Hibernate pada windows 7, 8 dan 10. Semoga bisa bermanfaat, akhir tutur aku ucapkan mohon maaf dan terimakasih.
Cara Menampilkan Mode Hibernate Di Windows 7, 8 Dan 10Dalam sistem operasi, baik windows maupun linux tentunya telah secara default tersedia aneka macam layanan pendukung seperti Shutdown yang d...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats