Cara Ubah CPB Jadi PAC, Scatter Dan Firmware QFIL

Kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas cara Mengubah Firmware CPB Menjadi PAC Untuk SPD (spreadtrum), Scatter untuk MTK (Mediatek) serta QFIL Firmware (Untuk Qualcomm), Sebenarnya sudah lama admin ingin share tutorial ini, hanya saja kasus waktu serta juga saya kurang pandai buat merangkai ungkap (karena saya bukan pujangga).
Untuk mengubah CPB ke PAC dll itu sangat mudah sekali apabila kita telah faham, maka dari itu saya akan memcoba mengulas satu per satu agar semua mengerti serta bisa mencoba di tipe2 lain.

1. Cara mengganti CPB Jadi Scatter Firmware

Untuk mengubah dari CPB Firmware itu mudah sekali, hanya butuh extract CPB menggunakan Tool QGDP ataupun YGDP (tergantung dari jenis perangkat yang dijalankan) Untuk perangkat Advan, Evercoss sering kali menggunakan QGDP.

Download dan Install QGDP Tool lalu Buka Tool nya, Lanjut Load CPB File serta arahkan ke CPB firmware yg ingin anda extract lalu Apply dan tunggu sampai proses Extract selesai
Open CPB File

Jika proses extract Selesai silahkan masuk ke folder dimana lokasi QGDP atau YGDP dimana (Jangan close aplikasi QGDP atau YGDP), buat cara mudah nya silahkan klik kanan dalam icon Tool lalu Open File Location serta disana kamu akan menemukan Folder DownloadFiles, dan di pada Folder itu masih ada folder file firmware yang sudah di extract
Open File Location

Jika anda tak menemukan Folder DownloadFiles kamu harus melakukan Show Hidden, Cara Menampilkan File / Folder yang tersembunyi di Windows 7 silahkan Klik Organize >> Folder and search option, lalu Pilih View serta silahkan pilih "Show hidden files, folder, and drivers" serta klik Apply, maka Folder DownloadFiles telah tampil
Show Hidden Folder

Silahkan Copy atau Cut Folder yg masih ada di DownloadFiles, karena jika Tool di Close maka File di pada Folder DownloadFiles akan hilang.

2. Cara Mengubah CPB File Jadi Firmware QFIL

Untuk cara yg ini sama seperti CPB to Scatter di atas, jadi silahkan seperti cara di atas dan akibat extact nya mampu anda pakai untuk melakukan flashing menggunakan QFIL atau Qualcomm Tool lainnya di mode 9008.

3. Cara Mengubah CPB File jadi PAC File

Nah untuk mengganti CPB jadi PAC wajib di olah lagi agar jadi PAC file, yg kamu lakukan merupakan Extract File CPB seperti No.1, kemudian Hasil extract nya simpan di lokasi yang gampang di cari, Contoh nya di My Documents atau terserah anda, lalu Buka Tool ResearchDownload versi paling atas, buat sekarang masih di versi R4.0.0001 bila belum punya silahkan Download.

Point Penting
Ambil File XML yang terdapat di folder firmware akibat extract tersebut kemudian Copy ke Folder ResearchDownload >> Config, bila telah terdapat silahkan ganti saja beserta file tersebut agar sesuai dengan firmware yang akan digunakan, jika nanti ingin melakukan ini dengan tipe lain silahkan ikuti bersama cara yg sama beserta mengganti XML File bersama yang ada di folder yg ingin dipakai.
Screenshot_8-min.png

Silahkan klik dalam icon roda gigi dua dan ceklis Selext All Files buat menciptakan PAC File menjadi Full Flash, kemudian Dobel klik pada kolom yg mau di isi file serta arahkan ke filder firmware yang tadi telah di extract serta pilih file sesuai partisi nya masing-masing.
Jika kamu galau buat memilih file nya anda bisa buka PhoneInfo.yl menggunakan Notepad++, atau mampu kamu ubah jadi PhoneInfo.txt, disana terdapat nama-nama file yg wajib di tempatkan di partisi mana.
Screenshot_9-min.png

Jika terdapat partisi yang tak mampu di double klik silahkan lewati saja dan lanjut ke partisi berikutnya, anda harus hati-hati saat memasukan file jangan hingga salah, lantaran bila salah bisa menyebabkan error dalam perangkat.
Jika sudah silahkan klik packet dan berikan nama sesuai cita-cita atau sesuai nama file aslinya, dikala menjadikan PAC lumayan lama tunggu saja hingga selesai, dan silahkan coba load PAC nya menggunakan ResearchDownload, UpgradeDownload, FactoryDownload atau tool sejenis.


Jika kamu masih gundah silahkan simak video berikut:
https://youtu.be/sOxhMTm1u88
Cara Ubah CPB Jadi PAC, Scatter Dan Firmware QFILKesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas cara Mengubah Firmware CPB Menjadi PAC Untuk SPD (spreadtrum), Scatter untuk MTK (Mediatek) s...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats