Evolusi Sistem Operasi Android Dari Masa Ke Masa

Evolusi Sistem Operasi(OS) Android Dari Masa Ke Masa

Siapa sih yang tidak kenal beserta Android? Ya, android merupakan sistem operasi yang paling populer serta paling populer di seluruh dunia. Sistem operasi ini merupakan yang paling banyak dijalankan oleh manusia modern sekarang.

Bahkan Kabarnya penggunaan android keluar dari penggunaan sistem operasi terkenal lainnya mirip dengan windows, ios, dan linux.

Bukan tanpa karena android menjadi sistem operasi yg di gemari sekarang, ini semua karena android memiliki kelebihan di banding dengan sistem operasi lain, mirip dengan:

  • Android merupakan sistem operasi open source atau gratis.
  • Mudah digunakan serta user friendly.
  • Android mendukung aneka macam jenis aplikasi yang beragam.
  • Merupakan sistem operasi yg responsive serta cepat.

Pada awalnya android di ciptakan buat di gunakan dalam kamera digital, namun karena peminat kamera di pasaran yg kurang memadai, maka mereka mengalihkan android dan menerapkannya dalam perangkat ponsel pandai .

Android sendiri pada awalnya di buat dengan didasarkan pada sistem operasi “Linux”. Jadi linux merupakan sumber muasal terciptanya robot hijau ini.

Saat ini perkembangan android telah mencapai versi 8.0 yang memiliki kode “Oreo”. Versi android terbaru ini kabarnya mempunyai kemampuan yg lebih baik dari versi sebelumnya.

Namun apakah anda mengetahui apa saja versi android sebelum Oreo? Nah berikut sudah kami hidangkan banyak sekali versi android dari mulai versi pertama di ciptakan sampai versi saat ini.

Baca Juga: Berani Beli Aplikasi Android Paling Tidak Berguna Dan Paling Mahal ini?

1. Android 1.0

Android 1.0 adalah versi pertama dari Android. Versi pertama ini dulunya bernama Android Astro, namun lantaran masalah hak cipta maka nama astro tidak lagi dijalankan.

Kemudian Versi ini berganti nama menjadi Android Alpha. Di pada versi ini menu-sajian dan fitur yg terdapat pada android masih sangat minim bahkan tampilannya masih mirip dengan linux.

Walaupun masih minim akan fitur, namun Android pertama ini telah menyediakan lokasi buat mengunduh banyak sekali aplikasi yang masih berbasis market dan saat ini telah berevolusi menjadi yang kita kenal beserta Google play store.

Pada awalnya android 1.0 ini di jalankan dalam perangkat mobile HTC Dream(T-Mobile). Perangkat inilah yg pertama kali menjalankan sistem operasi Android, serta lalu seiring perkembangan di susul juga oleh perangkat lain seperti LG, Samsung serta perangkat lainnya.

2. Android 1.1 (Bender)

Setelah puluhan tahun pengembangan Android 1.0, lalu terjadilah update lanjutan dari versi sebelumnya. Beberapa bug dan fitur pada versi sebelumnya di perbaiki dalam versi ini.

Salah satu perbaikan yg di lakukan merupakan dengan penambahan aplikasi serta menaikkan sistem antar muka atau tamilan yg lebih baik.

Namun tanpa di sangka, peristiwa yg sama kembali terulang. Versi ini terkena masalah hak cipta tentang penamaannya. Ternyata nama “Bender” sudah dipakai oleh orang lain serta sudah di patenkan.

3. Android 1.5 atau Cupcake

Android CupCake merupakan versi pertama yang memakai kuliner manis sebagai kode namanya, yg kemudian penggunaan nama makanan di tiru oleh versi android lainnya sampai saat ini.

Versi ini hadir pada tahun 2009 dengan membawa berbagai fitur serta pembaharuan yang lebih baik. Beberapa pembaharuan yang di terapkan dalam versi 1.5 antara lain:

  • Peningkatan sistem UI yg lebih bersahabat dan mendukung teknologi DMCA.
  • Penambahan fitur aplikasi kamus dan keyboard , merekam serta memutar video serta penambaan aplikasi widget yg lebih lengkap.
  • Interface (antar muka) yg sangat gampang di pahami.
  • Kemampuan menguload video ke pada youtube secara langsung.


4. Android 1.6 (Donut)

Masih di tahun yang sama, Tidak lama selesainya kemunculan android CupCake, lalu keluarlah versi terbaru dari android yaitu Android Donut.

Walaupun masih mempunyai tampilan yg sama dengan versi sebelumnya namun dalam versi ini sudah ditambahkan beberapa fitur keren antara lain:

  • Penambahan jaringan CDMA atau EDVO.
  • Perbaikan pada sistem kamera.
  • Penambahan fitur mesin pencari(search enginer) yg mana para pengguna bisa mencari banyak sekali berita di internet.

Baca Juga: Tahukah Kamu? Smartphone Berikut Ternyata Produk Indonesia Loh!!

5. Android 2.0 – 2.1 (Éclair)

Android 2.0 atau éclair merupakan pembaharuan dari versi sebelumnya. Di dalam versi ini mulai terlihat beberapa pembaruan yang signifikan.

Beberapa fitur baru di masukkan dalam versi ini, sehingga fungsi kerja android semakin bagus. Berikut beberapa fitur yg ada dalam versi ini:

  • Perbaikan dan peningkatan kerja Google Maps.
  • Penambahan browser yang mendukung HTML5
  • Adanya fitur Flas buat kamer dan fitur Zoom.
  • Penambahan fitur Bluetooth V2.1
  • Adanya fitur multi touch, live wallpaper dan fitur lainnya.

Pada android éclair ini masih ada dua versi yaitu versi 2.0 dan 2.1 yang mana ke dua versi tersebut masih berputar dalam penyempurnaan fitur-fitur diatas.

6. Android Froyo (Frozen Youghurt)

Android Froyo pula dikenal bersama android versi 2.2 – 2.3. Didalam versi ini terdapat beberapa fitur baru yang belum terdapat pada versi sebelumnya, seperti:

  • Mendukung penyimpanan external mirip dengan Sd Card.
  • Penambahan fitur hostpot wi-fi.
  • Mendukung Adobe Flash Player.

Dalam versi ini juga terdapat dua versi yaitu 2.2 – 2.3 yg masih serius dalam perbaikan fitur diatas.

7. Android Gingerbread

Tidak berapa lama lalu muncul update terbaru dari android, yaitu android Gingerbread. Di versi inilah sistem operasi android mulai di lirik dan dikenal banyak orang.

Pada versi ini berfokus pada pengembangan optmalisasi game dan aplikasi yg ada pada Google Play Store serta peningkatan kemampuan keyboard pada melakukan fungsi pintas yg lebih cepat mirip dengan copy paste.

8. Android HoneyComb

Versi android honeycomb dalam dasarnya di khususkan buat tablet pc yang mendukung sistem operasi android. Pada dikala itu, versi ini pertama kali di jalankan pada perangkat Motorola Xoom.

Versi ini pula menyediakan fitur status bar yang lebih baik sampai gampang dijalankan oleh para penggunanya dalam melakukan aneka macam tindakan(action) yg lebih cepat.

9. Android Ice Cream Sandwich

Pada tahun 2011 versi terbaru dari android telah timbul. Ice Cream Sandwich adalah versi terbaru android yg menjadi versi paling powerfull dikala itu, lantaran beberapa fitur sudah banyak di perbaiki.

Versi ini timbul dengan membawa tampilan baru yg keren serta elegan. Fitur baru dan unik yg belum terdapat pada versi sebelumnya di masukkan pada versi ini, mirip dengan:

  • Penigkatan kecepatan browsing.
  • Ruang penyimpanan yg lebih besar.
  • Mendukung membuka kunci ponsel beserta wajah.
  • Kemampuan multitasking yang lebih cepat dan stabil.


10. Android Jelly Bean 4.1

Perkembangan android mulai menjadi incaran rakyat dikala itu, banyak perangkat seluler yg telah mulai menerapkan sistem operasi android.

Perangkat pertama yang menerapkan sistem operasi ini adalah Nexus 7 yg masih di produksi oleh asus. Pada versi Jelly Bean ini terdapat berbagai fitur menarik yg di hidangkan diantaranya:

  • Pengenalan Google Now yang bisa menampilkan informasi akurat dan cepat.
  • Peningkatan sistem keyboard yg lebih baik.


11. Android Kitkat

Nama kitkat berasal dari makanan cemilan yang merupakan makanan ringan wafer berlapis coklat. Pada awalnya versi ini akan dinamakan key lime pie namun atas beberapa diskusi akhirnya di namakan kitkat.

Versi ini merupakan sistem operasi yg paling ringan, karena mampu di jalankan dengan lancar dalam ram 512. Dan beberapa fitur yang di perbarui diantaranya:

  • Navigasi yang lebih baik
  • Mendukung widget layar kunci
  • Wallpaper layar yg full screen
  • Penambahan emoji di keyboard
  • Penambahan Aplikasi hangouts
  • Mendukung could printer yang semakin baik
  • Google Now yang lebih baik


12. Android Lolipop

Ini adalah versi android yg masih banyak di pakai saat ini. Walaupun tak banyak perubahan dalam versi ini, namun ada beberapa kelebihan yaitu peningkatan desain UI yang lebih menarik serta menambah fitur penghemat baterai.


13. Android Marsmallow

Marsmallow menaruh fitur manajemen daya yang mampu dipakai buat melihat kondisi baterai dan status pemakaian aplikasi yang berjalan.

Pada versi ini pula telah dilakukan perbaikan serta peningkatan dalam fitur irit daya. Ada pula fitur menarik lain yaitu mendukung penggunaan sidik jari buat membuka kunci ponsel.

14. Android Nougat

Nougat adalah versi yang boleh di bilang masih baru, di sini terdapat banyak sekali fitur yang bisa memanjakan para penggunanya.

Sistem operasi versi ini menawarkan fitur Google assistant yg bisa membuat penggunanya merasa nyaman lantaran merasa punya assistant sendiri.

Kemampuan multi tasking yang semakin bagus dan cepat di perbarui dalam versi ini. Fitur multi windows yang memungkinkan penggunaan dua aplikasi secara bersaan juga di perkuat dalam versi Nougat.

Baca Juga: Tahukah Kamu Fakta Unik Dan Menarik Dari Si Robot Hijau(Android)?


15. Android Oreo

Dan yg terakhir merupakan “Oreo” ini merupakan versi terbaru dari android yg baru saja di publikasikan pada tahun 2019.

Menurut beberapa asal, Android Oreo merupakan versi android yg paling powerfull serta paling elegan di antara versi-versi sebelumnya.

Fitur seperti penambahan emoji yang lebih lengkap, Boot yang lebih cepat, bisa mehemat baterai lebih baik, serta bisa memunculkan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Nampaknya android mulai menjadi sistem operasi paling di minati oleh warga modern dan akan terus berkembang melahirkan versi yg lebih baik lagi.


Dan semoga perkembangan android bisa memudahkan pekerjaan dan aktifitas kita ya.
Evolusi Sistem Operasi Android Dari Masa Ke Masa Siapa sih yang tidak kenal beserta Android? Ya, android merupakan sistem operasi yang paling populer serta paling populer di seluruh dun...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats