Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, & Perintah-perintah)

Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, kelebihan, Kekurangan, & perintah-perintah)

Pernahkah anda mendengar tentang CMD? Atau kamu pernah menggunakannya?

Bagi beberapa orang khususnya anak teknik komputer pastinya sudah tidak asing lagi beserta yang namanya cmd bukan. Tetapi bagi sebagian lainnya cmd merupakan hal asing yg jarang diketahui.

Maka dari itu dalam kesempatan kali ini saya akan menyebarkan berita lengkap tentang cmd.

Informasi ini ditujukan kepada semua orang baik yang sudah mahir dalam mengoperasikan cmd, maupun yg masih pemula yg belum mengetahui tentang cmd.

Apakah aku harus menyelidiki cmd?

Sebenarnya cmd bukanlah sesuatu yg wajib dipelajari oleh setiap orang. Tetapi apa salahnya jika kita menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai cmd.

Saya bukan anak teknik komputer , apa untungnya bagi admin?

Informasi ini admin tujukan kepada semua orang, tak hanya buat anak teknik PC saja. Jadi walaupun kamu bukan anak teknik, admin rasa tak terdapat salahnya buat menyelidiki hal ini.

Dengan mempelajari cmd maka pengetahuan kita akan bertambah, dan apabila sewaktu-waktu kita menjumpai cmd pada kehidupan nyata maka setidaknya kita telah mengetahui dasar-dasarnya, pada akhirnya tidak terlalu malu.

Baiklah sebelum admin mengupas tuntas mengenai cmd, ada baiknya kita memahami bab apa saja yg akan dibahas.

Informasi ini memuat:
  • Pengertian CMD
  • Fungsi CMD
  • Sejarah CMD
  • Perbedaan Terminal bersama CMD
  • Kelebihan dan kekurangan CMD
  • Perintah-perintah CMD
  • Kesimpulan
  • Penutup

Didalam berita ini saya akan mencoba mengupas seluruh hal megenai CMD, jadi silahkan disimak serta amati. Jika terdapat yg samar-samar silahkan tanyakan dikolom komentar.

Baca Juga: Belum Lengkap Kalau Komputer Kamu Tidak Ada Software Ini.


1. Pengertian CMD

Apa itu cmd?

Cmd merupakan singkatan dari command prompt, merupakan tool default yang telah ada pada setiap sistem operasi windows. Cmd memiliki tampilan berupa CLI(command line interfaces) yg hanya berupa teks.

Cmd ditujukan kepada user(pengguna) buat memudahkan pada mengeksplorasi windows baik secara online maupun offline.

Yang mana buat bisa mengoperasikanya kita harus mengetahui perintah-perintahnya. Contoh perintah sederhana dari cmd merupakan ping serta ipconfig

Cmd hampir sanggup kita jumpai disetiap sistem operasi windows mirip dengan windows xp, windows 7, windows 8, serta windows 10.

Jika dicermati dari tampilannya maka kita hanya akan menjumpai sebuah catatan(teks) serta ruang kosong buat menulis perintah. Tampilanya hanya hitam dan terlihat kurang menarik.

Jika anda pernah melihat tampilan ms-dos atau linux yang berbasis(CLI) maka mirip dengan itulah tampilan cmd.

Saya rasa apabila kamu hanya membaca penjelasan seperti itu saja maka hanya menciptakan kamu resah bukan? Maka dari itu ada baiknya kamu pula mengetahui apa itu GUI serta CLI.

Apa itu GUI?

GUI adalah singkatan dari Graphical User Interfaces merupakan tampilan antar muka yang memuat tampilan grafis(bukan berupa teks). Contoh tampilan GUI adalah windows xp, windows vista, windows 7, windows 8, windows 10, dan yg paling sederhana dari GUI adalah Android yg anda pakai.

Apa itu CLI?

CLI atau yg disebut Command Line Interfaces merupakan tampilan antar muka yang hanya menampilkan sebuah teks serta beberapa ruang kosong untuk memasukkan teks(perintah).

Apa bedanya GUI serta CLI?

Sederhana saja, GUI memiliki tampilan antar muka yg lebih baik, lantaran tampilanya berupa desain interaktif yang menaruh kenyamanan bagi para penggunanya. Seperti tampilan android.

Sedangkan CLI adalah tampilan antar muka yang hanya menampilkan sebuah teks yang mana tampilannya lebih didominasi oleh warna hitam beserta beberapa teks serta ruang kosong buat memasukkan perintah.

Baca Juga: Pengertian Jaringan Komputer, Manfaat Jaringan Komputer, Kerugian Jaringan Komputer, Dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer.

Jadi perbedaan GUI serta CLI adalah pada tampilan desain antar mukanya. Apabila kita mengambil kesimpulan dari GUI dan CLI maka kita akan paham seperti apa tampilan CMD.

Tampilan CMD hampir sama dengan CLI yang hanya mengusung tampilan teks yang didominasi warna hitam.

Agar kamu lebih jelas serta lebih paham tentang tampilan dari CMD maka kamu bisa membuka layanan CMD langsung dari komputer/laptop kamu saat ini, beserta cara:

Menggunakan kombinasi Win+r

Ket:
  • Win adalah buat windows
  • R merupakan huruf R
Jadi anda hanya perlu menekan dalam keyboard “windows”(icon windows) serta diikuti beserta menekan huruf “R”. Maka akan timbul pop-up, silahkan ketik “CMD” tanpa tanda petik.
Lalu “enter” atau pilih “oke”. Dan kamu akan menjumpai sebuah tampilan CLI yang berwarna hitam. Itu adalah tampilan awal CMD.

Jika telah paham tentang pengertian CMD, ayo kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.


2. Fungsi CMD

Pada dasarnya fungsi cmd adalah buat mempermudah user dalam mengatur dan mengekplorasi sistem operasi yang dia gunakan. Dengan cmd kamu sanggup melakukan banyak tugas bersama lebih sederhana.

Namun perlu diingat cmd hanya mampu dijalankan apabila user mengetahui perintah-perintah untuk menjalankan cmd.

Jika user tadi tak memahami perintah buat menjalankan cmd, maka cmd tak akan berfungsi. Perintah dasar yg paling sering kali digunakan oleh para user adalah Ping.

Perintah “ping” berfungsi untuk menggunakan pengecekan terhadap koneksi internet/jaringan. Contoh penggunaan ping:
  • Buka cmd beserta Win+r lalu ketik “cmd” kemudian enter.
  • Setelah tampilan awal cmd muncul, silahkan ketik perintah: ping google.com
  • Kemudian enter. Dan lihat sendiri hasilnya.
Nb: perintah ini berjalan jika kamu dalam keadaan online(internet aktif).

Itu adalah contoh sederhana dari penggunaan perintah cmd.

Sebenarnya fungsi dari cmd tak hanya untuk melakukan pengecekan koneksi internet saja, banyak sekali fungsi lain yg sanggup dipakai dengan cmd. Seperti fungsi-fungsi berikut:

Baca Juga: Apa Itu Komputer??

A. Mengetahui Kondisi Hardisk

Ada kalanya kita wajib melakukan pengecekan terhadap setiap komponen komputer, mirip dengan hardisk.

Dengan mengecek kondisi dari hardisk kita mampu memahami status dari hardisk yg kita gunakan. Apakah dalam kondisi baik, error atau dalam kondisi rusak.

Pengecekan ini dapat meminimalisir terjadinya kerusakan parah pada hardisk. Dengan cmd kita bisa langsung tahu mirip dengan apa kondisi hardisk, apabila dalam kondisi rusak maka kita mampu langsung memperbaiki atau membawanya ke lokasi service PC.

Lalu bagaimana cara melihat kondisi hardisk dengan cmd?
  • Seperti biasa, kita harus membuka cmd terlebih dahulu (Win+r)
  • Apabila tampilan cmd sudah mucul, silahkan ketik perintah: wmic diskdrive get status
  • Apabila terdapat catatan: status oke. Itu berarti hardisk kamu pada kondisi baik.

B. Mematikan komputer

Saya rasa mematikan PC merupakan hal sepele yg tak penting buat dibahas bukan? Tapi yang menarik disini adalah mematikan PC dengan cmd. Pasti kamu penasaran bukan?

Bagaimana cara kamu mematikan computer? klik start>turn off computer>shut down.

Itu sudah biasa!!, saya akan memberikan kamu cara praktis dan sederhana mematikan PC bersama cmd, yang tidak selaras dengan yg lainnya.
  • Buka cmd
  • Ketikan perintah dalam cmd : shutdown –s –t 1 kemudian enter
  • Maka komputer kamu akan mati pada hitungan 1 dtk

Hebatnya lagi anda mampu mengatur kapan computer anda akan meninggal. Dengan cara mengubah –t 1 menjadi –t 5 atau yang lainnya. Angka di belakang –t adalah dtk, jadi jika kamu ingin mematikan computer anda pada 10 detik maka ketikan perintah: shutdown –s –t 10

Saya rasa anda telah mulai paham mengenai fungsi dari cmd.

Walaupun sebetulnya masih ada banyak fungsi lain yang bisa dilakukan bersama cmd, asalkan kamu tahu perintahnya. Untuk perintah-perintah dari cmd akan dibahas di bab 6.


3. Sejarah CMD

Pada awalnya Therese Stowell mulai membangun versi pertama cmd yang diaplikasikan buat sistem operasi windows NT.

Versi awal ini tidak sepenuhnya berjalan bersama optimal, karena dalam pengoperasiannya ditemukan beberapa kekurangan seperti, Ditemukanya perintah-perintah Disk Operating System(DOS) yg tidak didukung atau sudah dirubah mirip dengan fungsi deltree yang saat ini telah digabung beserta rd dalam bentuk parameter /s.

Cmd yang diterapkan pada windows NT memiliki kelebihan, yaitu bisa menampilkan pesan kesalahan yg lebih jelas dibanding pesan kesalahan pada fitur bad command of file name yg dimiliki oleh command.com.

Penampilan pesan kesalahan ini diambil dari bahasa sistem yang dipakai. Sedangkan teks-nya diambil dari sistem pesan file.

Pesan bantuan yang terdapat lalu bisa ditampilkan beserta pesan nomer kesalahan buat berita lebih lanjut.


4. Perbedaan Terminal beserta CMD

Kalau CMD telah tahu, tapi jikalau Terminal itu apa? Sebelum kita mengulas tentang terminal, maka kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai linux.

Kenapa mengulas linux?

Ini karena linux beserta Terminal memiliki interaksi yang erat dan tak bisa dipisahkan.

Linux adalah sebuah nama yang diberikan kepada sistem operasi berbasis unix. Linux merupakan sistem operasi open source(gratis) yg sanggup dimodifikasi, disebarkan, serta didistribusikan balik secara bebas oleh siapa saja.

Di dalam linux terdapat sebuah tool(alat) default yg telah ada bersamaan beserta sistem operasi tersebut(linux).

Tool ini dengan nama Terminal

Tampilan terminal memiliki kesamaan dengan CMD lantaran ia mengusung CLI(command line interfaces).

Tugas dan fungsi dari terminal juga hampir sama beserta CMD pada windows. Lalu apa yang membedakan terminal beserta CMD?

Jika CMD berada dalam windows maka Terminal berada dalam linux. CMD dan terminal mempunyai banyak kesamaan, hanya saja penggunaan perintah yg dipakai berbeda.

Penggunaan Perintah antara CMD bersama Terminal memang sedikit tidak selaras namun kegunaannya sama.

Seperti perintah untuk menampilkan network interfaces. Apabila di Cmd memakai perintah ipconfig, namun di Terminal(linux) memakai perintah ifconfig.

Perlu diingat bahwa Terminal pula seringkali disebut sebagai Shell.

Jadi kesimpulanya merupakan Cmd serta Terminal sesungguhnya merupakan sama, namun penyebutanya saja yg berbeda. Apabila di linux merupakan Terminal, serta bila di windows merupakan command promt(cmd).

Perbedaan juga terlihat dari perintah-perintah yang dijalankan pada Cmd dan Terminal.

5. Kelebihan dan Kekurangan Cmd


(Kelebihan Cmd)

A. Dalam penulisan perintah cmd bersifat no case sensitive.

Apa itu no case sensitive? Itu adalah dalam penulisan perintah dalam Cmd kamu tidak perlu risi soal format penulisan perintahnya.

Misalkan anda ingin menuliskan perintah ping, namun kamu lupa bahwa capslock anda masih menyala, pada akhirnya penulisanya menjadi PING.
Itu tak menjadi perkara, lantaran cmd akan tetap merespon serta menjalankan perintah ping walaupun format penulisanya memakai huruf besar seluruh.

B. Proses Eksekusi Lebih Cepat

Cmd memang dikenal cepat pada melakukan proses eksekusinya. Dibanding beserta tampilan GUI yang memerlukan waktu cukup lama buat dapat mengeksekusi perintah.

Jika kamu telah memasukan perintah, lalu enter. Maka cmd akan langsung memproses dan menaruh yang akan terjadi dari proses tadi secara cepat serta akurat.

C. Sangat Ringan

Kelebihan lain dari cmd merupakan sangat ringan. Ya, ketika anda membuka program cmd maka seketika itu pula cmd sanggup langsung digunakan tanpa ada kendala yang berarti.

Cmd.exe memang sangat ringan, baik pada pengoperasiannya maupun pengunaan memorinya. Jadi jangan risi apabila kamu memakai cmd selam berjam-jam, hal ini tidak akan menjadi masalah besar.

D. Penggunaan layer yang tak terbatas

Selama admin memakai cmd sampai sekarang, aku belum pernah mendapat kasus dalam batas jumlah layer cmd.

Saya sudah membuka cmd berkali-kali beserta jumlah yang sangat banyak, namun tetap lancar dan aman.


(Kekurangan CMD)

A. Tampilan yang membosankan

Mungkin ini merupakan kekurangan dari cmd yang paling utama. Pasalnya cmd hanya memunculkan baris teks dengan didominasi warna hitam yang sama sekali tak menyenangkan.

Bahkan jika anda membuka cmd setiap ketika pastinya kamu akan cepat merasa bosan, lantaran tampilanya yg kurang menarik.

B. User harus menguasai perintah-perintahnya

Siapa saja yang memakai cmd pastinya harus menguasai perintah buat dapat mengoprasikannya. Rumitnya lagi perintah-perintah yg dipakai sangatlah banyak.

6. Perintah-Perintah CMD

Apakah anda ingin menyelidiki dan mengoperasikan cmd dengan baik?

Jika “iya” itu merupakan anda harus siap buat membakar otak dan ingatan kamu, pasalnya perintah-perintah buat mengoperasikan cmd mempunyai jumlah yg sangat banyak.

Jika kamu sanggup mengkaji, mengingat serta menerapkan semua perintah cmd, maka aku ucapkan selamat!! Kamu merupakan CMDer terbaik!!

Namun aku hanya akan mengungkapkan perintah-perintah dasarnya saja, yang mungkin sanggup kamu pelajari serta praktekan di pc anda. Berikut merupakan perintah-perintahnya:

DIR

Perintah ini adalah perintah dasar yang paling mudah buat diingat serta dijalankan. Apa fungsi dir?

Fungsi dari perintah ini adalah buat memunculkan direktori penyimpanan yg ada pada PC anda. Dengan perintah ini kamu mampu melihat aneka macam macam folder yg tersimpan di pc kamu.

Kelebihan dari perintah ini adalah mampu melihat direktori yang tak terlihat(Hidden), sengaja disembunyikan, tak sanggup ditemukan dalam direktori umum dan sebagainya.

CD

Dengan perintah ini anda bisa mengakses serta masuk ke dalam direktori beserta cepat dan efisien. Anda tidak pelu membuka File Explorer dan mencari folder yg dituju.

Dengan cmd, anda sanggup membuka banyak sekali jenis file yg ada pada direktori anda beserta cepat. Yaitu dengan memakai perintah CD.
  • Anda hanya perlu mengetik CD dalam halaman cmd, kemudian kamu tekan TAB dalam keyboard buat memilih folder mana yg akan dibuka.
  • Namun jika kamu telah tahu folder yang akan dibuka, maka kamu hanya perlu mengetik cd nama_folder. Kemudian enter
  • Lalu kamu harus memasukan nama file yang ingin dibuka, namun nama file tersebut wajib anda dalam nama_folder, misal anda ingin membuka file picture.jpg
  • Jadi kamu hanya perlu mengetik cd picture.jpg dan enter.
  • Dengan segera file picture.jpg akan ditampilkan.

Masih bingung? Mau cara yg lebih sederhana?

Cara sederhana buat membuka folder/file(gambar, foto, musik) bersama cmd merupakan beserta mengetahui terlebih dahulu nama file(gambar, foto, musik) yg akan dibuka.

Jadi kamu wajib tahu terlebih dahulu nama dari file yg akan dibuka. Dan dimana letak file tersebut disimpan.

Misal anda ingin membuka file FotoSaya.jpg. Yang ada pada folder downloads Maka kamu hanya perlu mengetik cd downloads serta enter. Setelah itu ketikan lagi cd FotoSaya.jpg enter. Dan foto kamu akan segera muncul.

Intinya kamu wajib mengetahui nama dari file dan dimana file tadi berada/disimpan.

MKDIR

Mkdir merupakan singkatan dari make direktori yg merupakan membuat direktori. Jadi disini kamu bisa membuat direktori/folder dengan mudah serta cepat.

Contoh:

Anda ingin membuat folder di drive D beserta nama OKE. Untuk melakukan tugas tadi dari cmd anda wajib mengetik mkdir d:OKE serta enter.dalam sekejap folder dengan nama OKE telah berhasil dibentuk, jika kamu tidak percaya kamu bisa mengeceknya di drive D.

Nb: Jika kamu ingin menciptakan folder di drive lain seperti drive C atau drive E, maka kamu wajib mengubah mkdir d:OKE menjadi mkdir c:OKE atau mkdir e:OKE.

CLS

apabila anda telah mengetikan banyak perintah pada cmd pastinya akan menciptakan anda merasa pusing, mual dan bosan. Jadi kamu sanggup membersihkan layar cmd dengan perintah CLS.

Caranya sangat gampang. Anda ketik cls pada cmd kemudian enter, maka layar cmd anda akan bersih seperti pertama kali dibuka.

Jika samar-samar, silahkan kamu praktekan langsung dalam pc anda.

Powercfg –energy

Ini merupakan perintah yg dijalankan untuk menggunakan identifikasi kasus dalam baterai laptop. Apabila kamu menggunakan perangkat laptop maka terdapat baiknya kamu mencari tahu status baterai kamu bersama perintah powercfg –energy.

Namun anda harus masuk sebagai administrator terlebih dahulu.
  • Caranya kamu klik start cari program cmd kemudian lakukan klik kanan dalam cmd lalu pilih run as administrator.
  • Setelah itu ketik powercfg –energy dan enter.
  • Tunggu hingga proses selesai, mungkin akan memerlukan beberapa mnt.
  • Lalu akan timbul tulisan yang pertanda kondisi baterai kamu. Anda akan mengetahui perkara, kerusakan, error dan sebagainya dari baterai anda.


Kesimpulan

Cmd (command promt) adalah tools default windows yang mempunyai banyak fungsi dan kegunaan. Dengan cmd kamu bisa melakukan banyak tugas bersama sangat mudah.

Namun perlu diingat bahwa cmd memiliki banyak perintah yang harus dikuasai jika ingin mengoperasikanya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Sistem Operasi Buatan Anak Bangsa(Indonesia).

Penutup

Saya rasa cukup sampai disini saja pembahasan mengenai CMD yang memuat beberapa bab mirip dengan:Pengertian CMD, Fungsi CMD, Sejarah CMD, Perbedaan Terminal beserta CMD, Kelebihan dan kekurangan CMD, dan Perintah-perintah CMD.


Setelah mengkaji bab-bab tadi, aku berharap kamu bisa mengenal CMD lebih mendalam, serta semoga informasi ini bisa berguna buat semua kelompok. Sekian dan terimakasih.
Kupas Tuntas Mengenai Command Prompt(Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan, & Perintah-perintah) Pernahkah anda mendengar tentang CMD? Atau kamu pernah menggunakannya? Bagi beberapa orang khususnya anak teknik komputer pastinya sudah...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats