Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan Paket B + Kunci Jawabannya

Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situs blog paling top, dimana seluruh informasi berguna dibagikan secara percuma.

Nah, jika dalam beberapa waktu yg lalu kita telah membahas mengenai prediksi soal UN bahasa indonesia, maka dalam kesempatan ini pula aku akan memberikan latihan soal yg sama juga, yaitu latihan soal bahasa indonesia.

Dimana latihan soal ini dikhususkan buat sekolah menengah kejuruan atau Sekolah Menengah Kejuruan dan sederajat. Latihan soal bahasa indonesia ini sanggup anda pakai sebagai bahan uji coba buat persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN/UNBK), dan pula mampu dijalankan sebagai bahan pemantapan materi buat Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Baiklah, tanpa membuang masa lagi, silahkan dipelajari baik-baik latihan soal bahasa indonesia berikut:

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal bersama teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang anda anggap gampang.
4. Periksa balik pekerjaanmu sebelum diserahkan dalam pengawas.

A. Berilah pertanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang betul !

1. Bacalah teks berikut!

Industri komponen otomotif Indonesia belum mampu bersaing beserta industri komponen luar negeri. Kondisi ini terjadi lantaran kurangnya agama masyarakat pengguna komponen otomotif pada negeri. Kita masih terhambat pada pengembangan teknologi. Kita belum bisa menyamai posisi Singapura, Vietnam, serta India yg telah mengembangkan aneka macam teknologi. Kelemahan otomotif Indonesia artinya pada teknologi mesin serta pengembangan kapasitas (capasity building) pada akhirnya hanya masuk sebagai negara resembling serta adopting, tidak selaras beserta Thailand serta Malaysia yang sudah menjadi basis produksi.

Gagasan pokok teks tersebut adalah ... .

A.negara berbasis produksi industri
B.persaingan industri komponen otomatif
C.hambatan pengembangan industri otomotif
D.negara resembling serta adopting
E.keunggulan industri otomotif Indonesia

2. Bacalah teks berikut!

Googling sudah menjadi istilah awam serta paling banyak dipakai warga buat mencari data atau berita apapun di dunia saat ini. Panggilan akrab ‘Mbah Google’ yg mengacu dalam kemampuan mesin pencari (search engine) itu, telah lama disematkan dalam pemakai gadget di Indonesia. Sebagai negara beserta pengguna internet serta populasi ponsel pintar terbanyak, Indonesia menjadi pasar fenomenal yg potensial, sekaligus area penting bagi pengembangan layanan google.

Makna istilah disematkan serta fenomenal pada teks tadi adalah ... .

A.dialamatkan, trend
B.disampaikan, terbesar
C.ditambatkan, terkenal
D.disebutkan, terbaik
E.ditujukan, strategis

3. Bacalah teks berikut!

Ada tiga hal yg wajib dilakukan orang tua pada menjaga tumbuh kembang anak-anak. Pertama, orangtua wajib menjadi pusat komunikasi bersama anak yg lebih mendalam. Saat ini banyak orangtua yg tidak mau mendengar curhat anak sehingga anak lebih menentukan buat curhat kepada orang lain yang terkadang kurang tepat. Kedua, orangtua wajib memberitahukan kepedulian lebih tinggi dan tak mengandalkan pihak ketiga mirip dengan sekolah dan pengasuh. Ketiga, orangtua harus mengetahui psikologi anak. Orangtua jangan memaksakan mendidik bersama teknik yang dipakai 10 atau 20 tahun yang lalu.

Simpulan teks tersebut adalah ... .

A.komunikasi antara anak dan orangtua begitu penting dalam menjaga tumbuh kembang anak.
B.kepedulian orangtua harus ditunjukkan dalam anak agar mereka mengerti adanya kasih sayang.
C.psikologi anak wajib dipahami orangtua buat lebih mengetahui psikologi serta dunia anak.
D.orangtua harus mendidik anak beserta teknik yang tepat agar mereka bisa berkembang dengan baik.
E.penggunaan teknik mendidik masa kini sangat diperlukan lantaran paling sesuai beserta kondisi anak.

4. Bacalah teks berikut!

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional, salah satu komunitas lari di Jakarta mengadakan aktivitas lari santai bersama tema Lari Kebangkitan Indonesia Bangkit. Tercatat 600 pelari dari 26 komunitas yang ada di Jakarta dan sekitarnya mengikuti ajang yg menempuh jarak 5 kilometer. Kegiatan ini mendorong orang-orang yang hobi lari buat semakin bersemangat. Ini merupakan bukti nyata bahwa setiap komunitas melakukan hal yg produktif. Kegiatan ini digelar sebagai ajang untuk berkumpulnya komunitas lari dan mempromosikan gaya hidup sehat, dan menginspirasi orang-orang buat membentuk Indonesia yg lebih baik.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tadi merupakan ... .

A.promosi serta ide gaya hidup sehat diperoleh pada kegiatan lari santai.
B.kegiatan lari santai mengundang pelari dari beberapa komunitas lari.
C.ajang berkumpulnya para pelari yang mempunyai gaya hidup sehat dan santai.
D.kegiatan ini digelar buat mewadahi kebangkitan Indonesia saat ini.
E.di Jakarta saat ini masih ada 600 pelari serta 26 komunitas lari yg produktif.

5. Bacalah teks berikut!

Kecintaannya pada batik menyebabkan dia bahagia berbelanja di pasar Bringhardjo. Terlebih ketika ia berhasil memadu padankan dua motif yg tidak sama. Kedua motif ini dapat dipadu serta dikreasi menjadi sebuah busana yg menyenangkan pemakainya. Kreasi-kreasi ini yang dicari penggemar batik saat ini.

Kata yg penulisannya tak sesuai bersama ejaan bahasa Indonesia merupakan ... .

A.di pasar
B.bringhardjo
C.memadu padankan
D.dipadu
E.dikreasi

6. Bacalah teks berikut!

Gagasan utama: Manfaat gerakan literasi sekolah bagi siswa
Gagasan penjelas:
(1) Membiasakan siswa gemar membaca;
(2) Memotivasi murid buat lebih literat;
(3) Membaca buku 15 mnt sebelum jam pertama setiap hari;
(4) Mendorong murid berpikir dan bertindak secara kritis;
(5) Menuliskan yang akan terjadi bacaan setiap minggu.

Gagasan penjelas yang tepat buat gagasan utama tersebut merupakan ... .

A.(1), (2), (3)
B.(1), (3), (4)
C.(1), (2), (4)
D.(2), (3), (5)
E.(2), (4), (5)

7. Bacalah tabel berikut!
Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan Paket B + Kunci Jawabannya

Pernyataan yang sesuai beserta isi tabel tersebut merupakan ... .
A.total sampah yg tidak terkelola lebih banyak daripada sampah yg dikubur.B.pengelolaan sampah menjadi kompos lebih tinggi daripada pengelolaan teknik lain.C.pengelolaan sampah bersama cara dibakar lebih efektif dibandingkan beserta dikubur.D.sebagian besar sampah yg didapatkan masyarakat Indonesia masih ditimbun di TPA.E.sampah yg didaur ulang lebih sedikit jumlahnya daripada sampah yg dibakar.

8. Cermati grafik berikut!
Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan Paket B + Kunci Jawabannya

Pernyataan yang sesuai beserta isi grafik tersebut adalah ... .
A.selama lima hari nilai rupiah selalu mengalami peningkatan secara signifikan.B.pada 22 Desember 2019 nilai tukar rupiah melemah hingga mencapai Rp13.510,00.C.nilai rupiah mengalami kenaikan yg sangat tinggi pada 20 Desember 2019.D.kurs rupiah terhadap dolar AS diakhiri dengan penguatan sebesar 107 poin.E.nilai rupiah tertekan pada pada 21 Desember 2019 di posisi Rp13.655,00.

9. Bacalah teks berikut!
Pada suatu saat seorang pengajar di sebuah sekolah dasar sedang bertanya kepada seorang muridnya tentang hasil belajar menghafalkan huruf.
Pak guru: “Bobi, telah berapa huruf yang Bobi hafal?Bobi:“ Bobi hafal C D E F G A B C”. Bobi menyebutkan dengan lancar.(Mendengar jawaban dari Bobi, pak pengajar pun bingung lalu bertanya pulang kepada Bobi).pak guru: “Kenapa Bobi hanya menghafalkan tujuh huruf saja?”Bobi:(menjawab dengan lantang) “Menghafal tujuh huruf saja, Bobi bisa jadi pemusikyang hebat serta membuat banyak uang”.pak guru: ”Benar. Benar”. Pak guru pun mengangguk-ngangguk saja mendengar jawaban Bobi.
Maksud teks tadi merupakan ... .
A.seorang murid mampu berpikir lebih jauh dari apa yang kita ajarkan.B.seorang pemusik tidak wajib menghafal seluruh huruf yang terdapat.C.seorang guru selalu mengajarkan sesuai aturan yg berlaku.D.serangkaian huruf yg dihafal lebih penting daripada sejumlah uang.E.sebuah jawaban yang diberikan siswa tak bisa diduga sebelumnya.

10. Bacalah teks berikut!
Bunga sepatu atau kembang sepatu adalah tumbuhan yang dikenal mempunyai bentuk bunga yg indah serta berwarna-warni. Di Indonesia, pohon bunga sepatu banyak ditanam sebagai tanaman hias dan terdapat juga yg menggunakannya sebagai pagar hidup. Secara alamiah, bunga sepatu mempunyai nama latin Hibiscus Rosa Sinensis yg digolongkan pada flora semak.
Sinonim kata bentuk serta semak dalam teks tadi adalah ... .
A.jenis, rendahB.model, perduC.ciri, pendekD.jenis, perduE.model, rendah

11. Bacalah teks berikut!
Bu Ambar : Sya, besok kita kumpul di aula pukul 10.00 untuk pengarahan.rhaisya : Saya izin, ya, Bu. Saya ada technical meeting lomba pukul 08.00 s.D. 12.00.bu Ambar : Kamu izin saja ke panitia.rhaisya : Saya ketua, Bu. Jadi aku harus ikut.bu Ambar : Kamu penjab juga, kan?Rhaisya : Ya, Bu. Bagaimana jika pengarahannya pukul 13.00. Jadi, aku bisa hadir.bu Ambar : Bagus. Ide yang bagus. Terima ksih idenya, Sya.rhaisya : Iya, Bu. Sama-sama.
Isi negosiasi tersebut merupakan ... .
A.kesepakatan penundaan waktu pengarahan kegiatanB.perbedaan pendapat waktu technical meetingC.kesepakatan penundaan waktu technical meetingD.pemilihan penanggungjawab kegiatanE.permohonan izin mengikuti pengarahan kegiatan

12. Bacalah kedua teks berikut!
Teks 1Gaya belajar anak adalah cara anak pada menerima,memproses, mengetahui,serta menyimpan berita yg diterima dalam belajar di sekolah. Setiap anak memiliki gaya belajar yg tidak sinkron. Secara awam terdapat 3 macam gaya belajar, yaitu visual/melihat, auditory/mendengar, dan kinestetik/gerakan. Perbedaan ini mengharuskan orang tua serta guru memakai cara mengajar yg tidak sama agar anak dapat berkembang secara maksimal.
Teks 2Sekolah merupakan salah satu sarana buat membantu anak buat tumbuh optimal. Untuk itu orang tua harus selektif memilih sekolah. Orangtua perlu melakukan observasi pada akhirnya dapat membandingkan beberapa sekolah sebelum menetapkan sekolah yang cocok buat anak mereka. Pilihlah sekolah bersama energi pengajar yang peduli anak, program kurikulum yang menciptakan anak berkarakter, serta jeda yang tak terlalu jauh dari tempat tinggal.
Informasi yang terdapat pada kedua teks tadi merupakan ... .
A.kedua teks berisi informasi tentang pembelajaran di sekolah serta kurikulum yg dijalankan.B.kedua teks membicarakan kriteria sekolah yg baik dan cara belajar yg sesuai beserta kebiasaan anak.C.teks 1 berisi informasi kepedulian pendidik, teks 2 berisi informasi sarana pembelajaran di sekolah.D.teks 1 berisi informasi mengenai cara belajar anak, teks 2 berisi berita mengenai cara menentukan sekolah bagi anak.E. Teks 1 berisi sekolah berkarakter, teks 2 berisi proses penyimpanan informasi belajar.

13. Bacalah teks berikut!
Makam ini terletak di daerah Pasar Tomak, tak jauh dari dermaga. Areal ini ramai dikunjungi dalam saat-ketika tertentu. Biasanya hal pertama yg dilakukan para pengunjung merupakan mengunjungi makam orang tua atau kerabat lainnya. Di sana kita juga sanggup menyewa pemandu tur buat menyebutkan berbagai tempat wisata [ ....] mengunjungi makam. Kunjungan diakhiri bersama berbelanja aneka macam cenderamata khas setempat.
Konjungsi yang tepat buat melengkapi teks tadi merupakan ... .
A.sebelumB.setelahC.ketikaD.dane.walaupun

14. Bacalah teks berikut!
Berbicara mengenai garansi, apalagi garansi mesin, bukan hal mudah. Lebih mudah kita bicara mengenai garansi terhadap sebuah barang yang memang tidak mampu rusak. Garansi buat mesin itu sesungguhnya meliputi jaminan[....], kemudahan mendapat spare- part mesin, memperoleh informasi yg jelas sebelum membeli, sampai pelatihan terhadap operator mesin hingga sanggup. Padahal, tak banyak penjual mesin yang menaruh garansi selengkap itu.
Kata bentukan yang tepat buat melengkapi teks tersebut adalah ... .
A.perbaikanB.perbaikiC.pembaikanD.memperbaikiE.diperbaiki

15. Bacalah teks berikut!
(1)Perhatian rakyat dunia terhadap persoalan pertanian, kesehatan, dan lingkungan global terakhir ini semakin semakin tinggi. (2) Kepedulian tersebut ditunjukkan beserta bisnis-usaha yang konkret buat membentuk pangan tanpa mengakibatkan terjadinya kerusakan sumber daya alam.
(3)Salah satu usaha yang dirintis merupakan pengembangan pertanian organik. (4) Pertanian jenis ini akrab dengan lingkungan dan membuat pangan yg sehat. (5) Untuk memperoleh yang akan terjadi yg maksimal, residu obat-obatan serta zat-zat kimia masih tetap dijalankan.
A.(1)B.(2)C.(3)D.(4)E.(5)

16. Bacalah teks berikut!
Jumlah timbunan sampah per hari diperkirakan 175.000 – 176. 000 ton. Jumlah tadi akan meningkat seiring beserta meningkatnya jumlah penduduk. Dengan jumlah itu, lebih kurang 14%nya adalah sampah plastik atau mencapai 9 ton per tahun. Sampah plastik itu menambah kompleks permasalah sampah karena juga sangat berpotensi mencemari lautan termasuk ekosistem di dalamnya. Untuk mengatasi perkara sampah pemerintah melalui Kementerian LHK berupaya mengubah paradigma pengolahan sampah. [ .... ] Kini, pengelolaan sampah akan diubah menjadi diolah di asal. Pengelolaan sampah cara baru tadi dibutuhkan bisa menjadi tenaga serta mempunyai nilai jual.
Kalimat yang tepat buat melengkapi teks tadi adalah ... .
A.saat ini sampah dikelola beserta aneka macam cara yg diubahsuaikan beserta tempat sampah.B.dewasa ini pengelolaan sampah penduduk dilakukan bersama dengan ditimbun atau dibakar.C.sampah yang dikelola bersama paradigma lama akan selalu mengakibatkan polusi udara.D.sebelumnya, pengelolaan sampah dari tahapan kumpul, angkut, dan buang atau kumpul, angkut, serta kelola (manage).E.paradigma yang dipakai saat ini adalah kumpul, angkut, buang, dan timbun di TPA.

17. Cermati teks pantun berikut!
(1)Kita juga punya borobudur(2)Wujudkan pada laku dan tutur(3)Indonesia punya kain batik(4)Tunjukkanlah perilaku yang terbaik
Urutan teks pantun yg tepat merupakan ... .
A.(3), (4), (1), (2)B.(3), (2), (4), (1)C.(3), (1), (4), (2)D.(1), (4), (2), (3)E.(1), (3), (2), (4)

18. Cermati teks pantun berikut!
(1)Di Jakarta ada tugu monas(2)[ ...](3)Kami bangga padamu timnas(4)Yang ‘tlah berjuang bersama tepat
Larik yg tepat buat melengkapi teks pantun tersebut adalah ... .
A.ukuran tugu tiga satu empatB.ornamennya belah ketupatC.penduduknya sangatlah rapatD.di Papua ada RajaampatE.panjangnya terukur tepat

19. Cermati penulisan alamat surat berikut!
Yth. Sdr. Bachtiar Saleh, SE.kepala Bagian Personalia PT Indocool Jalan Pesona Alam RayaBogor
Kesalahan penggunaan tanda baca pada penulisan alamat surat tersebut merupakan ... .
A.yth.B.sdr.C.SE.D.PTE.jalan

20. Bacalah kutipan cerita pendek berikut!
Bungai ingin seperti Kak Putir, sanggup menganyam tikar...akan tetapi Kak Putir tak mau mengajari. Bungai ingin mirip dengan Kak Putir, punya banyak teman. Bungai ingin ikut bermain dengan, tapi Bungai hanya boleh melihat saja. Diam-diam Bungai mengikuti kak Putir ke sanggar. Bungai meniru gerakan Kak Putir menari. “Bungai! Anak pria tidak boleh menari tarian Bahalai,” tutur Kak Putir. Bungai melihat dan menirukan orang menari Mandau. Hore! Ternyata terdapat tarian yg cocok buat Bungai. Bungai serta Kak Putir menari bersama. Mereka bisa menari Manasai dengan-sama.
Unsur ekstrinsik yang masih ada pada kutipan cerita pendek tersebut merupakan ... .
A.sosialB.agamaC.politikD.pendidikanE.moral

21. Bacalah teks berikut!
Selama ini kita mengetahui bahwa bahan utama pembuatan kertas merupakan kayu. Namun saat ini, kayu bukan satu-satunya bahan utama pembuatan kertas tersebut. Limbah tapioka [ ...] menggantikan kayu sebagai bahan utama kertas. Hal ini merupakan akibat penelitian Pusat Penelitian Sumber Daya Hayati dan Bioteknologi IPB dalam 2009-2010 tentang tapioka.
Istilah yg tepat buat melengkapi teks tadi adalah ... .
A.bergunaB.bermanfaatC.berpotensiD.bersaingE.berhasil

22. Bacalah teks ulasan berikut!
Makmur Makka selalu menulis apa adanya secara obyektif. Dalam biografi ini dia menulis betapa hati Habibie yg selalu mendidih jika melihat kesenjangan dalam masyarakat yang tidak kunjung selesai. Mengenang ketika-dikala yg tidak pernah dilupakannya, Habibie menyampaikan, “Kemauan keras aku serta perkenan Tuhan mengakibatkan masa kritis itu bisa aku lalui dengan baik.” Mengenai pribadinya, Makka menulis, “tidak berlebihan buat berkata bahwa sampai saat ini tetap penuh rasa simpatik. Ia disiplin, berjiwa besar, punya solidaritas dan loyalitas tinggi, ilmuwan yang beriman, serta berwatak teguh.”
Isi teks ulasan tadi adalah ... .
A.keunggulan bukuB.kelemahan bukuC.sinopsis/isi bukuD.keunikan bukuE.deskripsi buku

23. Bacalah teks berikut!
(1)Pelatihan pengemasan ini bertujuan buat menaikkan pengetahuan para pelaku UKMK serta warga . (2) Pelatihan ini difasilitasi oleh Bidang Perindustrian. (3) Para peserta pelatihan dipersiapkan buat bisa bersaing dalam pasar global, khususnya dalam hal membentuk taktik pemasaran yang baik. (4) Materi yang diberikan meliputi dasar pengemasan, sejarah pengemasan, sampai cara mendaftarkan angka barcode. (5) Pemerintah berharap, mereka bisa mengemas produk agar kondusif serta bernilai jual tinggi.
Kalimat simpleks (kalimat tunggal) pada teks tadi ditandai bersama angka ... .
A.(1)B.(2)C.(3)D.(4)E.(5)

24. Bacalah kalimat berikut!
Pemerintah sudah meresmikan Kampung Buruh Migran (KBM) di Wonosobo sebagai proyek percontohan komunitas buruh migran di banyak sekali daerah.
Kalimat lain yang semakna dengan kalimat tadi adalah ... .
A.pemerintah menyediakan Kampung Buruh Migran (KBM) di Wonosobo sebagai proyek percontohan buruh migran di banyak sekali wilayah.B.pemerintah menempatkan Kampung Buruh Migran (KBM) di Wonosobo sebagai proyek komunitas buruh migran di banyak sekali wilayah.C.kampung Buruh Migran (KBM) di Wonosobo telah dimanfaatkan sebagai proyek komunitas buruh di berbagai wilayah.D.pemerintah telah mengakibatkan Kampung Buruh Migran (KBM) di Wonosobo sebagai proyek percontohan komunitas buruh migran di aneka macam wilayah.E.pemerintah telah menuntaskan keberadaan Kampung Buruh Migran (KBM) di Wonosobo sebagai proyek percontohan aneka macam wilayah.

25. Bacalah teks berikut!
Kurangi tumpukan sampah dengan banyak sekali cara pengolahan di tempat.
Inti kalimat yang tepat buat kalimat tadi merupakan ... .
A.kurangi sampahB.olah sampahC.cara mengolah sampahD.olah di tempatE.tumpukan sampah

26. Bacalah kutipan puisi berikut!
Bung KarnoPacu kuda jihadmu Jangan mundur lagiKami turunan Iskandar Muda Tetesan darah Ratu Safiah Anak cucu mujahid Tiro Kemenakan Umar Pahlawan Telah siap bertempurKami sedang menggempur Ali Hasjmy
Tema puisi tadi merupakan ... .
A.kesiapanB.kepatuhanC.kekuatanD.kemarahanE.keberanian

27. Bacalah kutipan novel berikut!
“Ini yg paling penting. Kau kuberi amanah mengoperasikan alat ini,” Paman mengusap-usap blender itu.“Pasang telinga lambingmu itu baik-baik. Alat ini merupakan teknologi dapur yg canggih. Baru tiba dari Jakarta dan sudah lama kupesan dari A Tun. Harganya sangat mahal. Hanya rumah-rumah menteri dan warung kopi terkenal di Jakarta yg mampu punya alat ini. Perlakukan beliau bersama penuh sopan santun! Hanya pada keadaan darurat kau boleh memakainya.”Andrea Hirata: Cinta di Dalam Gelas
Kalimat yang memberitahukan bukti ketegasan tabiat Paman pada kutipan novel tersebut merupakan ... .
A.kau kuberi amanah mengoperasikan alat ini.B.hanya pada keadaan darurat kau boleh memakainya.C.alat ini merupakan teknologi dapur yang canggih.D.baru datang dari Jakarta serta telah lama kupesan dari A Tun.E. Harganya sangat mahal.

28. Bacalah teks berikut!
Meskipun belum banyak dikenal pembaca, dia tetap menuangkan ide-idenya yg inspiratif. Di beberapa galeri serta sudut-sudut baca, kita bisa menikmati buah pena dan karya lainnya. Kemampuan memadukan karya itulah yg terkadang kita belum memikirkannya.
Makna ungkapan buah pena yang masih ada dalam teks tersebut merupakan ... .
A.lukisanB.tulisanC.gagasanD.rancanganE.pahatan

29. Bacalah teks berikut!
Tantangan bangsa Indonesia di era modern ini bukan lagi buta aksara. Saat ini [...] ditantang oleh konflik kemiskinan struktural, ketidakpedulian sosial, dan ketidakmampuan memilah serta mengkritisi informasi yg baik. Mengembangkan literasi lokal pada konteks krisis lingkungan, contohnya, bisa dilakukan bersama menciptakan cerita mengenai anak-anakyang pergi ke sekolah dan memakai masker lantaran daerah [...] telah terkena kabut asap.
Kata ganti yg tepat buat melengkapi teks tersebut merupakan ... .
A.kami, merekaB.kita, kamiC.kami, kitaD.mereka, kitaE.kita, mereka

30. Bacalah teks berikut!
Penelitian terbaru membicarakan anak-anak yg hidup di bawah garis kemiskinan memiliki risiko tinggi terkena kanker di kemudian hari. Dalam studi itu, tim menganalisa 22 studi tidak sama dalam rangka menemukan hubungan antara risiko kanker dan gaya hidup rakyat semenjak masa kecil. Secara luas, peneliti pula mengamati kondisi hidup yang buruk berperan menaikkan semua risiko kematian dalam manusia.
Kata tak baku pada teks tersebut merupakan ... .
A.menganalisaB.risikoC.timd.masaE.kanker

31. Bacalah kalimat berikut!
Indonesia sendiri kini telah menerapkan banyak sekali cara demi buat menjadi bangsa berkarakter.
Perbaikan kalimat tak efektif tadi adalah ... .
A.indonesia sendiri kini sudah menerapkan banyak sekali cara buat menjadi bangsa berkarakter.B.indonesia kini sudah menerapkan berbagai cara demi buat menjadi bangsa berkarakter.C.indonesia telah menerapkan banyak sekali cara demi untuk menjadi bangsa berkarakter.D.indonesia kini sudah menerapkan berbagai cara untuk menjadi bangsa berkarakter.E.indonesia sendiri kini sudah menerapkan cara buat menjadi bangsa berkarakter.
32. Bacalah teks berikut!
(1)Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat dari 700 ribu guru kelompokbermain, 21% serta taman kanak-kanak, 49% hanya berijazah SMA/SMP.(2)Selain itu, energi-energi pendidiknya pun masih banyak yang belum kompeten.(3)Saat ini Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah menjangkau ke desa-desa.(4)Sisanya sebanyak 30% berijazah S1, tetapi tidak semuanya berlatar belakang studi PAUD.(5)Tetapi, belum seluruh lembaga PAUD di sana mempunyai sarana, prasarana, serta anggaran yang memadai.
A.(3), (1), (4), (2), (5)B.(3), (2), (5), (4), (1)C.(3), (5), (2), (1), (4)D.(1), (3), (4), (2), (5)E.(1), (5), (2), (3), (4)

33. Bacalah teks berikut!
Efektivitas suatu pemerintahan pada satu negara ditentukan oleh tiga hal. Pertama, pilihan atas sistem pemerintahan yg dijalankan. Dalam sejarah, kita pernah menerapkan berbagai sistem pemerintahan, yaitu sistem presidensial, parlementer, sistem presidensial era orde lama beserta banyak partai, sistem presidensial orde baru bersama 10 partai yang kemudian disederhanakan menjadi 3 partai, serta sistem presidensial di era reformasi dengan banyak partai sejak Mei 1998 sampai saat ini.kedua, pilihan atas sistem pemilu. Pemilu dilaksanakan secara langsung, bebas, serta rahasia. Ketiga, pengaturan waktu penyelenggaraan pemilu. Di Indonesia semua bergantung dalam situasi dan kondisi yang berkembang sejalan beserta teori atau pengalaman positif di aneka macam negara demokrasi. Dalam hal pengaturan waktu pemilu, terdapat beberapa alasan pemilu serentak dilaksanakan. Salah satu sebab adalah meminimalkan terjadinya presiden minoritas.
Abstraksi (ringkasan) yg sesuai bersama isi teks tadi merupakan ... .
A.berbagai sistem pemerintahan pernah dilaksanakan di Indonesia yaitu sistem presidensial, parlementer, presidensial era orde lama, orde baru, serta era reformasi.B.banyak alasan pemilu serentak dilaksanakan, yaitu pengalaman positif serta meminimalkan terjadinya presiden minoritas.C.efektivitas suatu pemerintahan dipengaruhi oleh sistem pemerintahan yg digunakan dan sistem pemilu yang diterapkan.D.pengaturan waktu penyelenggaraan pemilu di Indonesia bergantung dalam situasi serta kondisi yang berkembang sesuai bersama teori atau pengalaman positif di berbagai negara demokrasi.E.efektivitas pemerintahan Indonesia dipengaruhi oleh sistem pemerintahan, sistem pemilu, serta pengaturan waktu penyelenggaraan pemilu yang diubahsuaikan bersama situasi dan kondisi.

34. Bacalah teks berikut!
Harga jual komoditas sayuran di Gung Pinto sering kali mengalami fluktuasi, seperti juga di wilayah areal pertanian sayuran lainnya di seluruh Indonesia.saat harga komoditas sayuran turun sampai tidak menyisakan margin bagi petani, komoditas kopi dan jeruk masyarakat Desa Gung Pinto berfungsi sebagai tabungan.hasil penjualan kopi serta jeruk dapat dipakai buat penutup kebutuhan rumah tangga dan anak sekolah atau keperluan lainnya. Namun, hanya sedikit petani yg menanam kopi atau jeruk. Pemerintah sudah menciptakan program Sinabung Bangkit yg dibina oleh Pertanian Sehat Indonesia. Namun sistem pengelola dana donasi tersebut belum dapat dilaksanakan secara maksimal. Masyarakat kurang lebih belum terbiasa dengan sebuah program.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi teks tersebut merupakan ... .
A.harga jual komoditas sayuran yang selalu fluktuatif wajib disikapi bersama menanam tumbuhan lain yang tak sejenis.B.menanam kopi serta jeruk merupakan alternatif terbaik agar petani bisa memenuhi kebutuhan hidup sepanjang tahun.C.program Sinabung Bangkit bagi para petani perlu dikaji ulang karena belum bisa dilaksanakan secara maksimal.D.pemerintah wajib memaksimalkan pengelolaan dana donasi serta menyadarkan para petani agar fluktuasi harga tidak memengaruhi kehidupan mereka.E.kesadaran petani perlu ditingkatkan beserta menaruh donasi dana ketika harga komoditas sayuran menurun.

35. Bacalah teks berikut!
Kemerdekaan Indonesia tak mungkin diraih tanpa kebangkitan literasi lokal yg dimotori Budi Utomo. Budi Utomo membuatkan pendidikan dan keaksaraan menjadi pemberdayaan warga pribumi serta pergerakan sosial. Sekolah yg dikembangkan Budi Utomo memodifikasi sekolah Belanda dengan memasukkan nilai-nilai budaya Jawa. Dengan kemunculan Budi Utomo, perjuangan melawan penjajah menjadi lebih terorganisasi karena dimotori kaum intelektual pribumi.
Tanggapan positif yang sesuai beserta isi teks tersebut adalah ... .
A.indonesia telah merdeka berkat perjuangan para pahlawan serta tak terdapat kaitannya bersama literasi lokal.B.kebangkitan literasi lokal serta kemampuan memodifikasi pada pendidikan oleh Budi Utomo perlu kita teladani untuk kemajuan bangsa.C.memasukkan nilai-nilai budaya Jawa pada pendidikan merupakan hal yang melemahkan nasionalisme.D.kaum intelektual pribumi sudah memiliki kemampuan tinggi serta Budi Utomo hanyalah organisasi lokal.E.belanda sangat kuat tetapi kaum intelektual Indonesia lebih kuat pada akhirnya dapat merdeka.

36.bacalah teks berikut! Cara menciptakan:
(1)Kecilkan api. Tuang santan. Masak sambil beberapa kali diaduk sampai matang.(2)Sajikan empal gentong dengan pelengkap.(3)Aduk rata. Tuang kaldu, garam, merica, gula. Masak sampai mendidih.(4)Rebus daging pada air sampai empuk. Sisihkan kaldunya 750 mililiter. Potong-pangkas dagingnya.(5)Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, serta serai sampai harumlalu masukkan daging yg sudah empuk.
A.(3), (5), (4),(1), (2)B.(4), (2), (1),(5), (3)C.(3), (4), (5),(1), (2)D.(4), (1), (3),(2), (5)E.(4), (5), (3),(1), (2)

37.bacalah teks berikut!
Keju merupakan susu yang terkonsentrasi beserta rasa serta tekstur yang bermacam-macam. Sama-sama mengandung kalsium, protein, serta lemak, namun keju pula mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Meski terkadang hanya berperan sebagai pelengkap sajian, nilai nutrisi dan kalorinya pula cukup tinggi. Pemenuhan nutrisi pada tubuh bisa menjaga kebugaran seseorang.
Kata bermakna proses yang masih ada dalam teks tersebut merupakan ... .
A.terkonsentrasiB.berperanC.pelengkapD.pemenuhanE.kebugaran
38. Bacalah teks berikut!
(1)Kelenjar getah bening adalah organ buat menjaga kesehatan tubuh serta termasuk pada sistem kekebalan tubuh. (2) Di kelenjar tersebut berkumpul sel darah putih buat membentuk imun yg bisa mencegah infeksi. (3) Organ kelenjar getah bening yang sehat mampu menciptakan tubuh tetap sehat.(4) Gangguan kesehatan dalam kelenjar getah bening akan menyebabkan pembengkakan. (5) Pembengkakan dalam kelenjar ini bisa diobati sejak dini.
Kalimat yang menyatakan hubungan karena hasil ditandai beserta angka ... .
A.(1), (3)B.(2), (4)C.(3), (4)D.(3), (5)E.(4), (5)

39. Bacalah teks berikut!
Belakangan ini harga bahan-bahan pangan mulai berkiprah naik, apalagi menjelang natal serta tahun baru. Permintaan bahan-bahan pangan melonjak sementara persediaan di pasaran tak sanggup memenuhi permintaan konsumen. Konsekuensi logisnya ialah harga bahan-bahan tadi melonjak naik. Pada titik ini para stakeholder telah wajib mulai memikirkan serta mengambil tindakan nyata.[ ....]
Kalimat simpulan yg tepat buat melengkapi teks tersebut merupakan ... .
A.padahal, kondisi begini seharusnya sudah bisa diprediksi oleh kementerian terkait.B.akan tetapi, kerja sama kementerian terkait belum mengambil tindakan nyata sampai sekarang.C.oleh karena itu semua stakeholder wajib bertindak lebih cepat agar masalah tidak terjadiD.dengan demikian, kita dapat mengatasi perkara kenaikan harga yg secara rutin pasti terjadi.E.jadi, untuk menghindari masalah tadi, sinergi antara kementerian terkait perlu dilakukan.

40. Bacalah teks berikut!
(1)Alif membuka map itu dan membaca isinya.(2)Konon, Kopral Bambang Budiono ini terbunuh di sebuah penggerebekan 30 tahunlalu.(3)Alif terperangah dan meningkatkan alis memahami Mr. Sunyoto nama aslinya adalahKopral Bambang Budiono.(4)Di sebuah restoran cepat saji, Alif memegang foto Laras. Dia menatap foto itu lamasekali.(5)Ditempatkannya foto itu di meja, berdampingan beserta map pemberian Herlam.primadonna Angela, 3.
Urutan yg tepat buat cerita tadi merupakan ... .
A.(2), (3), (1), (5), (4)B.(4), (5), (1), (3), (2)C.(4), (2), (1), (3), (5)D.(5), (3), (1), (2), (4)E.(5), (1), (3), (4), (2)

41.bacalah kutipan novel berikut!
“Hanya biola ini milik kami yang masih berharga,”ucap Mak Cik sedih. Nurmi memeluk biolanya kuat-kuat. Air matanya mengalir. Dia tak rela melepaskan biola itu.“Nurmi ...,”panggil ibunya.nurmi berupaya keras menguat-nguatkan dirinya. Dia mendekati ibuku. Langkahnya terseret-seret buat menyerahkan koper biolanya. Air matanya berurai-urai.“Jangan sekali-kali kau sisihkan Nurmi dari biolanya, Maryamah. Kalau berasmu habis, tiba lagi ke sini.”Nurmi cepat-cepat menarik tangannya serta balik memeluk biolanya. Dia tersedu-sedan.mata Arai berkaca-kaca melihat Mak Cik bergandengan tangan dengan anak-anaknya sembari menenteng setengah karung beras.andrea Hirata: Sang Pemimpi
Amanat yang masih ada dalam kutipan novel tadi adalah ... .
A.jangan berupaya memisahkan benda kesayangan dari seseorang anak.B.diperlukan pengertian buat bisa membahagiakan seorang kerabat.C.menangislah untuk menerangkan rasa bahagia karena perlakuan seorang.D.memberikan beras merupakan bagian dari sebuah pengertian sosial.E.belajar dari kesulitan orang lain agar selalu pandai bersyukur.

42. Bacalah kutipan novel berikut!
Mama tak terlalu sibuk, tapi beliau terlalu banyak bicara. Bukan kepada saya. Tapi dalam orang lain. Mama admin punya sejuta daya tarik. Bukan saja lantaran tubuhnya yg cantik selalu berbalut gaun menarik. Tapi juga lantaran beliau pintar membawa diri di luar rumah. Dia punya bisnis event organizer, terutama berkecimpung di bidang pameran lukisan. Di tempat tinggal kami, terdapat lemari besar khusus buat menyimpan berkas kerja mama yg sangat banyak.
Unsur intrinsik yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah ... .
A.temaB.sudut pandangC.alurD.latarE.amanat

43. Bacalah teks berikut!
“Dalam alam bawah sadar Anda, celoteh malas itu justru makin terpatri, makin kuat. Kata malas justru semakin menyelimuti otak Anda. Maka kendati beribu-ribu kali mengazamkan ‘aku tidak malas’, Anda akan tetap malas. Kenapa? Karena memang ada celoteh ‘malas’ itu pada pikiran Anda. Solusinya adalah, hentikan menyebut ‘admin tidak malas’. Ganti menjadi, ‘saya anak rajin’. Begitu!”
Hendra mengangguk-angguk. Yang lain terkesima. Aku juga.anak Anak Langit, Mohd. Amin MS
Nilai moral yang terdapat dalam cerita tersebut merupakan ... .
A.rasa malas selalu ada di hati setiap manusia, terlebih dalam sifat Hendra.B.tidak semua anak memiliki rasa malas terlebih sifat rajin.C.solusi menghentikan rasa malas yg terdapat di hati dengan cara rajin berpikir.D.menanamkan kata rajin pada benak kita lebih baik daripada tidak malas.E.otak kita selalu diselimuti rasa malas yang sulit dihilangkan.

44. Bacalah teks berikut!
jalan berliku-liku, tanah airkupenuh rambu-rambu, indonesiakusepanjang jalanan sepanjang tikungansepanjang tanjakan sepanjang turunanrambu-rambu bermunculanHamid Jabbar
Majas yg masih ada dalam kutipan puisi tadi merupakan ... .
A.personifikasiB.litotesC.peralismeD.klimaksE.metafora

45. Bacalah kutipan drama berikut!
Atma : Diamlah! Diam kataku! Ini bukan urusanmu! Ini urusan hakim! Urusan aturan! Urusan pengadilan! Karoman diam.atma : Ada yang namanya kejahatan, terdapat yg menjadi korban perbuatan jahat, terdapat yang harus dijatuhi hukuman, seluruh itu diatur menurut undang-undang.karoman masih diam.atma : Aku hanya seorang hakim, seseorang abdi aturan. Keadilan wajib ditegakkan. Yang terbukti bersalah harus dihukum!
Watak tokoh Atma dalam kutipan drama tadi adalah ... .
A.galakB.adilC.baikD.ramahE.tegas

46. Bacalah kutipan novel berikut!
Hujan mulai menetes turun ketika Rana sampai rumahnya. Kilat menyambar-nyambar di langit kelam. Rana merasa tubuhnya demikian berat. Setelah seharian bekerja di depan PC. Pak Arya akan berangkat ke luar negeri sehingga Rana wajib menuntaskan semua materi presentasinya. Rumah sunyi, belum terdapat pertanda-indikasi berpenghuni. Ia masuk serta melepas lelah di sofa.andrei Aksana: Cinta Penuh Air Mata
Latar tempat yg terdapat dalam kutipan novel tersebut merupakan ... .
A.rumahB.ruang tamuC.kantorD.lobi kantorE.luar negeri

47. Bacalah kutipan drama berikut!
LembuBegitulah. Kecuali keadaan di Tegalwurung! Panji Tumbal berhasil ditawan oleh Pangeran Kembar. Kepalanya dipenggal. Pangeran Bindi menduduki semua Kadipaten Tegalwurung serta menyatakan menentang kedaulatan Maharaja kita, serta menobatkan dirinya sendiri menjadi Raja. Pengeran kembar mendukungnya.
ResoHm! Ini bukan masalah remeh.daraIa bukan putra tertua dari almarhum Sri Baginda Raja yang dulu.reso
Atas dasar kekuatan! Setiap orang yg merasa dirinya kuat boleh saja menobatkan dirinya menjadi Raja. Seperti pula Raja yang dulu mendirikan kerajaan ini. Tinggal soalnya apakah dia akan sanggup pertanda bahwa dirinya betul-betul yg terkuat di seluruh negara. Bisa tak beliau menundukkan semua tandingan yg ada.W.S. Rendra
Inti drama tadi adalah ... .
A.dukungan Pangeran Kembar buat Pangeran Bindi sehabis menggulingkan kedaulatan Maharaja yang sah.B.dengan kekuatan yg dimiliki, Pangeran Bindi berhasil menguasai Tegalwurung dan menentang kedaulatan Maharaja yang sedang berkuasa.C.pertempuran antara Pangeran Bindi serta Pangeran Kembar buat memperebutkan kedaulatan kerajaan Maharaja.D.keberhasilan Maharaja dibantu Reso melawan Pangeran Bindi dalam merebut pulang kerajaannya.E.kekuatan Pangeran Bindi yg tidak terdapat tandingannya di semua negara pada akhirnya bisa merebut kedaulatan yang sah.

48. Bacalah teks berikut!
Sumber : Para Mujahid CintaPenulis : Najieb KailaniPenerbit : Ihwah Publishing House, 2011Kota : Jakarta
Penggunaan pertanda baca yang tepat pada penulisan daftar pustaka berdasarkan data buku tersebut merupakan ... .
A.kailani, Najieb, 2011, Para Mujahid Cinta. Jakarta: Ihwah Publishing House.B.kailani, Najieb. 2011, Para Mujahid Cinta, Jakarta: Ihwah Publishing House.C.kailani, Najieb. 2011. Para Mujahid Cinta. Jakarta; Ihwah Publishing House.D.kailani, Najieb. 2011. Para Mujahid Cinta. Jakarta: Ihwah Publishing House.E.kailani, Najieb. 2011. Para Mujahid Cinta. Jakarta. Ihwah Publishing House.

49. Bacalah teks berikut!
(1)Uji coba kantong plastik berbayar di toko dan ritel sejak 21 Februari 2019 menerima tanggapan positif dari masyarakat. (2) Sebelum memberlakukan kebijakan ini, Direktorat Pengelolaan Sampah sudah melakukan survei, 5-14 Februari 2019. (3) Banyak konsumen menghindari penggunaan kantong plastik atau membawa sendiri tas belanja. (4) Plastik berbayar pun dirasakan sangat murah. (5) Terhadap yang akan terjadi ini, pemerintah belum mempunyai tindak lanjut kebijakan.
A.(1), (2)B.(1), (3)C.(2), (3)D.(2), (4)E.(3), (5)

50.bacalah teks berikut!
(1)Sistem pemilu Indonesia saat ini merupakan proporsional terbuka. (2) Kerugian sistem proporsional terbuka karena calon legislatif sekadar mengedepankan popularitas. (3) Pada umumnya, mereka tidak mempunyai pemahaman ideologi dan kualitas yang cukup. (4) Keuntungan sistem tersebut rakyat diberi kesempatan yg luas buat menentukan calon yg mereka inginkan. (5) Untuk menyiasati hal tersebut, sistem itu harus dikombinasikan bersama proporsional tertutup pada akhirnya mampu memperkuat sistem presidensial.
A.(1)B.(2)C.(3)D.(4)E.(5)



Penutup

Demikianlah 50 butir soal latihan bahasa indonesia buat mempersiapkan UN/UNBK dan USBN. Semoga latihan soal di atas dapat memberikan manfaat buat kita seluruh, khususnya yg sekarang bersekolah di SMK.
Nah, mungkin itu saja yg bisa admin sampaikan, lebih kurangnya mohon maaf. Dan terus kunjungi situs blog ini untuk menerima artikel menarik serta bermanfaat lainnya.
Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia SMK Paket B + Kunci Jawabannya Latihan Soal UN UNBK USBN Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Kejuruan Paket B + Kunci Jawabannya - Hai sobat semua, kembali lagi di situ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats