Macam-Macam Tes Psikotes Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar

Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar

Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar - Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan di Perseroan Terbatas atau yg biasa dikenal bersama sebutan PT, maka admin menyarankan kamu buat mengkaji Tes Psikotes.

Tes Psikotes adalah salah satu cara yang dilakukan oleh PT atau perusahaan untuk menyortir serta menyeleksi calon-calon karyawan yang sekiranya pantas buat diterima bekerja di PT/Perusahaan.

Ya walaupun ada sebagian PT yg tak memberlakukan Tes Psikotes bersama alasan tertentu, namun kebanyakan dari perusahaan-perusahaan bonafit sekarang hampir keseluruhan memberlakukan Tes Psikotes ini.

Jadi untuk kamu yg sedang melamar di perusahaan atau sedang menunggu panggilan buat menjalani Tes, admin sangat menyarankan kamu untuk mengkaji macam-macam Tes Psikotes ini.

Kenapa harus mengkaji Tes Psikotes? Sebab, menurut pengalaman serta analisa yang sudah saya lakukan sendiri, kebanyakan para calon karyawan yang mengikuti Tes ini sama sekali tidak mempunyai persiapan yang matang, alhasil banyak dari mereka gagal buat diterima sebagai karyawan.

Anda tak mau kan gagal menjadi karyawan hanya lantaran sembarangan menjawab soal Tes Psikotes ini?

Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini saya ingin menunjukkan macam-macam soal Tes Psikotes yang biasa dijalankan oleh perusahaan atau PT pada merekrut calon karyawan.

Tes Psikotes ini terdapat banyak cabangnya, jadi saya sarankan buat tidak mempelajari satu jenis soal saja ya. Baiklah tanpa berlama-lama lagi, berikut merupakan pembahasannya:


1. Tes Psikotes Kemampuan Verbal

Tes kemampuan verbal ini mencakup sinonim (persamaan kata), antonim (lawan celoteh), analogi serta korelasi makna. Tes ini buat mengetahui kemampuan kamu dalam menghadapi suatu kondisi. Selain itu pula berfungsi buat penilaian seberapa jauh kamu menebak serta memahami sebab-akibat dari suatu konflik.

Untuk mengerjakan tes ini yaitu kamu harus mengingat sebesar-banyak kosakata serta pula adalah. Biasanya tes ini terdiri dari 40 soal, dimana soal-soal tadi berisi antonim, sinonim, serta analog dari suatu ungkap. Untuk tes ini anda juga wajib pandai -pintar berlogika serta daya konsentrasi yang tinggi jika ingin mengerjakannya bersama baik.

Ini dia contoh soal psikotes untuk kemampuan verbal:

Contoh Soal buat Persamaan Kata

INSOMNIA = …
  • Cemas
  • Sedih
  • Tidak bisa tidur
  • Kenyataannya
Jawaban : Tidak bisa tidur


Contoh Soal buat Lawan Kata

BONGSOR = …
  • Menumpuk
  • Kerdil
  • Macet
  • Susut
Jawaban : Kerdil


Contoh buat Soal Analog

Mobil – Bensin = Pelari – ….
  • Makanan
  • Sepatu
  • Lintasan
Jawaban : Makanan

Bensin adalah sumber tenaga bagi mobil, sedangkan kuliner merupakan sumber energi manusia.

Sebagai tips tambahan, cobalah buat mengerjakan dari yang terlalu gampang menurut anda. Agar jika waktu buat menyelesaikan soal telah habis dan anda tidak sanggup mengerjakan seluruh soal, setidaknya hasil buat soal yg telah dikerjakan sudah mampu kamu pastikan jawabannya benar .


2. Tes Psikotes Wartegg

Test wartegg ini adalah akibat temuan dari Ehrig Wartegg seorang psikolog yang berasal dari Jerman. Tes ini buat memahami karakter yg terdapat dalam diri anda. Seperti kemampuan menuntaskan perkara, keuletan, cara mengikuti keadaan, kemauan serta lain sebagainya.

Di dalam tes ini kamu akan diberikan kertas yang berisi 8 kotak yg mempunyai pola tidak sinkron-beda, mulai dari garis lengkung sampai sebuah titik. Tugas kamu adalah menggambar dari lanjutan pola-pola yg terdapat dalam soal sesuai bersama imajinasi dan kreativitas kamu.

Contoh Soal:

Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar
Cara mengerjakannya sebaiknya kamu melakukan sesuai dengan urutan gambar 1,2,3 – 8 dari kiri ke kanan. Untuk para kaum adam hindari menggambar kotak ke 5 (dibawah kotak atas pertama dari kiri) sebagai pilihan pertama, karena itu sanggup menciptakan para penguji menilai kelainan pada orientasi seksual anda.


3. Tes Psikotes Logika Aritmatika

Jika kamu melamar letak yg melibatkan banyak kegiatan menghitung bersama rumus seperti data analyst, finance atau software engineer pasti akan dipertemukan oleh soal psikotes logika aritmatika. Pasalnya, dalam tes tersebut terdapat deretan angka yang wajib dipahami polanya.

Deretan nomor tadi harus sanggup anda pecahkan lewat pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, pecahan nomor , dan juga persentase. Daya fokus serta konsentrasi yang tinggi sangat diperlukan pada waktu melakukan jenis soal seperti ini.

Contoh soal:

1 24 20 16 12 = …
  • 6
  • 8
  • 4
  • 2
Jawaban : 8

Cara menjawab: kurangi setiap nomor bersama 4, maka jawaban yg betul merupakan 12-4 =8

Tips buat mengerjakan jenis psikotes tes logika ini wajib melihat keseluruhan deret nomor bersama membaca polanya. Pola yg dimaksud bisa berupa pengelompokan loncat, urutan, ataupun pengelompokan secara berurutan.

Jangan terlalu terfokus pada 2-3 nomor yang ada di depan karena nomor -nomor tersebut biasanya belum mewakili beserta baik. Selain itu, jangan terlalu fokus dalam satu soal lantaran terlalu asyik buat mengerjakannya, ingat pula batasan waktu yang dipengaruhi.


4. Tes Psikotes Logika Deret Gambar/Penalaran

Tes ini memiliki konsep yg hampir sama bersama tes logika aritmatika. Adapun yang membedakan adalah penggunaan media gambarnya yg memakai 3 atau 2 dimensi. Kunci pada mengerjakan tes ini adalah konsentrasi, perhatikan betul-benar polanya. Jangan lewatkan detail sekecil apa pun, seperti penempatan titik atau perputaran warna.

Contoh soal:
Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar


5. Tes Kraeplien/Pauli

Tes psikotes pauli atau populer bersama tes koran merupakan tes perhitungan sederhana serta pula bisa dikatakan terlihat agak mudah. Tugas kamu dalam mengerjakan tes ini hanya menjumlahkan kumpulan nomor -nomor dari mulai 0-9 yang tersusun bersama vertikal.

Tetapi, jangan bahagia dulu karena nomor -angka yang wajib dijumlahkan ternyata lumayan banyak. Mirip bersama lembaran koran yang dipenuhi perpaduan angka. Tes koran ini cukup melelahkan serta menguras konsentrasi lantaran banyaknya jumlah angka berderet yang wajib dijumlahkan.

Contoh soal:
Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar

Untuk mengerjakan tes jenis ini, kuncinya adalah kerjakan bersama tempomu sendiri, jangan terpengaruh dengan cara mengerjakan orang lain yg mampu menciptakan kamu panik dan tertekan, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat, serta yang penting pastikan kecepatan tempo anda mengerjakan soal ini konsisten.


6. Tes Menggambar Orang atau Menggambar Pohon

Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar

Pada tes psikotes ini, penguji akan menyuruh kamu buat menggambar pohon di kertas ukuran A4. Dalam tes ini adalah tidak diperkenankan buat menggambar pohon kelapa atau flora yg berukuran kecil. Gambar pohon yg harus dibuat adalah pohon yg mempunyai ranting.

Sama halnya beserta menggambar manusia, pada tes ini bukan dinilai dari keindahannya melainkan penguji akan melihat karakter dan kepribadian kamu. Khusus untuk tes menggambar manusia, gambarlah manusia seproposional mungkin sebaik yg anda bisa dengan anggota tubuh yang lengkap serta komposisi wajah yg seimbang.

7. Tes Psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Diantara tes-tes psikotes yg terdapat, tes psikotes EPPS mampu dikatakan adalah tes yang paling mudah. Tujuan dari tes psikotes ini adalah buat memahami kepribadian dan karakter kamu beserta detail.

Walaupun tesnya gampang, jangan menjawab beserta sumber. Karena yg dicermati dari tes ini merupakan konsistensi anda pada menjawab soal. Berusahalah menjawab seluruh pertanyaan yg terdapat pada soal tadi, walaupun tak sesuai bersama kepribadian.

Karena akan terdapat banyak pertanyaan yg diulang-ulang, akan terdeteksi dengan gampang apakah kamu jujur atau tak pada waktu menjawabnya. Tahap ini sering kali melihat kepribadian dan kesesuaian dengan pekerjaan. Makanya tes ini pula sanggup dipakai sebagai acuan mirip dengan apa suasana kerja nanti baik dari budaya serta sistem yang diterapkan di kantor tadi.

Tips tambahan pahami jobdesc dari pekerjaan yg kamu incar pada saat mengerjakan soal ini, lalu jawablah sesuai beserta kepribadian yg diharapkan buat pekerjaan tersebut. Agar penguji mampu menilai bahwa kepribadian anda ternyata cocok dengan jenis pekerjaan yg anda incar.

Penutup

Itu beliau berbagai macam jenis Tes Psikotes yg sering kali akan anda jumpai dalam seleksi calon karyawan di perusahaan-perusahaan bonafit maupun Perseroan Terbatas/PT.
Semoga dengan adanya informasi ini, kamu selaku calon karyawan yang akan mengikuti seleksi sanggup semakin yakin bersama kemampuan diri dalam mengerjakan setiap soal yang diberikan.
Mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan pada artikel: Tes Psikotes Dan Cara Menjawabnya, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih serta sampai jumpa di lain kesempatan.
Macam-Macam Tes Psikotes Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar Macam-Macam Tes Psikotest Seleksi Calon Karyawan Di Berbagai PT Disertai Tips Cara Menjawab Yang Benar - Untuk kamu yang sedang mencari...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats