Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Semester Ganjil Dan Kunci Jawabannya

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Semester Ganjil Dan Kunci Jawabannya

Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Semester Ganjil Dan Kunci Jawabannya - Hallo anda, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga saja tetap sehat dan semangat ya.

Seperti biasanya, disini saya akan kembali menunjukkan soal-soal latihan Ujian Akhir Semester buat Sekolah Menengah Atas (Sekolah Menengah Atas), khususnya kelas X.

Nah, di kesempatan kali ini aku akan membagikan soal UAS kelas X Sekolah Menengah Atas buat mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut adalah soalnya:

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal bersama teliti.
3. Kerjakan dulu soal yg kamu anggap gampang.
4. Periksa balik pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yg betul !

1. Suatu wujud hubungan sosial yg berfungsi untuk mendapatakan penyelesaian beserta di antara pihak-pihak yg terlibat. Pernyataan tadi merupakan pengertian dari....
a. Eksplansi
b. Negosiasi
c. Deskriptif
d. Argumentasi
e. Narasi
jawaban: b

2. Salah satu tujuan dari pembuatan teks negosiasi merupakan....
a. Mengurangi atau menghilangkan perbedaan serta pertentangan antar pihak.
b. Menghindari pertikaian antar perorangan.
c. Melawan pihak yang kalah.
d. Menentang pihak yang ingin menang sendiri.
e. Menegakkan keadilan.
Jawaban: a

3. Teks negosiasi pula sanggup disebut sebagai teks yg didalamnya berisi proses buat mencapai suatu perjanjian atau kesepakatan antara....
a. Perorangan
b. Kelompok
c. Ke 2 belah pihak
d. Dua orang yang sedang bertikai
e. Pembelian serta penjualan
jawaban: c

4. Kedua belah pihak yang bersangkutan didalm negosiasi memeiliki ..... Buat menentukan kesepakatan atau hasil akhir.
a. Kewajiban
b. Wewenang
c. Tanggung jawab
d. Hak yang sama
e. Kekuatan bersama
jawaban: d

5. Hasil akhir atau penyelesaian negosiasi memerlukan adanya.... Yang pasti antar kedua belah pihak.
a. Kesepakatan
b. Perjanjian
c. Pertikaian
d. Pertentangan
e. Persetujuan
jawaban: e

6. Untuk memperoleh jalan keluar berupa kesepakatan antara pihak-pihak yg berkepentingan. Pernyataan tadi merupakan satu dari.... Dari teks negosiasi.
a. Tujuan
b. Manfaat
c. Fungsi
d. Ciri-ciri
e. Karakteristik
jawaban: a

7. Berikut ini termasuk ciri-ciri dari teks negosiasi apabila dipandang berdasarkan isinya, kecuali....
a. Negosiasi menghasilkan kesepakatan, baik kedua belah pihak saling sepakat atau ke 2 belah pihak setuju buat tidak sepakat.
b. Tiap-tiap pihak yang bernegosiasi memperjuangkan kepentingan masing-masing.
c. Negosiasi merupakan sarana buat mencapai penyelesaian.
d. Negosiasi bertujuan praktis.
e. Negosiasi bisa menyebabkan perpecahan antara kedua belah pihak.
Jawaban: e

8. Negosiasi bertujuan mudah, artinya mencapai kesepakatan yang bisa diterima oleh....
a. Siapa saja
b. Kedua belah pihak
c. Masyarakat
d. Khalayak
e. Lingkungan sekitar
jawaban: b

9. Salah satu yang wajib ada pada teks negosiasi adalah bagian....
a. Pembuka
b. Alamat
c. Nama lengkap
d. Identitas
e. Lampiran
jawaban: a

10. Pada bagian pembuka teks negosiasi sering kali berisi sosialisasi diri serta salam serta sapa yg bertujuan sebagai....
a. Pembukaan
b. Mengenalkan diri
c. Pengiring topik
d. Pelengkap teks
e. Pemanis tek negosiasi
jawaban: c

11. Bagian isi dalam teks negosiasi terdiri atas .... Dan tawar-menawar dab penyelesaian masalah.
a. Penyampaian materi
b. Kalimat pembuka
c. Kata sapa
d. Paragraf pembuka
e. Sosialisasi ke 2 pihak
jawaban: a

12. Bagian yg berisi negosiasi hingga tercapai kesepakatan atau perjanjian. Pernyataan tadi masih ada pada bagian....
a. Pembuka
b. Penyampaian materi
c. Tawar-menawar dan penyelesaian masalah
d. Negosiasi
e. Penutup
jawaban: c

13. Bagian terakhir pada teks negosiasi akan sering kali berisi tentang basa-basi yg mempunyai arti, mirip dengan ucapan terima kasih serta sebagainya. Bagian yang dimaksud adalah....
a. Pembuka
b. Isi
c. Penyampaian materi
d. Tawar-menawar
e. Penutup
jawaban: e

14. Selain memprhatikan struktur, dalam menciptakan teks negosiasi pula wajib memperhatikan kaidah....
a. Penilsan
b. Penyusun kata
c. Keterampilan menulis
d. Kebahasaannya
e. Kemampuan merangkai kata
jawaban: d

15. Perhatikan kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yg kalian lakukan! Perusahaan sanggup merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat buat teks negosiasi tadi adalah....
a. Teks negosiasi antara perwakilan karyawan serta pengusaha.
b. Kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. Pengusaha tidak mau bertemu beserta karyawan.
d. Kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. Harapan karyawan buat berdiskusi bersama pengusaha mengenai kenaikan upah.
Jawaban: e

16. Kalimat berikut yang termasuk bagian isi dari teks negosiasi adalah
a. Karyawan: selamat siang, pak!
Pengusaha: Sian. Ada yg sanggup admin bantu?
b. Karyawan: admin mewakili karyawan lain ingin mengungkapkan aspirasi kami kepada Bapak.
Pengusaha: ya, silakan.
c. Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
d. Karyawan: Saya meminta komitmennya, Pak!
Pengusaha: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan anda akan kami libatkan pada rapat direksi.
e. Karyawan: Baik pak, terima kasih. Selamat siang.
Pengusaha: Selamat siang.
Jawaban: c

17. Berikut ini kaidah teks negosiasi yang baik, kecuali....
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen pada satu waktu.
b. Mulai bersama argumen yg paling kuat serta didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, serta hati-hati.
d. Menjelaskan pendapat orang lain.
e. Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi buat menunjukan bahwa kamu telah mengerti.
Jawaban: d

18. Berikut ini termasuk sturktur teks negosiasi secara kompleks, kecuali....
a. Orientasi
b. Permintaan
c. Pemenuhan
d. Penwaran
e. Pemanfaatan
jawaban: e

19. Struktur yang pertama kali muncul dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi. Pernyataan tersebut adalah bagian dari struktur kompleks teks negosiasi berupa....
a. Orientasi
b. Permintaan
c. Persetujuan
d. Pembelian
e. Penutup
jawaban: a

20. Bagian teks negosiasi yg berisikan pernyataan mengenai barang atau kasus yang sedang dihadapi adalah....
a. Uraian
b. Permintaan
c. Interaksi
d. Penawaran
e. Kesepakatan
jawaban: b

21. Terjadinya interaksi didasarkan kesepakatan yang telah disetujui beserta. Dalam teks negosiasi, pernyataan tadi terjadi dalam bagian....
a. Pemenuhan
b. Penawaran
c. Persetujuan
d. Pembelian
e. Penutup
jawaban: d

22. Dalam teks negosiasi, bagian pemenuhan biasanya memberitahukan mengenai barang atau permasalahan agar lawan interaksi menjadi lebih paham. Bagian ini pula mengungkapkan dan menjawab pertanyaan dari
a. Pembeli
b. Permintaan yang telah diajukan
c. Permintaan
d. Pedagang
e. Lawan bicara
jawaban:b

23. Kegiatan yang dilakukan buat mempebaiki teks yg sudah ada. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. Mengeritik teks
b. Mengevaluasi teks
c. Menelaah teks
d. Menilai teks
e. Mengabtraksi teks
jawaban: b

24. Teks negosiasi berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah....
a. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo Rp.48.000,00 Saja?
Penjaga: itu terlalu murah, bagimana bila Rp.55.000,00 saja?
b. Anak: Tapi uang aku hanya Rp50.000,00.
Penjaga: Begini saja, admin akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagimana?
c. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga: ini bukunya.
d. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu admin.
Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga telah membeli buku di toko admin.
e. Anak: Selamat siang, Pak.
Penjaga: selamat siang.
Jawaban: c

25. Bagian orientasi pada teks berikut merupakan....
a. Pembeli: Selamat siang, Pak.
Penjual: Selamat siang pulang. Maaf ada yg mampu saya bantu?
b. Pembeli: Saya ingin beli jaket.
Penjual: Wah, terdapat mas, silakan tinggal pilih saja yang paling cocok.
c. Pembeli: Kalau yang ini boleh admin tawar, pak?
Penjual: Ooh, boleh mas, memangnya mau ditawar berapa?
d. Pembeli: 450 ribu boleh, pak?
Penjual: Wah, maaf mas, harga pasnya 700 ribu, mas. Itu telah diskon 10%.
e. Pembeli: 600 ribu gimana,pak?
Penjual: maaf, mas, masih belum boleh. Ya sudah penawaran terakhir 650 ribu.
Jawaban: a

26. Pada dasarnya, menulis menulis kerangka sebuah debat tak jauh tidak selaras beserta kerangka dasar jurnal atau pidato. Tetapi, pada membuat kerangka debat harus .... Dengan baik.
a. Terlihat
b. Terstruktur
c. Terakomodir
d. Terencana
e. Teramati
jawaban: b

27. Salah satu bentuk perdebatan yang banyak digunakan. Pada paruh waktu pertama perdebatan, setiap tim memiliki dua segmen buat menyajikan argumen. Hal tadi merupakan pengertian debat...
a. Antartim
b. Publik
c. Formal
d. Bebas
e. Lincoln-Douglas
jawaban: a

28. Dalam aktivitas debat, kita diberi kesepakatan buat menyampaikan pendapat atau snggahan yg ditujukan dalam....
a. Narasumber
b. Lawan debat
c. Moderator
d. Pembicara
e. Penengah
jawaban: b

29. Pentingnya menciptakan kerangka (bagan) buat sebuah acara perdebatan adalah satu dari kewajiaban seseorang .... Sebelum melakukan debat.
a. Tim debat
b. Panelis
c. Lawan debat
d. Moderator
e. Narasumber
jawaban: d

30. Dalam kegiatan debat, moderator layaknya seseorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yg dipilih wajib ....
a. Baik
b. Memihak salah satu peserta
c. Tak mau peduli terhadap jalannya debat
d. Memebuat suasana memanas
e. Netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
jawaban: e

31. Kegiatan adu argumentasi dalam menetapkan perkara serta perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut adalah pengertian dari....
a. Debat
b. Argumen
c. Diskusi
d. Seminar
e. Simposium
jawaban: a

32. Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. Informal
b. Formal
c. Terstruktur
d. Terdapat aturannya
e. Terencana
jawaban: b

33. Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat adalah kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat merupakan bagaimana cara kita (debater) membuat orang lain....
a. Membela kita
b. Menaruh yang terbaik
c. Terpengaruh serta sepakat bersama argumen yg disampaikan
d. Menciptakan audiens terpukau karna kita bisa menjatuhkan lawan debat
e. Menciptakan lawan debat mengamuk.
Jawaban: c

34. Salah satu metode yg bisa digunakan pada debat adalah metode....
a. Langka
b. Menjatuhkan lawan
c. Mengkritik lawan
d. Terpatahkan
e. Logika
jawaban: e

35. Salah satu manfaat membuat kerangka debat merupakan....
a. Memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. Menilai kerja lawan
c. Membuat argumen-argumen yg tepat
d. Memudahkan pada menentukan sebuah topik
e. Memilih cara damai
jawaban: d

36. Dapat dijalankan apabila diperlukan pemahaman serta keterampilan pada bertanya. Berdasarkan pernyataan tadi, metode yang dipakai dalam aktivitas debat adalah....
a. Metode debat
b. Metode logika
c. Metode dialektika
d. Metode tanya jawab
e. Metode impromtu
jawaban: c

37. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tak jauh berdeba bersama kerangka dasar jurnal atau pidato. Tetapi, dalam membuat kerangka debat harus....
a. Rapi dan bijaksana
b. Terstruktur dengan baik
c. Terorganisir dan dipresentasikan
d. Adanya tanya jawab dengan narasumber
e. Bisa mengajukan gagasan atau sanggahan yg sesuai dengan topik
jawaban: b

38. Perlu disadari bahwa adanya perbedaan pendapat wajar pada suatu debat. Kedua belah pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
a. Mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. Mematikan lawan debat beserta sempurna.
c. Menilai jalannya kegiatan debat.
d. Menyimpulkan akibat debat.
e. Mengungkapkan pendapat masing-masing.
Jawaban: e

39. Salah satu hal yg tidak dibenarkan dalam aktivitas debat adalah....
a. Menilai baik lawan debat
b. Berdiskusi bersama lawan debat
c. Melakukan perlawanan terhadap dewan juri
d. Tak menghina lawan debat
e. Memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
jawaban: c

40. Dalam aktivitas debat sangat deiperlukan seseorang yg mampu bertindak atau menangani acara dbat tersebut. Orang yang dimaksud merupakan....
a. Moderator
b. Dewan juri
c. Peserta
d. Lawab debat
e. Narasumber
jawaban: a

41. Di Indonesia, debat kompotitif dalam sistem debat parlementer telah mulai berkembang, walupun masih didominasi oleh kompetisi debat bahasa inggris. Kejuaraan debat se Indonesia yang pertama adalah....
a. Indonesia Varsity English Debate (IVED)
b. Java Overland Varsities English Debate (JOVED)
c. ASEAN Law Student Association (ALSA)
d. ALSA Universitas Padjadjaran English Challenge
e. National Environmental Debate (NED)
jawaban: a

42. Salah satu sistem debat yang awam dijalankan di kejuruan-kejuaruan di Indonesia merupakan....
a. Indonesia Dabate
b. Indonesia Varsity English Dabete
c. Dabete Competition
d. Australasian Parliamentery
e. National Universities English Debating Championship
jawaban: d

43. Suatu sistem debat atau adu argumen dengan salah satu dari tiga sistem yg diakui dalam skala global (dunia). Pernyataan tadi adalah pengertian dari....
a. Perdebatan
b. Debat dua kelompok
c. Debat parlementer
d. Debat formal
e. Debat bebas
jawaban: c

44. Pihak yang bisa menaruh informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan debat. Hal tadi adalah pengertian dari....
a. Debat parlementer
b. Moderator
c. Narasumber
d. Peserta debat
e. Audiens debat
jawaban: c

45. Salah satu cara yg bisa dilakukan buat menciptakan lawan debat tak berkutik dikala adu argumen adalah....
a. Katakan bersama celoteh kebenaran dan data.
b. Baut suasana debat tegang.
c. Lakukan debat dengan ikhlas.
d. Matikan lawan dengan berbagai cara.
e. Buat lawan bertekuk lutut.
Jawaban: a

II. SOAL ESSAY

1. Apa yg dimaksud beserta teks laporan yang akan terjadi observasi?
Jawaban: teks laporan akibat observasi adalah teks yang berisi pembagian terstruktur mengenai awam/dilaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi)

2. Sebutkan ciri-ciri teks laporan hasil observasi!
Jawaban:
a. Harus mengandung fakta
b. Bersifat objektif
c. Harus ditulis sempurna beserta lengkap
d. Tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan.
e. Disajikan secara menarik, baik dalam hal rapikan bahasa yg terperinci, isinya berbobot, maupun susunan logis.

3. Mengapa teks laporan disebut teks penjabaran?
Jawaban: karena memuat pembagian terstruktur mengenai mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.

4. Mengapa teks laporan hasil observasi wajib disajikan dengan memakai bahasa yg jelas, gampang dipahami, dan tidak boleh berbelit-belit?
Jawaban: hal ini dilakukan agar pembaca mampu beserta gampang memahami hasil laporan observasi yg tersaji serta menghindari kesalahpahaman.

5. Sebutkan aneka macam kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah laporan hasil observasi bisa dikatakan ideal!
Jawaban:
a. Memiliki struktur teks yang lengkap
b. Memanfaatkan konjungsi atau tutur penghubung yang tepat
c. Pengelompokkan celoteh dilakukan didasarkan kriteria tertentu.
d. Memfungsikan kalangan tutur serta jenis ungkap sesuai keperluan.

6. Jelaskan langkah-langkah yg wajib diperhatikan pada membuat teks laporan akibat observasi!
Jawaban:
a. Membuat judul laporan yg benar sesuai beserta pengamatan yg dilakukan
b. Menyusun kalimat pembukaan
c. Menyusun isi laporan yang berisi gagasan-gagasan pokok dan saran yang disertai alasan terhadap laporan yang akan terjadi pengamatan
d. Menulis kalimat penutup

7. Jelaskan tentang struktur teks laporan yang akan terjadi observasi bila dipandang secara umum !
Jawaban: secara umum , struktur teks laporan yang akan terjadi observasi dapat dibagi menjadi dua, yaitusebagai berikut.
a. Pernyataan awam atau pembagian terstruktur mengenai, berisikan pernyataan umum atau ilustrasi global tentang apa yg akan dibahas pada teks tadi.
b. Aspek yg memberitahukan, berisikan rincian atau ilustrasi khusus mengenai objek yg dibahas.

8. Sebutkan banyak sekali ciri kebahasaan dari teks laporan hasil observasi!
Jawaban:
a. Adanya frasa/kalangan kata
b. Adanya konjungsi dan, tetapi.
c. Kalimat simplek (kalimat yg terdiri dari satu verbal)
d. Kalimat kompleks (kalimat yang terdiri dari dua atau lebih verba).
e. Kata kerja/verba
f. Kata benda/nomina
g. Menggunakan aneka macam istilah
h. Persamaan ungkap/sinonim
i. Lawan tutur/antonim

9. Sebutkan berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menganalisis teks laporan hasil observasi!
Jawaban:
a. Kelengkapan laporan
b. Isi laporan
c. Keruntutan penyajian
d. Penggunaan bahasa

10. Sebutkan berbagai catatan yg ingin dicapai dari pembuatan teks yang akan terjadi observasi!
Jawaban:
a. Mengatasi suatu masalah
b. Mengambil suatu keputusan yg lebih efektif
c. Mengetahui kemajuan serta perkembangan suatu masalah
d. Mengadakan pengawasan dan perbaikan
e. Menemukan teknik-teknik baru

11. Sebutkan ciri-ciri dari teks eksposisi!
Jawaban: ciri-ciri dari teks ekposisi, antara lain sebagai berikut.
a. Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
b. Gaya informasi yang mengajak
c. Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
d. Tidak memihak ialah tak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca
e. Fakta di pakai sebagai alat kontribusi serta alat konkretisasi.

12. Jelaskan yang dimaksud dengan tesis dalam struktur eksposisi!
Jawaban: Tesis pada struktur teks eksposisi adalah suatu bagian yg berisi pendapat penulis atau orang lain terkait topik yang dipermasalahkan dalam teks eksposisi.

13. Sebutkan beberapa jenis pengembangan teks eksposisi!
Jawaban: jenis pengembangan teks ekposisi, antara lain sebagai berikut.
a. Definisi adalah penerangan, ditandai dengan ungkap-tutur ialah, adalah, yaitu, merupakan, adalah, serta sebagainya.
b. Identifikasi merupakan penjabaran suatu proses, seperti proses pembuatan suatu objek, langkah-langkah, urutan insiden secara lengkap.
c. Analisis adalah penguraian suatu temuan, sejarah, sumber mula sesuatu secara lengkap
d. Klasifikasi adalah penguraian rincian atau penggolongan suatu objek ke pada bagian-bagian yg lengkap.
e. Perbandingan penguraian menjelaskan persamaan atau perbedaan antarobjek secara lengkap.

14. Sebutkan urutan atau langkah dalam menciptakan karangan eksposisi!
Jawaban: langkah-langkah yg harus diperhatikan dalam pembuatan teks eksposisi ini, antara lain sebagai berikut.
a. Menentukan tema
b. Memilih data-data pendukung yg sesuai dengan tema
c. Membuat kerangka karangan
d. Mengembangkan kerangka menjadi suatu karangan yang utuh.

15. Jelaskan pengertian dari eksposisi analogi!
Jawaban: eksposisi analogi merupakan cara memaparkan sesuatu beserta menggunakan penyamaan atau perbandingan agar lebih terperinci.


Penutup

Demikianlah soal UAS untuk mata pelajaran bahasa indonesia. Semoga soal-soal diatas dapat mengasah kemampuan anda ya, khususnya pada mempersiapkan Ujian Akhir Semester yang sesungguhnya.
Akhir kata aku ucapkan terimakasih, terus kunjungi situs blog ini buat mendapatkan update soal-soal terbaru atau informasi menarik lainnya ya. Terimakasih.
Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Semester Ganjil Dan Kunci Jawabannya Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA Semester Ganjil Dan Kunci Jawabannya - Hallo anda, bagaimana kabar anda hari ini? Semoga saja te...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats