Jangan Sembarangan! Inilah Cara Overclock Processor Laptop Intel Dan AMD Yang Aman

Jangan Sembarangan! Inilah Cara Overclock Processor Laptop Intel dan AMD Yang Aman
Setidaknya terdapat 3 cara overclock processor laptop baik yg keluaran Intel maupun AMD. Yang pertama adalah beserta mengganti pengaturan di setting BIOS, memakai software generik untuk mengganti voltase CPU dan pula timing-nya, serta ketiga, beserta memakai software yang dirilis Intel atau AMD sendiri untuk melakukan overclock processor laptop.

Software resmi yg dirilis Intel (Turbo Boosts) serta AMD (Overdrive) hanya mampu digunakan dalam processor kelas atas dari masing-masing penghasil processor tersebut.

Sebelum kamu mulai melakukan overclock – bersama metode apapun yang anda tahu – sebaiknya kamu jangan lupa bahwa procesur overclocking itu sangat rentan mengakibatkan kasus. Yang terperinci melakukan overclocking akan menciptakan kamu kehilangan garansi, serta yang ke 2, langkah-langkah melakukan overclock ini bisa menciptakan laptop anda mengalami kerusakan tidak berubah.

Jadi jika tak siap bersama resikonya, aku sarankan buat mengurungkan niat anda itu sebelum kebablasan.

Perhatian:
saya tak bertanggung jawab apabila cara overclock processor laptop di bawah ini membuat laptop anda rusak, meledak, terbakar, atau kerugian lainnya, termasuk bila menciptakan emosi kamu menjadi tidak stabil.

jika kamu melakukan prosedur ini, maka diasumsikan kamu telah tahu bersama resikonya.

kalau hanya buat main PUBG di laptop kamu tak perlu melakukan overclock laptop ini, hehe….

Sebelum kamu melakukannya, jangan enggan buat membaca keterangan mengenai batas-batas pengaturan yg dimungkinkan dalam laptop kamu di website resmi pabrikannya. Cari juga informasi sebanyak-banyaknya mengenai processor serta modul RAM yg anda gunakan.

Untuk memperoleh informasi detail processor dan RAM, anda bisa gunakan:

CPU-Z
Speccy

Harap diingat juga , bahwa pada waktu kita melakukan overclock processor, maka secara otomatis RAM pula wajib di overclock.

Cara Overclock Processor Laptop Dengan Menyesuaikan Setting BIOS


1. Masuk ke pengaturan BIOS beserta menekan tombol F1, F2, F8, atau Delete. Laptop anda sanggup saja mempunyai tombol masuk BIOS yang tidak sinkron. Kalau tak menemukan tombol khusus tersebut, silahkan merujuk ke buku manual laptop kamu atau cari tahu di situs resmi-nya. Buat kebanyakan laptop tombol masuk ke BIOS memang hanya itu-itu saja. Kalau buat yang menggunakan VAIO, sanggup jadi gundah dengan tombol masuk BIOS-nya. Saya juga telah lupa, hehe….

2. Carilah tab sajian buat pengaturan CPU. Tidak banyak laptop yg memperbolehkan pengaturan lebih seperti ini. Semisal kamu memakai HP atau Dell, maka kemungkinannya, anda tidak sanggup atau tepatnya dihentikan melakukan overclock melalui BIOS, silahkan lanjut ke cara yg lain.

3. Aktifkan CPU Host Clock Controller atau yang sejenisnya di halaman setting CPU. Kalau telah ketemu, coba naikkan frequency CPU sekitar 5 persen dan simpan settingnya.

4. Restart laptop dan periksa bila ada perkara bersama stabilitasnya. Jika setelah dijalankan normal kurang lebih 5 hingga 10 mnt tidak ada yg aneh dengan laptop kamu, silahkan ulangi lagi langkah ke tiga tadi sampai sekitar 20 persen. Amati bila muncul tanda-tanda-gejala yg aneh seperti suhu berlebih, aplikasi sering crash, atau muncul blue screen. Segera shut down laptop anda secepat-cepatnya, masuk BIOS lagi, serta kurangi frequensi CPU lebih kurang 5 persen.

Overclock Processor Laptop Dengan Software Pihak Ketiga

Pada dasarnya, cara overclock processor laptop dengan software pihak ketiga ini pula sama dengan pada waktu kita melakukannya dengan mengganti setting di BIOS tadi.

Kita gunaka software pihak ketiga ketika secara native, atau aslinya BIOS laptop kita tak mengijinkan untuk menggunakan pengubahan setting di dalamnya. Jadi kita harus menggunakan software lain yg memungkinkan pengguna buat mengubah setting di pada BIOS.

1. Download dan install aplikasi overclock processor laptop yang sesuai dengan spesifikasi laptop anda.

2. Jalankan aplikasi overclocking tersebut, dan carilah bagian buat mengatur setting CPU.

3. Naikkan setting front-side bus multiplier 5 persen hingga mencapai sekitar 20 persen. Naikkan juga clock speed-nya di tab yg bersesuaian.

4. Gunakan software stress testing buat menguji stabilitas sistem anda.

Overclock Processor Laptop Dengan Turbo Boost (Intel) atau Overdrive (AMD)


1. Download serta install aplikasi Intel Turbo Boosts atau AMD Overdrive, serta jangan lupa untuk membaca dokumentasinya hingga anda paham buat menghindari kesalahan.

Download:

  • Intel Turbo Boosts Extreme Tuning Utility
  • AMD OverDrive
2. Ikuti instruksi yang ada di manualnya. Dan jangan menaikkan clock speed processor keluar dari parameter atau nilai yg direkomendasikan.

3. Jalankan software stress testing selama paling tidak 12 jam buat memilih apakah setting overclock yang kamu buat layak diteruskan atau diubah lagi.

Yang harus diperhatikan pada saat Overclock

>Sebelum mulai Overclock

  • pastikan kamu paham resikonya
  • siapkan dana cadangan buat beli laptop baru, wkwkwk
  • baca-baca lagi seluruh manual atau petunjuk hingga anda yakin
  • siapkan seluruh alat-alat yg diperlukan
  • pastikan kipas dan lubang exhaust bersih, pada akhirnya panas yang terjadi bisa cepat dikeluarkan
  • lepaskan baterai laptop, sekadar jaga-jaga supaya pada saat laptop menjadi tidak stabil, anda bisa mematikannya cukup dengan mencabut kabel.


>Pada saat Overclock

  • kalau ada apa-apa jangan panik,
  • pastikan anda paham indikasi-indikasi laptop kamu mulai tak stabil
  • gunakan kipas pendingin tambahan yg asal dayanya terpisah dari laptop (jangan gunakan listrik dari port USB buat menyalakan kipasnya
  • naikkan kecepatan sistem sedikit demi sedikit
  • pastikan anda tahu letak baterai BIOS serta jumper reset BIOS
  • lakukan tes stabilitas (dengan aplikasi benchmark, serta amati apabila komputer kamu hang terus). Silahkan gunakan
  • perhatikan temperatur laptop, jangan melebihi angka 70 derajat pada saat sistem sibuk.
  • bisa gunakan Core Temp buat pengguna Intel sanggup gunakan SpeedFan buat pengguna AMD


>Setelah Overclock

jika sistem berjalan lancar, usahakan catat setting anda tersebut, supaya pada saat suatu saat nanti dibutuhkan sanggup dilakukan lagi bersama aman

kembalikan ke setting normal, ketika anda tak membutuhkan kinerja super tinggi seperti yg anda harapkan. Laptop yang di overclock, mau tak mau akan menciptakan konsumsi daya listriknya bertambah, jadi tidak nyaman pada waktu anda wajib menggunakannya beserta mempertahankan portabilitasnya.

bersyukurlah dalam Tuhan, kamu diberi keberhasilan (atau kegagalan dan pembelajaran) dan jikalau berhasil, bersyukurlah pula bahwa laptop kamu diberi keselamatan, hehe…


Bagaimana? Apakah 3 cara overclock processor laptop di atas berguna buat anda? Apabila ya, jangan ragu buat share serta like ya… apabila tidak, jangan ragu juga buat menuliskan masukkan anda beserta berkomentar. Masukan dari anda sekalian akan sangat membantu saya supaya sanggup lebih baik lagi menulis buat kamu..
Jangan Sembarangan! Inilah Cara Overclock Processor Laptop Intel Dan AMD Yang Aman Setidaknya terdapat 3 cara overclock processor laptop baik yg keluaran Intel maupun AMD. Yang pertama adalah beserta mengganti pengaturan...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats