Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2018/2019 Bahasa Indonesia






Maka dari itu, pada kesempatann kali ini saya akan memberikan soal Ujian Nasional yang insyallah bisa adik adik jadikan sebagai bahan belajar nantinya. Berikut adalah 403 Forbidden

Forbidden

You don't have permission to access this resource.

Additionally, a 403 Forbiddenerror was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

:























Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersihsehat. Budaya hidup bersihsehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehatproduktif sehingga pada akhirnya menggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.









Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun demikian, pemerintah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian pendidikanKebudayaan menginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.




Peneliti asal Amerika Serikat melakukan studi jangka panjang terhadap pola pendidikan anak genius yang melibatkan 5.000 anak geniusintelektual tinggi selama 45 tahun.

estes.png











































Ibu membutuhkan: minyak goreng, tepung terigu,pisang untuk membuat pisang goreng kesukaan Dila. Walaupun tiap sore ada penjual pisang goreng yang selalu berjualan di depan rumahnya, Dila tidak tergoda.



(A) tanda baca koma (,) sebelum katatidak diperlukan






























(1) sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili,telur lalu kocok



(5) setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda,telur yang sudah dikocok.



, (3), (2), (4), (5)


, (5), (3), (1), (2)














Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makanmenabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur .



(A) Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makanmenabung buat biaya sekolah Putri, anak



(B) Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makanmenabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur

(C) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makanmenabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan


(D) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makanmenabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur




Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraaan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata,kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupasmenampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagaitengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darahkeringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.










Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungankewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita,Dini. Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 56!
Dini : AC.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11,15 jawabannya apa Ban?



Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileksmengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.









Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungankewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita,Dini.
Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 56!
Dini : AC.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11,15 jawabannya apa Ban?



Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileksmengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.



(A) Kelasku sedang menghadapi ujian Matema-tika. Aku, Banu, Siti, Dina,Adi sangat kewalahan menjawab soalsoal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din… soal nomor 56 jawabannya apa? “ “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”

(B) Ketika ujian matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din… soal nomor 56 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “AC”, jawab Dini sedikit keras “Ssst… jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar”. Mereka asyik contek-contekkan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.

(C) Ujian matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Sita,Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 56 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “AC”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita “Nomor 10 A, 11 D,nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileksmengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.

(D) Bu guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Sita, Budi,Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “Soal nomor 56 apa jawabnya Din?” tanya Budi. “AC, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11,15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Ssst…. Jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”
















(A) kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap pada hari Selasa, 11 Juni 20 Tujuan pengamatan adalah untuk mengetahui kondisi gunung tersebut. berada di sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang tingginya mencapai 2.084 m ini berbentuk strato volcano. Suhu di sekitarnya mencapai 2°C pada malam hari17°C pada siang hari.

(B) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan tentang. Pengamatan dilakukan hari Selasa, 11 Juni 20 dikelola oleh Perhutani. Setiap hari terutama pada hari libur, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan. Gunung yang berbentuk strato volcano ini termasuk gunung berapi yang masih aktif.

(C) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap gunung yang dikelola Perhutani. Salah satunya adalah di daerah utara Kota Bandung. Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif. Walaupun demikian, gunung ini selalu banyak dikunjungi wisatawan karena suhu di sekitarnya dingin.

(D) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap. Tujuan pengamatan adalah mengetahui cara Perum Perhutani mengelola gunung ini sebagai objek wisata. Tangkuban Perahu yang berada di kawasan utara Bandung ini berbentuk strato volcano. Tinggi gunung mencapai 2.084suhu di sekitar kawasan ini mencapai 2°C pada malam hari.



Pemerintah Indonesia mencari cara terbaru agar hasil panen meluapberkualitas tinggi.











































Banjir sudah menjadi agenda tahunan […](1) masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang kerasmengeluarkan biaya yang sangat besar […](2) menyelesaikan masalah ini.



untuk, (2)bagi













(D) dugaan munculnya masalahakibatnya



(1) Semua pasangan bakalan calon kepala daerahwakil kepala daerah mempunyai tanggung jawab yang sama. (2) Mereka bertanggung jawab agar Pemilihan Kepala Daerah tahun 2019 berjalan amandamai. (3) Pilkada jangan sampai menggerogoti pembangunan ekonomi yang sudah mulai terjaga.












(3) Kegiatan dilakukan Minggu, 7 Agustus 20





-(3)-(2)-(4)-(5)







































Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti : daun berbentuk panjang, tebal,berwarna hijau.



Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baiksangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.





(C) lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentunilai komoditas menguntungkan
(D) lidah buaya bermanfaatmemiliki komoditas yang menguntungkan


3png

png


99.png














Untuk mengisi liburan sekolah, Anditemantemannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. FirmanAdi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya. “Lho, kamu kok belum siap-siap?” tanya Firman. “Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut.” “Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah” ujar Adi. “Iya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjagamerawat ibu,” kata Andi. “Ah…. Kamu bukan teman setia!” kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.










Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosialpolitik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikanmenggugah kesadaran masyarakat Indonesia. la selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuankesatuan dalam berbangsabernegara. Pada tanggal 25 Desember 1912, ia mendirikan Indische partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi)dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyatmenggerakkan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.










Pertempuran legendaris 10 November 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 19 Keluarga Bung Tomo sangat menghargaimenjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan. Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecilkecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. la menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.



(A) sangat menghargaimenjunjung tinggi pendidikan





























Pada suatu pagi, KakekNenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. “Aduh, kasihan sekali anak burung ini,” kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. “Kita rawat saja ya, Kek,” ujar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.



(A) rumahdapur
(B) rumahhutan
(C) rumahpasar
(D) rumahwarung



Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknyajuga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauanserunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.










Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantubelalang yang sombongtamak. Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu. Ia sering menyanyi dekat burung hantu. Suaranya berisik. Pada suatu hari belalang diiming-iming anggur. Kata burung hantu, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yang membuat suara Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya. Ia





sombongan





Kenari merasa malukurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temanya. Tubuhnya kecilmengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledekmenggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersihtidak kalah besar. Kenari pun bangun pagirajin membersihkan diri. la tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.




(B) dengan teman harus saling menggodameledek





Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia raguragumerasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom dimana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.




(B) Ipiin ragutakut karena sering terjadi peledakan bom


xnj.png
47.

kl.png

jl.png



op.png



Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari,bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.


(D) anehpemalu




Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruangwaktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasanlautan adalah cairan logam meski buih pada debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapaslangit.




Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada 403 Forbidden

Forbidden

You don't have permission to access this resource.

Additionally, a 403 Forbiddenerror was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.

. Semoga soal-soal diatas dapat kamu jadi sebagai bahan belajar untuk menghadapi UNBK nanti ya.
Terimakasih,sampai jumpa kembali di artikel menarikbermanfaat lainnya.
Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2018/2019 Bahasa Indonesia 403 Forbidden Forbidden You don't have permission to access this resource. Additionally, a 403 Forbiddenerror was encountered while t...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats