Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2018/2019 Bahasa Indonesia


Flash & Reset - Bagi adik adik kelas IX SMP atau Sekolah Menengah pertama tentunya sudah tidak sabar menanti program UN atau UNBK kah? Ya, tentu saja UN/UNBK selalu dinanti-nanti sebab mungkin ada diantara adik-adik semua yang ingin cepat-cepat lulus dari jenjang pendidikan SMP serta ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lanjutan baik itu Sekolah Menengah Atas maupun SMK.

tentunya selama 3 tahun menggali ilmu di Sekolah Menengah pertama dari mulai kelas 7, 8 serta 9 ada banyak ilmu serta pengajaran didapat dari aneka macam pengajar. Maka jangan hingga anda menyia-nyiakan waktu 3 tahun tadi hanya buat berleha-leha saja.

Ini sudah waktunya buat belajar lebih ulet lagi. Karena tanpa kita sadari UNBK sudah didepan mata. Tinggal bagaimana cara kita melaluinya, apakah hanya sekedar duduk mengerjakan soal lalu pulang? Atau duduk serta mengerjakan soal bersama rasa bahagia serta bangga serta fokus pada mengerjakan tiap baris soal?

Tentu seluruh punya caranya masing-masing dalam menyikapi Ujian Nasional. Tapi saya ingin berpesan kepada anda bahwa jangan sampai anda lulus serta tak sanggup masuk ke sekolah impian gara-gara nilai yg kamu peroleh sangat minim.

Maka dari itu, pada kesempatann kali ini saya akan memberikan soal Ujian Nasional yang insyallah bisa adik adik jadikan sebagai bahan belajar nantinya. Berikut adalah Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia :


Bacalah teks berikut!

Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yang tak bertanggung jawab. Itulah yg menyebabkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan penjabaran dulu pihak lain pada akhirnya tidak gegabah serta emosional.

01. Pengganti istilah anarkisme serta klasifikasi dalam teks tadi secara berturut-turut merupakan ….

(A) anarki, klarifikasi
(B) anarkis, klarifikasi
(C) anarkistis, klarifikasi
(D) anarkis, verifikasi


Bacalah teks berikut!
Irma mengikuti kegiatan pertukaran pelajar antar negara di luar negeri.
02. Perbaikan penulisan gabungan kata dalam kalimat tersebut merupakan ….
(A) pertukaran seharusnya per-tukaran(B) pertukaran pelajar seharusnya pertukaranpelajar(C) antar negara seharusnya antarnegara(D) luar negeri seharusnya luarnegeri

Bacalah teks berikut!
(1) Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa. (2) Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun hingga bersama 21. (3) Kenakalan remaja merupakan masalah tanggung jawab seluruh pihak. (4) Pada usia itu, remaja sedang mencari identitas dirinya.
03. Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor ….
(A) (1)(B) (2)(C) (3)(D) (4)


Bacalah teks berikut!
Kabarnya, presiden akan mengadakan reshuffle kabinet untuk supaya meningkatkan kinerja pemerintah.
04. Penggunaan ungkap hubung pada kalimat tersebut tak tepat karena ….
(A) tutur agar nanti tak diharapkan(B) celoteh buat bermakna tujuan(C) kata agar nanti bermakna alasan(D) ungkap buat menyatakan asal


Bacalah teks berikut!
Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih serta sehat. Budaya hidup bersih serta sehat akan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktivitas hidup yang sehat serta produktif sehingga pada akhirnya menggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.
05. Ide pokok paragraf tersebut adalah ….
(A) penerapan kebersihan lingkungan(B) manfaat budaya hidup sehat bagi manusia(C) aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan(D) tempat penerapan pola hidup sehat


Bacalah teks berikut!
Dalam penyelaman itu menemukan benda-benda kuno di dasar laut.
06. Kalimat tersebut tak efektif karena ….
(A) mempunyai makna ganda(B) tak memiliki subjek(C) predikatnya celoteh kerja pasif(D) tak disertai keterangan tempat


Bacalah teks berikut!
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan UNESCO, tingkat membaca masyarakat Indonesia rendah. Namun demikian, pemerintah tidak henti-hentinya melakukan upaya untuk meningkatkan budaya membaca. Kementerian pendidikan serta Kebudayaan menginstruksikan kepada setiap sekolah untuk mencanangkan gerakan 15 menit membaca sebelum pelajaran. Selain itu, dilakukan gerakan kampanye suka membaca kepada anak usia dini.
07. Simpulan isi teks tadi adalah ….
(A) minat membaca akan tumbuh dengan sendirinya sejak usia dini(B) kondisi rendahnya minat baca merupakan kenyataan yg harus diterima(C) pemerintah optimis bahwa minat baca rakyat bisa ditingkatkan(D) bersama 15 mnt membaca setiap hari, minat baca bisa meningkat


Bacalah teks berikut!
Peneliti asal Amerika Serikat melakukan studi jangka panjang terhadap pola pendidikan anak genius yang melibatkan 5.000 anak genius serta intelektual tinggi selama 45 tahun.
08. Perbaikan kesalahan penulisan ungkap pada kalimat tersebut merupakan ….
estes.png


Bacalah teks berikut!

Pantai Kuta merupakan satu dari lokasi wisata di Bali, tepatnya di sebelah selatan pulau Dewata.

09. Kesalahan penulisan huruf pada kalimat tadi terdapat dalam kata ….

(A) Kuta
(B) Bali
(C) selatan
(D) Dewata


Bacalah teks berikut!

(1) Kegiatan literasi menjadi salah satu program sekolah. (2) Semua sekolah diperlukan dapat melakukan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (3) Salah satu kegiatan; yg dilakukan buat menunjang GLS; merupakan 15 mnt membaca pada awal jam pertama. (4) Melalui kegiatan ini; semua
siswa diharapkan mempunyai minat baca yg tinggi.

10. Kesalahan penggunaan pertanda baca dalam teks tersebut ditandai beserta nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Bacalah teks berikut!

Salah satu museum yg banyak dikunjungi pelajar merupakan museum geologi Bandung. Museum ini didirikan dalam zaman kolonialisme Belanda. Didirikan pada masa revolusi industri di benua Eropa. Saat itu para ahli geologi sedang ulet melaksanakan penyelidikan geologi.

11. Perbaikan penulisan huruf kapital celoteh dalam teks tadi merupakan ….

(A) Museum geologi Bandung, Benua Eropa
(B) Museum Geologi Bandung, Benua Eropa
(C) museum Geologi Bandung, Benua Eropa
(D) museum Geologi Bandung, benua eropa

Perhatikan kalimat berikut!

Semua murid, baik pria, maupun wanita wajib mengikuti upacara.

12. Perbaikan penulisan tanda baca koma pada kalimat tadi yang tepat merupakan ….

(A) seluruh murid, baik laki-laki , maupun wanita harus, mengikuti upacara
(B) semua murid baik pria, maupun wanita, wajib mengikuti upacara
(C) seluruh siswa, baik laki-laki maupun perempuan, wajib mengikuti upacara
(D) seluruh siswa, baik pria, maupun wanita, harus mengikuti upacara

Bacalah teks berikut!

Ibu membutuhkan: minyak goreng, tepung terigu, serta pisang untuk membuat pisang goreng kesukaan Dila. Walaupun tiap sore ada penjual pisang goreng yang selalu berjualan di depan rumahnya, Dila tidak tergoda.

13. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca dalam teks tersebut adalah ….

(A) tanda baca koma (,) sebelum kata serta tidak diperlukan
(B) tanda baca titik (.) tidak diharapkan selesainya ungkap tergoda
(C) indikasi baca titik dua (:) tidak dibutuhkan sesudah celoteh membutuhkan
(D) tanda baca koma (,) dalam kalimat kedua tak perlu

Perhatikan kalimat berikut!

Salah satu upaya penanggulangan banjir merupakan dengan membuat saluran air […] got ke sungai.

14. Kata depan yang tepat buat melengkapi kalimat tadi adalah ….

(A) di
(B) ke
(C) dari
(D) pada

Perhatikan kalimat berikut!

[...], hebat sekali kamu, ulangan matematika sesulit itu menerima nilai sempurna!

15. Kata seru yang tepat buat melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) Wah
(B) Aduh
(C) Hai
(D) Ah

Bacalah petunjuk berikut!

Membuat Puding Kelapa Muda „

(1) sediakan agar-agar, gula, santan, kelapa muda, vanili, serta telur lalu kocok
(2) biarkan sampai mendidih balik , lalu angkat
(3) tuanglah ke pada cetakan
(4) masak air hingga mendidih
(5) setelah mendidih, masukkan agar-agar, santan, gula, kelapa muda, serta telur yang sudah dikocok.

16. Urutan petunjuk menciptakan puding kelapa belia tersebut yg tepat merupakan ….

(A) (1), (3), (2), (4), (5)
(B) (1), (4), (5), (2), (3)
(C) (4), (1), (2), (5), (3)
(D) (4), (5), (3), (1), (2)

Perhatikan teks berikut!

Batik telah dikenal semenjak jaman Majapahit, bahkan sanggup lebih lama sebelumnya yaitu masa kerajaan Mataram Kuno […] Arca para dewa bisa dijumpai di candi Hindu maupun Buddha, seperti di Candi Prambanan

17. Kalimat yang tepat buat melengkapi teks tersebut merupakan ….

(A) arca para para dewa jaman dahulu diberi busana batik
(B) batik sudah banyak dipakai para raja jaman dahulu
(C) bukti kehadirannya bisa disaksikan pada gesekan arca para dewa
(D) batik dipakai sebagai pakaian kebesaran para bangsawan

Bacalah kutipan cerita berikut!

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

18. Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang pertama yg tepat adalah ….

(A) Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak
semata wayangnya. Dulu, pada saat kami menjadi penarik becak, buat mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilannya

(B) Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya

(C) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan
penghasilanku

(D) Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan serta menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur
dengan penghasilan kami

Bacalah kutipan cerita berikut!

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraaan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, serta kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas serta menampakkan keasliannya. Kahono tak lebih sebagaitengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah serta keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya melalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.

19. Amanat pada kutipan cerita tadi merupakan….

(A) jangan melakukan pencitraan diri yg menciptakan orang lain rugi
(B) jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut
(C) lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan
(D) jagalah kesuburan tanah buat para petani di pedesaan

Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan serta kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, serta Dini. Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 serta 6!
Dini : A serta C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, serta 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, angka 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yg belum admin kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks serta mengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.

19. Amanat pada kutipan cerita tadi merupakan….

(A) jangan melakukan pencitraan diri yg menciptakan orang lain rugi
(B) jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut
(C) lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan
(D) jagalah kesuburan tanah buat para petani di pedesaan

Bacalah teks drama berikut!
Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah matematika. Semua murid terlihat kebingungan serta kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, serta Dini.
Banu : Din, aku minta jawaban soal nomor 5 serta 6!
Dini : A serta C.
Sita : Kalau soal nomor 10, 11, serta 15 jawabannya apa Ban?
Banu : 10 A, 11 D, angka 15 aku belum.
Adi : Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita : Soalnya sulit sekali, masih banyak yg belum admin kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, ia terlihat rileks serta mengerjakan ujian sendiri tanpa menyontek.

20. Cerpen yg sesuai beserta teks drama tadi adalah ….

(A) Kelasku sedang menghadapi ujian Matema-tika. Aku, Banu, Siti, Dina, serta Adi sangat kewalahan menjawab soalsoal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din… soal nomor 5 serta 6 jawabannya apa? “ “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”

(B) Ketika ujian matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din… soal nomor 5 serta 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A serta C”, jawab Dini sedikit keras “Ssst… jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar”. Mereka asyik contek-contekkan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.

(C) Ujian matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Sita, serta Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 serta 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A serta C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita “Nomor 10 A, 11 D, serta nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks serta mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.

(D) Bu guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Sita, Budi, serta Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “Soal nomor 5 serta 6 apa jawabnya Din?” tanya Budi. “A serta C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, serta 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Ssst…. Jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”

Bacalah data akibat pengamatan berikut!

Kelompok : Bung Tomo
Objek yg diamati : Gunung Tangkuban Perahu
Waktu pengamatan : Selasa, 11 Juni 2019
Tujuan : Mengetahui kondisi
Gunung Tangkuban Perahu
Hasil pengamatan :
 berada di sebelah utara Bandung
 tingginya 2.084 m
 bentuknya strato volcano
 suhu berada antara 2°C s.D. 17°C

21. Teks laporan yg sesuai beserta data tersebut merupakan ….

(A) kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban Perahu pada hari Selasa, 11 Juni 2019. Tujuan pengamatan adalah untuk mengetahui kondisi gunung tersebut. Gunung Tangkuban Perahu berada di sebelah utara Kota Bandung. Gunung yang tingginya mencapai 2.084 m ini berbentuk strato volcano. Suhu di sekitarnya mencapai 2°C pada malam hari serta 17°C pada siang hari.

(B) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan tentang Gunung Tangkuban Perahu. Pengamatan dilakukan hari Selasa, 11 Juni 2019. Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perhutani. Setiap hari terutama pada hari libur, gunung ini banyak dikunjungi wisatawan. Gunung yg berbentuk strato volcano ini termasuk gunung berapi yang masih aktif.

(C) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap gunung yang dikelola Perhutani. Salah satunya adalah Gunung Tangkuban Perahu di daerah utara Kota Bandung. Gunung ini termasuk gunung yang masih aktif. Walaupun demikian, gunung ini selalu banyak dikunjungi wisatawan lantaran suhu di sekitarnya dingin.

(D) Kelompok Bung Tomo melakukan pengamatan terhadap Gunung Tangkuban Perahu. Tujuan pengamatan adalah mengetahui cara Perum Perhutani mengelola gunung ini sebagai objek wisata. Tangkuban Perahu yang berada di kawasan utara Bandung ini berbentuk strato volcano. Tinggi gunung mencapai 2.084 serta suhu di sekitar kawasan ini mencapai 2°C pada malam hari.

Bacalah kalimat berikut!

Pemerintah Indonesia mencari cara terbaru agar hasil panen meluap serta berkualitas tinggi.

22. Pilihan kata yang salah dalam kalimat tadi merupakan ….

(A) mencari
(B) terbaru
(C) meluap
(D) berkualitas

Bacalah teks berikut!

(1) Sejak pagi, pengurus OSIS sibuk menyiapkan berbagai keperluan untuk acara jalan sehat. (2) Mereka membawa hadiah dari ruang OSIS. (3) Kupon hadiah buat para peserta jalan sehat sudah mereka siapkan juga. (4) Tepat pukul 07.00 semua peserta telah hadir di sekolah.

23. Kalimat tak efektif pada teks tadi ditandai beserta angka ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Perhatikan kalimat berikut!

Gedung itu direnovasi beserta [...] ratusan energi ahli bangunan dari banyak sekali wilayah di Indonesia.

24. Kata yang tepat buat melengkapi kalimat tadi adalah ….

(A) menyibukkan
(B) menampilkan
(C) menjadikan
(D) melibatkan

Perhatikan kalimat berikut!

Ditemani oleh [...] suami, Alien menyebutkan pertarungan yang sebetulnya terjadi.

25. Kata sandang yang tepat buat melengkapi kalimat tersebut adalah ….

(A) si
(B) sang
(C) tuan
(D) dang

Perhatikan teks berikut!

Banjir sudah menjadi agenda tahunan […](1) masyarakat Indonesia. Tidak heran bila pemerintah berjuang keras serta mengeluarkan biaya yang sangat besar […](2) menyelesaikan masalah ini.

26. Kata penghubung yg tepat buat melengkapi teks tersebut merupakan ….

(A) (1)buat, (2)bagi
(B) (1)oleh, (2)untuk
(C) (1)oleh, (2)bagi
(D) (1)bagi, (2)untuk

Bacalah teks berikut!

Terkuaknya kasus vaksin palsu, belum lama ini, mengambarkan bahwa kejahatan dengan modus baru sudah terjadi di dunia kesehatan. Meskipun pihak Kementerian Kesehatan RI sudah menaruh klarifikasi, namun tetap saja tidak sedikit masyarakat yg dibuat gundah dengan kejadian itu. Mereka diliputi kekhawatiran terhadap anakanak balita mereka yg belum lama ini mendapat imunisasi.

27. Makna kata penjelasan pada teks tersebut merupakan ….

(A) penerangan tentang hal yang sebenarnya
(B) pengusutan terhadap kasus yg terjadi
(C) pemahaman terhadap hasil yang ditimbulkan
(D) dugaan munculnya masalah serta akibatnya

Bacalah teks berikut!

(1) Semua pasangan bakalan calon kepala daerah serta wakil kepala daerah mempunyai tanggung jawab yang sama. (2) Mereka bertanggung jawab agar Pemilihan Kepala Daerah tahun 2019 berjalan aman serta damai. (3) Pilkada jangan sampai menggerogoti pembangunan ekonomi yang sudah mulai terjaga.

28. Maksud kalimat angka (3) dalam teks tadi adalah ….

(A) pembangunan ekonomi akan berjalan lancar selesainya pelaksanaan Pilkada 2019
(B) Pilkada tahun 2019 sangat mengganggu ekonomi yang sedang dilaksanakan
(C) semua pihak mengharapkan Pilkada tahun 2019 dilaksanakan selesainya pembangunan ekonomi selesai
(D) Pilkada tahun 2019 diharapkan tak mengganggu pembangunan ekonomi yang telah mapan

Bacalah teks berikut!

(1) Kelompok Melati mengadakan pengamatan di Kali Brantas.
(2) Air Kali Brantas sangat jernih. Aliran air Kali Brantas sangat lancar.
(3) Kegiatan dilakukan Minggu, 7 Agustus 2019.
(4) Air Kali Brantas dijalankan rakyat di kurang lebih Kali Brantas untuk mencuci.
(5) Setiap sore hari banyak anak yg berenang di Kali Berantas.

29. Susunan kalimat laporan tersebut yg tepat merupakan ….

(A) (1)-(3)-(2)-(4)-(5)
(B) (1)-(2)-(5)-(4)-(3)
(C) (5)-(3)-(2)-(1)-(4)
(D) (5)-(1)-(3)-(2)-(4)

Bacalah teks berikut!

Minat baca di Indonesia memang rendah. Namun demikian, kualitas perpustakaan kita justru diatas negara-negara maju. Membangun perpustakaan adalah hal yang penting. Mengajak warga buat memiliki minat Baca juga tidak kalah penting.

30. Pernyataan yg sesuai dengan isi teks tersebut merupakan ....

(A) perpustakaan yg memadai tak menjamin tingginya minat baca
(B) pengadaan perpustakaan yang berkualitas adalah hal yang penting
(C) minat baca di Indonesia tinggi lantaran disediakan perpustakaan
(D) minat baca tinggi karena adanya perpustakaan yg berkualitas

Bacalah teks berikut!

(1) Berbagai pihak dilibatkan buat menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak mempunyai peran yg tidak selaras-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya masyarakat sekolah yg literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.

31. Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tadi ditandai bersama nomor ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Bacalah paragraf berikut!

(1) Kontingen PON menembak Jabar mengalami perkembangan pesat pada empat tahun terakhir. (2) Pada PON Tahun 2012, kontingen ini hanya meraih satu medali emas. (3) Pada PON XIX Tahun 2019, Jabar meraih tiga belas medali emas. (4) Dengan perolehan medali tersebut, kontingen Jabar menjadi juara umum cabang olahraga menembak PON XIX.

32. Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan angka ….

(A) (1)
(B) (2)
(C) (3)
(D) (4)

Bacalah teks berikut!

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya beserta manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Tumbuhan tanpa buah ini mempunyai ciri-ciri seperti : daun berbentuk panjang, tebal, serta berwarna hijau.

Daunnya mengandung serat bening sebagai daging. Meskipun semenjak dahulu dikenal mempunyai banyak khasiat, belum banyak yg memahami bahwa flora ini sanggup menjadi komoditas yg menguntungkan. Komoditas yang berbahan lidah buaya, di antaranya adalah obat buat mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Jus lidah buaya atau gel sebagai obat pencahar yang baik serta sangat membantu jika mengalami sembelit. Selain sebagai penyubur rambut, lidah buaya juga digunakan sebagai minuman yang menyehatkan.

33. Ringkasan teks tersebut merupakan ....

(A) lidah buaya bermanfaat sebagai penyubur rambut pula buat kesehatan
(B) lidah buaya sangat bermanfaat buat mengobati banyak sekali macam penyakit
(C) lidah buaya memiliki ciri-ciri tertentu serta nilai komoditas menguntungkan
(D) lidah buaya bermanfaat serta memiliki komoditas yang menguntungkan

Bacalah ke 2 kutipan cerita berikut!
344.png

Bacalah ke 2 kutipan cerita berikut!
35.png

35. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tadi merupakan dimulai bersama ….

99.png

Bacalah kutipan cerita berikut!

Kerbau menantang katak, apabila nanti malam hujan, dirinya akan memenuhi segala permintaan katak. Keesokan harinya, katak menagih janji kerbau karena malam harinya turun hujan. Ternyata kerbau hanya bermulut besar. Katak merasa sangat kecewa, dia telah sangat berharap akan bisa menikmati serangga kesukaannya.

36. Makna ungkapan bermulut besar pada kutipan cerita tadi adalah ….

(A) suka berbohong
(B) tidak tahu malu
(C) tidak sungguh-sungguh
(D) suka menyombongkan diri

Bacalah kutipan cerita berikut!

Untuk mengisi liburan sekolah, Andi serta temantemannya berencana pergi kemah. Mendadak orang tua Andi sakit. Firman serta Adi gelisah. Mereka pun menjemput Andi di rumahnya. “Lho, kamu kok belum siap-siap?” tanya Firman. “Maaf, ibuku tadi malam mendadak sakit. Aku tidak jadi ikut.” “Kenapa, kan masih ada adikmu. Kamu juga yang punya usul kemah” ujar Adi. “Iya, tetapi adikku kan masih kecil, tidak bisa menjaga serta merawat ibu,” kata Andi. “Ah…. Kamu bukan teman setia!” kata Firman dengan sedikit nada tinggi. Andi hanya bisa menghela napas.

37. Pernyataan yg sesuai bersama isi kutipan cerita tadi adalah ….

(A) impian Firman buat berkemah
(B) Andi merupakan sahabat yang tak setia
(C) walaupun ibunya sakit, Andi pergi berkemah
(D) Andi membatalkan pergi berkemah lantaran ibunya sakit

Bacalah teks berikut!

Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial serta politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan serta menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. la selalu menyampaikan tentang pentingnya persatuan serta kesatuan dalam berbangsa serta bernegara. Pada tanggal 25 Desember 1912, ia mendirikan Indische partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja Setyabudhi) serta dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Organisasi ini ditolak oleh pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme rakyat serta menggerakkan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.

38. Keistimewaan tokoh dalam teks tadi adalah ….

(A) tahun 1908 aktif berorganisasi
(B) organisasinya ditolak Belanda
(C) memiliki nasionalisme tinggi
(D) menggugah pencerahan masyarakat

Bacalah teks berikut!

Pertempuran legendaris 10 November 1945 silam selalu diidentikkan dengan nama Sutomo atau yang akrab disapa Bung Tomo. Bung Tomo lahir di Surabaya, 3 Oktober 1920. Keluarga Bung Tomo sangat menghargai serta menjunjung tinggi pendidikan. Kartawan Tjiptowidjojo, ayahnya, pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan. Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. Bung Tomo terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO ketika berusia 12 tahun. Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecilkecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu. la menyelesaikan pendidikan HBS-nya lewat korespondensi.

39. Hal yang patut diteladani dari tokoh dalam teks tersebut merupakan ….

(A) sangat menghargai serta menjunjung tinggi pendidikan
(B) tokoh legendaris dalam peristiwa 10 November 1945
(C) menuntaskan pendidikannya di HBS lewat korespondensi
(D) suka bekerja keras memperbaiki keadaan agar lebih baik

Bacalah kutipan cerita berikut!

“Bu, Syifa boleh membeli baju?” tanya Syifa. “Boleh”, jawab Ibu. Atas persetujuan bunda, Syifa berjalan membeli baju. Di tikungan jalan, dia bertemu beserta pengemis. Syifa menetapkan untuk tak jadi membeli baju. ”Syifa, mana baju yg kamu beli?” tanya bunda kepada Syifa. “Tidak jadi, Bu… lantaran uangnya saya kasih ke pengemis itu,” jawab Syifa. Tidak lama lalu terdengar suara dari luar tempat tinggal memanggil namanya. Syifa bergegas ke luar tempat tinggal buat melihat siapa yg tiba. Ternyata teman Syifa, Lala namanya.

40. Tokoh utama dalam kutipan cerita tadi adalah ….

(A) ibu
(B) Syifa
(C) Lala
(D) pengemis

Perhatikan kalimat berikut!

Saat hari lebaran, aku saling bermaaf-maafan dengan saudara.

41. Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi efektif adalah ….

(A) ketika Lebaran, saya saling bermaaf-maafan dengan saudara.
(B) ketika hari Lebaran, aku bermaaf-maafan beserta saudara.
(C) ketika Lebaran, aku bermaaf-maafan bersama saudara.
(D) dikala hari Lebaran, aku saling bermaafmaafan beserta saudara.

Bacalah kutipan cerita berikut!

Pada suatu pagi, Kakek serta Nenek Chen bersiap-siap berangkat ke hutan. Nenek tak lupa membawa bekal untuk makan siang mereka di hutan. Ketika sudah tiba di hutan, mereka melihat anak burung merpati putih menggelepar di tanah. Rupanya anak burung itu terjatuh dari pohon. “Aduh, kasihan sekali anak burung ini,” kata Nenek sambil mengangkat merpati itu. Ia meletakkan anak burung itu di bakul makanan dengan hati-hati. “Kita rawat saja ya, Kek,” ujar Nenek. Kakek Chen mengangguk setuju.

42. Tokoh tempat pada kutipan cerita tadi adalah ….

(A) rumah serta dapur
(B) rumah serta hutan
(C) rumah serta pasar
(D) rumah serta warung

Bacalah kutipan cerita berikut!

Rio membetulkan letak keranjang plastik di boncengan sepedanya. Tali-tali karet pengikat keranjang itu mulai kendur. Mungkin karena seringnya tali karet itu ditarik untuk mengikat keranjang kue dagangannya. Ya, keberangkatan Rio ke sekolah tak hanya memperjuangkan masa depannya. Dalam setiap keping uang koin hasil penjualan roti itu terdapat cita-cita adiknya serta juga beras jatah makan sekeluarganya. Waktu istirahat jam sekolah, tak pernah Rio rasakan dalam gurauan serta serunya berkejar-kejaran dengan teman. Ia harus rela mengejar mimpi melalui roti-roti dagangannya.

43. Cara pengarang mendeskripsikan tabiat tokoh Rio pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) pelukisan fisik tokoh
(B) penggambaran lingkungan tokoh
(C) melalui tokoh lain
(D) penggambaran tingkah laku tokoh

Bacalah kutipan cerita berikut!

Kedasih tidak menjawab. Ia membaringkan tubuhnya yang terasa seperti kayu. Meski begitu, Kedasih bercerita tentang burung hantu serta belalang yang sombong serta tamak. Kata Kedasih, belalang suka sekali mengganggu tidur siang burung hantu.

Ia sering menyanyi dekat burung mahluk ghaib. Suaranya berisik. Pada suatu saat belalang diiming-iming anggur. Kata burung mahluk ghaib, anggur itu didapat dari Dewa Apollo. Anggur itu yang membuat suara Dewa Apollo begitu merdu. Belalang pun percaya.

Ia meminta buah anggur yang dimiliki burung hantu agar suaranya semerdu Dewa Apollo. “Saat belalang mendekat ke burung hantu, haaapp! Nyaem… nyaeeemm,” cerita Kedasih, menirukan burung hantu menerkam belalang.

44. Makna simbol tutur burung mahluk ghaib pada kutipan tadi merupakan ….

(A) ketidakberdayaan
(B) kesombongan
(C) kecerdikan
(D) kesabaran

Bacalah kutipan cerita berikut!

Kenari merasa malu serta kurang percaya diri kalau berkumpul dengan teman-temanya. Tubuhnya kecil serta mengeluarkan bau tak sedap. Teman-temannya sering meledek serta menggodanya. Kenari ingin penampilannya berubah. Dia ingin buktikan kepada teman-temannya bahwa ia bisa tampil bersih serta tidak kalah besar. Kenari pun bangun pagi serta rajin membersihkan diri. la tidak malas lagi mencari makan. Berkat ejekan teman-temannya, dirinya membuang jauh-jauh sifat malasnya.

45. Nilai moral pada kutipan cerita tadi adalah ….

(A) dalam pergaulan wajib memusnahkan sikap berkuasa
(B) dengan teman harus saling menggoda serta meledek
(C) berusahalah menjadi lebih baik agar percaya diri
(D) kurang percaya diri hal biasa pada pergaulan

Bacalah kutipan cerita berikut!

Ketika Ipiin sedang mengacu sepedanya, ia dikejutkan dengan sebuah benda. Benda tersebut adalah sebuah bungkusan plastik berwarna hitam. Ipiin jadi gemetaran. Benda apakah itu? Ia raguragu serta merasa ketakutan karena akhir-akhir ini sering terjadi peledakan bom dimana-mana. Ipiin khawatir benda itu adalah bungkusan bom. Akhirnya, ia pun mencoba membuka bungkusan tersebut.

46. Penyebab perseteruan pada kutipan cerita tersebut adalah ….

(A) Ipiin menjadi gemetaran lantaran menemukan sebuah benda
(B) Ipiin ragu serta takut karena sering terjadi peledakan bom
(C) Ipiin menemukan sebuah bungkusan plastik berwarna hitam
(D) Ipiin mencoba membuka bungkusan plastik yg ditemukannya

xnj.png
47. Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tadi merupakan dimulai bersama ….

kl.png

jl.png

48. Perbedaan penggunaan bahasa pada ke 2 kutipan cerita tersebut merupakan ….


op.png


Bacalah kutipan cerita berikut!

Hampir setiap malam mereka berkumpul bersama, berpesta, menari, serta bergembira. Mereka saling berbagi makanan kecuali seekor belalang yang selalu hidup menyendiri. Ia hanya memandang keramaian dari depan rumahnya. Tingkah belalang itu sangat aneh, ia malu karena telah kehilangan sebuah kakinya.

49. Kebiasaan tokoh belalang yang tergambar dalam kutipan cerita tadi merupakan ….

(A) setiap malam berpesta
(B) membagi makanan
(C) hidup menyendiri
(D) aneh serta pemalu



Bacalah kutipan cerita berikut!

Sore itu aku duduk seorang diri di tepi pantai, memandang dunia yang terdiri atas waktu. Memandang bagaimana ruang serta waktu bersekutu, menjelmakan alam itu untuk mataku. Di tepi pantai, sementara sapuan warna keemasan serta lautan adalah cairan logam meski buih pada debur ombak yang menghempas itu tetap saja putih seperti kapas serta langit.

50. Keunggulan kutipan cerita tersebut merupakan ….

(A) menggunakan pola pengembangan alur mundur
(B) gaya bahasa yg indah dalam mendeskripsikan pantai
(C) sudut pandang yg dijalankan orang ketiga
(D) melaporkan pengalaman tokoh di daerah pantai


Penutup

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia. Semoga soal-soal diatas dapat kamu jadi sebagai bahan belajar untuk menghadapi UNBK nanti ya.
Terimakasih, serta sampai jumpa kembali di artikel menarik serta bermanfaat lainnya.
Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2018/2019 Bahasa Indonesia Soal Ujian Nasional Atau UNBK SMP 2019/2020 Bahasa Indonesia Flash & Reset - Bagi adik adik kelas IX SMP atau Sekolah Menengah pertam...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats