Cara Yang Aman dan Benar Memindahkan Data dari iOS ke Android


Pada tahun yang lalu, Apple telah meluncurkan aplikasi yang bernama "Move to iOS", aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah pengguna Android yang ingin beralih ke iOS. Selang beberpa bulan kedepan google tak mau kalah, Google juga merilis aplikasi yang hampir sama.

Baca Juga Cara Mudah Membuat ID Apple Untuk Digunakan Pada iTunes Store

Raja Mesin Pencari ini juga memperkenalkan fitur terbaru yang terdapat pada Google Drive yang dapat mempermudah proses transfer data dari smartphone iPhone ke smartphone Android. Pengguna hanya cukup mengupload data-data penting yang berada di iOS ke Google Drive, setelah itu mengunduhnya pada smartphone Android. Dari tahap pertama sampai akhir, proses transfer data hanya membutuhkan tiga langkah. Berikut dibawah ini langkah-langkahnya.

1. Download aplikasi Google Drive pada Smartphone iOS
Tahap pertama tentunya mengunduh aplikasi Google Drive pada smartphone iPhone. Pengguna iPhone dapat mengunduhnya di App Store.

2. Backup data iOS ke Google Drive
Kemudian, anda tinggal masuk ke bagian menu aplikasi, Settings, dan juga Backup. Pada tampilan aplikasi Google Drive akan terdapat semua data yang ingin dipindahkan atau ditransfer yang terdiri dari kontak, foto, kalendar dan juga video. Setelah anda memilih data-data yang akan ditrasfer, pilih Virtual "Start Backup". Nanti proses peng-upload-an akan dimulai.

Google Drive akan memberi peringatan untuk pengguna bahwa proses backup (upload) dapat memakan waktu sampai berjam-jam, tergantung dari banyaknya data dan juga besarannya kapasitas yang diupload. Untuk itu, pengguna diharuskan untuk menggunakan jaringan Wifi sambil menghubungkan ponsel ke carger supaya tidak mati pada saat proses upload.

Baca Juga Cara Transfer Data dari Android ke PC Tanpa Kabel Data

3. Sign in Google Drive di Android
Pada saat Backup telah selesai, pengguna hanya perlu masuk ke akun Google pada smartphone Android. Nanti Proses sinkronisasi akan berjalan secara otomatis.

Dengan adanya fitur baru yang terdapat pada Google Drive dan juga aplikasi Move to iOS, pengguna Android dan juga iOS tidak perlu lagi kesusahan untuk berpindah perangkat. Dua aplikasi layanan transfer itu juga mempertipis jarak serta eksklusivitas antar sistem operasi.

4. iMessage tidak turut dipindah
Sayangnya fitur yang terdapat pada Google Drive masih kuurang, pasalnya data-data yang berada di iMessage tidak dapat dialihkan ke Android. Nah disinilah yang menjadi keunggulan aplikasi Move to iOS. Aplikasi keluaran Juni 2015 itu sudah terdapat fitur untuk menyalin rekam jejak pesan pada perangkat Android ke iPhone dengan mudah. Jadi, untuk Anda yang tidak mau rekam jejak iMessage hilang begitu saja pada saat beralih ke Android, sebaiknya anda menyalin satu per satu ke akun e-mail.

Baca Juga Cara Mengatasi Tombol Home Pada iPhone Tidak Berfungsi
Cara Yang Aman dan Benar Memindahkan Data dari iOS ke Android Pada tahun yang lalu, Apple telah meluncurkan aplikasi yang bernama "Move to iOS", aplikasi yang bertujuan untuk mempermudah pe...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats