Jualan online tanpa stok produk, tanpa modal besar Terbaru



Jualan online tanpa stok produk, tanpa  modal besar 




NAMA: Flash & Reset Amirul Karim

NIM: 16.11.0012

JURUSAN:Teknik Informatika

KATA PENGANTAR:

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Karunia -Nya sehingga saya sebagai mahasiswa dari"UNIVERSITAS AMIKOM" dapat menyusunan karya tulis ilmiah yang berjudul "jualan online tanpa stok produk,dengan  modal kecil" ini,semoga dapat selesai tepat pada waktunya,sehinga karya tulis ini bisa di terima sebagai syarat lulus mata kuliah lingkungan bisnis ini 

Saya menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematikanya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan wawasan Saya. Oleh sebab itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini,semoga makalah ini dapat berkenan dan di terima oleh bapak/ibu sekalian dan bagi yang membacanya

BAB I 
PENDAHULUAN


ABSTRAK

Berjualan atau biasa di sebut berbisnis memang sekarang ini banyak menjadi pilihan banyak orang,selain sistem kerjanya yang mengatur waktu,modal dan lainya itu semua di atur oleh orang yg akan memulai bisnis itu sendiri,hasil yg di dapatkanpun bisa sangat mengiurkan,bahkan bisa melebihi pekerja kantoran,namun semua itu tidaklah mudah,ada cara dan trik trik tersendiri demi bisnis bisa berkembang dengan baik
Bisnis onlinepun mulai banyak di cicipi oleh para pebisnis,selain lebih praktis secara waktu,tempat,dan lebih mudah memasarkan barang tersebut,karna di bisnis onine kita bisa memasarkan barang kita di sosmed,blog dll yg berhubungan dengan internet,tapi pertanyaanya bagaimana jikakita ingin berjualan online dengan modal yg paspasan oke saya akan memberi beberapa cara yg mungkinbisa di coba,oke langsung saja selamat membaca artikel di bawah ini


BAB II
ISI


Jualan online tanpa stok produk, tanpa  modal besar 

Jualan online tanpa stok produk, tanpa modal besar – Seringkali saya mendapat keluhan sejumlah teman yang mengaku pengin berjualan secara online tetapi tidak punya modal usaha. Umumnya mereka mengaku punya banyak teman atau banyak relasi di dunia maya yang sebenarnya potensial untuk menjadi pelanggan. Tetapi untuk berjualan, mereka bingung dengan produk yang harus disediakan dan tentu saja uang yang harus tersedia untuk membeli produk-produk itu.

Yah, hari ini gini masih bingung mau jualan online dengan modal besar? Tidak jamannya lagi. Sebab saat ini sudah ada sistem perdagangan dropship. Dengan cara dagang ala dropship ini, kita bisa berjualan tanpa stok sekalipun. Ya, kita hanya sebagai reseller yang hanya menjualkan barang orang lain atau supplier yang menyediakan barang untuk kita.

Dengan menjalankan fungsi reseller dalam sistem dagang dropship ini kita tidak perlu dibingungkan dengan stok atau ketersediaan barang di tempat kita. Sebab, kita hanya melakukan promosi, sementara untuk urusan lainnya, supplier yang mengurusnya. Dengan sistem dropship ini, kita sudah mendapatkan data materi produk dari supplier, lalu kita tinggal memasarkannya. Jika terjadi transaksi alias barang laku, maka pembeli membayar langsung ke kita, dan kita memproses ordernya ke supplier. Pada giliran berikut supplier akan langsung mengirimkan produknya ke alamat pembeli, dengan nama kita tertulis sebagai pengirimnya,Selisih harga dari supplier dengan harga jual kita, itulah keuntungan kita. Simpel bin mudah bukan?

Pertanyaan berikutnya adalah barang apa yang bisa kita jual dan di mana kita bisa mendapatkan supplier? Banyak marketplace yang bisa kita pilih, di mana di sana ada sejumlah supplier dengan jenis barang yang bermacam-macam. Namun hal yang paling perlu kita perhatikan adalah bahwa supplier kita benar-benar terpercaya.

Tepercaya di sini dalam arti selalu menyediakan daftar terakhir produk yang mereka miliki, menyediakan data akurat tentang spesifikasi produk yang tersedia dengan kondisi barang, memberikan respons cepat kepada kita sebagai reseller, dan mengirimkan barang secepat mungkin kepada pelanggan kita begitu orderan kita kirimkan.

Sebelum Anda menentukan supplier yang Anda pilih, di sini akan saya gambarkan dulu cara kerja sistem dropship. Dalam hal ini saya mengambil contoh sistem dropship yang dikembangkan oleh salah satu markatplace tepercaya Indonesia, CakNing.Com. CakNing adalah marketplace yang mengembangkan teknik dropship yakni sebuah teknik pemasaran di mana penjual tidak menyimpan stok barang, dan di mana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke supplier.

Perhatikan gambar di bawah ini:



Cara kerja dropship cakning


1.Member melakukan promosi produk, dan jika ada produk yang laku maka member melakukan order dan pembayaran melalui member area CakNing.

2.CakNing kemudian akan mengirimkan produk yang dibayar tersebut langsung ke pembeli, dengan menuliskan nama member yang bersangkutan sebagai nama pengirimnya.

3.Dari transaksi ini penjual mendapatkan keuntungan berupa selisih antara harga jual dengan harga yang dibayarkan ke CakNing.

4.Penjual juga bisa mendapatkan repeat order dari pembeli tersebut karena penjual sendiri yang melakukan pendekatan ke pembeli.

5.Dalam hal ini CakNing hanya berada di balik layar, tanpa harus diketahui pembeli, demi menjaga kredibilitas penjual.

Marketplace satu ini adalah supplier yang sudah terpercaya menyediakan barang atau supplier untuk banyak toko online di Indonesia. Jadi kredibilitas tidak perlu diragukan. Selain itu, untuk bergabung dengan CakNing ini Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk membuka toko online. Jadi Anda bisa segera membuka toko online tanpa stok produk dengan cara yang sangat mudah.

Apa harus punya toko online?

Apakah memang harus punya toko online agar kita bisa menjadi reseller CakNing? Tidak mutlak. Sebab untuk menjadi reseller, kita juga bisa mengandalkan media sosial seperti facebook.com, twitter, Google Plus, atau bahkan hanya sekadar pembicaraan langsung kita dengan kawan sekantor, kawan sehobi ataupun para tetangga.

Jika kita memiliki toko online, tentu itu lebih bagus karena akan memudahkan kita berpromosi dan membangun kepercayaan publik kepada diri kita sebagai penjual tanpa orang tahu bahwa kita sebenarnya hanyalah reseller.

Nah, jika kita sudah punya toko online maka kita tinggal melakukan promosi dan promosi, sementara untuk masalah support kepada pelanggan kita akan dibantu sepenuhnya oleh pihak supplier. Namun karena respon cepat adalah salah satu kunci sukses jualan online, maka kita hanya harus pintar-pintar mencari supplier yang setidaknya selalu responsif untuk melayani segala pertanyaan kita mulai dari masalah produk, informasi stok, dan lainnya, sehingga memudahkan kita menyampaikan hal itu kepada pelanggan.

Begitulah sobat, menjadi reseller dalam sistem dropship ini cocok dijalankan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan keuntungan dalam bisnis online dan offline tanpa modal besar. Dalam bahasa keseharian, reseller bisa saja disebut makelar. Dengan menjadi makelar pun kita bisa sukses secara ekonomi. Ada yang salah? Enggak lah yauw…

ingin tau saya kuliah di mana?


Semoga artikel ini bermanfaat. Salam



BAB III 
PENUTUP

A.KESIMPULAN

Berbisnis untuk sebagian orang memang akan sangat menjanjikan,apalagi di jaman sekarang yg sudah selalu mengunakan internet memang sangat di mudahkan dan sangat lebih praktis,di banding kita berjualan di pasar,karna kita bisa promosi barang kita di mana saja asal kita selalu terhubung dengan internet,oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba berbisnis online bahkan dengan modal yg minim,namun harus kita ingat sebagai mahasiswa kita juga tidak boleh melupakan tugas kita sebagai pelajar,akhir kata saya ucapkan terimakasih bagi pembaca dan semoga bermanfaat

B.REFERENSI





Jualan online tanpa stok produk, tanpa modal besar Terbaru Jualan online tanpa stok produk, tanpa  modal besar   NAMA: Flash & Reset Amirul Karim NIM: 16.11.0012 JURUSAN:...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats