Cara Menghasilkan Foto Yang Bagus Dengan iPhone

Cara Menghasilkan Foto Yang Bagus Dengan iPhone

Biasanya kebanyakan orang sering menggunakan perangkat smartphonenya untuk mengambil foto. Meskipun begitu banyak foto indah yang berhasil diabadikan, hanya dengan menggunakan smartphones.

Namun ada juga foto yang tidak sesuai dengan keinginan, nah untuk itu perlu keterampilan khusus untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Mendapatkan hasil foto yang bagus dengan menggunakan iPhone sebenarnya tidak terlalu susah, selama dapat mengikuti beberapa petunjuk penting tentang fokus, exposure, komposisi dan juga pengeditan foto.

Nah apabila Anda ingin mengasilkan foto yang bagus dengan iPhone, disini kami akan memberikan beberapa cara untuk Anda. Berikut dibawah ini beberapa cara menghasilkan foto yang bagus dengan iPhone, seperti dikutip dari Liputan6.com, Rabu (9/8/2017).

1. Bersihkan Lensa dan Fokuskan Kamera

Apabila iPhone Anda sering diletakan di saku atau dalam tas, tak jarang perangkat tersebut cepat terkena debu. Debu yang menempel pada lensa mempunyai dampak besar pada hasil foto.

Percuma saja apabila Anda mengabil foto namun kaca lensa kamera kotor, sehingga akan terdapat obyek seperti noda atau bintik-bintik kecil hitam pada hasil foto.

Beda halnya dengan mengambil foto dengan lensa yang bersih, foto yang dihasilkan akan tajam dan jernih.

Oleh karena itu, bersihkanlah lensa kamera terlebih dahulu sebelum membidik objek. Gunakanlah kain lembut dan bersih untuk membersihkannya.

Hal terpenting lainnya ialah fokuskan kamera ke objek dan jangan goyang pada saat pengambilan foto.

2. Atur Exposure Secara Manual

Pada saat Anda akan men-tap subjek untuk menentukan fokus, kamera secara otomatis akan menggunakan titik fokus untuk mengatur exposure.

Exposure sendiri merupakan fotografi yang mengacu dalam banyaknya cahaya yang jatuh ke medium (film atau sensor gambar) pada proses pengambilan foto. Sederhananya ialah fitur yang mengacu pada seberapa terang dan gelapnya foto.

Memakai kamera dengan mengatur exposure secara otomatis tidak selalu tepat. Pada perangkat iOS, Apple memperkenalkan tool exposure manual yakni ikon matahari yang terdapat di samping kotak fokus yang berwarna kuning.

Anda dapat menggeser ikon matahari ke atas atau bawah untuk menyesuaikan exposure supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Pada Android dan iPhone

3. Jangan Menggunakan Fitur Zoom

iPhone mempunyai fitur zoom yang berfungsi untuk memperbesar dan melihat subjek lebih dekat lagi. Namun sayangnya digital zoom pada iPhine bukan sebuah optical zoom.

Sehingga pada saat digital zoom digunakan maka kualitas gambar akan kurang bagus. Untuk itu jika Anda ingin memotret foto subjek yang cukup jauh, jangan menggunakan fitur zoom.

Lebih baik dekati subjek tersebut, sehingga kualitas fotonya lebih bagus atau bisa juga hasil foto yang jauh Anda cropping (memotong foto) dalam proses pengeditan fotou ntuk membuat subjek tampak lebih jelas.

4. Komposisi Rule of Thirds dan Leading Lines

Rule of thirds merupakan salah satu komposisi fotografi yang dikenal oleh mayoritas penggemar fotografi. Pengaturan komposisi yang satu ini menjadi pondasi untuk keseimbangan elemen foto.

Fokus dan exposure memang sangat penting dalam fotografi, namun komposisi juga sama pentingnya. Tanpa adanya komposisi yang bagus, foto yang dihasilkan kemungkinan besar tidak terlalu menarik untuk dipandang.

Nah, Anda harus bisa memposisikan elemen penting pada foto dalam pertemuan titik tersebut atau baik itu pada vertikal maupun horizontal.

Untuk pengguna iPhone, fitur grid pada layar dapat membantu mengatur komposisi foto. Untuk menampilkan grid, akses Settings, pilih Photo & Camera, lalu aktifkan Grid. Bagi pemula, fitur ini sangat membantu melatih mata agar terbiasa dengan rule of thirds.

Namun kadang kala aturan dibuat untuk dilanggar. Tidak harus menggunakan rule of thirds, jika merasa hasil foto akan tetap bagus tanpa komposisi tersebut. Selain itu, Anda juga harus selalu melihat berbagai alternatif sudut pandang ketika mengambil foto di lokasi mana pun.

Komposisi fotografi lain yang bisa dipraktikan adalah leading line. Dengan komposisi ini, orang yang melihat foto bisa fokus pada subyek utama dan mengarahkan mata lebih dalam pada foto. Leading line bisa dikatakan sebagai garis di dalam foto yang mengarahkan mata kepada subyek utama. Banyak hal yang bisa menjadi leading line seperti pagar, jembatan, garis pantai dan rel kereta api.

Terlepas dari menggunakan komposisi fotografi atau tidak, jangan pernah takut bereksperimen dalam fotografi karena mungkin Anda akan terkejut dengan hasilnya.

5. Eksplorasi berbagai fitur

Jika Latar belakang terlalu berantakan Anda dapat mengalihkan perhatian dari subyek foto. Namun apabila Anda merasa latar belakang foto berantakan beserta warnanya mengganggu, solusi terbaik ialah menggunakan fitur Black and White atau hitam putih. Dengan demikian, subjek foto tidak akan kalah dengan pamor dari latar belakangnya.

Anda juga dapat menggunakan mode panorama untuk mengambil foto dalam pemandangan yang lebih luas. Fitur ini dapat diakses langsung dari aplikasi kamera iPhone.

Trik lainnya ialah usalahakan memotret dari berbagai angle dan jarak yang tepat dan pas. Ambil foto sebanyak mungkin untuk mendapatkan satu yang terbaik.

Apabila Anda ingin mengedit foto, sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak aplikasi supaya hasilnya tidak berlebihan.

Semua cara diatas dapat membantu Anda untuk menghasilkan foto yang lebih bagus dengan menggunakan smartphone iPhone. Sejumlah cara seperti rule of thirds dan leading line akan sangat berguna dengan kamera apa pun yang digunakan.

Baca Juga 5 Game Gratis Untuk iPhone Yang Baru Dirilis
Cara Menghasilkan Foto Yang Bagus Dengan iPhone Biasanya kebanyakan orang sering menggunakan perangkat smartphonenya untuk mengambil foto. Meskipun begitu banyak foto indah yang berhasi...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats