Penyebab dan Cara Mencegah Baterai Kembung Pada Smartphone

Penyebab dan Cara Mencegah Baterai Kembung Pada Smartphone

SMARTPHONES10.COM - Mungkin kamu pernah mempunyai atau melihat baterapi smartphone yang kembung kaya orang halim, hehehe. Baterai kembung biasanaya telah mengalami kerusakan yang amat parah.

Kerusakan baterai ini dapat membuat smartphone menjadi cepat panas atau bisa juga cepat kehabisan baterai. Baterai kembung ini terjadi karena beberapa faktor yang diantaranya sebagai berikut dibawah ini.

1. Penggunaan Yang Terlalu Ekstrim

Yang paling berpengaruh terhadap kembungnya baterai ialah terlalu ekstirm dalam penggunaan smartphone tersebut. Pada zaman modern ini, kita tidak bernah lepas dari yang namanya smartphone bahkan sampai tidurpun smartphone itu masih tetap menyala baik itu digunakan untuk memutar musik atau yang lainnya.

Ingat sob, smartphone yang tidak pernah diistirahatkan dapat menyebabkan baterai cepat panas. Dan inilah yang membuat baterai smartphone Anda menjadi kembung. Kebiasaan menggunakan smartphone untuk browsing, gamming, sosmed atau yang lainnya dalam waktu yang lama dapat membuat baterai smarthone-mu cepat panas dan pada akhirnya akan menggelembung.

2. Usia Baterai

Sama seperti kita, baterai juga semakin lama digunakan maka kemungkinan baterai tersebut akan menggelembung. Pemakaian baterai dalam jangka panjang memang akan menyebabkan baterai kembung.

3. Kualitas Baterai

Kualitas baterai juga dapat mempengaruhi kinerja baterai tersebut. Jika kualitas baterai yang digunakan kurang baik maka baterai tersevut akan cepat kembung. Untuk itu usahakan kalau mau mengganti baterai, belilah yang original dan kualitasnya bagus.

Cara Mencegah Baterai Smartphone Kembung

1. Hindarilah penggunaan smartphone yang terlalu lama dan istirahatkanlah smartphone Anda apabila telah digunakan.

2. Usahakan kalau smartphone Anda sedang dicarger, jangan diopersikan atau dipakai. Karna hal itu dapat menyebabkan smartphone Anda cepat panas dan baterai menggelembung secara perlahan-lahan.

3. Jangan memakai desktop atau power bank untuk mengisi daya pada baterai smartphone Anda. Menggunakan desktop atau power bank untuk mengisi daya pada baterai smartphone Anda dapat membuat baterai cepat kembung dan rusak. Maka untuk itu gunakanlah charger original untuk mengisi daya pada baterai smartphone kamu.

Cara Mengatasi Baterai Smartphone Kembung

Apabila baterai smartphone Anda telah terlanjur kembung, maka cara yang paling baik untuk mengatasinya ialah melakukan pendinginan.

1. Pertama-tama buka baterai dari chasing, terus bungkus dengan plastik.

2. Masukan baterai tersebut kedalam freezer dan diamkan selama 1-2 hari.

3. Setelah itu keluarkan baterai dan tunggu sampai baterai tidak terlalu dingin.

4. Selanjutnya pasang kembali baterai tersebut dan charger dalam keadaan smartphone Anda belum dihidupkan.

Cara ini tidak sepenuhnya dapat berhasil untuk beberapa kasus, maka untuk itu jalan satu-satunya ialah dengan mendatangi salah satu konter terdekat dan belilah baterai baru.

Nah itulah beberapa penyabab dan cara mencegah baterai smartphone yang kembung. Baterai kembung emang merupakan salah satu penyakit baterai yang paling sering ditemui pada smartphone setelah baterai ngedrop.

Baca Juga Cara Pengisian Baterai Smartphone Android Lebih Cepat
Penyebab dan Cara Mencegah Baterai Kembung Pada Smartphone SMARTPHONES10.COM - Mungkin kamu pernah mempunyai atau melihat baterapi smartphone yang kembung kaya orang halim, hehehe. Baterai kembun...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats