Apa itu NFC dan Fungsinya Untuk Smartphone Android ? Terbaru

Android-hijau™ – Sekarang sudah banyak smartphone android yang terpasang fitur NFC. Biasanya fitur NFC ini terdapat pada smartphone android kelas menengah atau kelas atas. Untuk saat ini NFC belum tersedia untuk semua perangkat iPhone. Berbeda dengan smartphone android yang sudah banyak menanamkan NFC di dalamnya.

Pengertian NFC & Fungsi Untuk Smartphone Android

Salah satu brand smartphone android yang paling banyak memasang fitur NFC ialah samsung. Sebagian smartphone samsung telah terpasang fitur NFC , terutama pada smartphone samsung keluaran terbaru. Padahal NFC sudah lama di perkenalkan, tapi populernya baru sekarang di indonesia.

Sebagian di antara pengguna android pasti masih sedikit asing dengan kata NFC. Terutama bagi mereka yang masih awam. Berbeda dengan bluetooth dan wifi , pasti semua pengguna android sudah tidak asing lagi mendengarkannya.

Seperti sudah kami sampaikan tadi , sudah banyak smartphone android terutama samsung yang  terpasang fitur NFC. Bagi sobat yang mempunyai smartphone android yang sudah mendukung fitur NFC. Maka seharusnya sobat mengetahui apa itu NFC dan fungsinya. Sebab jika sobat tidak tahu akan di ibaratkan kulkas di rumah yang ada tapi tidak digunakan atau di manfaatin.

Pastinya banyak sekali pengguna smartphone android yang masih asing dan tidak tahu apa itu NFC dan fungsinya. Oleh sebab itu di sini kami akan menjelaskan secara singkat Apa itu NFC dan Fungsinya Untuk Smartphone Android ?

Secara umum NFC (Near Field Communication) merupakan perangkat standard bawaan yang terdapat di dalam smartphone. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan smartphone dan perangkat lain agar dapat berkomunikasi setelah di dekatkan. Cara kerja NFC ini hampir sama dengan RFID , yang membedakan nya hanyalah jangkauan NFC lebih pendek dari pada jangkauan RFID. Kira - kira jangkauan NFC sekitar 3 cm.

Untuk dapat menjalankan fungsi NFC, dibutuhkan smartphone android yang sudah memiliki fitur NFC dan perangkat NFC tag. Dengan menggunakan aplikasi khusus yang ada di ponsel, kita tidak perlu menukar atau memberikan tanda pengenal kita dalam bentuk kartu nama, seperti yang biasa kita lakukan saat ini baik itu membayar atau kegiatan lainnya.


Cara Mengetahui Smartphone Android Yang Sudah Mendukung Teknologi NFC

Untuk mengetahui apakah smartphone android sudah mendukung NFC atau belum sangat lah mudah. Biasanya untuk tipe smartphone android yang sudah mendukung NFC di tandai dengan huruf N di bagian belakangnya seperti Sony. Sementara untuk smartphone Samsung, sobat dapat mengetahui nya dengan cara melihat pada bagian baterai nya ada tulisan Near Field Communication (NFC). Jika smartphone milik sobat sudah menggunakan baterai tanam atau non-removable maka sobat tidak perlu melihat pada bagian baterai. Sebab sobat juga dapat mengetahui apakah smartphone android tersebut sudah mendukung NFC dengan cara melihatnya pada bagian settings/pengaturan. Biasanya pada settings/pengaturan terdapat NFC di menu nya, seperti pada menu settings Samsung Galaxy A5 2016 di bawah ini.

Pengertian NFC & Fungsi Untuk Smartphone Android

Apa Fungsi NFC & Manfaatnya nya Untuk Smartphone Android ?

Jika membicarakan tentang fungsi dan manfaat, Maka NFC sangat banyak memiliki fungsi dan manfaat untuk kita penguna android. Ada beberapa fungsi dan manfaat NFC untuk smartphone android. Berikut ini kami berikan beberapa fungsi dan manfaat NFC untuk smartphone android.


  • Memberitahu Posisi Suatu Tempat


Dengan teknologi NFC kita juga dapat memberitahu posisi suatu tempat. Misalnya kita berada di toko atau perusahaan yang memiliki NFC Tag , maka dengan itu kita dapat melakukan "check-in" menggunakan LBS (Location Based Service). Caranya cukuplah mudah dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko atau perusahaan. Maka kita dapat juga memindai tag yang memberikan informasi seputar peta lokasi toko atau perusahaan tersebut.


  • Multi Fungsi by NFC Tag 

Bagi sobat pemilik smartphone yang mempunyai fungsi NFC. Maka sobat dapat mendekatkan smartphone milik sobat ke NFC tag. Dengan itu sobat dapat mengatur smartphone ke mode diam saat sedang tertidur. Tak hanya itu , sobat juga dapat mengatur password WiFi milik sobat dengan NFC tag. Sehingga jika ada teman atau kerabat sobat yang ingin menggunakan WiFi milik sobat, maka tinggal dekatkan smartphone mereka ke NFC tag. Maka smartphone mereka langsung terhubung ke jaringan Wi-Fi meskipun sudah di beri password.


  • Mendapatkan Informasi Sebuah Barang/Sebagainya Dengan Teknologi NFC

Sekarang sudah banyak barang atau produk yang menggunakan QR Code. Dari sebuah kode kita dapat menemukan informasi seputar barang atau produk tersebut. Seperti kita ketahui untuk membaca QR Code harus lah menggunakan kamera yang memiliki fungsi seperti tersebut. Maka tidak heran jika di bilang untuk membaca QR Code tidak lah mudah dan pastinya ribet. Berbeda dengan teknologi NFC yang sedikit lebih simpel dan cepat.


  • Membuka Aplikasi Secara Otomatis Dengan Teknologi NFC

Dengan bantuan NFC tag kita juga dapat membuat pengaturan membuka aplikasi secara otomatis pada android. Seperti misalnya sobat ingin membuka aplikasi pesan. Tak hanya itu, yang lebih canggih nya lagi sobat dapat memutar sebuah lagu hanya dengan mendekatkan smartphone ke NFC tag. Bagaimana sangat canggih bukan.


  • Menjalankan Tugas Tertentu (Lebih Canggih Lagi)

Hanya dengan mendekatkan smartphone ke NFC tag dan foto pacar maka secara otomatis kita dapat menelpon pacar kita. Tapi sebelum dapat melakukan cara ini pastikan sobat sudah mengaturnya terlebih dahulu. Yang lainnya sobat juga dapat mengirim pesan misal "Good Night" secara otomatis untuk teman - teman hanya dengan mendekatkan smartphone ke NFC tag. Dan sama juga seperti data semua nya harus sudah di atur atau setting terlebih dahulu.


  • Melakukan Pengiriman Data/File via Wireless NFC

Dengan bantuan NFC sobat juga dapat berbagi data baik itu aplikasi, foto, lagu, video, atau lainnya antar smartphone android. Sebelum dapat mengirim data lewat NFC , Pastikan terlebih dahulu bahwa kedua perangkat smartphone tersebut telah memiliki NFC. Berbeda dengan bluetooth , karena jangkauan kemampuan NFC sangat dekat. Jadi pastikan sebelum mencoba mengirim file via NFC bahwa smartphone sudah di dekatkan kalau perlu bersentuhan.

Baca Juga : Cara Berbagi Data Smartphone Android via NFC


  • Dapat di Gunakan Untuk Melakukan Pembayaran

Terakhir salah satu fungsi dan manfaat NFC untuk kita ialah untuk mempermudahkan kita melakukan pembayaran. Kalau di negara maju seperti Amerika serikat, Perancis dan Australia sudah banyak yang menggunakan metode pembayaran seperti ini. Tapi sangat di sayang sekali bahwa untuk negara kita sendiri yakni Indonesia masih sedikit yang menggunakannya (bahkan tidak ada).

Kesimpulan : Sebenarnya masih banyak lagi fungsi, manfaat, atau kegunaan dari teknologi NFC. Beberapa fungsi dan manfaat yang kami berikan di atas mungkin hanya seberapa nya saja. Kami yakin jika teknologi NFC ini di kembangkan dan di manfaatin terus. Maka segala aktifitas dapat kita lakukan dengan mudah menggunakan smartphone android. Sebab sudah kita ketahui fungsi dan manfaat NFC ini sangatlah banyak untuk smartphone android. Jadi tidak heran bila smartphone yang memiliki NFC terbilang lebih baik dari smartphone lainnya. Tapi sangat di sayang kan sekali , tidak semua smartphone android yang sudah memiliki fungsi NFC. Hanya sebagian smartphone android saja yang sudah memiliki fungsi ini. Sehingga dapat menghambat perkembangannya. Kita berharap mungkin pada masa yang akan datang , semua smartphone di indonesia sudah memiliki fungsi NFC.  

Demikian lah postingan Android-hijau™ yang sederhana ini mengenai "Apa itu NFC dan Fungsinya Untuk Smartphone Android ?". Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagi artikel ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Cara Membuat/Menggunakan Pengaman Fingerprint Sidik Jari Pada Samsung Galaxy A5 2016

Apa itu NFC dan Fungsinya Untuk Smartphone Android ? TerbaruAndroid-hijau™   – Sekarang sudah banyak smartphone android yang terpasang fitur NFC. Biasanya fitur NFC ini terdapat pada smartphone androi...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats