Apa Saja Fungsi dan Kegunaan USB OTG Untuk Smartphone Android Terbaru

Android-hijau™ – Pastinya sobat sudah tidak asing dengan alat satu ini , yakni USB OTG yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan konektor USB pada smartphone android. Kita ketahui selama ini hanya perangkat komputer dan laptop saja yang ada port USB nya. Untuk smartphone android belum ada port USB , Akan tetapi kita dapat memanfaatkan alat USB OTG untuk menghubungkan konektor USB pada smartphone android.

Dengan alat USB OTG ini kita dapat menggunakan Mouse, Keyboard, Joystick, Flashdisk, dan alat yang menggunakan konektor USB lainnya  pada smartphone android. Dari sini lah sebenarnya sobat sudah tahu apa saja fungsi dan kegunaan USB OTG untuk smartphone android. Tapi untuk lebih lengkapnya lagi , Disini kami akan membagikan beberapa Fungsi dan Kegunaan USB OTG Untuk Smartphone Android. Oke dari pada berlama - lama , Langsung saja ini dia Fungsi dan Kegunaan USB OTG Untuk Smartphone Android.

Baca Juga : Cara Mengetahui Apakah Smartphone Android Mendukung USB OTG atau Tidak


14 Fungsi dan Kegunaan USB OTG Untuk Smartphone Android


1. Dapat Menambah Memori Penyimpanan Pada Android 



Kita ketahui secara default penyimpanan pada smartphone android hanya ada dua yakni eksternal dan internal. Penyimpanan internal merupakan penyimpanan bawaan yang ada pada perangkat android dan penyimpanan eksternal merupakan penyimpanan yang ada pada kartu memori yang telah sobat pasang. Berkat ada nya usb otg ini sobat dapat menambah memori penyimpanan pada android. Salah satunya ialah dengan flashdisk. Semakin besar penyimpanan pada flashdisk maka semakin banyak pula penyimpanan pada smartphone android milik sobat.

2. Dapat Menggunakan Perangkat Yang Berbasis Wireless 


Saat ini sudah banyak perangkat yang menggunakan teknologi wireless. Di antara nya seperti mouse, keyboard, speaker, dan masih banyak lagi. Cara menggunakan perangkat wireless dengan bantuan usb otg android sendiri sangatlah mudah. Hanya dengan menyambungkan card wireless dengan bantuan port USB OTG ke smartphone android, maka sobat sudah dapat mengendalikan perangkat berbasis wireless tersebut pada smartphone android.

3. Menggunakan Kipas Angin USB Dengan Bantuan Smartphone Android


Banyak sekali perangkat yang menggunakan konektor USB. Salah satu nya ialah Kipas Angin USB , Dengan perangkat Kipas Angin USB ini sobat dapat menyalakan mini fan USB dengan smartphone android. Hanya dengan menyambungkan konektor usb kipas angin ke USB port pada USB OTG smartphone android. Maka sobat sudah dapat menikmati kipas angin USB di manapun dan kapanpun hanya dengan bantuan smartphone android dan USB OTG.

4. Menggunakan Lampu USB Dengan Bantuan Smartphone Android


Selain kipas angin usb tadi , ada juga perangkat lainnya yang menggunakan konektor usb. Perangkat tersebut yakni Lampu USB , Sobat dapat menggunakan perangkat lampu usb ini dengan bantuan smartphone android. Tapi sebelum nya siapkan dulu USB OTG untuk dapat menyambungkan Lampu USB dengan smartphone android menggunakan USB OTG. Sekarang sobat dapat setiap saat menggunakan senter usb hanya bermodal smartphone android dan perangkat USB OTG.

5. Dapat Menggunakan Card Reader Setiap Saat


Card Reader merupakan suatu perangkat yang dapat kita gunakan untuk membaca kartu memori pada komputer atau laptop. Mengapa pada komputer atau laptop ? Ya karena hanya perangkat komputer dan laptop saja yang memiliki port USB. Kita ketahui untuk smartphone android belum ada port USB , akan tetapi berkat ada nya perangkat USB OTG ini kita dapat menggunakan berbagai perangkat yang menggunakan konektor USB salah satunya yakni Card Reader. Sekarang sobat sudah dapat membaca kartu memori dari luar setiap saat pada smartphone. Baik itu kartu memori kamera digital atau kartu memori lainnya.

6. Menjadikan atau Membuat Smartphone Android Sebagai Powerbank


Ini dia fungsi yang sangat menarik juga , sobat dapat menjadikan smartphone android milik sobat sebagai Powerbank. Caranya sangat lah mudah , sobat tinggal menghubungkan kabel data USB pada USB OTG yang sudah terhubung dengan smartphone android. Mungkin sobat bisa membayangkan nya bukan ? Jika belum silahkan lihat gambar di atas !!

7. Dapat Membaca atau Menyambungkan Hardisk Eksternal


Tanpa perlu repot - repot menggunakan komputer , ternyata sobat juga dapat menyambungkan sekaligus membaca hardisk eksternal pada smartphone android. Berkat bantuan USB OTG ini sekarang sobat dapat menyambungkan sekaligus membaca penyimpanan hardisk eksternal pada smartphone android. Jadi mulai sekarang sobat dapat dengan mudah berbagi data antar penyimpanan android dan penyimpanan hardisk eksternal tanpa memerlukan perangkat komputer atau laptop.

8. Dapat Setiap Saat Berbagi Data Antar Smartphone atau Kamera


Metode pengiriman file yang tergolong jadul seperti bluetooth memang sangat simpel dan cepat. Tapi cara satu ini akan lebih cepat lagi jika sobat melakukannya , sebab menggunakan metode pengiriman file kali ini menggunakan kabel data USB. Pastinya prosesnya lebih cepat dan sederhana. Hanya perlu USB OTG untuk jembatan penghubungnya maka setiap saat sobat dapat berbagi data baik antar smartphone ke smartphone atau kamera ke smartphone. Sebelum dapat berbagi data pastikan pula sobat telah mempersiapkan kabel data USB , karena perangkat ini lah yang butuhkan selain USB OTG tadi.

9. Untuk Menghubungkan Webcam ke Smartphone Android


Fungsi dan kegunaan USB OTG untuk smartphone android berikut nya yakni dapat menghubungkan smartphone android ke webcam. Kita ketahui biasanya webcam hanya di gunakan orang pada perangkat komputer atau laptop. Tapi berkat bantuan USB OTG , Sekarang sobat dapat juga menggunakan webcam pada smartphone android. Sehingga sobat dapat setiap saat menggunakan webcam untuk memotret gambar yang sulit untuk di jangkau dengan kamera smartphone android.

10. Dapat Menghubungkan CD Player ke Smartphone Android


Jika sobat punya CD Player, sobat juga dapat loh menghubungkan CD Player tersebut ke smartphone android milik sobat. Caranya ialah dengan bantuan USB OTG. Sambungkan Kabel pada CD player ke port USB OTG yang sudah terhubung ke smartphone android. Sekarang sobat sudah bisa menonton film CD Player pada smartphone android. Jadi seperti layaknya sebuah tv.

11. Bermain Game Dengan Bantuan Joystick 


Bagi sobat yang suka main game , apalagi game bola pada android. Sangat cocok sekali cara ini sobat coba. Dengan bantuan joystick, maka sobat akan lebih mudah memainkan game. Karena kita ketahui ada sebagian game yang sulit kita mainkan tanpa joystick. Untuk dapat menghubungkan joystick pada smartphone android , pastikan terlebih dahulu sobat sudah mempersiapkan USB OTG. Ya karena joystick menggunakan konektor USB , jadi sobat harus menggunakan USB OTG untuk menghubungkannya pada android.

12. Dapat Menghubungkan Smartphone Android ke Printer


Jaman sekarang jamannya serba canggih dan instan. Berkat USB OTG sobat juga dapat menghubungkan smartphone android milik sobat ke komputer. Sehingga jika suatu saat sobat ingin print dokumen sobat yang ada pada smartphone android, maka tinggal langsung print saja. Tanpa perlu memindahkan dokumen tersebut ke komputer , kemudian mengeprint nya.

13. Remote DSLR


Kamera DSLR merupakan salah satu kamera yang sangat sering di gunakan oleh para YouTubers, Videomakers, atau Vlogger. Tapi tak jarang sekali banyak di antara mereka yang mengeluh karena merasa sulit untuk mengatur settingan pada kamera. Mungkin bagi sobat para senior pasti sudah biasa mengatur settingannya, tapi bagaimana bagi yang baru saja menggunakannya pasti sedikit bingung. Oleh sebab itu sobat dapat menghubungkan Kamera DSLR ke smartphone android. Sehingga sobat dapat mengatur settingannya dengan mudah langsung pada smartphone android. Termasuk itu settingan ISO, focus, speed, apetur, Live View, dan lainnya. Untuk dapat menghubungkan kamera DSLR ke smartphone android , pastikan sobat mempersiapkan USB OTG. Karena dengan USB OTG lah sobat dapat menghubungkan antara Kamera DSLR dan Smartphone Android.

14. Dapat Menjadikan Smartphone Android Layaknya Seperti PC


Fungsi nya yang terakhir ialah Dapat Menjadikan Smartphone Android Layaknya Seperti PC. Seperti sudah kami sampaikan tadi sangat banyak sekali perangkat yang menggunakan konektor USB seperti mouse, keyboard, lespeaker, joystick, dan masih banyak lagi. Kita ketahui biasanya semua perangkat tersebut pasti nya di gunakan pada komputer atau laptop. Karena hanya komputer dan laptop saja lah yang mempunyai port USB. Tapi berkat adanya USB OTG ini sekarang sobat dapat menggunakan semua perangkat tersebut pada smartphone android. Sehingga smartphone android milik sobat akan tampak seperti komputer atau laptop.

Demikian lah postingan Android-hijau™ yang sederhana ini mengenai "Apa Saja Fungsi dan Kegunaan USB OTG Untuk Smartphone Android". Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya pengguna smartphone android. Jika sobat ingin membagi artikel ini berarti sobat telah membalas jerih payah kami membuat artikel ini. Silahkan Share di sosial media jika bermanfaat atau sobat bisa membaca artikel kami lainnya tentang Cara Menggunakan USB OTG Untuk Membaca Flashdisk Pada Smartphone Android
Apa Saja Fungsi dan Kegunaan USB OTG Untuk Smartphone Android TerbaruAndroid-hijau™ – Pastinya sobat sudah tidak asing dengan alat satu ini , yakni USB OTG yang dapat kita gunakan untuk menghubungkan konektor...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats