YANG BARU DI ANDROID NOUGAT 7.1 DEVELOPER PREVIEW - NEXUS 5X Terbaru


Bagi temen-temen yang mempunyai device Google Nexus 6P, Nexus 5X, dan Pixel C serta mengikuti program Android Beta, temen-temen berkesempatan untuk menjajal Android Nougat versi 7.1 Developers Preview 1 (DP1) yang baru saja dirilis oleh Google belum lama ini. Temen-temen bisa langsung download melalui System Update di device masing-masing atau bisa install melalui factory image di link berikut. Bagi yang belum mendaftar program Android Beta, bisa mendaftar di link berikut dan mendaftarkan perangkat temen-temen. Terus, apa aja sih yang baru di Android 7.1 DP1 ini? Secara umum, Android 7.1 DP1 ini membawa fitur-fitur di Google Pixel ke Nexus Device, meskipun tidak/belum semuanya karena mungkin Google menginginkan fitur tersebut secara eksklusif ada di Google Pixel. Beberapa yang masih absen diantaranya Pixel Launcher, Pixel Camera, Night Light dan Google Assistant. Tapi beberapa fitur tersebut dapat diakali apabila device kita sudah punya akses root. Oke, langsung saja kita bahas fitur-fitur baru di Android 7.1 DP1  ini. Kebetulan saat ini saya memegang device Nexus 5X dan sudah saya update ke Android 7.1 DP1.

App Shortcut
Fitur yang menurut saya paling menonjol adalah App Shortcut ini. Fitur ini hampir mirip dengan 3D Touchnya Iphone, bedanya fitur ini tidak membutuhkan hardware khusus. Kita hanya tinggal melakukan long-press pada ikon aplikasi dan shortcut pun akan muncul. Tapi untuk saat ini baru beberapa aplikasi bawaan Google saja yang mendapatkan fitur ini. Untuk aplikasi yang lain semoga saja segera menyusul. Ohya, fitur ini bekerja dengan lancar baik itu di appdrawer maupun di homescreen. Dan menariknya lagi, shortcut-shortcut tersebut dapat kita letakkan di homescreen untuk akses yang lebih cepat lagi.

  

Moves
Seperti Google Pixel, pada Setting terdapat sebuah menu baru, yaitu Moves. Di sini ada tiga fitur yang disematkan oleh Google. Ada Jump to Camera untuk memberikan akses yang lebih cepat ke aplikasi kamera dengan menekan dua kali tombol power. Kemudian ada Flip Camera yang memudahkan dalam mengganti mode kamera belakang dan kamera depan hanya dengan menggoyangkan device 2 kali di aplikasi Google Camera. Yang ketiga ada Lift to Check Phone yang memberikan kemudahan dalam melihat notifikasi yaitu dengan hanya mengangkat device di saat layar mati. Tapi fitur terakhir ini sebenarnya pada versi sebelumnya sudah ada, hanya saja di update terbaru ini dipindah ke menu Moves. Tapi sayang, gesture di fingerprint untuk swipe panel notifikasi seperti di Google Pixel tidak dibawa ke versi ini.

 

Opsi Restart di Power Menu
WOW, akhirnya setelah bertahun-tahun, Google pun menyematkan opsi Restart pada device keluaran mereka. Saya sendiri sebenarnya kurang begitu tahu alasan Google tidak menyematkan opsi ini di Power Menu sebelumnya, tapi setelah sekian lama Google pun akhirnya menyematkannya. Terima kasih Google.


GIF Search pada Keyboard
Seperti pada aplikasi GBoard yang ada di iOS, Google Keyboard kini bisa digunakan untuk mencari gambar GIF langsung pada aplikasi keyboard. Caranya cukup simpel, tinggal tap saja tombol emoji pada keyboard dan tap "GIF" yang ada di sebelah kanan spasi. Akan tetapi untuk saat ini baru pada aplikasi Messenger fitur ini dapat digunakan, karena untuk dapat menggunakannya pihak developer aplikasi harus memberi tahu keyboard bahwa aplikasinya mensupport masukkan GIF (tentunya dengan bahasa pemrograman ya). Jadi ditunggu saja update dari beberapa aplikasi pihak ketiga.


Beberapa perubahan minor yang memberikan kemudahaan akses, diantaranya:
Panel notifikasi ketika kita swipe pertama kali kini menempatkan 6 Quick Settings Toggles dari yang sebelumnya hanya 5+1 panah. Selain itu icon Setting yang dulunya muncul setelah swipe kedua panel notifikasi, kini ada pada swipe pertama notifikasi.


 

Kiri : Android 7.0 (source) - Kanan : Android 7.1

Tampilan System Update kini lebih lengkap, yaitu menyajikan Android Version dan tanggal Security Patch yang terinstal. Juga, tombol untuk cek update kini dihilangkan.

 

Kiri : Android 7.0 (source) - Kanan : Android 7.1

Posisi Navigation Bar tetap dan tidak berpindah-pindah. Agak susah sih ini untuk menjelaskannya, hehe. Sebelumnya, ketika kita melakukan rotasi landscape searah jarum jam maka Navigation Bar akan berpindah posisi ke arah yang berlawanan. Sekarang posisi Navigation Bar akan selalu tetap dan tidak lagi berpindah-pindah.


Pada Settings kini ada menu Support. Tapi support di sini menurut saya lebih ke Panduan Pengguna atau menu Help kalo di Windows, jadi tidak sama seperti Google Pixel yang bisa Chat dengan Customer Service 7x24 Jam.

Menu Support
Mungkin baru itu fitur-fitur baru yang dibawa oleh update Developer Preview Andorid 7.1 yang bisa saya temukan. Mungkin ada temen-temen yang menemukan fitur-fitur yang lain bisa menambahkan. Fitur-fitur tersebut mungkin belum sempurna untuk saat ini dan pasti akan selalu dikembangkan oleh Google. Dan mungkin beberapa fitur tersebut sudah bisa kita nikmati sebelumnya kalau kita menginstall Custom ROM. Tapi bagi sebagian orang yang menggunakan ketiga device di atas dan tidak ingin repot-repot "mengoprek", fitur-fitur tersebut akan memberikan angin segar bagi penggunanya.
YANG BARU DI ANDROID NOUGAT 7.1 DEVELOPER PREVIEW - NEXUS 5X Terbaru Bagi temen-temen yang mempunyai device Google Nexus 6P, Nexus 5X, dan Pixel C serta mengikuti program Android Beta, temen-temen berkesem...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats