Install Framework Laravel Mudah di Windows Terbaru 2019

Install Framework Laravel Praktis di Windows

Laravel adalah sebuah framework yang dibuat buat mempermudah web developer pada membangun sebuah website. Laravel sebagai galat satu framework yg dibuat buat menciptakan sebuah website dengan skala project enterprise. 

Pertama kali belajar framework Laravel ini memang relatif membingungkan, lantaran sebelumnya aku telah belajar framework dari codeigniter. Perbedaannya cukup terlihat saat pertama kali instalasi, serta bagi pemula misalnya saya laravel cukup rumit buat proses instalasinya.

Daripada basa-basi tidak kentara lebih baik kita mulai saja ke proses instalasi Laravel di windows nya.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Siapakan koneksi internet anda. Kita mulai dengan penginstalan composernya. Pertama download dulu composernya disini! selesainya itu install seperti biasa hingga selesai.
    Screenshot_73.png
    Jika telah di install, silahkan kalian buka cmd serta jalan perintah "composer". Bila sukses maka akan tampil sperti pada gambar berikut
    Screenshot_72.png
  2. Setelah selesai pada install, kita menuju directory xampp /htdocs nya. Pakai perintah pada misalnya pada gambar buat masuk directory nya. Buka cmd kalian.
    Screenshot_74.png

    Screenshot_75.png
  3. Setelah berhasil masuk ke directori xampp/htdoc nya, sekarang kita menuju penginstalan laravelnya dengan cara mengeksekusi perintah dibawah ini
    composer create-project --prefer-dist laravel/laravel NamaProjectKalian
    Lihat Gambar dibawah ini:
    Screenshot_76.png
    Tunggu hingga proses download selesai
  4. Setelah project kita dibuat, kalian mampu mengeceknya di folder xampp/htdoc
  5. Selanjutnya kita akan menjalankan perintah dibawah ini buat mengecek apakah laravel sukses di jalankan di localhost kita. Pastikan kalian telah menghidupkan xampp nya diawal. Buka cmd kalian serta masuk ke page directori project misalnya dalam masalah aku ini adalah cd xampp/htdoc/belajarLaravel baru hukuman perintah dibawah ini
    php artisan serve
    Screenshot_77.png
    jika sukses akan tampil halam default laravel seperti pada gambar dibawah ini
    Screenshot_78.png
  6. Jika Tampil halaman awal misalnya dalam gambar diatas, maka itu tandanya kalian sukses menginstall laravel pada windows kalian.
Untuk tutorial selanjutnya kita akan membuat sebuah page register dan login menggunakan cepat sesuai yang terdapat pada laravel. Sekian dulu tutorial singkat ini, semoga bisa dipahami. Terima kasih telah berkunjung. Hingga jumpa di tutorial selanjutnya.

Install Framework Laravel Mudah di Windows Terbaru 2019Install Framework Laravel Praktis di Windows Laravel adalah sebuah framework yang dibuat buat mempermudah web developer pada membangun sebu...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats