Kamus Istilah Istilah Dalam Android Terbaru 2019

ADB Tools (Android Debug Bridge) Tool yang dipakai buat command terminal di sistem Android. Perintah dasar misalnya : ADB Push (upload arsip ke sistem android), ADB Pull (download arsip berdasarkan sistem Android), ADB Install (install apk (paket installasi) file ke sistem android)
Adb shell logcat 
Untuk mengetahui proses yg terjadi diandroid, bermanfaat banget waktu experiment flashing rom. 
AOSP (Android Open Source Project)
Saat kita menyampaikan bahwa Android itu open source maka kita merujuk pada hal ini, loka dimana source code buat Android berada serta sanggup diunduh serta digunakan sang siapapun.
Android 
Sistem Operasi yang memakai kernel linux 2.6 dan Dalvik VM yg dibuat sang Android, Inc,Google.
 

Kamus%2BIstilah%2BDalam%2BAndroid.jpg

Android SDK
Merupakan paket starter yg berisi tools, sample code, dan dokumentasi penggunaan yg berguna buat pengembangan aplikasi Android. 
Android Market
Tempat dimana applikasi untuk Android berada, kebanyakan bersifat perdeo.
Android Virtual Device (AVD)
Merupakan Emulator buat menjalankan OS android di PC dekstop maupun laptop under Windows ataupun Mac juga Linux.
 

Apk
Ekstensi arsip buat pelaksanaan Android
 

Apps
Singkatan berdasarkan “applications” atau aplikasi. Program yang kita download serta jalankan di handheld kita. Bisa gratis bisa berbayar.
 

Apps2SD
Proses memindahkan/menyimpan pelaksanaan ke SDcard selain ke memori internal. 
App Inventor
Sistem berbasis web dimana aplikasi Android mampu dibentuk tanpa perlu memahami bagaimana cara meng-code-nya. Dihentikan oleh google tapi dirilis menjadi proyek open-source.
Augmented RealityTeknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi serta ataupun tiga dimensi ke pada sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam saat nyata. Tidak seperti empiris maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, tetapi Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Beta
Sebuah versi percobaan, yg berarti belum sempurna
Boot
Proses menghidupkan handheld. 
Bootloader
Gabungan SPL serta IPL yg sebagai dasar dr sebuah device. 
Bootloader Mode
Tombol Camera + Power, dalam mode boot ini, kita mampu meng-install image sebuah sistem yg terdapat/ditaruh pada SDcard dengan menekan tombol Power lagi.
Boot Loop 
Device melakukan boot terus menerus (berulang-ulang) / terjebak pada bootanimation, nir dapat masuk ke OS. Akibat kesalahan flashing atau terdapat file milik system yang nir berjalan menggunakan baik. 
Busybox
Sebuah toolbox yang popular menggunakan linux commands seperti contohnya: cp, mv, dan lainnya. Hanya bisa digunakan pada HH yg telah memiliki hak akses administrator atau “rooted” Android phone. (Kayak semacam bentuk perintah) 
BWK
Bandwidth killer (istilah ini dipakai saat menjalankan pelaksanaan yang bersifat online serta menyedot pemakaian bandwidth yg sangat besar )
BRICK (ed)
Kondisi dmana device telah tidak bisa pada-recover,sebagai akibatnya mampu dipercaya misalnya batu-bata (brick) yang dapat digunakanuntuk ngelempar anjing (jika dbutuhkan).
BSOD
Blue screen of death 
Cache2SD 
Proses memindahkan/menyimpan Cache berdasarkan ROM ke SDcard. 
CIF
Common Intermediate Format, merupakan format baku resolusi photo/video yg menunjukan ukuran horizontal serta vertikal pada besaran pixel. 
Cupcake ( kudapan manis mangkok )
Google internal code name for the Android OS version 1.lima.
CPU
Merupakan singkatan menurut Central Processing Unit atau Unit Pengolah Pusat. Secara awam, kita sering menyebutnya sebagai prosesor. 
CWM (Clock Work Mod)
Alat pengganti default android recovery yang dipakai untuk install costum rom, serta mempunyai fitur backup, Aplikasi ini asalnya dibuat sang Koush, buat mengatur ROM di hp Android. Banyak kegunaan CWW ini galat satunya buat membackup dan restore aplikasi, menghapus (wipe) data pada sistem serta di cache (Dalvik). Biasanya diharapkan buat menginstall (flashing) ROM baru, menjalankan atau mematikan Lagfix berdasarkan kernel Voodoo dsb. 
CM (Cyanogen Mod)
Developer yang memodifikasi ROM 
Dalvik
Nama khusus di Android buat program Java virtual Machine (VM) yg menjalankan perintah kode pelaksanaan android. Setiap pelaksanaan berjalan di Dalvik VM dan nir berpengaruh secara eksklusif ke sistem operasi Android. Jika misal satu pelaksanaan 'rusak', maka hanya VM dimana Dalvik buat pelaksanaan itu yg nir berfungsi.
Diagnostic Mode
Tombol Capture + Power. Mode boot buat test ( pake tombol volume untuk pilih item ).
Donut ( Donat )
Google internal code name for the Android OS version 1.6.
Deodex
Proses Deodexing singkatnya adalah proses pengepakan balik APK menggunakan ODEX dengan cara eksklusif. Proses pengepakan ini akan menjadi file dengan CLASSES.dex. Dengan melakukan DeOdexing, seluruh paket berdasarkan APK yang sebelumnya terpisah di satukan pulang di satu arsip APK, sebagai akibatnya menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan pertarungan menggunakan beberapa arsip ODEX.dengan kata laen, ROM yang sudah DeODEXed, memiliki paket pelaksanaan yg sudah pada jadikan satu pulang dalam satu arsip APK, sehingga mengijinkan modifikasi pada file APK seperti perubahan THEMA. Lantaran tidak ada kode/bagian paket pelaksanaan yang lokasinya tidak sama maka integritas paket tetap terjaga.
Download Mode
Satu proses yg biasa dilakukan buat flashing ROM menggunakan Odin. Tekan Volume bawah + Home + Power sampai layar 'Download Mode' (rona kuning) timbul. Konek kabel USB ke komputer serta buka Odin. Di Window Odin akan ada satu kotak yang menandakan Odin sudah mengenali hanphone serta siap buat proses flashing. Gambar sanggup ditinjau pada bawah ini.
Eclair
Google internal code name for the Android OS version dua.0 dan 2.1. 
Ext2 / Ext3 /Ext4 
Format partisi dalam linux,misalnya layaknya FAT32 serta NTFS pada windows.
Froyo ( Frozen Youghurt - Youghurt beku )
Google internal code name for the Android OS vesion dua.2. 
Fastboot
Tool yang digunakan buat mem-flash image sistem ke handheld dr personal komputer . 
Firmware
Operasi sistem atau aplikasi yang berjalan pada suatu indera digital misalnya pada ponsel
Flash
Istilah yg hampir sama dengan Flash merupakan instal akan tetapi sebenarnya tidak sama. Proses flash akan mentransfer data ROM, Kernel, Recovery atau paket firmware ke dalam internal ROM pada android.
Framework
Tampilan-tampilan dasar pada firmware, misalnya battery bar, signal bar, notification bar.
Gal
Singkatan berdasarkan HH Android keluaran samsung, model: Galmin buat Galaxy Mini, Gal Note buat Galaxy Note
GUI
Graphical User Interface, interface aplikasi yang lebih bersifat graphic (gambar) 
GPU 
Graphics Processing Unit , sebuah prossesor khusus untuk buat bagian grafis 3D menurut microprocessor. Alat ini dipakai pada sistem benam, telepon genggam, personal komputer pribadis, workstation, dan konsol game. GPU Moderen sangat efisien pada memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih efektif berdasarkan fungsi umum CPU yg pada pakai buat bebagai perhitungan alogaritma. Pada personal komputer eksklusif (PC), GPU umumnya masih ada pada video card atau dimotherboard. Lebih berdasarkan komputer desktop dan notebook memiliki GPU yang terintegrasi, yang umumnya jauh daripada yg ada pada video card. 
GMS
Google Market Services, loka download nya aplikasi2 di Android (kayak apps store pada iphone, appworld di BB) 
GPS ( Global Positioning System)
sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan membentuk fakta berupa koordinat, latitude serta lokasi dalam peta. Dibutuhkan tiga komponen dalam penentuan lokasi yaitu satelit, receiver GPS serta posisi yang bebas halangan. 
Honey comb
Google internal code name for the Android OS vesion 3.0, biasa dgunakan buat tablet 
HH (HandHeld)
Sebuah peralatan berkiprah, juga dikenal sebagai peralatan telepon genggam, alat-alat genggam,personal komputer genggam, palmtop atau hanya indera genggam — merupakan sebuah peralatan komputer seukuran kantong, yang memiliki layar tampilan dengan masukan sentuhan atau papan ketik kecil. Untuk personal digital assistant (PDA) masukan serta keluaran digabungkan ke dalam sebuah antarmuka layar sentuh. Telepon pintar (Smartphone) dan PDA sangat terkenal di antara orang-orang yg membutuhkan bantuan dan kenyamanan komputer konvensional. Enterprise digital assistant dapat memperluas fungsi yg tersedia buat pengguna usaha menggunakan memberikan layanan pengambilan data terintegrasi seperti pembaca BarCode, RFID, serta Smart Card. 
IMAP
Internet Message Access Protocol, keliru satu protocol buat retreive email selain POP3. 
ICS (Ice Cream Sandwich)
Google internal code name for the Android OS vesion 4.0, OS yg dlengkapi dengan face lock.apk. 
Install
Memasang paket pelaksanaan tadi dalam system.
Jit (just in time)
Dalam android jit semacam tweaking supaya CPU serta I/O device dapat bekerja maksimal
Jellybean
Google internal code name for the Android OS vesion lima.0. 
Kernel
Fungsi Kernel adalah sebagai jembatan antara Operating System (OS) serta hardware. Dengan istilah lain, kernel berfungsi sebagai penghubung antara sofware dengan hardware.dalam konteks hanphone Android, kernel jua menyimpan informasi driver buat hardware. Oleh karena itu Kernel mampu diganti dengan proses flashing buat mempertinggi performa hardware Android, misalnya overclock, memaksimalkan kemampuan bunyi, grafis dan lain-lain. 
Miley
Julukan buat Milestone,galat satu android rakitan nya Motorola. 
Multitouch 
Fitur touchscreen yang memungkinkan layar bisa menangkap lebih berdasarkan satu input sentuhan.
NAND
Tipe flash memory yg dipakai pada handheld, The type of flash memory that is used in the HTC Dream, istilah ini umumnya dipakai menggantikan kata ROM, 
Nandroid
Utility yg dipake buat bikin image buat backup juga restore. 
NAND Backup
Proses mengkopi sistem (yang di Android diklaim menjadi 'Image') termasuk informasi partisi OS pada Android. Proses ini TIDAK membackup Kernel serta sistem Recovery.
Odex
Dalam arsip sisten Android, pelaksanaan berbentuk paket menggunakan extensi APK. Paket pelaksanaan atau APK ini mempunyai arsip ODEX yang fungsi sebenarnya adalah buat menghemat ruang penyimpanan. File ODEX ini sebenernya koleksi berdasarkan bagian dari pelaksanaan yang pada optimalkan sebelum proses boot. Dengan begitu, adanya arsip ODEX akan mempercepat proses BOOT lantaran meload bagian berdasarkan aplikasi2 yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian menurut APK telah pada extract serta berada pada lokasi yg laen sebelum di eksekusi. 
Partisi
Membagi memori external membagi bebrapa bagian.
POP3
Post Office Protocol 3, salah satu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email. 
Root
Super user pada galat OS (pada hal ini Android) serta nge-root = proses untuk merubah privilage berdasarkan user biasa jadi root. 
Recovery Mode
Tombol Home + Power, dalam mode boot ini, kita bisa membuka shell..mem-flash image..bikin Backup maupun Restore. Teken Call + Menu + Power beberapa kali buat keluar dr mode ini, 
Resolusi
Jumlah pixel per satuan panjang citra, biasa dng satuan dpi (dot per inch) pixel, unt konversi dcontohkan 300 dpi pixel = 1/300 inches = 1/300*dua.54 centimeter = 0.00847 cm 
ROM
Read Only Memory, suatu area menurut flash memory yg tidak bisa "ditulis/diisi", umumnya digunakan pada memory komputer (loka BIOS) yg tidak membutuhkan power buat menyimpen data. Dalam handphone (Android), ROM disini merupakan internal memory loka OS (Android) disimpan. Jadi ROM buat handphone Android mampu dikatakan tempat/daya tampung OS dan kadang langsung diidentikkan menggunakan versi OS itu sendiri. Proses flash ROM akan mengganti total OS di Android dan kadan termasuk Kernel dan Recovery mode. 

RAM

Random access memory, adalah sebuah tipe penyimpanan personal komputer yang isinya dapat diakses pada ketika yang tetap nir memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini antagonis menggunakan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal berdasarkan media penyimpanan memaksa personal komputer buat mengakses data secara berurutan.
Safe Mode
Tombol Menu + Power, boot handheld secara normal tetapi tanpa registrasi dengan Google, makana aplikasi2 yang berhubungan denganna gk bakalan berfungsi ( Map, Gmail account, Market, dll). 
SPL
Secondary Program Loader (mirip kaya BIOS - Basic Input Output System ), bagian ke 2 terdiri menurut bootloader. 
Screen Capture/SS (Screen Shoot)
Istilah dalam android buat merogoh gambar/screen shot yg diinginkan biasa mengunakan pelaksanaan pihak ketiga atau tombol home serta power. 
Swap
Mempermudah kinerja RAM (bukan menambah RAM), jd nir akan ada peningkatan dalam output benchmark DLL. Pada umumnya ini di pakai dalam hp dgn RAM rendah (model RAM 128/256) buat agar bisa menjalan kan lebih poly app (multitasking) sedangkan buat DS RAM 512 jumlah ini telah relatif buat menjalankan multitasking pada froyo dua,dua (mungkin tidak akan relatif pada honeycomp tiga.0) tp kita masih dapet memakai swap pada DS supaya kinerja RAM menjadi ringan (dgn anggapan sanggup menghemat tenaga batere) kecepatan sdcard class 6 boleh di bilang sama dgn kecepatan internal memory, jd pada waktu system memakai swap yang tersedia tidak akan ada lag.
Tweak
Sebuah fasilitas (utility) yang tersedia pada sistem operasi atau proses yg dapat mengoptimalisasikan kinerja sistem operasi.
Unroot / Unrooting
Lawan berdasarkan proses rooting, mengembalikan priveledge/hak akses Android ke posisi semula, mengembalikan status garansi di Device anda (menggunakan syarat garansinya memang masih berlaku ) , apabila ada pelaksanaan yang memerlukan akses root, selesainya unroot, pelaksanaan tadi tidak bisa dijalankan lagi

Wipe data/factory reset
Sama misalnya factory reset
Wipe cache partition 
Menghapus partisi pada SDCard
Widget
Aplikasi yang bisa ditempatkan di homescreen
VGA
Video Graphics Array, adalah baku resolusi grafik (photo/video) yg lebih baru yg diperkenalkan sang IBM. Ukuran baku VGA adalah 640 x 480 pixel 
Kamus Istilah Istilah Dalam Android Terbaru 2019ADB Tools (Android Debug Bridge) Tool yang dipakai buat command terminal di sistem Android. Perintah dasar misalnya : ADB Push (upload arsi...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats