Kamus Istilah Istilah Dalam Ponsel Terbaru 2019

Kamus Istilah Istilah pada ponsel ini sengaja kami share buat anda yang seringkali menjumpai kata baru pada ponsel serta tidak tau apa makna atau arti menurut istilah tadi, oleh sebab disini aku ingin share istilah-istilah dalam ponsel yang tak jarang dijumpai sehari-hari.
Kamus Istilah Istilah di Ponsel
Kamus Istilah Istilah di Ponsel

Kamus Istilah Istilah Dalam Ponsel

A2DPAdvanced Audio Distribution Profile merupakan teknologi audio berkualitas tinggi, umumnya dipakai pada headset yang terhubung menggunakan jaringan handphone ataupun media player portabel, dengan memakai teknologi bluetooth

AAC (Advance Audio Coding)

Salah satu baku format kompresi file audio. Lebih unggul kualitas suaranya dibanding format mp3, karena membuat frekuensi lebih lebar.

Airtime

Perhitungan terhadap durasi atau lamanya suatu panggilan telepon yang dihitung semenjak ketika berhasil melakukan panggilan sampai ketika menutup telepon.

Akselerometer

Memungkinkan buat rotasi layar (dari mode potrait sebagai landscape) secara otomatis hanya menggunakan membalikan handphone.

Android

Salah satu operating system terkini yang berbasis kernel linux (waktu ini baru buat perangkat telepon seluler namun sudah ada beberapa vendor laptop yang siap menanamkan android dalam jajaran produk modern mereka). Android dikembangkan oleh Google. Biasaya Android tertanam dalam handphone-handphone kategori smartphone. Android merupakan sistem pelaksanaan yang bersifat open source (terbuka). Ponsel pertama yang memakai sistem ini adalah NEXUS ONE besutan google, kemudian diikuti oleh HTC dengan series Magic, ada motorola yg dilabeli Motorola Droid aka (as known as) Milestone. Versi Android : dua.1 Eclair, 2.dua aka Froyo, 2.tiga Ginger Bread, tiga.0 Honey Comb, 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), 4.1 Jelly Bean

APN (Access Point Name)

Adalah nama akses menurut jaringan GPRS. APN merupakan seting pada software yang bisa menghubungkan sebuah perangkat mobile seperti ponsel ke pada jaringan internet.

ARPU (Average Revenue Per User)

Rata-homogen pendapatan (dalam konteks ini adalah pendapatan yang diterima operator telpon dari dialog serta komunikasi data) dari pelanggan.

Accessories

Peralatan/perangkat tambahan yg berfungsi sebagai pelengkap, pendukung, pelindung atau hanya hiasan buat mempercantik tampilan. Misalnya loka ponsel yang diletakkan pada ikat pinggang, desktop charger (docking), casing, anti gores dll.

Auto Focus

Fungsi sensor dalam kamera yg dalam waktu pengambilan obyek/gambar maka secara otomatis sensor kamera akan mengambil/capture obyek/gambar dalam kualitas terbaik.

Auto Keypad Lock

Fungsi yg memungkinkan keypad suatu handphone terkunci secara otomatis dalam beberapa dtk atau mnt waktu handphone nir digunakan tetapi pada keadaan menyala.

AVI (Audio Video Interleave)

Salah satu format multimedia yang dibuat menurut proses kompresi. Memungkinkan ukuran aporisma hingga 2GB. Format AVI pada buat sang Microsoft

A-GPS

Peningkatan Performa GPS yang dibantu dengan dukungan koneksi GPRS/3G alias menggunakan koneksi internet seperti pelaksanaan google map, NokiaMap pada ponsel Nokia. Dengan A-GPS, penetuan posisi menjadi lebih cepat serta seksama lantaran terhubung dengan Server pembantu. Perbedaan antara GPS receicer dengan A-GPS adalah pada ponsel yg menggunakan fitur A-GPS, maka lokasi yg terbaca pada layar ponsel merupakan titik BTS terdekat dengan ponsel yang sedang dipakai. (Kontribusi dari Bro R_Sormin : thanks kontribusinya )

BADA

Sebuah Operating System milik Samsung.

Band

Area/frekuensi jalur gelombang pemancar
- Dual Band : artinya suatu perangkat handphone yang mampu beroperasi dalam dua frekuensi yang tidak sinkron. Misalnya frekuensi 900 Mhz dan 1800 Mhz - Tri Band (3 Band) : pada frekuensi 900/1800/1900 Mhz
- Quad Band (4 Band) : 800/900/1800/1900 Mhz 

Setiap negara memiliki jalur frekuensi yang tidak sama. Tipe handphone Dual Band mampu saja dipakai pada Indonesia, namun waktu dibawa ke negara lain mungkin nir dapat digunakan dikarenakan frekuensi yg digunakan sangat tidak sama.

Bar / Bar Signal

Tanda pada layar handphone yang menerangkan besarnya penerimaan sinyal dalam handphone. Semakin poly/tinggi bar signal dalam sebuah handphone, semakin indah daya tangkap

Baterai

Alat/piranti pensuplai daya energi. Baterai dalam handphone merupakan baterai yang bisa diisi ulang (charge).
Jenis-jenis baterai handphone : NiCD/NiCad, NiMH (Nickel Metal Hydride), Li-Ion (Lithium Ion), Li-Poly (Lithium Polymer)

Bluetooth

Piranti/indera memungkinkan transmisi data tanpa kabel (wireless) diantara peralatan-peralatan misalnya Handphone, Komputer dan PDA dll. Protokol Bluetooth diberi nama sinkron dengan nama raja Denmark jaman dahulu, Harald Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim dan membuatkan data dengan alat-alat lainnya pada jeda/radius tertentu.

BlackBerry

Alat komunikasi yg digunakan menjadi penerima sekaligus pengirim email, web browser, SMS, organizer, chat serta lainnya. Blackberry, selain sebuah device jua merupakan operating system. BlackBerry dikembangkan serta diproduksi pertama kali pada tahun 1999 sang sebuah perusahaan Kanada, RIM (Research in Motion). Bentuknya tersedia pada ukuran seperti ponsel maupun PDA.
BIS (Blackberry Internet Service) ; layanan blackberry bagi personal/individual yg mempunyai email berbasis POP3 atau IMAP
BES (Blackberry Enterprise Server) ; adalah layanan push mail yang dibuat untuk segmen korporasi/corporate yg memakai platform Microsoft Exchange, Lotus Domino or Novel Wise.

B&W (Black and White)

Warna hitam putih atau monocrome

BTS (Base Tranceiver Station)

Pemancar penerus dan penguat sinyal layanan komunikasi

Built in

Menyertakan/terpasang suatu indera/fasilitas dalam handphone. Built-in modem, artinya handphone tadi dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi internet. Atau built in speaker, artinya handphone tersebut sudah - terpasang speaker internal untuk mendengarkan audio. Built-in camera, adalah sudah dibenamkan kamera

Bundling / paketan

Bila kita membeli suatu produk, maka akan disertakan produk tambahan dan nir dikenakan biaya /harga tambahan alias gratis (Seringnya sih pada masa kenaikan pangkat ). Biasanya dalam bundling tadi, antara produk yang dipasarkan menggunakan produk tambahannya saling terkait atau mendukung. Misal : membeli produk ponsel Merk “A”, maka akan memperoleh Sim Card/Nomor perdana menurut Operator “X” secara gratis.

BREW (Binary Runtime Environtment for Wireless)

Aplikasi yang didevelop & milik Qualcomm, n of course dipake di teknologi CDMA.pada indonesia sendiri platform BREW digandeng mobile-8 (Fren) menggunakan nama b-live...
klo dijelasin,sistem brew hampir seperti dg java d gsm,bedanya brew masih tertutup jadi ketika kita mau mempublikasikan/menjual pelaksanaan yg didevelop pake brew SDK terlebih dlu hrs sdh menerima digital signature dr qualcomm
(donasi serta koreksi berdasarkan bro ruiten)
Brew = Suatu platform buat menjalankan aplikasi/game yang dibentuk oleh bahasa programming C/C++, platform ini dipakai/ditargetkan buat selular.

BROAD BAND

Jalur data berpita lebar serta berkecepatan tinggi.

Browser / Internet Browser

Aplikasi buat melihat/menjelajah internet. Untuk ponsel, ada beberapa aplikasi internet browser yang dibenamkan misalnya Opera Mini (berbasis Java), Brew dan lain-lain

CandyBar

Merujuk merujuk dalam bentuk/desain fisik ponsel yang keypad-nya berada diluar (umumnya langsung pada bawah screen/layar atau ada jua yang berada pada samping layar/screen misalnya Nokia N-Gage series). Sebagian akbar ponsel yg beredar di sini merupakan berdesain CandyBar
CDMA (Code Division Multiple Access)
Sebuah sistem jaringan telekomunikasi selain GSM. Contoh layanan telekomunikasi yang menggunakan jaringan ini merupakan Bakrie Telecom dengan produk Esia & Wifone, lalu Fren serta Hepi menurut Mobile-8, Flexi menurut Telkom, Starone berdasarkan Indosat, Smart menurut SinarMas serta Ceria berdasarkan Sampoerna
CDMA x1 ; teknologi CDMA generasi ke-dua atau 2G
CDMA 2000x1 : teknologi CDMA dengan kemampuan hampir setara 3G dalam GSM. Kecepatan transfer data teknologi ini mencapai 230,4 kbps.
Di Indonesia jalur frekwensi yang digunakan buat CDMA merupakan pada frekwensi 800 Mhz. Namun spesifik buat Smart masih menggunakan frekwensi 1900 Mhz.

Connection

Hubungan atau koneksi

Content Provider (CP)

Perusahaan penyedia jasa layanan banyak sekali konten/isi buat telepon selular. Misalnya donwload ringtone, wallpaper, games. Penyelenggara Kuis berhadiah melalui sms, dll. Di Indonesia, hingga dengan akhir April 2008 ini telah tercatat terdapat 300 perusahaan CP.

Caller ID (Identifier)

Fitur yg dapat menampilkan nomor telepon panggilan masuk

Caller Photo ID

Fitur yang dapat menampilkan foto si penelpon. Fitur ini bisa diaplikasikan bila sudah diseting/disesuaikan antara foto serta phonebook.

Cellular

Perangkat yang saling terkait, berafiliasi serta ketergantungan

Charger

Alat pengisi ulang baterai

Charging

Proses pengisian baterai

Chat / Chatting

Komunikasi menggunakan teks menggunakan satu atau beberapa orang/group

CIF (Common Intermediate Format)

Besar dan resolusi gambar atau video dengan ukuran 352 x 288 pixel

COMBAT (Compact Mobile Base Station)

BTS berkecimpung. Biasanya dipasang pada sebuah tunggangan khusus dan ditempatkan dalam wilayah-daerah eksklusif pada waktu tertentu. Misalnya, dalam waktu ramai Mudik Lebaran. COMBAT ditempatkan dalam daerah/lokasi dimana belum tersedia jaringan atau belum terpasang BTS namun pada lokasi tsb membutuhkan layanan komunikasi segera.

Compact Flash (CF)

Salah satu jenis kartu memori (kartu penyimpanan data, audio, gambar, video) tertua dgn teknologi flash memory

Coverage

Cakupan/jangkauan berdasarkan sebuah layanan komunikasi.

CSTN (Color Super Twisted Nematic)

Tipe layar setelah era Monocrome serta menuju teknologi TFT. Merupakan teknologi LCD yang sanggup memproduksi tampilan sebagai berwarna lantaran masing-masing pixel bisa membedakan tiga warna merah, biru dan hijau.

Clam Shell

Merujuk dalam bentuk/desain fisik ponsel, dimana buat menggunakan keypad-nya harus membuka tutup depan terlebih dahulu (mirip dengan kerang). Ponsel menggunakan tipe clamshell ini sering juga disebut menggunakan kata ponsel lipat. Ponsel-ponsel yang berdesain clamshell misalnya : Motorola RAZR V series, Samsung W579, Nokia 6101, Sony Ericsson Z320

CLIP (Caller Line ID Presentation)

Layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk memunculkan nomor telepon pemanggil pada ponsel pelanggan yg dihubungi.

CLIR (Calling Line Identification Restriction)

Layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan buat nir memunculkan nomor telepon pelanggan pada ponsel yg dipanggil.

Call Waiting

Adalah layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan nada peringatan pelan yang menandakan adanya panggilan telepon lain yang sedang menunggu sementara pelanggan sedang melakukan percakapan telepon.
Dalam hal ini pelanggan dapat melakukan pilihan :
Menerima panggilan penelpon kedua
Mengabaikan panggilan penelpon keduaCall Hold : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk menahan /hold dialog yg sedang berlangsung buat :
Menerima/menjawab panggilan lain tanpa memutuskan percakapan
Melakukan panggilan tanpa tetapkan percakapanCall Forward / Call Divert : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan buat mengalihkan panggilan ke nomor telepon lain atau voice mailbox.
Panggilan bisa dialihkan dari :
Permintaan pelanggan
Pengalihan secara otomatis ke voice mailbox buat kondisi misalnya :-tidak terdapat jawaban
-ponsel dimatikan atau berada diluar jangkauan/area layanan
-ponsel sedang digunakan (busy / sibuk)

Call Barring

Mencegah/memblokir panggilan telepon masuk atau pun telepon keluar.
Fitur ini dapat diaktifkan untuk syarat-syarat misalnya :
-semua panggilan keluar
-semua panggilan masuk
-semua panggilan keluar internasional
-semua panggilan masuk internasional

Conference Call

Fitur layanan yg memungkinkan pelanggan buat melakukan pembicaraan menggunakan lebih berdasarkan dua tujuan sekaligus dalam waktu yg bersamaan, dimana semua yang dihubungi bisa saling berbicara serta mendengarkan satu dengan yg lainnya.

Crystal Talk

Adalah teknologi berupa fitur yang dapat mengurangi gangguan suara dan mengontrol volume bunyi ketika melakukan panggilan, sehingga bunyi saat melakukan panggilan terdengar jernih. Sampai saat ini (11 Juni 2008), teknologi ini baru dimiliki sang Motorola, ialah baru disematkan pada beberapa tipe ponsel keluaran Motorola.

CSD (Circuit Switched Data) 

Suatu protokol buat transfer data yang memiliki kecepatan hingga 8 Kbps. Dengan CSD, ponsel yg terhubung dgn komputer (plus program Facsimile) bisa mengirim/mendapat facsimile.

Cyber Shot

Ada pada jajaran ponsel milik Sony Ericsson, dimana cyber shot series lebih mengedepankan fitur kamera.

Device

Perangkat / alat

Data Cable (Kabel Data)

Suatu alat yang menghubungkan suatu perangkat menggunakan perangkat lain pada bentuk kabel. Biasanya Kabel Data menghubungkan handphone menggunakan Komputer PC/Laptop. Kabel data dipakai buat transmisi/transfer handphone berdasarkan dan ke personal komputer .

Dimension /dimensi

Ukuran fisik suatu benda. Misalnya sebuah handphone dengan dimensi 41x108x14 mm (mili meter) berarti handphone tsb berukuran lebar 41mm dengan tinggi 108mm dan memiliki ketebalan 14mm.

Display (layar)

Tampilan visualisasi pada sebuah perangkat.

Download

Proses menerima data (spt ringtone berdasarkan suatu asal penyedia jasa), misal download ringtone dengan cara kirim sms ke penyedia jasa content, dimana nanti si pengirim sms akan menerima

Driver

Merupakan komponen aplikasi yg mengijinkan sebuah sistem personal komputer buat berkomunikasi menggunakan sebuah perangkat keras lainnya. Misalnya kita ingin menghubungkan Henpon kita dengan kabel data ke personal komputer , maka pada saat di koneksikan (umumnya gunakan USB) pertama kali maka personal komputer akan menanyakan driver berdasarkan henpon yang kita koneksikan tsb.

DTMF (Dual Tone Multi Frequency)

Dikenal sebagai Nada Tombol multi, dimana pada ketika kita menekan keypad/tombol pada telepon akan mengeluarkan nada tidak sinkron antara tombol satu dengan yang lainnya. Tat Tit Tut Tet Tot....

Dual Mode

Kemampuan sebuah handphone menggunakan menyediakan dua slot kartu menggunakan sistem tidak selaras yaitu GSM serta CDMA.

Dual On

Handphone dengan menyediakan dua slot kartu baik GSM-GSM maupun GSM-CDMA dimana keduanya bisa diposisikan stand-by (hayati 2-duanya)

EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) biasa diklaim jua EGPRS

Merupakan lanjutan teknologi selular digital lanjutan dua,lima G (GSM+GPRS). Dengan EDGE, kecepatan transmisi data GPRS sebagai lebih cepat sehingga menaruh kemungkinan terhadap fasilitas audio streaming, PTT (Push To Talk) dll. Kecepatan transmisi mencapai 126-473,8 kbps

Earphone

Alat dengar

EMS (Enhanced Message Service)

Layanan semacam SMS, namun dalam layanan ini dapat mengirimkan pesan suara (audio arsip) serta gambar secara terbatas, artinya kemampuan mengirim hanya pada file audio dan gambar sederhana saja.

EVDO (Evolution Data Optimized)

Layanan 3,5G di jalur CDMA dikenal menggunakan teknologi CDMA2000x1 EVDO. Di Indonesia, baru satu provider yang melayani layanan ini. Kelebihan EVDO ini antara lain adanya pemisahan jalur antara jalur data dengan jalur voice

Expandable

Dapat menambah/diganti, expandabable up to dua GB (bisa diganti menggunakan kartu memori yg memiliki kapasitas 2 GB)

Expansion Slot

Slot buat tambahan perangkat lain. Biasanya slot ini adalah untuk tambahan kartu memori eksternal (External Memory). Saat ini kebanyakan handphone meletakkan slot buat kartu memori di samping/sisi handphone.

External Memory

Kartu memori tambahan yg dimasukkan ke slot ekspansi buat menampung banyak sekali data (audio, gambar, foto dll) dikarenakan memori (internal) handphone/perangkat lain yang relatif kecil yang nir dapat lagi menampung kebutuhan data si pengguna.

Facebook

Salah satu situs komunitas/jejaring sosial yang sangat populer. Bahkan ponsel-ponsel yg dipasarkan ketika ini (s/d Juli 2009) sudah memberikan fasilitas/shortcut (dengan logo facebook) buat masuk ke pada situs/website facebook.

Flash Memory (lihat pula Memory Card)

Sering jua diistilahkan “Saving Memory” karena dapat menyimpan data menggunakan atau tanpa dukungan daya listrik. Flash memory dikembangkan pertama kali oleh Dr Fujio Masuoka berdasarkan Toshiba tahun 1984. Nama “flash” disumbangkan sang Shoji Arizumi kolega Dr Fujio, yg melihat proses penghapusan isi memori seperti kilatan lampu (flash) kamera.

Form Factor

Bentuk dari suatu perangkat : Candy Bar, Clam Shell

Fitur

Fasilitas tambahan yang disertakan dalam paket penjualan sebuah produk.

Flight Mode

Sebuah fungsi pada handphone yg memungkinkan handphone bisa dinyalakan saat berada pada pesawat namun tidak bisa dipakai buat berkomunikasi, terbatas hanya buat bermain game misalnya atau buat mendengarkan lagu.

FWT (Fixed Wireless Terminal)

Perangkat/terminal/pesawat komunikasi/telepon tanpa kabel yang bisa pula dipindah-pindahkan atau dibawa, tetapi terbatas pada area pelayanan eksklusif saja. Misalnya, kita memiliki FWT menggunakan kode area Jakarta, ketika dibawa ke Bandung maka FWT tersebut tidak bisa mendapat juga melakukan panggilan telepon.

FU (Factory Unlock)

Proses Unlock pada handset yg dilakukan oleh orisinil pabrik langsung.

G

Generation

3G (3rd Generation)

Teknologi komunikasi generasi ketiga yg tidak hanya bisa menaruh layanan video call, tetapi jua akses data serta internet berkecepatan tinggi, video streaming. Untuk jalur GSM, teknologi yg mendukung 3G merupakan teknologi UMTS, sementara buat jaur CDMA merupakan teknologi EVDO. Kecepatan data dalam teknologi 3G mencapai 384Kbps.

3GP (3rd Generation Project)

Format dile multimedia yg dikembangkan sang konsorsium 3rd Generation Patership Project berdasarkan format mp4. File 3gp ditandai dengan ektensi/akhiran .3gp atau .3g2

Gadget

Perangkat digital mobile yang merupakan indera tambahan berdasarkan indera primer (computer). Digital Camera, Mobile phone, MP3 Player misalnya (iPOD, Creative Zen, Samsung Yep),

GUI (Graphical User Interface)

Merupakan keliru satu contoh interaksi antara manusia dengan suatu perangkat digital misalnya computer, ponsel, mp3 player dll. GUI dimaksudkan buat kemudahan (user friendly) untuk penggunaan suatu perangkat.

GSM (Global System for Mobile Communication)

Salah satu standar sistem komunikasi digital tanpa kabel buat menggantikan sistem analog.

GPRS (General Packet Radio Service)

Sistem yang memungkinkan handphone dapat melakukan pengiriman/penerimaan dan akses data melalui jaringan layanan GSM. Memiliki kelas-kelas sperti GPRS Class 8, Class 10, Class 12 dan paling muktahir adalah hingga Class 32.
GPRS merupakan teknologi GSM yg dikategorikan menjadi Generasi dua,5 G

GPS (Global Positioning System)

Suatu sistem navigasi/petunjuk melalui satelit yang memungkinkan penggunanya bisa mengetahui suatu lokasi atau lokasi si pengguna berada. Ponsel yang telah disematkan GPS Receiver, maka pengguna bisa mengetahui lokasi dimana berada dengan kondisi tertentu.(lihat juga A-GPS)

Geo Tangging

Teknologi kamera digital yg memungkinkan sebuah foto yg diambil gambarnya akan didapat jua data lokasi tsb

Handphone, Mobile phone, Telpon Selular/ponsel

Perangkat komunikasi tanpa kabel (wirelless) yg bisa menggunakan gampang dibawa kemana-mana.

Handsfree

Alat (dipasang ke pendengaran pengguna) yg memungkinkan si pengguna dapat berkomunikasi tanpa memegang handset, dimana suara lawan bicara hanya terdengar sang si pengguna. Handsfree bisa menggunakan earphone, headphone, atau bluetooth

Headphone

Alat yang dipakai oleh pengguna buat mendengarkan bunyi (pada berkomunikasi) atau musik tanpa didengar orang lain.

High End

Barang-barang yang mengkategorikan memiliki fitur paling lengkap dengan teknologi paling muktahir/terkini.

Hot Swap

Dengan fasilitas ini memungkinkan kita melepas suatu perangkat pada handphone tanpa mematikannya. Misalnya melepas memory card (biasanya berada pada samping/sisi handphone) tanpa perlu mematikan handphone.

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access)

Teknologi komunikasi data menggunakan kecepatan tinggi yang berjalan pada frekuensi GSM. Teknologi ini tidak bisa dipisahkan dengan evolusi/pengembangan WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access). Teknologi inilah yang sudah mendukung apa yg disebut dengan tiga,5 G. Kecepatan data bisa mencapai 3,6 Mbps (download).

HSUPA (High Speed Uplink Packet Access)

Teknologi komunikasi data menggunakan kecepatan tinggi yang berjalan di frekuensi GSM. Teknologi ini adalah pengembangan menurut teknologi sebelumnya yaitu HSDPA. Teknologi ini mampu mencapai kecepatan data hingga 7,dua Mbps (download).

HSCSD (High Speed Circuit Data Switch)

Evolusi terakhir berdasarkan switch data dalam jaringan GSM. HSCSD bisa mentramisikan data melalui interaksi GSM menggunakan kecepatan hingga 57,6 kbps. Dengan teknologi ini, memungkinkan handset yang terhubung menggunakan perangkat personal komputer dapat mengirim serta menerima facsimile (tergantung layanan provider juga)

HTML (Hyper Text Mark-up Language)

Salah satu bahasa pemrograman yg membuat handphone bisa menampilkan page web.

HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Protokol hardware yg mampu menaruh kualitas gambar, suara serta tampilan menggunakan taraf kualitas yg tinggi. Sudah poly tablet yang mempunyai fitur HDMI dan port HDMI

Icon

Tampilan grafis pada bentuk lambang atau gambar.

IMEI (International Mobile Equipment Identity)

Merupakan angka identitas yg sifatnya unik (dalam artian nir sama antara yg satu menggunakan yg lain) dalam sebuah handphone.

Inject (suntik)

Sistem/cara untuk membenamkan angka ke pada module NAM pada handphone. Cara ini dilakukan terhadap handphone jenis CDMA yg nir mendukung RUIM (yg dalam handphone jenis GSM diklaim SimCard Slot)

InfraRed/IRDA (InfraRed Data Association)

Salah satu baku konektivitas buat melakukan transmisi data dari satu perangkat yang satu ke perangkat yg lainnya dalam jarak pendek dengan memanfaatkan frekuwensi infra merah.

iTap

Aplikasi dalam pesan teks yg secara otomatis menambahkan dan membuat satu istilah hanya dengan menekan satu huruf saja. Predictive Text dikenal dengan istilah T9 atau iTap.

Jack

Lubang buat menghubungkan dengan perangkat lain menggunakan suatu macam fungsi. Misal Jack audio, berarti lubang buat menghubungkan handphone dengan contohnya speaker, headphone buat mendengarkan audio baik berupa bunyi, musik atau radio.

Jailbreak

Suatu proses pada handset iphone yang nantinya iphone tadi bisa bebas dimodifikasi. Jailbreak bisa menghilangkan garansi dalam iphone.

Java

Salah satu bahasa pemrograman

J2ME (Java 2 Platform Micro Edition)

Pengembangan bahasa pemrograman java yang ditujukan khusus buat perangkat bergerak kecil semacam ponsel, PDA dan lain-lain.

Keypad (papan tombol/ketik)

Sarana untuk melakukan suatu input/perintah dalam handphone.

Kompresi

Proses memampatkan/memperkecil berukuran data.

LCD (Liquid Crystal Display)

Merupakan keliru satu layar yang dipakai pada monitor. Layar LCD memakai 2 butir lembaran bahan yang dapat mempolarisasikan kedua lembaran tsb.
- LCD Monocrom ; biasanya menampilkan gambar/teks pada rona biru atau abu-abu tua di atas latar belakang putih ke abu-abuan. Contoh handphone yang menggunakan layar tipe ini salah satunya Nokia CDMA 2116
- Color LCD : memakai dua teknik untuk membuat warna yaitu passive matrix dan active matrix. Active matrix biasa diklaim TFT (Thin Film Transistor)

Linux

Sebuah operating system yang bersifat terbuka yg umumnya diinstal ke pada personal komputer . Saat ini Linux juga ditanamkan pada beberapa tipe handphone, seperti seri A780, ROKR E6 dari Motorola,

Lithium Ion

Jenis baterai yg dapat diisi ulang. Sebagian akbar gadget terbaru termasuk handphone memakai baterai lithium ion. Dijuluki baterai lithium ion karena energi baterai ini berasal dari genre ion-ion lithium (Li+) di pada larutan elektrolit. Sewaktu baterai kita charge, ion lithium mengalir menurut katoda (kutub positif) ke anoda (kutub negatif). Sebaliknya, ion lithium mengalir dari anoda ke katoda saat baterai bekerja.

Lithium Polymer

Jenis baterai yg dapat diisi ulang Ini adalah generasi terbaru berdasarkan rechareable battery, keunggulannya merupakan ramah terhadap lingkungan, sedang kemampuan lainnya sama persis dengan battery LIthium Ion. Li-Poly sifatnya yang liquid sehingga sanggup menyebabkan bentuk battery bisa berubah lantaran tekanan.

Low Batt

Suatu keadaan dimana tenaga dalam baterai sudah menerangkan titik terendah yang ialah handphone akan segera meninggal dan baterai harus segera diisi ulang (charge).

Low End

Merujuk pada segmen pasar dimana barang yang ditawarkan hanya mempunyai fitur baku serta ditawarkang dengan harga jual yg nisbi murah dan ditujukan dalam kalangan entry level (pemula)

M-Banking (Mobile Banking)

Suatu layanan hasil kerjasama operator selular menggunakan perbankan. Layanan ini memungkinkan nasabah/pelanggan dapat mengkases layanan perbankan eksklusif melalui handphone menggunakan cara antara lain melalui SMS atau melalui pilihan menu yg tersedia pada kartu SimCard. Layanan perbankan tsb antara lain cek saldo, transfer, pembayaran tagihan listrik, telpon dll.

Mega-Pixel

Mega merupakan juta. Pixel adalah satuan pembentuk gambar. Mega-pixel berarti jutaan pixel pembentuk gambar.

Message

Pesan. (lihat jua SMS serta MMS)

Memory Card /kartu memori (lihat pula Flash Memory)

Perangkat tambahan menjadi media penyimpanan, baik berupa data file, suara/audio, video, musik dll
Jenis-jenis Memory Card berbasis flash memory antara lain :
  • MMC (Multi Media Card) : RS-MMC (Reduce Size MMC); DV RS-MMC (Dual Voltage RS-MMC
  •  SD (Secure Digital) : MiniSD; MicroSD atauTransFlash
  •  xD Picture Card
  • CF (Compact Flash) : keliru satu jenis kartu memori (kartu penyimpanan data, audio, gambar, video) tertua dgn teknologi flash memory
  •  Memory Stick (MS) : MS Pro ; MS Pro Duo
MMS (Multimedia Message Service)
Layanan pesan yang dapat menyertakan tidak hanya berupa teks, tapi pula gambar, audio/suara dan bahkan video.

MicroSD

Salah satu jenis kartu memoi dengan format flash memory menggunakan berukuran paling kecil saat ini dibandingkan menggunakan jenis katu memori lainnya.

MIDI (Musical Instrument Digital Interface)

Pertama kali dikembangkan oleh Dave Smith dalam tahun 1981. Midi nir menstransmit audio melainkan data digital.

MIDP (Mobile Information Device Profile)

Java runtime yg dipakai pada J2ME

Mid to End

Merujuk dalam segmen pasar kalangan menengah ke bawah dimana barang yang ditawarkan mempunyai fitur kurang/nir lengkap akan tetapi pada atas baku atau diatas low-end.

Mid to High

Merujuk pada segmen pasar kalangan menengah ke atas dimana barang yg ditawarkan memiliki fitur yang relative lebih lengkap disbanding mid to end

Miss Call (panggilan tidak terjawab)

Miss call pada pergaulan sehari-hari seringkali diartikan menggunakan panggilan jangan diangkat, tujuannya antara lain buat mencatat nomor telepon seseorang tanpa perlu menyebutkannya secara mulut atau seorang yg melakukan miss call minta buat dihubungi pulang (umumnya nggak punya pulsa buat menelpon atau orangnya pelit, hemat atau nggak mau rugi gitu lhooo)

Mobile TV /Video

Layanan streaming siaran televisi/video yg disediakan oleh operator telepon selular. Layanan ini merupakan layanan berbayar atau dikenakan biaya /pulsa buat pemakaiannya.

Modem

Bila perangkat ini dibenamkan ke dalam henpon, maka henpon bisa digunakan misalnya pada PC/LapTop buat koneksi secara dial-up ke jaringan internet

Monoponic

Bunyi yg hanya menghasilkan satu jenis nada saja.

Multimedia

Ragam hiburan yg bisa dinikmati sang pengguna handphone eksklusif seperti fasilitas Camera, Audio/MP3 Player, Internet, Games, Video dll

MP3

Salah satu format audio digital paling popular. Lengkapnya MPEG Layer 3. Mampu mengkompresi/memadatkan arsip audio asli berukuran 32 Mb menjadi hanya tiga Mb saja. Namun kualitas bunyi turut berkurang. MP3 sudah banyak dipakai dalam handphone ketika ini.

MPEG (Moving Picture Expert Group)

Salah satu format video


Mobile(berkecimpung)

Perangkat yg bisa dengan mudah dibawa kemana-mana

Navigator

Perangkat yg bisa menangkap layanan GPS

NAM (Number Assigment Module)

Module pengisian angka telpon dan angka aktivasi lainnya ke pada memory handphone (jenis CDMA).

Node

Titik yang dapat menerima input data ke dalam network, atau membuat output berita, atau ke 2-duanya

Non OS (Operating System)

Tanpa sistem operasi. Handphone dengan kategori Low End atau buat entry level (pemula) kebanyakan nir menyertakan sistem operasi pada handphone-nya.

NiCD/NiCad (Nickel-Cadmium)

Battery NiCD merupakan jenis rechargeable battery (baterai isi ulang) paling lama yg ada di dunia, dan lantaran kapasitasnya yg akbar, maka battery ini dipilih buat handphone lama yg menggunakan tenaga besar dalam waktu itu.

NiMH (Nickel Metal Hydride)

Merupakan tipe baterai isi ulang sehabis era NiCD. Baterai tipe ini lebih lama saat pengisiannya dibandingkan tipe Li-Ion atau Li-Poly

Network Provider (Operator Jaringan)

perusahaan yang menyediakan jasa layanan komunikasi.

No Network Coverage

Suatu syarat dimana handphone tidak mendapat jangkauan frekuwensi jaringan telepon selular, hal ini terjadi ditimbulkan misalnya handphone berada pada ruangan tertutup kedap, atau saat berada pada suatu lokasi yg tidak terjangkau sang sinyal jaringan dikarenakan nir adanya BTS.

OLED (Organic Light Emitting Diode)

Salah satu tipe layar yang poly digunakan pada iklan outdoor /luar ruang pada bentuk display elektro. OLED nir memerlukan backlight (lampu latar belakang) buat berfungsi, sehingga lebih irit energi baterai. Handphone brand Samsung (X120) dan Philips (Xenium 9@9g) juga memakai OLED buat layarnya. Perkembangan selanjutnya merupakan hadirnya layar bertipe AMOLED dan Super Amoled

Option/Optional

Fitur atau fasilitas tambahan yang bisa dipasangkan pada suatu produk tetapi tidak disertakan pada paket penjualannya serta harus dibeli secara terpisah.

OS (Operating System/Sistem Operasi)

Adalah program yang dibenamkan ke dalam sebuah perangkat misalnya dalam personal komputer (dengan Mac, Windows atau Linux), handphone/PDA. Ada beberapa OS yg dibenamkan pada perangkat ponsel/PDA antara lain Windows Mobile, Palm, Linux, Symbian, Blackberry, Iphone dan yang terbaru serta sedang jadi pusat perhatian merupakan OS Android, Bada (dipakai ponsel Samsung serta telah dirilis dipasaran), terdapat jua OS yg bernama Brew Mobile. Ada lagi OS bernama MeeGo. Hanya beberapa tipe ponsel yg membenamkan OS Linux misalnya Motorola seri ROKR E6.

Operator / Provider

Perusahaan penyelenggara/penyedia jasa layanan komunikasi

OTA (Over The Air)

Selain secara manual, cara setting dan pengaktifan suatu fitur layanan berdasarkan operator dapat jua dilakukan secara otomatis melalui operator telepon yg kita gunakan. Misalnya, melakukan setting MMS dalam henpon menggunakan cara mengirim sms dengan format tertentu ke nomor menurut sebuah operator dan kemudian operator mengirimkan MMS notifikasi bahwa setting MMS dalam henpon sudah teraktifasi. Layanan OTA dapat dilakukan dengan syarat henpon yang kita pakai memiliki dukungan untuk melakukan OTA.

Off-Peak

Suatu metode pengenaan tarif oleh operator yg memperhitungkan ketika waktu-waktu eksklusif dimana trafik komunikasi umumnya nir terlalu padat. Misalnya mulai pukul 22:00 s/d 07:00 dikenakan tarif dengan bonus atau lebih murah dari tarif normal.

Original

Product Asli.

Online

Aktifitas yang terhubung dengan jaringan/network, baik secara nirkabel/wireless juga nir. Misal, sedang menerima telepon atau berbicara ditelepon bisa disebut menggunakan ”sedang online”, membuka/mengakses internet baik berdasarkan personal komputer juga ponsel, diklaim jua sedang ”online”.

PDA (Personal Digital Assistant)

Selain menjadi indera komunikasi berkiprah pula mempunyai fungsi mengatur berbagai macam warta personal yang mencakup database nama serta alamat, rencana kerja, note/catatan dll. PDA umumnya menggunakan stylus pen ataupun keyboard kecil sebagai media iputnya atau mengakses menu-menunya.

ictBridge

Sebuah teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat (kamera digital, henpon berkamera) bisa mencetak eksklusif dalam sebuah printer yang pula memiliki teknologi ini.

PPC (Pocket PC)

Dikenal pula sebagai PDA modern. PPC termasuk famili PDA dengan operating system Mobile Windows serta sekaligus ber-display Touch Screen.

Port

Yaitu suatu node dalam perangkat handphone yang mempunyai suatu fungsi eksklusif, contohnya port charging, yaitu node buat menancapkan indera charger/pengisi baterai

Pixel

Satuan terkecil pembentuk gambar. Satu pixel terdiri berdasarkan unsur warna merah, biru dan hijau.

Polyponic

Bunyi yang memiliki lebih menurut satu jenis nada atau instrumen musik yang dimainkan secara bersamaan. Terdapat beberapa strata yaitu 16, 24, 32 serta 64.

Predictive Text

Aplikasi dalam pesan teks yg secara otomatis menambahkan dan membuat satu istilah hanya dengan menekan satu huruf saja. Predictive Text dikenal dengan istilah T9 atau iTap.

Processor

Perangkat primer berupa chipset yang dijadikan menjadi otak primer dari sebuah handset. Processor umumnya ditanamkan dalam handset smartphone dan tablet.

Provider

Penyedia layanan komunikasi (misal Indosat, Telkomsel, Bakrie Telecom, Mobile-8)

PSTN (Public Switched Telecomunication Network)

Pesawat telepon tetap/konvensional memakai jaringan kabel seperti milik Telkom.

PTT (Push To Talk)

Fasilitas layanan yang mendukung komunikasi seperti handy talkie.

Pulsa

Sejumlah nilai dalam nominal yg tersimpan dalam sistem layanan jasa komunikasi selular. Pengguna jasa komunikasi yang memakai system pra-bayar (tidak berlangganan) diharuskan mempunyai pulsa bila ingin memakai jasa komunikasi tsb. Secara teori pulsa akan berkurang menurut tarif serta pemakaian. Pulsa akan bertambah jika terdapat pengisian. Pengisian pulsa bisa dilakukan menggunakan cara pembelian voucher, melalui ATM dll

Push e-Mail

Layanan menerima email melalui handphone/PDA serasa mendapat SMS. Pelopor push e-mail merupakan RIM (Research In Motion) dengan handset serta layanan BlackBerry-nya. Layanan ini selain harus didukung oleh operator juga handphone yg dipakai sudah memiliki fitur ini.

Postpaid / Pasca Bayar

Adalah metode berlangganan terhadap suatu produk/jasa layanan dengan melakukan registrasi administrasi terlebih dahulu serta pelanggan akan dikenakan biaya abonemen/langganan setiap periodenya. Contoh kartu postpaid : Hallo, Matrix, XL

PIN (Personal Identification Number)

Sekumpulan nomor /angka-angka sebagai identifikasi langsung yg digunakan buat masuk atau mengakses ke sebuah perangkat atau sistem.

Peak

Tarif peak, suatu metode pengenaan tarif oleh operator yang memperhitungkan waktu ketika-ketika tertentu dimana trafik komunikasi umumnya tinggi/padat. Misalnya dalam pukul 18:00 s/d 22:00, dikenakan tarif tambahan dari tarif normal.

Prepaid / Pra Bayar

Adalah metode berlangganan (tepatnya: penggunaan) terhadap suatu produk/jasa layanan tanpa perlu melakukan pendaftaran administrasi dan nir dikenakan biaya abonemen/berlangganan, namun wajib membayar sejumlah tertentu buat bisa menikmati fasilitas jasa layanannya. Contoh kartu prepaid : Mentari, Bebas, Simpati.

Qwerty

Disebut Qwerty karena peletakan alfabet -huruf pada keypad ponsel, dibentuk mengikuti alfabet -alfabet dalam keyboard personal komputer . Ada 2 tipe Qwerty dalam ponsel yaitu half qwerty dan full qwerty

Quad Band

Ponsel menggunakan fasilitas ini bisa berjalan pada 4 frekuensi 800/900/1800/1900 Mhz.

Quad Core

Prosesor dengan empat inti.

QVGA (Quarter VGA)

Adalah berukuran image yang popular buat konsumsi awal kamera digital serta kamera video dengan ukuran 320x240 pixel (1/4 dari ukuran VGA yang 640x480 pixel)

QualComm

Sebuah perusahaan Operator telepon selular serta juga memproduksi chipset (brand QualComm) buat ponsel menggunakan lisensi teknologi CDMA.

Roaming

Kemampuan mendapat/melakukan panggilan atau perhitungan tarif yang dikenakan kepada pelanggan dikarenakan penggunaan/pemakaian di luar area pelayanan dimana pelanggan terdaftar.

Reject

Tindakan menolak panggilan telepon masuk dengan cara menekan tombol “no answer”, “cancel” atau “busy”

Removable

Dapat dicabut, diganti serta dipasang kembali dengan mudah tanpa perlu indera tambahan.

RDS (Radio Data System)

Dengan RDS maka handphone akan bisa menampilkan nama stasiun radio serta bisa mencari staiun radio mana saja yg frekuensi sinyalnya paling cantik diterima.

RIM

Research In Motion, sebuah perusahaan dari dan berbasis pada Kanada yang membuatkan Blackberry

Ring Back Tone (Nada panggil/sambung/tunggu)

Sebuah layanan berdasarkan operator telepon yg memungkinkan pengguna layanan membarui nada panggil/tunggu menggunakan sebuah lagu yg dapat diplih dan diganti. Contoh ; NSP (Nada Sambung Pribadi) berdasarkan Telkomsel, i-Ring menurut Indosat

Ringtone (nada bunyi)

Nada bunyi yang terdengar dari handphone waktu terdapat panggilan/telepon masuk atau menerima sms dll. Nada yg keluar tergantung kepada setting dan jenis handphone. Ada nada handphone yg hanya mengeluarkan nada Poliponik midi, ada yang berupa lagu (baik format mp3, midi atau tipe lain), ada juga nada yang lain misalnya suara binatang dll

RUIM (Removable User Identifyer Mobile)

Seperti di GSM dengan SimCard, dimana handphone (tipe CDMA) dengan support RUIM nir memerlukan sistem inject buat penomoran.

RSMC (Reduce Sized Multimedia Card)

Salah satu jenis/tipe kartu memori

Shake control

Teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat misalnya ponsel bisa mengganti seperti wallpaper atau membarui lagu dalam ketika memutar lagu mp3cukup dengan menggoyangkan ponsel

SMS (Short Message Service)

Aplikasi layanan pesan singkat/pendek. Inilah layanan yg paling popular dan fenomenal pada dunia komunikasi selular pada Indonesia.

SMS Banking

Salah satu layanan mobile perbankan output kolaborasi antara operator selular dengan perbankan yang menggunakan fasilitas SMS untuk transaksi perbankan misalnya cek saldo, transfer, pembayaran (listrik, telepon dll)

Signal

Pancaran gelombang dari suatu jaringan

SIM (Subscriber Identity Module) Card

Identitas nomor berbentuk kartu yang dimasukkan pada handset handphone.

Sinkronisasi

Proses menyetarakan objek. Hal seringkali disetarakan merupakan waktu serta data. Sinkronisasi biasa dilakukan menggunakan menghbungkan perangkat digital seperti handphone/PDA/MP3 player dengan personal komputer /laptop dengan menggunakan kabel data, infrared atau bluetooth.

Skin

Tampilan rona antarmuka pada pilihan menu atau layar handphone

Slider

Merujuk dalam bentuk/desain fisik ponsel, dimana buat memakai keypad utamanya harus membuka menggunakan cara menggeser (umumnya ke atas) posisi penutup (berupa layar serta beberapa tombol yg ada pada depan). Ponsel-ponsel yg berdesain seperti ini misalnya : Nokia N81, Philips S890, Samsung D880, Sony Ericsson W900i, Motorola RIZR Z3

Slim (Ultra Slim)

Berukuran tipis dan ringkas. Samsung populer banyak mengeluarkan ponsel dengan berukuran slim serta Ultra Slim seperti tipe F520, SGH X820, U-600

Smartphone

Merupakan adonan kemampuan antara handphone menggunakan PDA. Syarat sebuah ponsel masuk kategori smartphone adalah ponsel tsb. Harus memiliki operating system.

Stylus Pen

Alat (berbentuk misalnya ballpoint) buat mengoperasikan handphone yang mendukung teknologi touch screen/layar sentuh.

Speaker

Pengeras suara

STN (Super Twisted Nematic)

Teknologi LCD yg bisa menghasilkan tampilan menjadi berwarna

STK (Sim Tool Kit)

Spesifikasi pada SIM Card yang bertujuan supaya Operator dapat menambahkan data atau fungsi ke pada SIM Card, misalnya Menu Operator, Mobile Banking, SMS Banking dan lain-lain.
Support (dukungan/mendukung),
support RUIM mendukung RUIM support data merupakan mendukung layanan komunikasi data.

Screen

Layar, Display secara fisik
- Screen guard : screen protector (pelindung layar), screen saver (pelaksanaan pada handphone yang memungkinkan handphone akan menampilkan gambar (tidak aktif juga beranjak) dalam layar handphone, manakala handphone dalam keadaan menyala namun tidak sedang digunakan/idle
- Jenis Screen pada handphone : BREW/B&W (tanpa warna alias hitam putih), STN, CSTN, UBC, UFB, OLED, TFD serta TFT. Ukuran kedalaman rona seperti 4096, 65.000, 256.000 serta 16 juta warna
Symbian
Sebuah Operating System (lihat jua OS) yg umumnya banyak digunakan pada ponsel-ponsel menengah ke atas (Mid to High). Sebelumnya Symbian bukan OS ponsel yang gratis, namun diawal tahun 2010 ini Symbian sebagai sebuah platform OS yang bersifat Open Source.

SU (Software Unlock)

Proses unlock menggunakan menggunakan software eksklusif.

T9 

Aplikasi dalam pesan teks yg secara otomatis menambahkan dan membuat satu istilah hanya dengan menekan satu huruf saja. Predictive Text dikenal dengan istilah T9 atau iTap.

Talk Time

Lama dialog/komunikasi bunyi yang dihitung berdasarkan waktu penggunaan

Tarif

Harga yg ditawarkan sang penyedia jasa layanan komunikasi kepada pelanggannya.

Touchscreen (layar sentuh)

suatu teknologi yang memungkinkan handphone atau perangkat lain dapat bereaksi saat kita menyentuh pilihan menu-menu yang ada pada layar tampilan.

Text Message

Pesan pesan yg berupa text/tulisan

Theme 

Kesatuan visual unik yang terdiri berdasarkan gambar latar belakang (wall paper), efek audio, icon, rona, huruf pada sebuah pelaksanaan.

Trans Flash

Salah satu jenis kartu memoi dengan format flash memory menggunakan berukuran paling kecil saat ini dibandingkan menggunakan jenis katu memori lainnya.

Transfer

 Proses pemindahan data.

TFD (Thin Film Diode)

Salah satu tipe teknologi layar yang digunakan dalam beberapa seri handphone Sony Ericsson seperti Z610i, K550, K610, K618

TFT (Thin Film Transistor)

Merupakan jenis layar yg paling banyak digunakan pada handphone waktu ini. TFT pula diklaim menjadi Active Matrix.

TV Tuner

Perangkat/alat penerima transmisi stasiun televisi. Dengan perangkat ini, handphone/PDA/laptop dapat mendapat siaran televisi tanpa harus berlangganan dan tidak dikenakan pulsa sebagai mana pada faslitas mobile tv.

Twitter

Situs jejaring sosial lainnya selain facebook (lihat Facebook)

UBC (Ultra Bright Color)

Salah satu tipe teknologi layar yang dipakai beberapa seri Handphone brand Sony Ericsson seri K310i, Z530i serta K320i.

UFB (Ultra Fine Bright)

Pengembangan dari teknologi layar tipe STN/CSTN. Tidak boros energi serta tampilan lebih cemerlang. Handphone yang menggunakan layar tipe ini antara lain Samsung (X150, X660, C140, E770) serta Philips (Xenium 9@9i).

UMTS (Universal Mobile Telecommunication System)

Standar teknologi yang telah mendukung layanan komunikasi 3G di jaringan GSM.

USB (Universal Serial Bus)

Standar bus berseri buat perangkat penghubung dari satu perangkat digital ke (umumnya) komputer/laptop. Tetapi seiring perkembangan teknologi, USB tidak saja menghubungkan suatu perangkat digital ke personal komputer /laptop namun jua ke perangkat lain seperti DVD Player, Mini Compo ataupun Mini Hifi Audio. Sistem USB mempuyai desain yang asimetris (dimana komunikasi bisa dilakukan secara 2 arah).

User Friendly 

Artinya kemudahan dalam penggunaan suatu perangkat.

Ultra

Menunjuk dalam kemampuan atau kelebihan lain yg dimiliki suatu ponsel dibandingkan menggunakan ponsel lainnya yg homogen. Misalnya ponsel Ultra Slim, berarti ponsel yg bentuk/design fisiknya lebih tipis menurut ponsel homogen lainnya.

Unlock

Proses yg dilakukan dalam sebuah handset agar handset dapat digunakan sinkron menggunakan cita-cita penggunanya. Misalnya sebuah handset yang SIMCARD nya hanya dapat digunakan sang operator A serta nir bisa dipakai Simcard operator lain, sementara sang pemilik ingin pindah ke operator lain umpamanya operator C, maka handset tersebut perlu pada unlock untuk bisa digunakan simcard menggunakan operator lain

Vendor

Pihak/perusahaan yang mengadakan/menyediakan/mendistribusikan sekaligus memberikan garansi suatu produk barang/jasa pada suatu daerah tertentu.

VGA (Video Graphic Array)

Tingkatan resolusi gambar hasil pengembangan IBM, yang membentuk resolusi sampai berukuran 640 x 489 pixels

Virus

Aplikasi/program yang bisa Mengganggu atau mengganggu perangkat digital misalnya komputer, handphone yang mempunyai system operasi / OS (Operating System)

Vibrate

Getar. Vibrate Alert handphone yang memiliki fasilitas ini akan bergetar jika terdapat panggilan masuk, alarm, sms dll

Video Call

Fasilitas pada berkomunikasi dalam jalur 3G yang memungkinkan seseorang bisa bertatap muka dengan versus bicaranya. Syarat buat melakukan video call adalah penelpon serta orang yang ditelpon wajib menggunakan handpone yg telah mendukung fasilitas 3G yaitu handphone menggunakan teknologi UMTS.

Video Streaming

Fitur/layanan yg memunginkan menonton video/film dalam layar handphone dimana handphone hanya berfungsi sebagai indera pemutar saja sedangkan video/film nir dapat didownload/disimpan dalam handphone

Voucher

Sistem pengisian pulsa dengan nilai nominal tertentu. Terdapat 2 jenis voucher yaitu Voucher fisik dan voucher electric.

Voice Mail

Fasilitas untuk mendapat pesan berupa bunyi waktu handphone nir aktif, atau berada pada luar jaringan, atau tidak diangkat.

Widget

Jika di desktop (tampilan layar depan) komputer kita mengenal dengan kata ”shortcut”, nah perpaduan shortcut ini yg terdapat di layar ponsel disebut menggunakan ”widget”.

WAP (Wireless Application Protocol)

Standar terbuka perangkat protokol komunikasi yang memungkinkan perangkat nirkabel misalnya handphone dapat mengakses internet.

Wireless / Nirkabel

Tanpa kabel.

WiFi (Wireless Fidetelly)

Perangkat koneksi ke sebuah jaringan tanpa kabel menggunakan kecepatan tinggi. WiFi dilisensikan sang WiFi Alliance untuk memperkenalkan teknologi berdasarkan WLAN (Wireless Local Area Network, yang beroperasi pada frekuensi dua.4 GHz and lima.8 GHz).

Wallpaper

Latar belakang dalam layar handphone. Wallpaper umumnya berupa gambar/photo

WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access)

Teknologi komunikasi data menggunakan kecepatan tinggi

WLAN

Perangkat koneksi ke sebuah jaringan tanpa kabel menggunakan kecepatan tinggi.

WMA (Window Media Audio) 

Adalah format audio yg dikembangkan dan dimiliki sang Microsoft.

WAV

Adalah singkatan dari kata dalam bahasa Inggris waveform audio format, salah satu format baku yg digunakan buat penyimpan data bunyi yang dikembangkan sang Microsoft dan IBM.

Windows Mobile

Salah satu operating system yang ditanamkan pada smartphone

XpressMusic

Merupakan jajaran ponsel musik berdasarkan brand ponsel Nokia. Merk ponsel lain yg mengedepankan fitur musik dalam ponselnya serta telah dikenal sebelum XpressMusic, yaitu Walkman series milik Sony Ericsson.

You Tube

Salah satu situs video sharing yang populer.

Zoom

Zoom terdapat 2 tipe yaitu 
- Optical zoom merupakan kemampuan memperbesar objek gambar melibatka optik berdasarkan kamera, sedangkan 
- Digital zoom merupakan kemampuan memperbesar objek gambar secara elektro tanpa melibatkan optik kamera. 
Kebanyakan kamera pada ponsel dilengkapi Digital Zoom
Kamus Istilah Istilah Dalam Ponsel Terbaru 2019Kamus Istilah Istilah pada ponsel ini sengaja kami share buat anda yang seringkali menjumpai kata baru pada ponsel serta tidak tau apa makn...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats