[Tested] Cara Cek Status Bootloader Locked/Unlocked Smartphone Android Update Terbaru

Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android, Bagi engkau yg suka ngoprek, smartphone menunjukkan beragam fitur canggih yg memudahkan kamu dalam menggunakannya. Kamu jua sanggup menggunakan keleluasaan pada mengkustomisasi isinya. Seperti pada Android, kita akrab menggunakan kegiatan Rooting.
Cara-Cek-Status-Unlock-Bootloader-Xiaomi.jpg

Namun, poly para Opreker pengguna Android ini terdapat kalanya terganggu perkara keamanan. Karena demi menjamin keamanan sebuah smartphone buatannya, vendor sengaja mengunci bootloadernya.
Pada dasarnya setiap smartphone Android pasti memiliki bootloader ini terjadi supaya kernel sistem operasi dapat nyala dan berjalan secara normal. Namun karena adalah sistem operasi terbuka, masing-masing smartphone Android mempunyai bootloader yg tidak sinkron jua. Itu sebabnya custom ROM masing-masing smartphone selalu berbeda.
Kenapa bootloader dikunci oleh vendor? Ini bertujuan supaya kamu tidak memasang custom ROM yang bukan buatan vendor. Manfaatnya jelas merupakan garansi
Keuntungan memiliki smartphone yang sudah unlocked bootloader, engkau bisa menggunakan leluasa meng-install custom ROM seperti CyanogenMod atau SlimRom. Tapi bila ternyata bootloader engkau terkunci, maka harus meng-unlock bootloader-nya dulu.
cara mengetahui status locked atau unlocked bootloader yaitu :
  • Menggunakan Adb. Download dulu AdbDriver disini atau disini, lalu ekstrak dan install.
  • Matikan smartphone Android kamu, kemudian masuk Fastboot. Menggunakan menekan tombol Power dan Volume Up bersamaan. Ciri smartphone yg masuk Fastboot Mode merupakan ada tulisan Fastboot di layar. 
Boot-into-Fastboot-Mode.jpg

  • Apabila gagal menggunakan memakai tombol kombinasi, maka kamu bisa masuk Fastboot lewat CMD Promp. Caranya: di folder Adb yang kamu ekstrak, tekan Shift + klik kanan mouse dan pilih Open Command Windows Here. Lalu ketikkan adb reboot bootloader

cara-cek-status-bootloader.jpeg
  • Masih di CMD Promp, buat mengetahui status bootloader smartphone, kamu relatif ketikkan fastboot oem device-info lalu Enter. Maka akan timbul hasilnya.
**KETERANGAN**:
(bootloader) Device unlocked: true --> Maka _bootloader_ sudah UNLOCKED
(bootloader) Device unlocked: false --> Maka _bootloader_ masih LOCKED
Jika terbuka bootloader-nya, maka kamu bisa leluasa menentukan sikap jika ingin memasang custom ROM. Dan jangan sekali-kali install custom ROM jika smartphone kamu masih terkunci bootloader-nya dan apabila tidak mau terkena bootloop nantinya
Demikianlah Cara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android Semoga Artikel Ini Bermanfaat
[Tested] Cara Cek Status Bootloader Locked/Unlocked Smartphone Android Update TerbaruCara Cek Status Bootloader (Locked/Unlocked) Smartphone Android, Bagi engkau yg suka ngoprek, smartphone menunjukkan beragam fitur canggih ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats