[Tested] Cara Menambah Splash Screen Aplikasi di Android Studio Terbaru 2019

Cara Menambah Splash Screen Aplikasi pada Android Studio - Splash screen adalah tampilan awal sebuah aplikasi sebelum pelaksanaan membuka menu primer. Contoh mudahnya ketika engkau membuka pelaksanaan browser opera sebelum masuk ke pilihan menu primer akan ada tampilan loading. Itulah yg dinamakan splash screen. Memang buat pelaksanaan akbar misalnya BBM , Whatsapp serta Google Crome nir memakai splash screen. Tetapi buat kamu yg ingin membuat aplikasi misalnya resep kuliner, tugas kuliah atau pelaksanaan eksklusif akan lebih menarik jika ditambah menggunakan splash screen.
Tutorial cara menambah splash screen kali ini akan melanjutkan pelaksanaan yang telah dibahas sebelum. Apabila engkau belum baca silahkan baca di sini. Kamu juga sanggup praktek pribadi menggunakan pelaksanaan yang sudah kamu buat sendiri.

Untuk membuat splash screen akan melalui beberapa termin ini :


  • Menambah layout splash.xml
  • Menambah spalsh.java
  • Menambah Task.java
  • Mengubah AndroidManifest.xml

1. Menambah Layout splash.xml


Cara%2BMenambah%2BSplash%2BScreen%2BAplikasi%2Bdi%2BAndroid%2BStudio.png

Silahkan untuk layout splash.xml di folder Layout aplikasi (app>src>main>res>layout). Caranya : Klik kanan folder layout kemudian pilih New > XML > Layout XML file. Untuk layout File name isikan nama layout "splash". Jangan lupa buat memasukan gambar di drawable menggunakan nama splash. Lalu masukan kode bawah ini di layout splash.

2. Menambah spalsh.java dan Task.java


Cara%2BMenambah%2BSplash%2BScreen%2BAplikasi%2Bdi%2BAndroid%2BStudio%2B2.png

Supaya layout bisa bekerja, maka kita perlu menambah sebuah program java yaitu splash.java serta Task.java. Caranya : Pilih folder java kemudian klik kanan com.delhendro.aplikasipertama lalu pilih New, selanjutnya pilih java class. Isi name "splash". Silahkan buat satu lagi menggunakan nama "Task". Selanjutnya isikan kode program di bawah ini.

splash.java

Task.java

3. Mengubah AndroidManifest.xml


Supaya splash dapat berjalan sebelum tampilan primer pelaksanaan, maka perlu membarui kode pada manifest. Beritkut ini kodenya

Jika kita jalankan tampilannya misalnya pada bawah ini
Cara%2BMenambah%2BSplash%2BScreen%2BAplikasi%2Bdi%2BAndroid%2BStudio%2B3.png

Untuk source kode sanggup pada download DI SINI
Baca juga : Cara daftar developer google play tanpa kartu kredit
Demikian tutorial Cara Menambah Splash Screen Aplikasi pada Android Studio. Menambah splash screen juga bisa kamu lakukan pada aplikasi yang sudah jadi atau baru buat. Intinya kita mengalihkan MainActivity.java ke splash.java sehingga layout splash.mlx akan terbuka lebih dulu sebelum activity_main.xml.
[Tested] Cara Menambah Splash Screen Aplikasi di Android Studio Terbaru 2019Cara Menambah Splash Screen Aplikasi pada Android Studio - Splash screen adalah tampilan awal sebuah aplikasi sebelum pelaksanaan membuka ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats