[Tested] Jenis keamanan pada jaringan wireless yang harus kamu ketahui terbaru 2019

Jenis keamanan pada jaringan wireless - Saat ini perkembangan teknologi wireless sangat signifikan sejalan menggunakan kebutuhan sistem liputan yg mobile. Banyak penyedia jasa wireless seperti hotspot komersil, ISP, Warnet, kampus-kampus juga perkantoran sudah mulai memanfaatkan wireless pada jaringan masing masing, namun sangat sedikit yg memperhatikan keamanan komunikasi data pada jaringan wireless tersebut. Jaringan Wireless memiliki lebih poly kelemahan dibandingkan dengan jaringan kabel.

Kelemahan jaringan wireless secara umum bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni kelemahan pada konfigurasi dan kelemahan pada jenis enkripsi yang dipakai. Berikut adalah kegiatan atau aktifitas yg dilakukan buat pengamanan jaringan wireless WEP (Wired Equivalent Privacy), WPA( WI-FI Protected Access), MAC Filtering.

WEP (Wired Equivalent Privacy) 
WEP merupakan suatu metode pengamanan jaringan nirkabel, merupakan baku keamanan & enkripsi pertama yg dipakai dalam wirelessEnkripsi WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (sang administrator) ke klien maupun access point. Kunci ini wajib cocok berdasarkan yang diberikan akses point ke client, dengan yang dimasukkan client buat authentikasi menuju access point, serta WEP memiliki baku 802.11b.

Alasan Memilih WEP - WEP adalah sistem keamanan yang lemah. Namun WEP dipilih lantaran telah memenuhi baku dari 802.11 yakni :
  • Exportable 
  • Reasonably strong 
  • Self-Synchronizing 
  • Computationally Efficient 
  • Optional.

Fungsi WEP - WEPini dapat dipakai buat verifikasi bukti diri dalam authenticating station. WEP dapat digunakan buat data encryption. 

Proses WEP
WEP%2Bsecurity.jpg

Kelebihan WEP - Saat user hendak mengkoneksikan laptopnya, user tidak melakukan perubahan setting apapun, seluruh serba otomatis, dan waktu pertama kali hendak browsing, user akan diminta buat memasukkan Username dan password Hampir semua komponen wireless sudah mendukung protokol ini. 9.

Kelemahan WEP - Masalah kunci yg lemah, prosedur pemecahan RC4 yg digunakan dapat dipecahkan.wep memakai kunci yg bersifat statisMasalah initialization vector (IV) WEPMasalah integritas pesan Cyclic Redundancy Check (CRC-32). 

WPA (WI-FI Protected Access) 
Suatu sistem yang jua dapat diterapkan buat mengamankan jaringan nirkabel. Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan buat melengkapi menurut sistem yang sebelumnya, yaitu WEP. WPA mengimplementasikan layer berdasarkan IEEE, yaitu layer 802.11i. Nantinya WPA akan lebih poly dipakai pada implementasi keamanan jaringan nirkabel. 

Teknik WPA dibuat menggantikan metode keamanan WEP, yg menggunakan kunci keamanan statik, dengan memakai TKIP (Temporal Key Integrity Protocol) yang bisa berubahsecara dinamis. Protokol TKIP akan mengambil kunci utama menjadi starting point yg kemudian secara reguler berubah sehingga nir ada kunci enkripsi yang digunakan 2 kali.

Kelebihan WPA - Meningkatkan enkripsi data dengan teknik Temporal Key Integrity Protocol (TKIP). Enkripsi yg dipakai masih sama dengan WEP yaitu RC4, lantaran pada dasarnya WPA ini adalah perbaikan berdasarkan WEP dan bukan suatu level keamanan yg benar – benar baru, walaupun beberapa device ada yang sudah mendukung enkripsi AES yaitu enkripsi dengan keamanan yg paling tinggi. 

Kelemahan WPA - Kelemahan WPA hingga saat ini adalah proses kalkulasi enkripsi/dekripsi yang lebih lama dan data overhead yang lebih akbar. Dengan istilah lain, proses transmisi data akan sebagai lebih lambat dibandingkan apabila Anda memakai protokol WEP Belum semua wireless mendukung, umumnya butuh upgrade firmware, driver atau bahkan memakai software eksklusif. 

MAC Filter
MAC Address Filtering adalah metode filtering untuk membatasi hak akses berdasarkan MAC Address yang bersangkutanHampir setiap wireless access point juga router difasilitasi menggunakan keamanan MAC Filtering. MAC filters ini jua adalah metode sistem keamanan yang baik dalam WLAN, lantaran peka terhadap jenis gangguan misalnya:pencurian pc card dalam MAC filter dari suatu access pointsniffing terhadap WLAN. 

Fungsi MAC - Filter MAC filter fungsinya buat menseleksi komputer mana yang boleh masuk kedalam jaringan berdasarkan MAC Address. Bila nir terdaftar, nir akan mampu masuk ke jaringan MAC filter Address akan membatasi user dalam mengakses jaringan wireless. Alamat MAC menurut perangkat personal komputer user akan didaftarkan terlebih dahulu supaya bisa terkoneksi dengan jaringan wireless. 

Kelemahan MAC - Filter MAC Address mampu di ketahui dengan software kisMAC. Setelah diketahui MAC Address mampu ditiru dan nir permasalahan walau terdapat poly MAC Address sama terkoneksi dalam satu AP.

Kesimpulan
Banyaknya wireless LAN yg aktif menggunakan konfigurasi default akan memudahkan para hacker bisa memanfaatkan jaringan tersebut secara ilegal. Konfigurasi default menurut tiap vendor perangkat wireless usahakan dirubah settingnya sebagai akibatnya keamanan akses terhadap wifi tadi lebih baik. Keamanan jaringan Wireless dapat ditingkatkan menggunakan cara tidak hanya memakai keliru satu cara mensetting yg sudah dibahas diatas, namun dapat memakai kombinasi beberapa teknik sebagai akibatnya keamanan lebih terjamin.
[Tested] Jenis keamanan pada jaringan wireless yang harus kamu ketahui terbaru 2019Jenis keamanan pada jaringan wireless - Saat ini perkembangan teknologi wireless sangat signifikan sejalan menggunakan kebutuhan sistem li...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats