4 Langkah Gampang Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula

Blog adalah salah satu media digital yg bisa mengkategorikan sebagai satu dari jenis media sosial, dimana antara Author (penulis) serta pembaca mampu saling berhubungan pada lingkup kolom komentar.

Hal ini hampir sama seperti sosial media dalam umumnya (Facebook, Twitter), dimana kita mampu membuat postingan serta kemudian berkomentar dalam postingan itu sendiri.

Yang membedakan antara blog beserta sosial media pada umumnya adalah terletak pada sang penghasil postingan itu.

Dimana dalam blog, kita sebagai orang biasa tak mampu membuat postingan secara asal-asalan di suatu blog, tapi kita hanya sanggup melakukan hubungan bersama postingan dalam blog tersebut melalui komentar (itu pun apabila ada), karena ada pula beberapa blog yang tidak menyediakan fasilitas komentar di blognya.

Nah, sebelum kita masuk dalam inti pembahasan tentang cara membuat blog, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian dasar dari kata blog itu sendiri.

Dikutip melalui Wikipedia, blog berasal dari ungkap Web Log yg berarti deretan aneka macam berita yg dipublikasikan melalui WWW (World Wide Web), dimana WWW ini merupakan sistem khusus yang dibentuk buat menghubungkan suatu jenis teks ke teks lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa blog adalah sekumpulan berita berupa teks yang saling terhubung beserta berita teks lainnya, dimana informasi-berita ini bisa diakses melalui kanal jaringan internet.

Blog dalam dasarnya dimanfaatkan oleh para penulis untuk mempublikasikan berita-berita pribadi yg dialami oleh sang penulis, atau sanggup dikatakan bahwa blog adalah bentuk lain dari buku diary (buku harian).

Namun seiring berkembangnya jaman, kini blog pula dimanfaatkan untuk aneka macam keperluan, mirip dengan media promosi, marketing, branding, portal informasi, situs informasi, serta lain sebagainya.

Perubahan kegunaan dari dalam blog itu sendiri ditentukan oleh banyak hal, satu hal yang paling mempengaruhi perkembangan dunia blog adalah karena adanya kemajuan di dunia maya (internet).
Selain itu pula ada faktor lain yg mempengaruhi perkembangan dunia blog, yaitu adanya
pengembangan teknologi advertisement (iklan) di pada lingkup dunia internet.

Sebut saja, Google Adsense, dimana dengan hadirnya terobosan jasa periklanan ini membuat kelompok blogger diseluruh dunia menjadi berkembang drastis.

Google Adsense merupakan situs jasa periklanan terpercaya yg dinaungi langsung oleh Google.inc.

Situs ini berani membayar para blogger yg mau bekerjasama buat menayangkan iklan di situs blognya, beserta beberapa syarat yang pastinya tak mampu dipercaya gampang.

Nah buat kasus Google Adsense akan kita bahas pada kesempatan lain kali saja ya, sebab jika kita membahasnya dalam postingan ini, dikhawatirkan akan melebihi inti pembahasan utama, yaitu cara menciptakan blog.

Nah, baiklah buat kalian yg ingin menciptakan blog akan tetapi belum paham cara-caranya mampu langsung mengikuti langkah-langkah menciptakan blog ini dia:

Sebelum anda betul-benar masuk pada inti pembahasan, silahkan pastikan bahwa anda sudah memiliki akun Google.

Jika anda sudah memiliki akun Google tadi, silahkan login di situs Blogger.com lalu klik dalam sajian "Masuk" (dipojok kanan atas).

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


Isi form yg ada dengan email kamu, klik "Berikutnya" lalu masukkan juga password emailnya. Apabila sudah, klik "Berikutnya".

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


Jika anda baru pertama kali membuat blog di situs Blogger.com, maka anda akan diminta untuk memilih menggunakan profil Blogger biasa atau profil Google+.

Disini, saya sarankan buat memilih memakai profil Blogger saja!

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


Jika telah, klik dalam "Lanjutkan Ke Blogger" buat memulai membuat blog. Langkah-langkahnya mampu kamu lihat dibawah ini:

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


1. Klik dalam "Buat Blog Baru".

4 Langkah Mudah Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula


2. Silahkan isi kolom registrasi yg tersedia (Judul, Alamat, dan Tema).

Judul:

Silahkan isi kolom judul bersama judul blog kamu. Misalnya anda akan membuat blog yang mengulas seputar resep masakan. Maka judul blog yg sesuai merupakan "Resep Makanan".

Alamat:

Pada kolom Alamat, silahkan isi bersama nama URL/Link blog yg kamu inginkan. Misalnya "resep-makan21.blogspot.com".

Perlu diperhatikan pada penulisan Alamat blog, tidak diperkenankan memakai huruf balok/kapital.

Tema:

Akan tersedia beberapa macam tampilan tema blog yang sudah disediakan, silahkan pilih tema yg sekiranya cocok buat blog kamu.

3. apabila seluruh kolom telah terisi dengan benar , selanjutnya klik pada "Buat Blog".
4. Selesai, kini anda sudah berhasil memiliki blog baru.

Sampai pada tahap ini kamu telah berhasil membuat blog baru yg belum memiliki postingan apapun, hanya tersedia nama blog, alamat blog (URL/Link) dan tema blog saja.

Selanjutnya, anda wajib bisa beradaptasi beserta sajian-sajian yg tersedia di laman dashboard blogger ini, antara lain:

Postingan:

Adalah sajian utama yg dijalankan buat menciptakan postingan atau artikel didalam blog.

Statistik:

Merupakan sajian khusus yang memunculkan perkembangan situs blog anda, mulai dari jumlah pengunjung, postingan yang seringkali dikunjungi, daerah/regional pengunjung, dan web browser yang dijalankan oleh pengunjung.

Komentar:

Melalui menu komentar ini anda bisa melihat tanggapan dari para pengunjung kamu mengenai postingan artikel kamu. Melalui sajian ini juga anda sanggup mengatur komentar blog anda.

Penghasilan:

Menu ini hanya diperuntukkan buat mereka yang sudah bermitra (bekerjasama) dengan jasa periklanan Google Adsense. Buat blogger pemula (baru) silahkan biarkan saja hidangan ini.

Halaman:

Disini anda sanggup menciptakan laman-laman baru yg nantinya sanggup menjadi pelengkap suatu blog. Menu ini biasanya dimanfaatkan buat menciptakan laman berupa "About, TOS, Disclaimer, Sitemap".

Tata Letak:

Menu ini akan menampilkan kerangka situs blog kamu, mulai dari Header sampai Footer. Melalui menu ini juga kamu bisa mengatur warna, ukuran, dan posisi widget blog sesuai keinginan kamu.

Tema:

Pada menu Tema, kamu sanggup mengatur tampilan situs blog kamu bersama lebih leluasa, syarat utama buat mampu mengganti bagian-bagian tema secara lebih detail merupakan dengan mempunyai pemahaman dasar bahasa pemrograman HTML.

Setelan:

Menu terakhir yang dapat anda gunakan merupakan hidangan Setelah. Disini kamu bisa mengubah setelan atau pengaturan dari blog anda, seperti pengaturan jumlah postingan yang tampil di laman utama, pengaturan bahasa, pengaturan penelusuran, pengaturan komentar, serta lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah langkah-langkah mudah membuat situs blog menggunakan platform Blogger.com.

Membuat blog mampu dilakukan bersama sangat mudah oleh siapapun, namun mengelola blog sebaliknya, tak mampu dilakukan dengan mudah dan juga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Kunci dari mengelola suatu blog agar terus berkembang adalah kerja keras, pantang menyerah dan yang paling penting merupakan konsisten.

Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada pembahasan cara membuat blog melalui situs Blogger.com. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk anda ya.

Karena pembahasan kali ini hanya membahas langkah pembuatan blog saja, maka pada kesempatan yg akan datang aku akan mengulas panduan-panduan lainnya seputar rapikan cara pengaturan serta pengelolaan blog.


Saya rasa cukup sekian yg dapat aku sampaikan, akhir ungkap aku ucapkan terimakasih dan hingga jumpa di postingan menarik lainnya.
4 Langkah Gampang Membuat Blog Di Blogger.com Gratis Untuk Pemula Blog adalah salah satu media digital yg bisa mengkategorikan sebagai satu dari jenis media sosial, dimana antara Author (penulis) serta ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats