Cara Mudah Melakukan Pengaturan Dasar Pada Blog Di Blogger.com (Mudah+Lengkap)

Cara Mudah Melakukan Pengaturan Dasar Pada Blog Di Blogger.com (Mudah+Lengkap)

Melakukan pengaturan atau setting dalam suatu blog merupakan langkah wajib yg perlu dilakukan sebelum blog betul-betul siap buat dijalankan.

Karena dalam pembahasan yang lalu, kita sudah belajar tentang cara mudah membuat blog dengan memanfaatkan layanan situs Blogger.com. Maka dalam kesempatan kali ini pembahasan akan admin lanjutkan yaitu mengenai cara melakukan settingan dasar dalam blog.

Settingan dasar ini mencakup banyak hal, seperti deskripsi blog, jumlah postingan yg akan timbul di homepage, komentar, dan sebagainya.

Manfaat dari aktivitas melakukan settingan pada blog tentunya tak lain serta tidak bukan adalah buat menaikkan kualitas blog di mata mesin pencarian (search engine), selain itu blog yang mempunyai pengaturan yang baik, pastinya akan lebih disukai pengunjung, serta lebih terlihat profesional.

Nah untuk menggunakan pengaturan dasar pada blog itu sendiri sanggup dilakukan melalui sajian “Setting” yg masih ada di dashboard situs Blogger.com.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, marilah kita bahas panduan setting dasar blog berikut ini:

Langkah awal yg wajib anda lakukan pertama kali adalah beserta mengunjungi situs Blogger.com, lalu dilanjutkan beserta login/masuk melalui akun Google anda.

Jika sudah, silahkan buka menu “Setting” dalam dashboard Blogger yg terletak dibagian bawah. Seperti yang anda lihat, bahwa sajian setting blog ini terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  • Settingan Dasar
  • Postingan, Komentar, serta Berbagi
  • Email
  • Bahasa serta Pemformatan
  • Preferensi Penelusuran
  • Lainnya
  • Setelan Pengguna

Untuk memudahkan kita dalam melakukan pengaturan dalam blog, maka alangkah baiknya kita memulai pengaturan dari yang paling dasar.

Pengaturan Dasar Blog

1.png

Silahkan masuk pada setelan/settingan dasar, maka akan anda temui dalam bilah layar sebelah kanan terdapat beberapa macam submenu pengaturan, yg mencakup:

1. (Dasar)

  • Judul
  • Deskripsi
  • Privasi

Keterangan:

Menu Dasar adalah hidangan settingan yg paling mendasar dari suatu blog, dimana sajian pengaturan ini terbagi menjadi beberapa pengaturan, yaitu: Judul, Deskripsi dan Privasi.

Untuk melakukan pengaturan pada sajian ini, silahkan isi sesuai keterangan berikut:

A. Judul:

Merupakan menu pengaturan yg digunakan buat mengatur judul dari suatu blog, silahkan isi hidangan ini bersama judul blog anda.


B. Deskripsi:

Menu berikutnya dijalankan buat memberikan keterangan/deskripsi pada suatu blog. Jika hidangan ini di isi, maka tulisan tersebut akan timbul pada bagian bawah header suatu blog.

Namun menu ini bersifat opsional, artinya boleh di isi dan juga boleh tak di isi. Jika anda ingin memberikan deskripsi didalam blog kamu, silahkan isi sajian ini beserta tulisan yg singkat, padat dan jelas.


C. Privasi:

Menu privasi digunakan untuk mengatur apakah konten yang tersedia didalam blog mampu ditinjau oleh orang banyak atau hanya beberapa orang tertentu saja.

Pada hidangan ini, saya lebih merekomendasikan kamu buat memberikan pengaturan sebagai berikut: Silahkan klik “edit” pada sajian Privasi, maka akan tersedia 2 opsi, yaitu:
  • Tambahkan blog kamu kecantuman kami? (silahkan pilih “Ya”)
  • Biarkan mesin pencari menemukan blog kamu? (silahkan pilih “Ya”)


2. (Publikasi)

  • Alamat Blog

Keterangan:

Menu pengaturan Publikasi dipakai buat mengatur alamat blog anda (URL/Link atau Domain). Untuk melakukan settingan pada sajian ini, kamu diharuskan memiliki sebuah nama Domain tersendiri.

Karena kita hanya mengulas mengenai pengaturan dasar dalam blog, maka buat langkah pengaturan pada menu ini, silahkan abaikan saja.


3. (HTTPS)

  • Pengalihan HTTPS

Keterangan:

Menu pengaturan HTTPS dipakai buat memberikan pengaturan alamat URL dalam suatu blog. Dimana terdapat dua opsi yang diberikan di sajian ini, yaitu menggunakan HTTPS atau menggunakan HTTP.

Untuk melakukan pengaturan dalam hidangan ini, pastikan anda memilih menggunakan pengaturan berupa HTTPS, dengan memastikan opsi di bagian samping bilah kanan tertulis “Ya”.


4. (Izin)

  • Penulis Blog
  • Pembaca Blog

Keterangan:

Menu berikutnya ini dipakai untuk mengatur siapa saja penulis (author/moderator ataupun aku) yang berhak berada di situs blog.

Menu ini pula menyediakan layanan pengaturan privasi pada blog, jadi anda mampu mengatur siapa saja yg bisa melihat blog kamu.

Untuk melakukan settingan di hidangan ini, silahkan perhatikan keterangan berikut:

A. Penulis Blog:

Abaikan saja, tak perlu diubah.


B. Pembaca Blog:

Ada beberapa pilihan disini, yaitu : Publik, Pribadi (khusus penulis blog), serta Pribadi (khusus pembaca ini). Silahkan pilih saja, Publik.

Nah setelah itu, kita beralih ke hidangan pengaturan berikutnya, yaitu pengaturan postingan, komentar dan menyebarkan. Untuk panduan settingannya bisa anda lihat dibawah ini:

Pengaturan Postingan, Komentar, serta Berbagi

2.png


Menu pengaturan selanjutnya ini dipakai buat mengatur seluruh hal tentang Postingan, Komentar dan Berbagi. Dimana sajian ini dibagi lagi menjadi 2 submenu, yaitu:

1. (Postingan)

  • Tampilkan sebanyak mungkin:
  • Template Entri:
  • Tampilkan gambar beserta Lightbox:

Keterangan:

Menu Postingan, digunakan buat mengatur hal-hal yg berkaitan bersama postingan atau konten blog anda. Untuk melakukan pengaturan pada hidangan ini, bisa lihat dibawah ini:

A. Tampilkan sebanyak mungkin:

Digunakan buat menentukan jumlah postingan yang akan timbul di halaman utama blog (homepage), silahkan kamu atur sesuai kesukaan masing-masing. Untuk rekomendasinya, admin lebih menentukan 10 artikel.


B. Template Entri:

Untuk sajian ini silahkan abaikan saja.


C. Tampilkan gambar beserta Lightbox:

Digunakan untuk menaruh efek sinar dalam sisi gambar/foto yg kita sisipkan dalam postingan. Silahkan pilih saja “Ya”.


2. (Komentar)

  • Lokasi Komentar:
  • Siapa yg bisa mengomentari:
  • Moderasi Komentar:
  • Tampilkan Verifikasi kata:
  • Pesan Formulir Komentar:

Keterangan:

A. Lokasi Komentar:

Digunakan untuk mengatur bagaimana pembaca bisa melakukan interaksi terhadap postingan blog. Ada beberapa pilihan dalam menentukan Lokasi Komentar, diantaranya: Tersemat, Halaman Penuh, Jendela Pop-up, dan Sembunyikan.

Saya sendiri lebih merekomendasikan kamu buat memilih memakai Lokasi Komentar Tersemat, lantaran dirasa akan lebih memudahkan pengunjung dalam berkomentar nantinya.


B. Siapa yang dapat Mengomentari:

Karena kita membuat sebuah blog buat dibaca semua orang (publik), maka pilih saja dalam “Semua Orang”.


C. Moderasi Komentar:

Digunakan buat mengatur kelayakan suatu komentar, agar nantinya tak terjadi yang namanya spam komentar, jadi pilih saja “Selalu”. Namun untuk anda yang ingin memberikan kebebasan untuk pengunjung dalam berkomentar, silahkan pilih “Tidak Pernah”.


D. Tampilkan Verifikasi Kata:

Menu ini sering kali hanya dapat digunakan apabila anda, memilih menggunakan Lokasi Komentar Halaman Penuh, jadi karena kita menggunakan Lokasi Komentar Tersemat, maka langkah ini sanggup di lewati saja.


E. Pesan Formulir Komentar:

Silahkan biarkan saja, pengaturan dalam menu ini.

Pengaturan Email

3.png

Pada pengaturan Email ini sesungguhnya tak berpengaruh secara langsung masih ada kinerja suatu blog, serta jika kamu ingin melewati settingan pada menu ini pula tidak masalah, jadi aku menentukan buat tidak mengulas panduan setting blog pada hidangan ini lantaran dirasa kurang sangat penting, dan dalam biasanya settingan yang sudah terdapat, memang sudah sesuai standar. Jadi untuk apa diubah.

Pengaturan Bahasa serta Pemformatan

4.png

Hampir sama dengan menu pengaturan Email, pada menu pengaturan Bahasa serta Pemformatan ini juga bisa dianggap penting-penting tidak, sebab disini anda hanya perlu mengatur bahasa, wilayah dan waktu saja. Maka saya rasa untuk melakukan settingan ini sangatlah mudah, tinggal menyesuaikan saja dengan wilayah tempat kita tinggal.

Pengaturan Preferensi Penelusuran

5.png
Menu setting ini digunakan buat mengatur hal-hal yang berkaitan dengan kondisi atau status suatu blog jika di telusuri melalui mesin pencari (Google). Menu ini mampu dikatakan cukup penting, karena akan membuat suatu blog terkesan lebih professional di mata pencari Google.

Pada menu pengaturan ini terdapat beberapa sub pengaturan, diantaranya:


1. (Tag Meta)

  • Deskripsi

2. (Kesalahan serta Pengalihan)

  • Pesan khusus buat laman tidak Ditemukan
  • Pengalihan khusus
  • Perayap dan Pengindeksan
  • Google Search Console
  • Robot.txt khusus
  • Tag tajuk robot khusus

3. (Monetisasi)

  • Ads.txt kostum

Keterangan:

A. Tag Meta:

Digunakan buat menaruh keterangan deskripsi suatu blog, yg mana deskripsi ini akan tampil jika dipandang dari mesin pencari (Google). Letaknya yaitu pada bawah Judul blog atau bawah URL blog.

Silahkan isi menu ini bersama deskripsi singkat yang menjelaskan mengenai isi konten di pada blog kamu.


B. Kesalahan dan Pengalihan:

Untuk hidangan pengaturan ini, silahkan abaikan saja (lewati).


C. Perayap dan Pengindeksan:

Disini silahkan fokus saja pada sub hidangan “Tag tajuk robot khusus”, pilih “edit” kemudian sesuaikan dengan gambar berikut:

Tag%2Btajuk%2Brobot%2Bkhusus.png



D. Monetisasi:

Abaikan saja menu pengaturan ini, sebab ini hanya diperuntukan buat mereka yg sudah bermitra (bekerjasama) dengan jasa periklanan Google Adsense.

Pengaturan Lainnya

6.png

Menu ini menyediakan berbagai macam pengaturan lain dari suatu blog, mirip dengan: Impor & Backup, Hapus Blog, Feed Situs, Konten Khusus Dewasa, Google Analitycs.

Pengaturan pada hidangan tidak akan aku bahas, karena hidangan ini tidak termasuk kedalam pengaturan dasar suatu blog. Menu ini hanya digunakan buat para pengguna blog yg telah memiliki tingkat level tinggi. Jadi buat pemula, biarkan saja sajian ini.



Pengaturan Setelan Pengguna

7.png

Digunakan untuk mengatur preferensi akun blogger sang pengguna. Tersedia beberapa sub setting yang tersedia di pada pengaturan ini, diantaranya:

1. (Umum)

  • Profil Pengguna
  • Gunakan Draf Blogger


2. (Bahasa)

  • Bahasa di Blogger.com

Pada sajian pengaturan ini, saya ingin menekankan bahwa pembahasan kita akan lebih terfokus dalam sajian Umum>Profil Pengguna, dimana menu ini digunakan buat mengatur profil kamu didalam blog. Tersedia 2 opsi disini yaitu: Blogger serta Google+. Silahkan pilih saja Blogger.

Mengapa saya menentukan Blogger?

Karena sebentar lagi profil Google+ akan segera dihilangkan (hapus) oleh penyedia layanan blog ini, jadi dari dalam nantinya mengakibatkan perkara, lebih baik cari kondusif saja bersama menentukan Blogger sebagai profil pengguna.

Penutup

Itu dia panduan lengkap cara menyetting atau melakukan pengaturan dasar pada sebuah blog. Dengan melakukan settingan dasar ini dibutuhkan blog kamu akan semakin berkembang dan terlihat lebih professional pada waktu dipakai.


Mungkin itu saja yang dapat aku sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda sebagai blogger. Akhir celoteh admin ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di postingan menarik selanjutnya.
Cara Mudah Melakukan Pengaturan Dasar Pada Blog Di Blogger.com (Mudah+Lengkap) Melakukan pengaturan atau setting dalam suatu blog merupakan langkah wajib yg perlu dilakukan sebelum blog betul-betul siap buat dijalan...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats