Cara Memilih Template Blog Yang SEO Dan Panduan Pemasangan Template Yang Benar

Cara Memilih Template Blog Yang SEO serta Panduan Pemasangan Template Yang Benar

Paling-Top21- Template merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu blog, dimana template ini memiliki peranan yang sangat bagus, yaitu sebagai wadah atau sanggup pula dikatakan sebagai cover dari suatu blog.

Template blog pula sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca (visitor), selain itu template yg baik juga mampu menaruh hubungan yang baik juga (user friendly) kepada para pengunjungnya.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa template memegang peranan yang amat penting bagi suatu blog, maka dari itu pemilihan serta pemakaian suatu template tidak boleh dilakukan secara sembarang. Karena dalam dasarnya template ini mempunyai impak terhadap kualitas suatu blog, mirip dengan:

  • Memberikan pengalaman membaca yg menyenangkan.
  • Memudahkan pengunjung pada mengeksplore suatu blog.
  • Meningkatkan kualitas blog dimata mesin pencari (Google, Bing, Yahoo).

Nah , oleh karena pentingnya peranan dari template. Maka perlu adanya tata cara yg baik dalam memilih template sebagai bagian dari blog.

Tapi hal apa saja yang harus diperhatikan pada melakukan pemilihan template? Berikut adalah syarat serta ketentuan pemilihan template blog yg baik:

1. SEO (Search Engine Optimization)

Syarat utama yang wajib diperhatikan pada memilih template blog adalah wajib sudah menyandang gelar SEO. Apa itu SEO? Dan kenapa SEO menjadi persyaratan utama dalam pemilihan template?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau mampu pula dikatakan sebagai meningkatkan secara optimal mesin pencari.

SEO sendiri dalam dasarnya sudah meliputi banyak persyaratan, pada akhirnya pada waktu suatu template telah menyandang gelar SEO, maka template itu sudah sangat layak dipakai.

Makna SEO sendiri adalah suatu bentuk bisnis yang dilakukan guna memperoleh kualitas serta penilaian yang baik dari sisi mesin pencari.

Mesin pencari mirip dengan Google, Yahoo atau Bing pada dasarnya lebih memprioritaskan situs blog yang menggunakan template SEO, karena dipercaya bahwa template ini telah memenuhi kriteria, diantaranya:
  • Memiliki hubungan yg baik kepada pengunjung.
  • Memiliki komponen menu serta navigasi yg baik.
  • Serta mampu menaruh kenyamanan bagi para pengunjung yg tiba.


2. Loading Yang Cepat

Template blog yg baik juga wajib mendukung kemampuan loading yg cepat, sebab apabila template yang dipakai memiliki score speed yang lambat, maka sanggup dipastikan pengunjung blog akan merasa sungkan mengeksplore blog kamu.

Loading blog yg lambat pula sangat berbahaya, karena para pengunjung blog akan beserta mudah meninggalkan situs blog begini.

Itu ialah loading blog juga ikut masuk dalam tolak ukur kenyamanan pengguna. Maka sebelum anda memilih suatu template, cobalah buat memastikan bahwa template tadi mempunyai score speed yang baik.

Nah buat mengetahui score speed atau kecepatan loading suatu template, anda mampu memakai layanan Page Speed Insight atau sanggup juga bersama memanfaatkan layanan GT Matrix. Untuk cara pengujian lengkapnya, kamu bisa membaca artikel Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog.

3. Responsive

Responsive disini adalah bahwa template tersebut mempunyai tampilan yang fleksibel ketika dicermati dari perangkat komputer ataupun perangkat mobile.

Serta perlu diperhatikan pula bahwa template yg akan anda gunakan tadi memiliki tampilan yg baik serta mudah digunakan baik saat ditinjau dari mode desktop maupun ketika ditinjau dari mode mobile.

Untuk memahami apakah template yg akan kita gunakan sudah memenuhi syarat responsive, kamu mampu mengeceknya melalui layanan Responsinator.

Dengan memakai layanan tersebut, anda akan mengetahui bagaimana tampilan template yg akan anda pakai, jika dipandang dari berbagai letak.

4. User Friendly

User friendly maksudnya merupakan template blog harus sanggup menaruh ketenangan kepada para pengunjungnya, baik dari sisi tampilan, rapikan posisi widget, hidangan-hidangan serta bentuk penyajian konten.

Nah secara garis besar, user friendly suatu template juga bisa didasarkan pada faktor SEO, lantaran SEO sendiri didalamnya memuat hal-hal yang berkaitan bersama beberapa hal yang membuat template mampu dikatakan user friendly.

5. Struktur Template Bersih Dari Error

Syarat penggunaan serta pemilihan template yang harus dipenuhi serta dilarang sampai ditinggalkan adalah tentang kondisi struktur template itu sendiri.

Pastikanlah template yg akan anda gunakan bersih dari error atau perkara-perkara lain yg dapat mengganggu index mesin penelusur.

Untuk memastikannya, anda bisa memakai Google Testing Tool Validator (Index) serta Google Testing Tool Validator (Item).

Nah, setelah kita sudah memahami hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan pada pemilihan template blog, maka saatnya kamu buat membeli template blog.

Saat ini penyedia template blog sangatlah banyak, hal ini bagaikan dua sisi mata koin yg tidak sinkron, disatu sisi memberikan variasi pada membeli template dengan desain yg tidak selaras, disisi lain malah menciptakan pelanggan merasa resah lantaran saking banyaknya penyedia template yang ada.

Namun kamu tidak perlu merasa bimbang, karena saat ini hampir keseluruhan penyedia template telah memenuhi syarat-syarat mirip dengan yang telah kita bahas di atas. Anda hanya perlu menentukan template sesuai keinginan kamu saja.

Agar anda tidak bingung untuk membeli serta memilih menggunakan penyedia template blog, berikut adalah daftar situs penyedia template blog SEO terbaik:
  • Sugeng.id
  • IDNTheme
  • Sora Templates
  • Gooyabi Templates
  • BTemplates
  • Igniel
  • Blanter
  • Namina

Anda bisa mengunjungi situs penyedia template blog SEO diatas satu persatu untuk mengetahui template-template apa saja yang mereka sediakan. Tapi, saya pribadi lebih merekomendasikan anda untuk menggunakan template dari Sugeng.id serta IDNTheme.

Alasannya karena, kedua penyedia template tersebut sudah sangat profesional dalam membuat template blogger, selain itu template-template yang mereka hadirkan juga selalu menjadi top trending serta selalu diminati oleh para blogger saat ini.

Oke, baiklah. Setelah anda sudah berhasil mendapatkan template. Maka kita akan beralih ke pembahasan selanjutnya yaitu mengenai cara memasang template blogger dengan baik serta benar.

  1. Buka situs Blogger.com
  2. Kemudian Login mirip dengan sering kali.
  3. Pilih sajian “Tema>Backup/Pulihkan”.
  4. Kemudian klik pada “Pilih File”.
  5. Lalu cari template blogger yg sudah anda dapatkan sebelumnya (yg mempunyai format .xml).
  6. Klik “Open” lalu “Upload”.
  7. Selesai

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil memasang template kedalam blog anda. Selanjutnya kamu hanya perlu melakukan penyesuaian terhadap blog anda, agar nantinya situs blog anda sinkron dengan template.

Untuk melakukan penyesuaian ini, kamu mampu mulai dari mengatur tata letak di dashboard blogger kamu, lalu disusul melakukan penyesuaian menu dengan melakukan edit HTML di tema blog anda.

Memang untuk menggunakan penyesuaian ini tidak sanggup dikatakan gampang, apalagi bagi para pemula yang baru saja belajar ngeblog.

Nah buat itulah anda sanggup menghubungi aku melalui akun Facebook atau Email, buat membantu menyesuaikan tampilan template blog anda.

Atau jika kamu ingin melakukan penyesuaian sendiri, maka anda pula bisa melihat video berikut sebagai referensi:



Penutup

Nah mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai cara memilih template blog yang SEO serta cara pemasangannya. Semoga dengan adanya artikel ini, anda bisa mengatur serta mengelola blog dengan lebih maksimal.

Penyesuaian template ini memang membutuhkan sedikit skill pemrograman, namun jangan khawatir anda bisa mempelajarinya secara perlahan melalui banyak sekali asal referensi lainnya.


Akhir kata saya ucapkan terimakasih serta jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke situs blog ini ya. Terimakasih.
Cara Memilih Template Blog Yang SEO Dan Panduan Pemasangan Template Yang Benar Paling-Top21 - Template merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu blog, dimana template ini memiliki peranan yang sangat bagus, ...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats