Cara Mengatasi Modem Yang Lemot Dan Gampang Panas


Modem merupakan salah satu benda paling penting yang selalu menjadi andalan pada waktu ingin menghubungkan perangkat komputer ke internet. Tanpa adanya modem, maka komputer akan kesulitan buat terhubung ke internet.

Memang benar modem punya peran yg cukup penting bagi suatu komputer, namun terdapat beberapa perkara yang membuat kebanyakan orang meninggalkan modem sebagai alat penghubung ke internet.

Masalah paling awam yg seringkali terjadi merupakan kondisi modem yang lemot dan cepat panas. Hal inilah yg menjadi penyebab mengapa orang-orang mulai meninggalkan modem.

Tapi tenang, lantaran dalam kesempatan kali ini admin akan memberikan kepada kamu sebuah cara buat mengatasi hal tersebut. Mau tahu bagaimana caranya? Silahkan simak ulasan dibawah ini.

Tapi, sebelum anda memahami bagaimana cara mengatasi kasus modem lemot dan mudah panas, tidak ada salahnya bila kamu pula memahami faktor penyebabnya. Berikut pembahasannya:

Faktor Penyebab



1. Modem Berkualitas Rendah

Faktor pertama yang menjadi penyebab mengapa modem menjadi lemot serta mudah panas merupakan lantaran faktor internal dari modem itu sendiri.

Setiap modem yang terdapat di pasaran pastinya mempunyai harga yang tidak selaras-beda, hal ini ditimbulkan oleh kualitas dari modem itu. Jika kualitas modem itu tergolong bagus, maka harganya akan semakin mahal.

Kualitas modem itu bisa dipandang dari banyak hal, salah satunya adalah bahan penyusun modem itu sendiri.

Jika bahan yang dijalankan dalam pembuatan modem itu merupakan bahan murahan yg memiliki kualitas kurang baik, maka modem akan gampang rusak.

Salah satu bahan penyusun modem yang kurang baik bila digunakan merupakan plastik. Hal ini karena plastik adalah konduktor panas yg buruk , sehingga bila tetap digunakan bisa berakibat modem menjadi overheat.

Oleh sebab itu, anda sebagai konsumen harus lebih bijak dalam menentukan modem mana yang sekiranya mempunyai kualitas yang baik.

2. Suhu Ruangan

Suhu ruangan ternyata pula bisa mempengaruhi kondisi dari modem. Suhu ruangan yang tak stabil sanggup menyebabkan modem menjadi cepat panas dan lemot dikala digunakan.

Jika anda menggunakan modem pada ruangan terbuka yg mempunyai suhu panas yang tinggi, maka hal itu akan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kondisi modem. Modem bisa saja akan mudah panas dan bahkan bisa berujung overheat.

Maka dari itu, setidaknya anda menggunakan modem dalam ruangan yg mempunyai suhu stabil.

3. Penggunaan Modem Yang Berlebihan

Modem yg dipakai secara terus menerus tanpa adanya jeda waktu bisa menyebabkan modem cepat panas atau bisa saja mengalami overheat.

Walau bagaimanapun juga modem merupakan sebuah perangkat elektronik yang punya batasan dalam penggunaan. Ia tidak sanggup dipaksa secara terus menerus buat mengkoneksikan internet.

Terlebih lagi jika digunakan buat aktivitas berat, mirip dengan bermain game online, streaming video HD, serta juga mendownload.

Jika tidak ada batasan jeda, maka bukan hanya mampu mengalami overheat saja, mungkin modem juga akan cepat rusak.

Jadi anda harus mampu mengatur penggunaan modem dengan baik serta benar .

4. Sinyal Yang Lemah

Siapa yg menyangka bahwa sinyal pula dapat mempengaruhi kondisi modem kamu. Tapi hal ini memanglah betul, sebab ketika sinyal melemah, maka modem akan bekerja secara ekstra buat mendapatkan sinyal.

Dan pada waktu modem berusaha mencari sinyal di sekitarnya, maka dia juga akan menggunakan sumber daya listrik yg cukup besar, dampaknya semua komponen pada modem akan dialiri listrik yg cukup besar.

Jika hal ini berlangsung pada jangka waktu yg lumayan lama, maka komponen di dalam modem mampu saja rusak karena tak kuat menahan aliran listrik yang besar.

Cara Mengatasi Modem Lemot Dan Cepat Panas



1. Berikan Jeda Waktu Kepada Modem Untuk Istirahat

Seperti yg telah saya sampaikan dalam penerangan sebelumnya, bahwa modem yg dipaksakan buat mengkoneksikan internet bisa menyebabkan overheat atau panas yg berlebihan.

Akibatnya modem menjadi lemot dan bisa pula meningkatkan kecepatan kurasakan komponen modem. Untuk itu berikanlah modem jarak waktu buat istirahat, setidaknya 2-3 mnt.

2. Pastikan Suhu Sekitar Dalam Keadaan Stabil

Hal ini telah terperinci sekali, bahwa suhu disekitar pula ikut berpengaruh terhadap kondisi modem yg lemot dan gampang panas. Oleh karena itu pastikan bahwa anda menggunakan modem pada area bersuhu stabil.

3. Hindarkan Modem Dari Benda Elektronik

Benda-benda elektronik seperti televisi, hp, radio serta sebagainya pula ikut mempengaruhi kondisi dari modem yg anda gunakan.

Benda elektronik ternyata bisa membuat radiasi panas, dampaknya suhu modem pula akan ikut naik. Oleh sebab itu alangkah baiknya anda menjauhkan benda-benda elektronik dari modem ya.

4. Gunakan kipas

Untuk menghindari perkara overheat dalam modem, maka kamu bisa menambahkan perangkat lain mirip dengan kipas. Jadi suhu modem akan lebih sejuk serta stabil.

Penutup

Bagaimana anda, gampang bukan cara mengatasi modem yang lemot dan gampang panas? Anda mampu mencobanya sendiri para perangkat modem kamu.

Dengan menerapkan cara diatas, maka tidak hanya bisa mengatasi masalah panas dan lemot pada modem, akan tetapi juga bisa memperpanjang usia modem.


Saya rasa cukup sampai disini saja pembahasan kali ini. Akhir celoteh saya ucapkan terimakasih serta hingga jumpa di postingan berikutnya.
Cara Mengatasi Modem Yang Lemot Dan Gampang Panas Modem merupakan salah satu benda paling penting yang selalu menjadi andalan pada waktu ingin menghubungkan perangkat komputer ke interne...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats