Pengertian Dan Fungsi Kabel OTG (On The Go)

Pengertian Dan Fungsi Kabel OTG (On The Go)

Pernahkah kamu membayangkan apabila Flashdisk bisa dijalankan di smartphone android?

Saat ini hal mirip dengan itu bukan lagi sesuatu yang tidak mungkin, sebab beserta donasi perangkat yg dengan nama USB OTG, maka kamu bisa menyambungkan Flashdisk dalam smartphone anda.

Nah beserta begitu maka ruang penyimpanan di android kamu akan semakin besar, sebab ada tambahan ruang penyimpanan eksternal berupa Flashdisk.

Tidak hanya itu saja, beserta adanya OTG ini kamu juga bisa menyambungkan perangkat USB lain seperti Card Reader, Keyboard/Mouse USB serta sebagainya.

Wah, tampaknya perangkat yang dengan nama OTG ini sangat berguna ya? Tapi apa sih sesungguhnya OTG itu? Serta apa saja fungsi dari OTG?

Simak serta temukan jawaban dari pertanyaan diatas, melalui pembahasan seputar OTG berikut adalah:

1. Pengertian Kabel OTG (On The Go)

Kabel OTG adalah satu dari jenis kabel USB (Universal Serial Bus) yang sering dipakai untuk melakukan proses transfer data antara dua perangkat.

OTG sendiri saat ini tak jarang dijalankan buat menghubungkan perangkat Flashdisk ke perangkat android. Dengan tujuan agar ruang penyimpanan data lebih besar.

Dengan memakai OTG ini, maka perangkat penyimpanan portabel seperti Flashdisk ini bisa dihubungkan ke perangkat smartphone android beserta lancar.

Namun perlu kamu ketahui pula, bahwa OTG ini tidak selalu support seluruh perangkat android, hal ini bisa disebabkan oleh adanya ketidak cocokkan slot OTG dengan smartphone android.

Selain itu versi kernel yang ada pada smartphone android pula menentukan apakah ponsel android mereka mampu menggunakan serta menggunakan OTG bersama baik.

2. Fungsi OTG (On The Go)

Selain berfungsi buat menghubungkan perangkat android bersama Flashdisk, sebetulnya fungsi dari OTG ini terdapat lagi lho. Berikut adalah fungsi lain dari OTG:

  • Memungkinkan pemasangan komponen perangkat lain seperti keyboard, mouse, ataupun joystick
  • Manambah ruang penyimpanan, khususnya penyimpanan eksternal
  • Mampu membaca data perangkat lain mirip dengan Flashdisk, Card Reader, ataupun memori kamera DSLR
  • Memungkinkan membaca memori HDD eksternal

Dari keempat fungsi diatas, dalam dasarnya fungsi OTG ini masih sangat banyak, namun dalam kesempatan kali ini mungkin hanya empat fungsi itu saja yang paling sering dilakukan beberapa orang terhadap OTG.

3. Kelebihan OTG

Dengan mengetahui ulasan sebelumnya, pastinya kamu sudah dapat menyimpulkan apa kelebihan dari perangkat USB OTG ini.

Ya, kelebihan dari OTG ini adalah sanggup mentransfer data dari dua perangkat yang tidak sama seperti Flashdisk serta Smartphone.

Tidak hanya sanggup mentransfer data, OTG juga mampu membaca data dari perangkat yg tersambung kepadanya.

Selain itu karena bentuk fisik dari OTG yang simpel dan sederhana, maka OTG ini bisa kamu bawa kemanapun kamu pergi.

Dengan begitu ketika anda akan memindahkan data dari dari Flashdisk ke Hp android, maka kamu tak perlu repot-repot memakai komputer. Cukup dengan USB OTG saja kamu telah mampu memindahkan data beserta sempurna.

4. Kekurangan OTG

Disamping kelebihan, OTG sendiri ternyata mempunyai kekurangan, yaitu tidak cocok pada seluruh perangkat android, sehingga sekarang penggunaan OTG masih sangat sedikit, karena dinilai belum optimal.

Selain itu melakukan transfer data ataupun pembacaan data dari Flashdisk ke android yang memiliki ukuran RAM yg kecil malahan akan berakibat pada melemahnya kinerja smartphone

Penutup

Demikian pembahasan sederhana mengenai OTG (On The Go). Dengan membaca dan mengetahui pembahasan kali ini, diperlukan nantinya anda akan lebih mengenal apa sih OTG itu serta apa saja fungsi dan kelebihan serta kekurangannya.


Nah cukup sekian pembahasan tentang OTG kali ini, semoga bisa bermanfaat. Akhir tutur admin ucapkan terimakasih serta hingga jumpa di postingan selanjutnya.
Pengertian Dan Fungsi Kabel OTG (On The Go) Pernahkah kamu membayangkan apabila Flashdisk bisa dijalankan di smartphone android? Saat ini hal mirip dengan itu bukan lagi sesuatu ya...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats