Apa Yang Dimaksud Dengan Bahasa Pemrograman?

238-min.jpg

Pasti pernah dong mendengar bahasa pemrograman? Akan tetapi, apakah anda sudah tahu makna sesungguhnya dari bahasa pemrograman? Bila belum, kamu mampu membaca beberapa pemaparan serta penerangan sederhana ini dia.

Bahasa pemrograman adalah sekumpulan perintah, instruksi serta penggunaan sintaks lainnya buat membuat sebuah program. Bahasa pemrograman menjadi elemen penting yg wajib diketahui, karena bahasa pemrograman menjadi perantara antara programmer buat berdialog dengan PC.

Bahasa pemrograman itu sendiri digolongkan menjadi beberapa bagian, diantaranya : machine language atau bahasa mesin, assembly language, serta high-level language atau bahasa tingkat tinggi.

Bahasa mesin merupakan bahasa yang bisa dipahami oleh komputer secara langsung, direpresentasikan dalam bentuk kode biner atau 0 serta 1. Assembly language atau bahasa assembly merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah (low-level language) yang bisa digunakan oleh programmer buat menuliskan instruksi dalam PC.

High-level language atau bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang lebih dekat ke bahasa manusia dibanding bahasa pemrograman tingkat rendah, pada akhirnya terlalu gampang dipelajari, ditulis serta dibaca ulang. Baik high-level language maupun low-level language akan perlu dikompilasi terlebih dahulu ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dipahami oleh komputer .

perbandingan contoh kode dari tiap level bahasa
sample-level-language.jpg
Gambar: Contoh bentuk kode program
High-level language memungkinkan programmer untuk menulis kode secara lebih alami beserta memakai ungkap dan simbol yg logis. Misalnya, buat celoteh mirip dengan: function, while, if, dan lain sebagainya yang banyak dijalankan pada bahasa pemrograman.
Apa Yang Dimaksud Dengan Bahasa Pemrograman? Pasti pernah dong mendengar bahasa pemrograman? Akan tetapi, apakah anda sudah tahu makna sesungguhnya dari bahasa pemrograman? Bila bel...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats