Bahasa Pemrograman Apa Yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu?

Bahasa Pemrograman Apa yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu?

Umumnya orang yang baru mau belajar pemrograman akan dihadapkan pada pertanyaan "bahasa pemrograman apa yang wajib dipelajari terlebih pertama kali?". Terlebih lagi lantaran bahasa pemrograman yg tersedia sudah sangat banyak.

Hal pertama yg harus dilakukan merupakan bersama memilih hendak membuat aplikasi jenis apa. Semisal Kamu ingin membuat jenis aplikasi web, desktop, atau mobile. Kamu kemudian mesti mencari informasi mengenai bahasa pemrograman apa saja yg tersedia buat jenis yang dipilih.

Namun bila Kamu masih galau menentukan hendak menciptakan aplikasi apa, karena Kamu benar -betul pemula di pemrograman, maka terdapat beberapa pertimbangan yang bisa menjadi referensi sebelum Kamu memutuskan hendak mengkaji bahasa pemrograman yg mana dulu, diantaranya:

Bila kita menimbang dari sudut pandang kemudahan pada penulisan sintaks, Kamu dapat menentukan bahasa pemrograman Python. Selain lantaran Python juga dapat dijalankan untuk membuat beragam aplikasi diantaranya web, desktop, game, mobile Android, dan buat kebutuhan komputasi berat mirip dengan analisis data serta machine learning. Python pula bisa digunakan buat memprogram hardware atau mikrokontroller.

Bila kita menimbang dari sudut pandang tren penggunaan, maka yg paling marak digunakan saat ini adalah JavaScript. Dahulu JavaScript hanya tersedia sebagai bahasa pemrograman di sisi client (hanya melintasi browser).

Namun sekarang JavaScript telah berevolusi serta hadir di berbagai platform. Kamu dapat menciptakan aplikasi web buat sisi klien serta server sekaligus, aplikasi desktop, game, serta juga mobile.

  • Bila kita menimbang kemudahan infrastruktur, maka PHP masih menjuarai lahan ini. PHP dipercaya masih menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. PHP didesain khusus untuk menciptakan aplikasi web. Bila Kamu memakai PHP, Kamu tak akan kesulitan buat mendapatkan hosting bersama biaya yg sangat terjangkau.
  • Bila Kamu menyasar pasar enterprise, Java masih cenderung dominan. Java dikenal sangat bertenaga buat membuat aplikasi skala besar mirip dengan ERP dan sistem informasi serta umumnya dijalankan di perusahaan-perusahaan besar. Selain itu Java juga menjadi bahasa pemrograman utama buat menciptakan aplikasi mobile Android.
  • Bila kita menimbang konseptual pemrograman, maka C adalah pilihan bijak. Semua konsep pemrograman dari yg paling dasar akan Kamu temui di bahasa C. C adalah bahasa tingkat tinggi yang paling cepat dan paling dekat ke bahasa mesin. Dari sisi optimasi produk akhir, aplikasi yang dikembangkan langsung dari bahasa C akan sangat efisien. Kampus-kampus IT umumnya memakai C buat mengenalkan pemrograman. Hanya saja untuk mencapai produk akhir, C tidak terlalu gampang dibanding bahasa yang disebutkan sebelum ini.

Kesimpulannya, buat pilihan paling mudah tanpa banyak pertimbangan, kami sarankan buat mulai belajar dari bahasa pemrograman JavaScript atau Python.

Sebagai tambahan referensi, Kamu bisa menelusuri infografis di bawah ini untuk ilustrasi awam mengenai tema yang sedang kita bahas ini.

Ilustrasi cara mulai menentukan bahasa pemrograman



Gambar: Ilustrasi cara menentukan bahasa pemrograman buat dipelajari
Bahasa Pemrograman Apa Yang Harus Dipelajari Terlebih Dahulu? Umumnya orang yang baru mau belajar pemrograman akan dihadapkan pada pertanyaan "bahasa pemrograman apa yang wajib dipelajari terle...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats