Cara Mengecek Link Yang Mati Pada Sebuh Website / Blog

Pada kesempatan kali ini flash-reset.blogspot.com akan membagikan panduan cepat serta simpel mengenai bagaimana cara mengecek broken link/broken url/dead link/url meninggal dalam situs blog atau website Anda beserta gampang.

Memang kenapa jikalau ada broken link pada blog/website Anda? Apakah bermasalah?

Ya, broken link pada situs Anda akan menjadi kasus jika dibiarkan begitu saja karena link tewas tadi akan memperburuk pengalaman pengguna (user experience) dan juga menurunkan tingkat engagement visitor Anda yg mengakibatkan pada menurunnya peringkat SEO dalam akibat pencarian.

Menghapus broken link di blog/website Anda sangatlah gampang, Anda hanya cukup mencarinya bersama tools online di internet secara gratis dan mengedit/menghapus url tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Gambar Yang Sudah di Uplaoud dalam Blogger

Yang wajib Anda ketahui bahwa Internet sudah menyediakan banyak sekali cara mengecek broken link baik secara manual maupun secara otomatis bersama tools/software yang sudah banyak di sediakan.

Namun pada kali ini saya akan membagikan dua cara yang selalu flash-reset.blogspot.com gunakan untuk mengecek pada link download yang telah usang atau mati pada situs saya ini, yaitu menggunakan: website yang pertama broken link checker karena lebih simpel dan praktis.

Baik langsung saja ke ini pembahasan tentang cara mengecek link yg meninggal pada sebuah website/blog.

1. Online broken link checker

Pertama buka situs Brokenlinkcheck.com setelah itu masukan url situs Anda dalam kolom yg telah disediakan dan klik Find Broken Links.


Setelah itu tambahkan captcha/security code silahkan Anda pilih antara dua opsi yaitu: Report distinct broken links only, atau Report all occurrences of each dead link may be slower.

Saran saya gunakan opsi yg ke 2, lantaran biarpun prosesnya lebih lambat, namun report serta segala penyebab broken link bisa kita ketahui secara lengkap. Setelah itu klik “Find broken links now.


Tunggu sampai setiap page/laman pada situs Anda diproses, biasanya lebih kurang 5-10 mnt akan selesai, tergantung cukup banyak jumlah url dalam web Anda, serta akan keluar akibat analisa semua broken link/url mati dalam situs Anda. Apabila situs anda sehat maka akan tampil seperti gambar dibawah ini, tak ada satu pun link yg masih ada erooe atau meninggal.


Pada kolom “Page where found” Anda bisa melihat link “url” pada halaman manakah broken link tersebut berada, serta jika ingin lebih spesifik letaknya Anda mampu lihat pada link “src”. Selanjutnya Anda tinggal menghapus saja link tersebut atau menggantinya beserta link yg baru.

2. Siteliner

Cara yang kedua merupakan bersama memakai website Siteliner.com, Siteliner ini sebetulnya lebih ditujukan buat memeriksa website secara keseluruhan mulai dari duplicate content, broken link, page size, speed, serta semacamnya.

Baca Juga: Cara Membuat Website/Blog Menjadi Sebuah Aplikasi apk Untuk Android

Sama mirip dengan broken link checker di atas, Anda hanya perlu buka situs Siteliner serta masukkan url situs Anda dalam kolom yg disediakan, setelah itu klik “Go”.


Tunggu beberapa mnt dan seteleh hasilnya keluar. Disini website admin terlihat betul betul sehat tanpa adanya url atau link yang meninggal.


Pada laman ini Anda akan bisa melihat semua daftar url yg broken link pada situs Anda, buat mengecek lebih detail silahkan klik saja url tersebut hingga Anda sanggup tahu letak url mati tersebut dan segera menghapus/menggantinya.


Itulah cara gampang mengecek link yang pada sebuah website atau blog bersama mudah, mirip dengan yang saya lakukan buat blog flash-reset.blogspot.com ini, Alangkah baiknya jika Anda rutin memeriksa kembali url situs Anda setiap 1 atau 2 bulan sekali pada website/blog milik Anda.
Cara Mengecek Link Yang Mati Pada Sebuh Website / BlogPada kesempatan kali ini flash-reset.blogspot.com akan membagikan panduan cepat serta simpel mengenai bagaimana cara mengecek broken link/b...

Artikel Terkait

Berikan Komentar

  1. Untuk menulis kode gunakan <i>KODE</i>
  2. Untuk menyisipkan kode ke dalam Syntax Highlighter gunakan <em>KODE YANG LEBIH PANJANG</em>
  3. Kode harus di-parse terlebih dulu agar bisa ditulis.
  4. Centang Notify me untuk mendapatkan notifikasi balasan komentar melalui Email.
histats